Monday, December 6, 2010

MENEMUKAN BUDAYA ISLAM DI JEPANG.

 بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
In the name of God, the most merciful and the most gracious.

 Modern Quranic Interpretation.
Islamic Society for Liberty And Modernity.

Islam Shall Love All Mankind



AS  I  SEE  JEPANG.
MENEMUKAN BUDAYA ISLAM DI JEPANG.

Pendahuluan.
Assalamu'alaikum wrwb
Bismilahirahmanirrahiim,

Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan. QS.59:23.

Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.QS.59:24.

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. QS 49;13.

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan [ayat-ayat Kami] itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (96) Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur? QS 7;97 .

ALLAH memberikan kemakmuran kepada bangsa Japan dari langit dan bumi. Karya2nya sangat banyak dan sangat bermanfaat bagi masarakat dunia,Umat Islam dapat pula menikmatinya,Sesungguhnya kita umat Islam wajib bersyukur dan berterimakasih kepada masarakat Japan, Masya ALLAH.

Japan mentaati peraturan2 ALLAH yang berhubungan dengan "hablul minanaas". Oleh karena itu masarakat Japan di rahmati oleh ALLAH. .ALLAH Maha adil kepada semua hamba2Nya baik yang beriman maupun tidak beriman.

Kalau sekiranya mereka bertauhid maka masarakat Japan adalah masarakat Islam yang sempurna.

INILAH PENGAMATAN DAN PELAJARAN YANG SAYA DAPAT DARI JAPAN, SEMOGA BERMANFAAT BAGI INDONESIA.
Pada suatu hari dalam pendakian ke Gunung Fuji, sebuah gunung yang tertinggi di Jepang dan terkenal didunia akan keindahannya, dari sebuah tempat yang strategis saya memandang kebawah sekeliling indah benar pemandangan, indahnya ciptaan Tuhan, menghijau, langit biru, awan2 putih seperti kapas bergerak berlahan lahan, seolah olah melambaikan tangan tangannya kepada orang yang melihatnya keatas. 

Climbing Mount Fuji: 8 Hours of Hell





Saya melihat dari atas kebawah kelereng gunung banyak sekali orang yang sedang mendaki gunung menuju tempat kami yang sedang beristirahat, seolah olah seperti seekor ular yang panjang  yang berbelok belok.

Mereka terdiri dari anak2, orang tua, laki laki dan wanita. Saya bertanya kepada teman saya orang Jepang kenapa banyak sekali orang Jepang yang mendaki gunung Fujii ini. Ia menjawab, sudah menjadi budaya Jepang kalau belum pernah mendaki gunung Fuji yang indah ini hidup belum merasa puas. 

Oleh karena itu orang Jepang menyempatkan satu kali dalam hidupnya untuk mendaki gunung Fuji. Tebayang bagi saya pada waktu itu, seperti orang Islam pergi ke naik Haji saja. Kalau belum pernah naik Haji, belumlah sempurna menjadi seorang Muslim.
Dari ketinggian gunung Fuji ini juga saya merenung teringatlah kembali cerita cerita dari Ibu saya waktu saya masih anak2.

 Ibu bercerita bahwa; “Islam adalah agama yang terakhir dan sempurna dari pada agama2 terdahulu, islam mengajarkan berakhlaq mulia; berkasih sayang sesama, bersih- rapi, jujur, kasih sayang sesama, bukan saja kepada orang orang islam tetapi kepada semua orang dan binatang juga. Islam juga mengajarkan ramah tamah dan senyum.

Hikmah shalat mengajarkan kita disiplin, patuh akan peraturan2, bersih jasmani, likungan, dan bersih hati dari dosa dosa baik kepada manusia maupun kepada Tuhan.

