Sunday, November 7, 2010

INTI AJARAN AGAMA ISLAM.


For You From My Heart 
.بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيم
In the name of God, the Most Gracious, and the Most Merciful.
MUSLIMS FOR REFORM
From The Jahiliyyah Islam in 1400 To The Modern Islam in 21st Century.
Allah tidak akan pernah merobah nasib seseorang atau bangsa kalau dia sendiri tidak mau merobahnya.QS .13:11.
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku,QS 20;25.
Let us try it together.!

Modern Quranic Interpretation.
Islamic Society for Liberty And Modernity.
Islam Shall Love All Mankind
Islam is Peace.


ISLAM = MONOTHEISM=TAUHID.
ISLAM IS A RELIGION WHICH GRACED BY ALLAH SWT


Islam is submission to Allah. It means peace.
Islam is stand for; Islam Shall Love All People.
Islam also is stand for; Islam Society for Liberty and Modernity.
Islam is monotheism or Tauhid founded by Prophet Abraham.
Islamic teaching’s sources are from Taurat, Zabur, Injil, Al Quran, or

The Old Testament, The New Testament and The Final Testament.

 
Abdullatif invites you to the truth of Islam.


INTRODUCTION;

Nabi Muhammad saw sebagai  teladan untuk  umat manusia. 
Mengikuti sunnah Nabi harus di profesional,disesuaikan dengan kemajuan pradapan manusia dan kemajuan ilmu.

AKHLAQ / BUDI PEKERTI  RASULULLAH SAW
 Nabi Muhammad saw adalah Pelopor Human Right
Tertulis dengan Jelas dalam Al Quran.

Diantara sifat2 Rasulullah saw yang mulia dan menjadi peraturan Universal ( PBB ) seperti;  (1) Humility.(kerendahan hati ), (2) Mencitai semua manusia tanpa melihat agama, suku dan gender, (3) membela kaum minoriti tertidas serta (4) berlaku adil kepada umat Kristen, Yahudi dan lain2nya (Human Right ).(5) Berniaga dalam mencari nafkah.

HUMILITY / FREEDOM OF SPEECH.
Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil (menghina, berolok2 ) menyapa mereka, mereka mengucapkan / membalas dengan kata-kata yang baik. QS.25:63.
وَعِبَادُ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلَّذِينَ يَمۡشُونَ عَلَى ٱلۡأَرۡضِ هَوۡنً۬ا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلۡجَـٰهِلُونَ قَالُواْ سَلَـٰمً۬ا
The (faithful) slaves of the Beneficent are they who walk upon the earth modestly, and when the foolish ones address them answer: Peace; QS 25:(63).
Sebaliknya Muslim Radikal menghukum mati orang2 yang menghina Nabi dan agama Islam. Muslim radikal ingkar Allah. 
 
Sebaliknya Muslim radikal menghukum orang yang menghina agama dan nabi.Mereka ingkar kepada ayat2 diatas itu.



MENCITAI SEMUA MANSIA TANPA MELIHAT PERBEDAN AGAMA, BUDAYA, SUKU DAN GENDER.
HADITH; Kamu belum mencintai Allah,kalau kamu belum mencintai tetangga kamu atau mencintai semua orang. HR Muslim.
BIBLE,Second Commandment; Love your neighbor as you love your self, or love all people.

(Artinya adalah Allah memerintahkan umat Islam untuk mencitai semua orang, kalau tidak mencintai semua orang belum lagi mencintai Allah dan belum beriman kepada Allah)

Sebaliknya Muslim Radikal fanatik membenci orang diluar keyakinan mereka seperti; Kristen, Hindu, Yahudi, Amerika, Komunis  dll, dan bermacam macam sekte2 Islam; Muslim Ahmadiyah, Ahmadiyah, NU, Muslim Liberal dll  
 HUMAN RIGHT/ MEMBELA HAK ASASI MANUSIA.
Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah(tertindas) baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah)yang lalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!".[QS 4:75]
Dengan kata lain Nabi membela Hak Asasi (Ham) kelompok minoritas yaitu hak2 kemerdekaan beragama, berbicara, berexpressi dll.