Masarakat islam adalah masarakat dimana orang semua berkasih sayang, semua orang berkata kata yang baik baik dan menyenangkan, semua tempat bersih, lalu lintas tertip dan sopan santun, merasa hidup bahagia, aman dan harmonis, tidak ada pencurian apa lagi korupsi, semua orang bekerja dengan rajin. Mesdjid penuh dengan orang2 yang cinta kepada Tuhan.
Demikianlah kehidupan masarakat waktu zaman Rasulullah saw dan para sahabat2 Nabi.” Demikianlah ibu saya bercerita.

Cerita cerita ibu saya diatas tadi semua menjadi kenyataan dan dapat dirasakan selama saya tinggal di Jepang, bukan di negeri ku yang penduduknya bergama islam.

Hanya saja mereka tidak shalat, puasa dan bertauhid. Tapi sebahagian besar syariat islam atau peraturan dari Al Quran dijalankannya dengan baik dan mereka sukses besar. Masha Allah.

Inilah yang menimbulkan pertanyaan pada diri saya kenapa orang Jepang yang tidak mempunyai buku AlQuran dari Tuhan sebagai buku pedoman hidup yang bahagia, sejahtera, tertip dan makmur bisa dicapainya, sedangkan kita Indonesia yang alamnya kaya raya dan 90 % beragama Islam, kok tidak bisa hidup seperti apa yang dinginkan oleh Al Quran?

Tentu ini akan menjadi pertanyaan juga oleh para pembaca, dimana letak kesalahan kita memahami Al quran dan Hadits.

Kita sama sama yakin bahwa wahyu2 Allah itu benar tidak pernah diragukan lagi. Jadi yang salah bukan ajaran islam nya tapi yang salah adalah umatnya yang salah memahaminya atau salah kaprah atau persepsi. Kalau bukan salah persepsi apa lagi yang dapat disalahkan? Memang menyedihkan dan memilu hati bagi orang orang yang tahu.

Sebelum saya pergi mengunjungi negeri Sakura ini, sudah tentu saya akan berpikir seperti kebanyakan umat islam di Indonesia, bahwa negeri kita adalah negeri yang baik, yang sudah maju, berdisiplin, bersih, rapi dan beradap. Bandingannya dengan Negara Negara islam di Arab, dan Afrika

Kita  merasa bangga kalau ada orang asing yang menanyakan apa agama penduduk Indonesia, dengan gembira kita  akan menjawab Islam. 

Dan sekali kali kita berpikir negeri kita jauh lebih baik dari negeri2 Islam di Arab, Pakistan, Afganistan dan Afrika.  Jadi kita sudah merasa puas. Dan juga kita lihat setiap jumaat mesdjid penuh dengan jemaah, dan pada hari puasa hampir setiap orang melakukan puasa dan shalat Idil Fitri.

Karena sibuknya dengan pekerjaan2 sehari hari, kita tidak sempat lagi memikirkan apakah agama atau pehaman peraturan2 Allah sudah kita lakukan dengan benar ? Apalagi anak anak muda , kapan mereka akan memikirkan sibuk menghadap hari depan yang penuh tantangan.

Pada umumnya kita mengikuti orang banyak saja dan apa yang dikatakan oleh guru2 kita ikut saja. Akhirnya beginilah negeri kita, beginilah sopan santun kita di jalan2, beginilah keramah tamahan kita di kantor2, biginilah nasib kita yang selalu tergantung kepada bangsa lain, beginilah petani petani kita, nelayan2 kita yang hidup penuh akan hutang sambil menunggu panen. Beginilah sistem pendidikan kita dimana murid tidak hormat lagi kepada gurunya, beginilah nasib guru guru kita yang gajinya cukup untuk dua minggu saja kali dan seterusnya. Beginilah pemuda muda kita yang banyak nganggur, beginilah anak anak perempuan kita banyak yang belum nikah dan banyak pula yang masuk kedaerah merah untuk menyambung hidupnya. Kalau kita tulis masih banyak lagi yang kita rasakan dan kita lihat dengan kedua mata kita.

Dibawah ini saya akan bawa para pembaca kedalam masarakat Jepang yang tadi diatas saya sebutkan bahwa saya menemukan sebahagian syariat islam dijalankan dengan baik dan sukses di negeri Sakura atau Jepang. 

Sudah tentu kalau kita pergi kesebuah Negara akan menemukan hal2 yang buruk bukan? Hal hal yang buruk baiklah kita simpan saja, dan yang baik2 kita ikuti, semoga ada manfaatnya buat kita dan anak2 kita, dan Tuhanpun sayang kepada kita.
Moham maaf seribu maaf, bukanlah saya berniat untuk mempromosikan negeri Japan, tetapi dengan maksud agar para pembaca dapat mengambil perbandingan dan mafaat dari negeri Japan. Bukankah Allah sudah memperingatkan umat Muhammad saw dalam Al quran;” Aku jadikan manusia berbangsa bangsa dan bersuku suku, agar satu sama lain dapat saling mengenal dan belajar”QS 49:13.

SEKILAS  NEGERI  JEPANG.

Jepang adalah sebuah negara yang terletak di Asia timur,yang berpenduduk lebih kurang 170 juta. Terdiri dari pulau2,suku2, dan bermacam bahasa daerah Luasnya 1/5 dari Indonesia Sistem pemerintahannya Perlementer. Raja adalah Simbul dari Negara Japan.”Emperor.” Makanan utama nya adalah beras.


 Pakaian Kimono sangat cantik,indah dan Islami.


Kimono adalah pakaian adat Jepang yang terkenal sampai sekarang.Pakaian ini dipakai waktu seremoni saja, dan pakaian sehari2 adalah pakaian biasa.Umur rata2 orang Jepang kira2 73 tahun, punya anak rata2 2 orang.Bahasa national adalah Bahasa Japan, dengan huruf Kanji,Kata kana dan Hiragana Tulisan Kanji  datang dari pengaruh Dataran China.




Tempat tidur Japan yang sangat anggun dan menarik sekali.

Agama yang dominan adalah agama Shinto,cabang dari agama Budha dan Hindu.Yang berasal dari India dan China.Agama Kristen dan Islam adalah minoritas.Pada umumnya, orang2 Jepang sehari hari tidak melakukan ritual agama. Kegiatan agama kelihatan pada waktu2 tertentu saja, seperti  waktu pernikahan, meninggal dunia, vestifal2, dan mendirikan gedung2 dan rumah2. Yaa berbentuk Ceremoni saja.Mereka tidak fanatik dengan agamanya.Dan agama baru yang datang ke Jepang  diterima dengan baik.




Semenjak negerinya kalah perang, negerinya hancur dan miskin, mereka mencoba membangun kembali negerinya  dari puing2 perang, dengan semangat yang tinggi, disiplin yang tinggi.mereka bekerja keras dalam segala bidang.

Dalam waktu 58 tahun, mereka kembali menjadi suatu negara yang dihormati di dunia. Ekonomi nya salah satu terkuat di dunia. Barang2 industrinya di export ke suluruh dunia,termasuk Indonesia. Ribuan macam produk  yang kita gunakan , dari barang2 pertanian, sampai ke barang2 rumah tangga dan kantor2. Kwalitasnya sangat baik.Lihatlah di sekeliling kita, TV, Mobil, Pena,dll.

Kemudian setelah negaranya menjadi sebuah negara termakmur, para pemuda dan pemudinya, kehilangan pegangan hidup.Hidup ini buat  apa..?

Sebab mereka dengan mudah mendapatkan kebutuhan2 nya. Sebelum genarasi ini, para orang2 tua , mempu nyai tujuan hidup  yaitu untuk membangun kembali negerinya yang sudah hancur oleh perperangan.
Dewasa ini, banyak sekali pemuda  dan pemudi mencari agama  untuk dapat menenangkan dan menentramkan pikiran. Misoneri2 Kristen sangat aktif berdakwah. Dan memang banyak kalangan muda mudi yang memeluk kristen.