وَمَا لَكُمۡ لَا تُقَـٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱلۡمُسۡتَضۡعَفِينَ مِنَ ٱلرِّجَالِ وَٱلنِّسَآءِ وَٱلۡوِلۡدَٲنِ ٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَخۡرِجۡنَا مِنۡ هَـٰذِهِ ٱلۡقَرۡيَةِ ٱلظَّالِمِ أَهۡلُهَا وَٱجۡعَل لَّنَا مِن لَّدُنكَ وَلِيًّ۬ا وَٱجۡعَل لَّنَا مِن لَّدُنكَ نَصِيرًا (٧٥)

 And why should ye not fight in the cause of Allah and of those who, being weak, are ill-treated (and oppressed)? Men, women, and children, whose cry is: "Our Lord! rescue us from this town, whose people are oppressors; and raise for us from thee one who will protect; and raise for us from thee one who will help.QS 4:75.

Sebaliknya Muslim Radikal  menzolimi kelompok2 agama minoritas seperti Kristen, Hindu, Muslim Shia, Ahmadiyah, Sufi, Muslim Liberal dll. Muslim Radikal ingkar Allah.

JUSTICE FOR ALL/BERLAKU ADIL UNTUK SEMUA MANUSIA.
"Katakanlah (hi Muhammad ) : "Aku beriman kepada semua Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan supaya berlaku adil di antara kamu ( Kristian and Yahudi ) Allah-lah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah kembali [kita]" QS 42:15. Dengan kata lain Nabi berlaku adil kepada semua manusia tanpa melihat agama,suku, budaya, dan gender.

لِذَ‌ٰلِكَ فَادْعُ ۖ وَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ ۖ وَقُلْ آمَنتُ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ مِن كِتَابٍ ۖ وَأُمِرْتُ لِأَعْدِلَ بَيْنَكُمُ ۖ اللَّهُ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ ۖ لَنَا أَعْمَالُنَا وَلَكُمْ أَعْمَالُكُمْ ۖ لَا حُجَّةَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ ۖ اللَّهُ يَجْمَعُ بَيْنَنَا ۖ وَإِلَيْهِ الْمَصِيرُ

And say ( Muhammad ), “I believe in whatever book Allah has sent down. And I have been ordered to do justice among you(Christian, Jews, Quraish, etc ). Allah is our Lord and your Lord. For us are our deeds, and for you, your deeds. There is no argumentation between us and you. Allah will bring us together, and to Him is the final return.” QS 42:15. lihat juga; QS.60:7-8. QS.5:8 

Sebaliknya Muslim Radikal  berlaku tidak adil dan diskrimnatif kelompok agama minoritas (Kristen, Muslim Shia, Hindu dll)

ENTERPRISE/ BERWIRASWASTA DALAM MENCARI NAFKAH
Tangan di atas lebih mulia dari pada tangan dibawah. HR.Buhaiqi.
Sesungguhnya pedagang yang jujur dan benar akan berada di bawah naungan Arsy ( syurga) ALLAH pada hari kiamat.HR Dailami. 
Rasulullah saw dan Istrinya Khadijah adalah pedagang2 yang ulung dan berprestasi, Kaya raya. Kekayaan itu digunaka untuk membiayai Dakwah Islam.Tangan beliau selalu berada diatas tangan orang lain,sebagi contoh bagi pengikut2nya dikemudian hari.

Sebaliknya Muslim Radikal  bukan berwirasasta mengikuti Sunnah Nabi, malah menjual ayat2 Allah dengan menerima uang Envelop setiap berdakwah; Sesungguhnya haram,  berbahaya tidak bisa menegakan kebenaran lagi karena di pengaruhi oleh sponsor. QS 36;21.Jadi kemiskinan umat Islam disebabkan kesalahan ulama2 dan Usztad2 yang tidak mengikuti sunnah Nabi dengan benar.

Karena itu nasehat2 ulama tidak efektif memperbaiki akhlaq umat Islam. Ulama2 seperti ini adalah ulama seburuk buruk manusia di kolong bumi. 

Nabi Muhammad saw adalah Nabi Yang Membawa Rahmat Qs 21:107 bagi semua manusia, termasuk orang2 yang tidak beriman, berbeda suku atau bangsa dan budaya. Rahmat arti sesungguhnya adalah dimana non Muslim merasa aman, sejuk, dan tidak takut, tinggal bertetangga dengan Muslim, dan diperlakukan dengan adil. Kalau umat Kristen ingin membangun gereja, umat Islam ikut membantunya, begitula sebaliknya. 