Para pen Dakwah dari Islam, sudah juga aktif, tetapi tidak seaktif Kristen. Salah satu kendala adalah kurangnya dana untuk mensaport para Mubaligh2.
Sedangkan pastor Kristen dibiayai oleh institutnya. Ini juga salah satu kelemahan Islam dalam berdakwah..
Di Jepang ada sebuah organisasi Islam “Islamic Center, alamat ;
1-16-11 Ohara, Setagawa-ku,Tokyo 156, Japan.

FILSAFAT  HIDUP  MASARAKAT  JEPANG;

Ada beberapa  “filsafat, atau motto “ orang Jepang  yang menyentuh hati kita, terutama hati orang Asia yang agamais.Diantaranya  adalah :
1. Bagi orang Jepang, bekerja itu adalah  juga berarti Ibadah.
2. Bekerja ,berkarya adalah pengabdian  untuk kebaikan manusia, hidup yan diberikan    
   oleh Tuhan, adalah untuk beramal  baik semata mata.
3. Motto  perusahaan Jepang adalah:” tujuan perusahaan adalah mensejahterakan
   kariawan2nya semaksimal mungkin  dan  masarakat lainnya. “
4. Bagi orang Jepang Alam  adalah sumber imaginasi, pelajaran, untuk Hidup yang
   harmonis.
5. Hidup orang Jepang seperti kehidupan masyarakat-Semut.


Dari ke empat filsafat atau motto  dari orang Jepang,sangat mendekati dari ajaran2 AlQuran atau dari firman2 Allah swt. Masa Allah. Mari kita lihat dari beberapa firman Allah dan Hadist Rasulullah saw.

Bekerja itu bearti juga Ibadah. Orang2 Jepang sangat senang sekali bekerja sungguh2, dan rajin. Mereka sering kali pulang kerja larut malam. Mereka sangat bertanggung jawab akan kerjanya. Hasil kerjanya itu mereka artikan beribadah (buah dari ibadah ). dalam melaksanakan tujuan agama.
Sabda Rasulullah;
“Se-baik2nya manusia adalah karyanya  yang bermanfaat bagi manusia banyak
 Firman Allah swt dalam surat Al InFitaar 13.
“Sesungguhnya orang2 yang selalu berbuat  baik(berkarya positif), selalu dalam kenikmatan yang terus menerus, tidak habis habisnya, seperti air mengalir dalam pipa.

Kalau kita lihat masarakat Semut, mereka bekerja sama mencari makanan, kalau ada makanan, dibawa bersama sama ke sarangnya.Mereka tidak pernah makan sendiri. dimana ia menemukan makanan itu.

Ini bearti masarakat semut adalah masakat gotong royong, tidak egois. Betapapun besar makanan yang ditemukannya, pasti dapat dibawanya kesarangnya cara ber gotong royong.

Sedangkan Amerika disebut masarakat Singa atau Harimau.  
Setiap orang diajar Indenpendent,professional, kuat,dan mandiri..Sifat egoisnya sangat kelihatan sekali dalam kehidupan sehari hari.

Kita lihat orang2 Jepang yang berada di Indonesia, mereka tinggal berkumpul kumpul atau berkelompok  kelompok.

Kalau ada  projek besar, mereka bias mengerja kannya cara bersama sama. Kalau projek itu  beruntung keuntungan itu dibagi bagi kepada semua lapisan Kariawan yang disebut bonus. Jarang kita menemukan orang Jepang yang gendut perutnya, walaupun  Bos2 perusahaan. Rata2 badannya sama sebagaimana  masarakat semut. ?

Almarhum KonosukeMatsushita, adalah seorang Konglomerat di Jepang, pendiri dan pemilik perusahaan: National,Panasonic, Technic, dan Quasar dengan  lebih kurang 200.000  kariawan  telah membuat  ribuan macam  barang2 yang diproduksinya. Dan di gunakan oleh jutaan masyarakat di dunia. Sebuah jemaah besar yang tangguh,kuat dan bermanfaat untuk masarakat dunia, termasuk untuk umat Islam.