Sebaliknya Muslim Radikal  Menteror dan melarang umat Kristen membangun Gereja dan berdakwah. Mengharamkan Muslim2 Shia, NU, Sufi, Muslim Liberal dll.  Muslim Radikal ingkar Allah.

Muslim Radikal memperlihatkan ajaran Islam Jahiliyyah-Primitif--tidak toleransi---tidak ada kasih sayang---tidak berkarya nyata---membenci umat Kristen, Yahudi dan Muslim Shia---tega membunuh anak2 disekolah dengan Bom bunuh diri. Muslim radikal seburuk buruk manusia di kolongan Bumi ini, lebih buruk dari binatang.

Semoga Allah merahmati Muslim Liberal, sebaliknya Muslim radikal di kutuk oleh Allah swt. karena perbuatan zolimnya.
======  


PENDAHULUAN.

Prof Dr HM Quraish Shihab,ahli tafsir terkenal di Indonesia, mantan menteri agama RI, pelopor pembaharuan tafsiran al Quran berkata;
 
Alquran tidak kering. Betapa pun orang membahasnya, setiap saat dia memberikan hal yang baru.
 
Begitu juga ketika ia mempelajari Alquran. Dia bisa menemukan makna baru, rahasia baru yang belum ditemukan oleh orang sebelumnya karena dia bersumber dari Tuhan
.

CONTOH: Salah satu tafsiran Prof.DR Quraish Shihab yang menobrak ahli2Tafsiran2 ulama2 Wahabi-salafy Arab (Ibnu Kathir,At-Tobary,Imam As-Suyuty ,Al-Baghowy )  yaitu dimana Prof DR.Quraish.Shihab berpendapat bahwa; 

Wanita jangan merasa berdosa kalau tidak berjilbab.  
Muslim jangan merasa berdosa mengucapkan "Selamat natal "

Dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.

Masih menurut Quraish, “Perbedaan para pakar hukum itu adalah perbedaan antara pendapat-pendapat manusia yang mereka kemukakan dalam konteks situasi zaman serta kondisi masa dan masyarakat mereka, serta pertimbangan- pertimbangan nalar mereka, dan bukannya hukum Allah yang jelas, pasti dan tegas, seperti perintah shalat.


Karena perintah berjilbab itu adalah saran,bukan wajib,sesuai dengan keadaan alam padang pasir yang panas dan berbahaya . Karena pasir yang panas yang di embus angin kencang dapat merusakan kulit dan rambut wanita. Burqa bagi perempuan dan Thobe / Robe bagi laki, Sesungguhnya bukan pakaian Islam tapi
pakaian budaya Arab padang pasir.
 
Inilah penemuan2 baru
yang lain tentang memahami Islam yang berbeda dengan Ulama2 Islam Fundamentalis wahabi-salafy-Taliban dan Al Qaida, semoga bermanfaat untuk memperbaiki image Islam terbelakang.


Assalamu'alaikum wrwb.

Al Quran adalah kitab ALLAH, buku pedoman hidupku, sumber inspirasiku, sumber ilmuku, buku kesehatanku, makanan rohaniku, sumber kekuatanku, sumber kenikmatan2ku,buku untuk mendekati diri kepada ALLAH yang akan memberikan aku syurga.Syurga dunia dan akirat

Tiada Tuhan kecuali ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kepada MU lah kami menyembah, kepada MU lah kami minta pertolongan dan kepada MUlah kami mengucapkan terimakasih atas segala pemberian2MU, rahmat, rezeki,kesehatan dan hidup yang indah ini.

Kepada MU lah satu satunya kami tempat memuji,karena semua pujian2 adalah milik MU semata.


Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang  Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan,Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan.QS 59:23.


"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, [1] (25) dan mudahkanlah untukku urusanku, (26) dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, (27) supaya mereka ( pengikut2 Islam Fundamentalis dan pembaca budiman) mengerti perkataanku,QS 20;25

Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu setan terkutuk dalam menjelaskan ayat2 dibawah ini;

Semua Nabi2 ALLAH adalah membawa agama Islam.
Semua kitab2 ALLAH yaitu Taurat,Zabur,Injil dan Al Quran adalah ajaran Islam.Agama dari Allah yang menciptakan alam dan manusia.

ALLAH menyelaskan dengan ayat2Nya dibawah ini;

Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa (Taurat dan Injil) serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".(QS.2:136)

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.QS 4”163 

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam". QS.2:132

(Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Qur'an) ini,  QS 22:78.

Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak (ridho) agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama ( Budha,Shinto, Hindu). Dan cukuplah Allah sebagai saksi. QS 48:(28)

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, Muhammad melainkan menjadi Rahmat bagi semesta alam.QS.21:107. ( agama Islam adalah agama rahmatan lillah ‘alamin)


Kitab2 ALLAH terdiri dari; Taurat, zabur, injil dan al Quran.
A.Kitab Taurat berisikan ajaran dasar2 peraturan Islam(Tauhid)
B.Kitab Zabur berisikan ajaran Hikmah atau Wisdom
C.Kitab Injil berisikan ajaran kasih sayang dan cinta 
D.Kitab Al Quran berisikan ajaran keadilan.QS 60:8 QS 5:8
Al Quran adalah kitab yang terakir dari Allah, dan sempurnalah ajaran Islam untuk manusia dari Allah pencipta manusia dan alam. Umat Islam wajib beriman dan mengamalkan semua kitab2 Allah, dengan catatan ayat2 Allah yang tertulsi dalam Bible bertentangan dengan peraturan2 baru (Al Quran) tidak berlaku lagi-invalid.

Inti atau sense of Islam itu ada 3 bagian besar yaitu;
A. Mengajarkan bertauhid dan Iman kepada ALLAH Yang Esa,
B. Mengajarkan berakhlaq mulia, yaitu akhlaq Islami.
C. Mengajarkan memakmurkan Bumi atau membangun ekonomi/technologi/science.

Salah satu dari yang tiga point diatas itu diabaikan, maka umat yang mengamalkan al Quran tidak khafah, tidak sempurna dan kehidupannya kelihatan pincang, tidak kuat. Kehidupan yang pincang adalah terhina sebagaimana ALLAH menjelaskan di ayat ini.QS.2:85. Orang beriman yang mengerjakan semua peraturan2 Allah dengan baik, maka dialah yang sukses mendapat hadiah dari Allah yang syurga dunia dan akirat.Hidupnya sukses dunia an akirat,dinamakan orang yang bertaqwa.

Misalnya;
1,Seseorang yang mengerjakan A dan B saja, maka kelihatan hidupnya miskin, Orang2 miskin mudah menjadi kufur, berada di pintu neraka,---terhina.

2.Seseorang yang mengerjakan A dan C, tapi akhlaqnya buruk, maka hidupnya tidak bahagia, dan bahaya.----terhina.

3.Seseorang yang mengerjakan B dan C, walaupun dia kaya raya, maka kekayaannya itu akan menjadi kayu bakar di neraka. Seperti Fir'un dan orang2 anti ALLAH.--terhina...karena tidak beriman kepada ALLAH yang memberikan rezeki kepadanya.

Sebagaimana wahyu ALLAH dibawah ini;
Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian dari padamu, melainkan kenistaan(hina) dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.QS.2:85
.

A. Mengajarkan kepada manusia untuk bertuhan kepada ALLAH Yanga Maha Esa (tauhid,iman), serta menyembahnya; 

1.Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang[1] Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, [2] Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. [3] Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, [4] dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia".QS.112:1-42."Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dialah yang menciptakan kamu dari bumi(tanah) dan dan menjadikan kamu untuk pemakmurnya (mengolahnya) QS.11:61.

BIBLE
God spoke: I am the Lord your God who brought you out of Egypt,where you were slave. Worship no god but ME.Do not bow down to any idol or worship it,because I am the Lord your God.I bring punishment on those who hate ME and.....do not use My name for evil purpose, for I,the Lord your God will punish anyone who misuse My name.. Exodus 1-6.


DEFINISI ISLAM.
Siapa2 yang menyebutkan; "Tiada tuhan kecuali ALLAH " maka dia adalah muslim dan golongan Islam.

Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan [yang berhak disembah] selain Dia(ALLAH), Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Ajaran Tauhid atau beriman kepada Tuhan yang Esa dan gaib adalah yang utama dalam agama Islam dari Taurat sampai Al Quran. Agama Islam mengajarkan percaya kepada ALLAH yang menjadikan alam semesta ini dan yang menghidupkan dan mematikan manusia. ALLAH adalah pemilik dan mengontrol alam semesta.