Dalam bukunya: ia menulis ; Perusahaan2 Jepang adalah kewajiban untuk memakmurkan pekerjanya semaksimal mungkin, dan membagikan kemakmuran itu kepada masyarakat lain dalam membayar Pajak., ia juga mengatakan Pengusaha2 Jepang  pembayar pajak terbesar,Ia membayar Tax Y930.0 juta (US$3.72 million)  pertahun dari pajak pengasilan pph 23. Berarti ia membayar lebih kurang 80%.  Katanya sedangkan di Amerika pajak  tertinggi hanya 36%.
Inilah yang membuat ekonomi kuat dan masarakat makmur merata. Jelas sekali sistem ekonomi Jepang bukan kapitalis dan bukan pula komunis, tapi Sosialis kekeluargaan.

Perusahaan adalah rumah besar keluarga.dan harus dijaga baik2. Sistem ekonomi Kapitalis, adalah setiap orang boleh2 saja mencari kekayaan sebesar2nya,sedangkan kariawan,kurang dapat perhatian dan malah ditekan.
Dalam sistem kapitalis terjadi  kesenjangan sosial, antara kaya / miskin.
Sistem ekonomi Komunis,timbul,karena sistem ekonomi kapitalis terasa tidak adil bagi para pekerja Dalam ekonomi komunis,semua mendapat hak2 yang sama dan diatur oleh pemerintah. Akibat sistem ini masarakat menjadi pemalas. Yang timbul adalah masarakat miskin, seperti Kuba, Rusia, Korea Utara dll.

Di Jepang ada kira2 1.7 juta perusahaan, dan mempunyai  tanggung jawab besar untuk mensejahterakan  masarakat umumnya dan pekerja2 kususnya. Setiap enam bulan perusahaan memberikan Bonus kepada pekerja2nya. Ini sangat menguntungkan kepada pekerja2 dan perusahaan itu sendiri. Makin besar  untung perusahaan, makin besar bonusnya. Para pekerja berusaha bekerja keras perusahaan memproleh untung besar setiap  tahunnya.

Motto perusahaan Jepang adalah mensejahterakan  masarakat. Oleh karena itu, selain memberikan Bonus kepada pekerja2nya, juga sebahagian besar uang dikembalikan kepada masarakat ,yaitu dengan membayar pajak yang tinggi.70-80% dari keuntungan  dikembalikan ke masarakat, hanya 20-30% dari keuntungan yang digunakan untuk pengembangan Usaha.

BANGSA JEPANG  DAPAT MEMAKMUR KAN  BUMI  DAN MASJARAKATNYA. SESUAI  SJARIA’T  AL QUR’AN. MASYARAKAT  MISKIN  SUDAH  HILANG.

I. MENGUASAI ILMU DAN  BEKERJA SUNGGUH.
Jepang  salah satu negara  Asia  yang termakmur dan terbersih didunia. Mereka  sangat  rajin  membaca, baik dirumah maupun  dalam perjalanan  sering kita melihat orang2 sedang membaca buku.Mereka sangat rajin bekerja dan sungguh2.

Kelihatan sekali  barang2 yang dibuatnya berkwalitas tinggi dan disenangi masarakat  Jepang  ,maupun masarakat dunia. Lihatlah  barang2 disekitar kita, baik dikantor2,di rumah2,di hotel2 di pertanian2,di jalan2 maupun  di udara, banyak barang2 Jepang yg dipakai. Kemak murannya sangat tinggi, sesuai dengan  firman Allah swt dalam surat:
Hud  ayat 61.

Dia lah  Allah yang telah berkenan menciptakan kamu  dari tanah  dan

telah berkenaan pula  menjadikan kamu  sebagai pemakmurnya,...”