Berputarnya bumi dan bulan di porosnya secara teratur di tempatnya masing2. Orang2 yang tidak percaya kepada Tuhan yang gaib ini disebut orang2 anti tuhan.Orang2 yang mempertuhankan banyak tuhan adalah orang2 musrik.

Mempercayai tuhan yang gaib seperti ALLAH,Malaikat dan roh tidaklah mudah, kecuali bagi orang2 yang di berikan hidayah oleh ALLAH. ALLAH lah yang mengontrol hati manusia semua.

Jadi kalau ada orang2 yang tidak percaya kepada Tuhan yang Esa, kita tidaklah mesti marah kepada mereka,karena ALLAH belum membukakan hati2 mereka. 


B.Mengajarkan kepada manusia akhlaq yang mulia yaitu mencegah dari perbuatan2 buruk / dosa dan mengajarkan berbuat kebaikan dalam masyarakat yang pluralistic;

1.“Dan dirikanlah shalat dan sesungguhnya shalat mencegah dari perbuatan2 yang keji(buruk) dan mungkar (menzolimi). Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.QS.29:45.

2.“Dirikanlah shalat, dan suruhlah manusia mengerjakan perbuatan baik, dan cegahlah mereka dari perbuatan buruk,dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu.Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal hal yang diwajibkan.” (QS 31:17)

3.“Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itu yang diperintahkan…”. (Q.S. 6:162-163).

Say, “My prayer, my offering, my life and my death are for Allah, the Lord of all the worlds. (162) For Him there is no partner. And thus I have been commanded, and I am the first one to submit.” (163) Say, “Should I seek a lord other than Allah while He is the Lord of everything?  QS 6;162-163,

Mengerjakan shalat 5 kali sehari adalah suatu latihan yang extensive dari ALLAH agar manusia terhindar dari pengaruh2 setan. Jadi shalat adalah latihan yang utama untuk dapat menjadikan seseorang berakhlaq al Quran atau akhlaq yang mulia.Agar shalatnya efektif seharusnya mengerti apa apa yang dibaca.Kalau tidak mengerti, maka ALLAH mengatakan akan masuk neraka.
QS4:43.

Orang2 yang tidak berkhlaq mulia atau akhlaq yang buruk, kasar, dan merusak alam di bumi ini, hidupnya akan tidak bahagia dan berbahaya sekali.

Jadi ALLAH menurunkan al Quran ke bumi ini agar akhlaq manusia menjadi mulia.

C. Mengajarkan manusia memakmurkan Bumi atau membangun pradapan yang Islami dengan membangun ekonomi, technologi yang kuat  serta mendirikan industri2.

1.Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan.

Dan Kami ciptakan besi(bahan2 tambang lainnya ) yang padanya terdapat kekuatan yang hebat (pertahanan agama ) dan  berbagai manfaat bagi manusia, ( membangun industri2 ) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong/mempertahankan (agama) Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa QS.57:25.

2.Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya(mengolah bahan2 baku), karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)."QS.11:61.


Wahyu ALLAH kpd Nabi Musa as.
Manusia mesti bekerja keras untuk kemakmuran /kesejahateraan.
God said; "You will have to work hard and sweat to make the soil produce anything, until you go back to the soil from which you were formed. You were made from the soil, and you will become soil again" (Genesis 3.18-19.).

Jangan kamu lupakan mencari kenimatan duniawi mu!! 

Ayat ini boleh dikatakan tidak pernah kita dengar dari usztad2
khotip2 dan guru agama kita. 

Dan carilah apa yang telah dianugerahkan Allah kepada mu (kebahagian) negeri akhirat, janganlah kamu melupakan dari kenikmatan duniawi dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Aku telah berbuat baik kepada mu.QS 28:77.

Apa2 kenikmati duniawi itu?  

Kenikmatan duniawi itu adalah sebagaimana ALLAH jelaskan dgn ayatNya: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang yang luas lagi subur,( rumah yang indah, mobil yag indah dll). Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik. (14). QS.3: 14, QS 71; (13).QS   72:16.
 


Untuk mendapatkan kenimatan duniawi itu umat Islam di wajibkan untuk bekerja keras dan berilmu agar dapat membangun industri2 dari bahan2 tambang yang sudah diberikan oleh ALLAH kepada manusia agar dapat tercipta masarakat rahmatan lil’alamin, yaitu masarakat yang “Damai-sejahtera-dan harmoni dalam berbeda beda agama dan bangsa.

Dari pengamatan saya, pada umumnya umat Islam mengerjakan point # A dan # B saja, sedangkan point # C di lupakan.

Akibatnya ekonomi dan pertahanan agama Islam sangat lemah. Produktivitas umat Islam rendah sekaliSampai hari ini, produk2 made in Saudi Arabia tidak kelihatan di supermarket2. 
Pemuda2 Saudi Arabia terkenal dengan pemalas dan tidak produktif.

Mereka mengklaim bahwa merekalah paling benar memahami ajaran Islam karena Islam dan Nabi Muhammad datang dari negerinya. Jutaan umat Islam yang menunaikan ibadah hajji setiap tahu ke Saudi Arabia.  

Ini salah satu bukti nyata bahwa ajaran Islam yang dipahami oleh ulama Islam radikal fundamentalis Wahhabi-Salafi adalah salah kaprah, masih mengikuti pamahaman Islam yang primitif, kurang ilmu techonologi,kesehatan dan science.Umumnya umat Islam sudah tertipu oleh ulama2 Saudi Arabia karena ulama2 belajar dulunya dari Saudi Arabia. Islam lahir dari Saudi Arabia.

Kebutuhan umat Islam sehari hari dan alat2 pertahanan bangsa banyak tergantung kepada umat lainnya. Kalau terjadi peperangan dengan mudah dikalahkan oleh musuh Islam. Sering terjadi perbuatan kekerasan dan penindasan seperti kita saksikan "Arab-Spring", dimana terjadi demontrasi2 menentang pemerintahan yang zolim, penindas, pembunuhan dan diskriminasi karena berbeda keyakinan beragama.

Jutaan umat Islam yang meninggal dunia, cacat dan kehilangan rumahnya. Hasil dari pengamalan ajaran Islam yang salah kaprah, terjadilah malapetaka dan perang saudara di Iraq,Syria dan negara2 Islam di Afrika Utara.

Pemerintahan negara2 Arab tidak menjamin kemerdekaan beragama, berpakaian, berexpresi. Tidak ada keadilan untuk semua rakyatnya. Terjadi perbuatan2 discriminasi karena suku,bangsa dan agama.There is no Liberty with justice for all people.
Bukankah demikian?
Padahal, Human Right atau Hak Asasi Manusia itu bersumber dari Al Quran. Nabi Muhammad saw adalah pelopor Human Right sebagaimana dijelaskan diatas tadi. 

Sesunguhnya pemerintahan Saudi Arabia itu melanggar Human Right.Melanggar Human Righ artinya melanggar hukum Allah seperti;QS 4:75, QS 42 :15, QS 5;8, QS.60;8.
Oleh karena itu negara2 Islam yang tidak mentaati Human Right disitu terjadi penzoliman2 kepada agama kecil dan terjadi pembunuhan2 atas nama Islam.

Selama negara2 Islam tidak memathui peraturan2 Human Right selama itu pula terjadi penzoliman2 dan pembunuhan2 dalam masayakat Islam. Hidup yang damai tidak akan terjadi.

DEFINISI TAQWA  
Muslim yang bertaqwa itu adalah muslim yang melaksanakan perintah2 ALLAH dengan sempurna, dan menghentikan semua larangan2Nya dengan ikhlas.Muslim seperti ini disebut Muslim bertaqwa.


Dengan kata lain adalah seorang ulama yang tahu agama, yang berakhlaq mulia dan kaya raya. Kekayaannya itu datang bukan menerima gaji, tapi adalah dengan berbusiness sebagaimana Rasul,istrinya dan sahabat2nya mencari nafkah. Ini adalah sunnah Rasul yang seharusnya umat Islam mengikuti dengan baik.


Siapa2 yang mengikuti sunnah rasul mencari nafkah pasti mereka akan mendapat rezeki berakah yang banyak dari ALLAH dan tidak terbatas.


Sekarang yang banyak mengikuti sunnah Rasul ini bukan ulama2 Islam dan umat Islam, tapi bangsa2 lain, China, Japan, Korea, dan negara Barat. Benar bukan? Kita umat Islam sudah tertipu oleh ulama2 Saudi Arabia dimana Islam lahir. Perlu kita perbaiki segera mungkin.