Orang2 Jepang telah menjalankan satu firman, yaitu memakmurkan  Bumi yang diberikan oleh Allah swt untuk  kesejahteraan manusia. Dan begitu pula,untuk memakmurkan  bumi ini, perlu sekali  ilmu2, tanpa ada ilmu yang memadai, mustail  bisa  mengolah dan merobah hasil bumi ini menjadi barang2 yang berguna  untuk kehidupan
.
Lihatlah  contoh 2

Orang2 yang sama sekali tidak punya ilmu, seperti masyarakat  yang tinggal dihutan2, Afrika,dan penduduk di pedalaman Amerika selatan, yang  masih tidak berpakaian, dan makanan utamanya adalah ubi2an, dan akar2. Derajat  hidup dan kehidupan mereka  primitif, lebih sedikit dari hewan2 lainnya. Allah swt sudah memperingatkan  kepada hambanya:

1.Bagi orang2 yang ber ilmu, atau bangsa yang ber ilmu. Allah meninggikan derajatnya setingkat dari yang lain.
Dalam surat Al Mujadalah 11
“ Meninggikan Allah akan  orang2,atau Bangsa2,  yang  punyai  ilmu beberapa derajat.”

2. Dan Allah sangat memandang rendah  orang2 yang tidak punya ilmu, tidak bisa mengelola  alam ini  dengan baik untuk kemakmurannya sendiri, sedangkan Allah sudah menyediakan  semua yang diperlukan manusia agar  bisa hidup yang sejahtera dan bahagia.
ALLAH berfirman kepada Nabi Isa as;

You fool, Do you want to be shown that faith without works is dead or useless.James 2:20,.Manusia beragama tanpa bekerja keras adalah manusia2 tidak berguna. James 2:20,
Semua Tuhan tidak minta bayar satu sen pun, semua Free.! Allah sangat maha pengasih dan maha penyayang,lihatlah ikan selaut,tinggal mengambil saja, tambang2  emas,besi,minyak dll, tinggal mengambil dan mengolah saja,panca indra,akal,dan kaki,tangan juga diberikan.
Peringatan Allah dalam surat  Al.Anfal 22.
“Sesungguhnya yang sejahat jahat makluk disisi Allah, ialah orang2 yang tidak mengfungsikan  akalnya.

“Dan juga dalam surat Al A’Ra’af 179.
Allah swt memberikan : mata,telinga, dan akal, tapi tidak digunakannya, memaham ayat2 Allah,  mereka  mempunyai  mata, tetapi tidak digunakannya  untuk melihat  kebesaran Allah, mereka mempunyai  telinga, tetapi tidak digunakannya untuk mendengar ayat2 Allah....”mereka  sama  dengan  binatang  ternak...”

II. BIDANG  EKONOMI.

1 SISTEM EKONOMI. JALAN TENGAH.
   Kekuatan  ekonomi  Jepang sudah termasuk yang terkuat dan terbesar di dunia, dan akan mungkin sekali dalam tidak lama akan mengalahkan kekuatan ekonomi Kapitalis  Amerika.   

Penduduknya sejahtera  merata  sekali. Sistem ekonomi  Jepang bukanlah  Kapitalis dan bukanlah pula Komunis. Sistemnya di sebutkan sistem ekonomi Sosialis  Kekeluargaan. Yaitu ditengah2 dari kedua sistem  Kapitalis dan sosialis.   
 Bukankah :
Nabi  Muhammad  telah bersabda,:Al Baqarah 201
Islam selalu mengajarkan  bahwa jalan tengah  adalah yang terbaik

Terbukti  dengan jalan tengah yang disabdakan oleh Nabi Muhammad, 1419 tahun yang lalu, Jepang dapat membuktikan kembali  sistem  jalan tengah,  yang juga selama 700 tahun masarakat Islam juga maju pesat, dari  turunnya Al qur an  sampai 700  tahun kemudian. Jepang kembali melaksanakan  firman  Allah swt. tanpa dia sadari.