Hasil dari Muslimbertaqwa;
Yaitu hidup yang sukses, dan mendapat rezeki / hadiyah harta yang banyak dari ALLAH. 

Joshuo; 1:8-9
"Be sure that the book of law is always read in your worship.Study it day and night,and make sure that you obey everything written in it. Then you will be prosperous and successful.

Artinya orang2 yang benar2 mentaati peraturan2 ALLAH dgn sempurna, mereka menjadi orang2 yang prosperous( kaya raya ) dan sukses. Itulah hasil dari pengamalan Muslim bertaqwa.

Hadist; Sebaik baik pertolongan atas taqwa kepada Allah swt adalah "harta-uang".HR Baihaqi.

ALQURAN;
Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan  baginya jalan ke luar. (sukses berusaha atau berwira-usaha ) Dan memberinya rezeki dari yang tiada disangka sangkanya (Kaya raya, prosperous).QS 65:2-3


Sekiranya banyak ulama2 bertaqwa dlm suatu negeri, maka makmurlah negeri itu;
Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi (kekayaan, kemakmuran), tetapi mereka (pemimpin2 dan ulama2 ) mendustakan (ayat2 Allah) itu, maka Kami siksa mereka (kemiskinan,kekacauan)di-sebabkan perbuatan mereka sendiri"QS.7: 96).

Jadi seorang ulama sangat memegang peranan penting dalam memakmurkan suatu bangsa. Kalau banyak ulama2 yang benar atau ulama bertaqwa , maka makmurlah bangsa itu. Kalau ulama2 salah memahami peraturan2 Allah, maka terjadilah malapetaka, kehancuran, konflik dan perang saudara dan kemiskinan.


Muslim Yang Bertaqwa kalau mati lansung ke Syurga;


"[yaitu] orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik [2] oleh para malaikat dengan mengatakan [kepada mereka]: "Salaamun`alaikum [3] masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan".QS.16: (32)

  Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (51) [yaitu] di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; (52) mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, [duduk] berhadap-hadapan, (53) demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari. (54) Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman [dari segala kekhawatiran] [3]. (55) mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, (56) sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar. QS.44:(57)


MUSLIM YANG BERTAQWA DIA TELAH MENDAPAT SYURGA DI DUNIA;

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik,bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai didalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, merekamengatakan:

"Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.(di dunia )" (SYURGA DI DUNIA)

Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.

Kondisi syurga di akirat;
Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan istri-istri kamu digembirakan." Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya." Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan. Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan. QS.43:70-73

2.(Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yangdijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka,QS.47:15
 
Orang2 bertaqwa meningalkan warisan yang banyak;
Firman ALLAH kepada Nabi Daud;
 A good man leave a inheritance to his children 's children.

Artinya; orang yang baik menurut ALLAH adalah orang2 yang meninggalkan warisan yang banyak untuk anak2 dan cucu2nya.

Kehidupan sehari hari muslim bertaqwa itu adalah hidup yang sejahtera atau mewah.Sebagaimana ALLAH jelaskan kepada Nabi Daud as.

Wise People(taqwa) live in wealth and luxury,but stupid people spend money as fast as they get it. Proverb 21;20.

Orang bijak (taqwa) hidup dalam kekayaan dan kemewahan, tetapi orang bodoh menghabiskan uang yang diprolehnya secepat mungkin.

Demikianlah arti dan ciri2 orang2 bertaqwa. Mari kita capai tingkat Muslim yang bertaqwa itu dengan kerja keras dan berilmu. Kerja keras tanpa berilmu sulit menjadi seorang yang bertaqwa.

Mudah2an dengan peringatan2 ALLAH diatas tersebut, semoga kita semua dapat kembali mengoreksi pengamalan ajaran2 Islam kita, apakah kita sudah benar mengikuti sunnah Rasulullah saw dan perintah2 ALLAH dengan sempurna atau kafah, atau apakah kita mengikuti sebahagian2 dari perintah2 ALLAH.