2. INDUSTRI.
   Dengan  ilmu yang di prolehnya,dari banyak membaca  buku2 di dunia ini, mereka  sudah dapat mengolah  barang2  tambang  yang disediakan oleh alam ini, besi, timah, minyak, emas dan perak, menjadi  barang2 yang berfaedah  bagi manusia  banyak, ratusan ribu  macam barang yang sudah dibuatnya. Mereka bisa menmanfaatkan  dengan baik  pemberian  dari Tuhan.

Firman  Allah swt  dalam surat  Al  Hadid 25.
“Dan kami  ciptakan  besi  yang  padanya terdapat kekuatan  yang hebat, dan berbagai manfaat  bagi manusia, supaya mereka menggunakan  besi itu “

Firman  ini  sudah disampaikan kepada Rasulullah, kira2 1419 tahun yang lalu, dan 700  tahun  umat  islam sudah dapat menmanfaatkannya isi alam dengan baik, tetapi generasi2  berikutnya  sampai  sekarang, umat  Islam hanya  menonton  lebih  banyak  dari pada  mengelolanya. Bangsa Jepanglah yang berhasil memanfatkan isi  Bumi dengan maksimal.

3. TENAGA  KERJA.
Dari  bangku sekolah  TK  dan SD, anak2  sudah  di didik berdisiplin  tinggi, kebersihan, dan menghormati  orang  yang lebih tua umurnya. Sudah barang tentu mereka juga menghormati orang tua sendiri  dan para guru2nya. Dengan bekal  ilmu, disiplin, menghormati senior, maka setelah  masuk  lapangan kerja di kantor2  dan di fabrik2, mereka sangat produktif, dan rajin bekerja.  

Dengan demikian pimpinan Perusahaan merasa  gembira, perusahaannya maju  dan sukses, pimpinan memberikan  BONUS  sebagai  tanda  bersjukur  dan  menyenangkan hati  kariawannya. Bonus  diberikan  2 x dalam satu tahun ( setiap 6  bulan  1 x  ).
Besar  Bonus yang diberikan kepada kariawan, banyak tergantung kepada besar profit yang diproleh.Makin besar profit,makin besar Bonus yang diterima oleh kariawan nya. Agar mereka mendapat Bonus yang besar,maka mereka bekerja keras dan hati2 agar kualitas barang terjamin  dapat dijual dengan harga  yang tinggi, serta disenangi oleh pemakainya.Makin lama bekerja,makin banyak bonus yang diterima. Jadi mereka tidak mau pindah2 perusahaan.

Dengan demikian,mereka merasa memiliki perusahaan sendiri, mereka se nang berkerja keras sampai larut malam.Ini tanda bersukur kariawan kepada pimpinan perusahaan. Kedua belah pihak saling bersyukur.
Saling sayang  menyayangi, dan saling tanggung jawab. Bukankah Allah swt telah memberi tahukan kepada hambanya 1419 tahun yang lalu di Al Qur’an, surat Ibrahim no 7.

   “Aku telah berikan begitu banyak nikmat2 pada  mu, kalau kamu pandai bersyukur kepada Aku, Aku akan tambahkan lagi nikmat2nya..”

Firman Allah inilah yang dipakai oleh masarakat Jepang terutama masarakat Busines, apa arti bersyukur yang sesungguhnya bagi orang Jepang?

Bersjukur  menurut  orang2  Jepang adalah ; mengucapkan ikrar dengan mulut  “domoarigato”, yaitu ‘terimakasih”, kemudian dilanjutkan  perasaan gembira bahwa kita sudah tertolong, dengan  merukuk kan kepala, tanda bersjukur,yang akhirnya timbul  ingin menyenangkan kembali  orang2  yang telah  membantu . Orang Jepang yang mendapat pertolongan  dari seseorang, dia  tetap  ingat  akan pertolongan itu,kalau dia bertemu kembali  dengan orang tersebut, walaupun sudah bertahun tahun, waktu bertemu  dia  kembali menyebutkan “domoarigato”  dengan kepala menuduk  kedepan.

Sistem ini  sebenarnya  sudah di ajarkan