Keterbelakangan umat Islam dari umat2 yang lain adalah akibat tidak mengikuti salah satu dari INTI ajaran islam tersebut diatas yaitu # C, yaitu melupakan atau lalai mengusai ilmu2 ekonomi,technolgi dan science (IPTEK) untuk dapat mengolah bahan2 baku seperti besi dll untuk kesejahteraan umat dan untuk pertahanan agama ( membuat industri2 senjata.)

Kesimpulan;
1.Marilah kita mulai dari diri sendiri untuk menyempurnakan mengikuti perintah2 ALLAH diatas tersebut yang menguasai ilmu ekonomi dan Iptek,agar ALLAH dapat memenuhi janjiNya kepada kita umat islam, yaitu menjadi umat yang mulia,umat Rahmatan lila'alamin.Umat yang hidupnya penuh dengan kedamaian,bahagia, kasih sayang,tolerensi dgn perbedaan, sejahtera, dan menyembah ALLAH yang Esa.

2.Seorang muslim, jemaah dan negeri Islam kalau belum sukses menjadi seorang Muslim yang sukses, atau negeri islam yang masih hidup terbelakang, artinya belum sempurna menjalankan ketiga inti ajaran islam diatas, kemungkinan besar sebahagian di laksanakan dan sebahagian perintah ALLAH lainnya di ingkari atau dilanggar.


3. Orang orang yang tidak beriman kepada Allah, kenapa mereka makmur,seperti Firun atau negara2 Komunis? Allah Maha Adil kepada semua manusia, baik yangberiman maupun yang tidak beriman di dunia ini; Siapa yang berilmu dan bekerja keras, Allah akan berikan pahala rezeki yang lebih banyak dari orang yang tidak berilmu dan tidak bekerja keras atau sungguhnya. 

Fir'un adalah seorang Rajamyang kaya Raya dari pemberian Allah, dia mendapat syurga di dunia saja dengan kehidupan yang mewah,kaya raya--tapi dia tidak mendapat syurga di akirat, karena tidak beriman kepada Allah. 

Sedangkan orang yang beriman, berilmu dan bekerja keras dan sungguh2, dia akan mendapat 2 syurga, yaitu syurga dunia dan syurga akirat.  Itulah bedanya antara orang sukses tidak beriman dan orang sukses yang beriman.

Jadi seorang Muslim yang sukses itu mendapat 2 syuga. Untuk mendapatkan syurga akirat harus mendapatkan syurga dunia lebih dahulu. Ada beberapa kecualian ada juga beberapa orang Muslim yang beriman tapi miskin, atas rahmat atau kebijakan Allah dia dapat syurga akirat. Misalnya sahabat2 Nabi yang miskin  berjuang bersama nabi melawan musuh2 Nabi yang ingin membunuh Nabi.

Mari kita renungkan kembali, insya ALLAH, ALLAH akan memberikan HidayahNya.

Saya sendiri tidak akan sukses memperbaiki image Islam yang terbelakang-masih berpaham primitif tampa bantuan anda yang telah membaca artikel ini untuk menyebar luaskan kepada 200 juta umat Islam Indonesia. Silakan kirimi "link ini" kepada teman2 anda, sekolah2 dan madrasah2, semoga pembaharuan cepat terjadi di Indonesia sebagai pelopor Muslim yang maju, dan beradap modren.

Semoga ALLAH akan memberikan "reward" kepada anda yang membantu menyebar-luaskan  risalah2 ALLAH yang mulia ini. Amein. 

If we love each other,we can achieve a superb-works in this planet.
Love your neighbor as you love your self.
Or love everyone even they do not share your faith.
Hadits; Kamu belum lagi mencintai atau beriman kepada ALLAH, kalau kamu belum mencintai semua  manusia.Hr Muslim.





For You from My Heart.
All those who read shall pass on my words to others and those to others again; O Allah, be my witness, that I have conveyed your message to your people.
With all my love

 
RELATED.

1.KENIKMATAN DUNIAWI.
https://docs.google.com/document/d/1MRy3IIsmX3r8IHNnIbOKf7gPTciU5gRU74OFls4FjvY/edit 

2. RUKUN ISLAM KURANG SATU POINT.
http://muslimbertaqwa.blogspot.com/2010/12/6-butir-rukun-islam-or-six-pilars-islam.html 


America's Muslim is as role of Model for International Muslim Communities.
Creative Al Quran Study.
Al Quran gives the true solution
Book Seri I.
By Abdullatif 

2 comments: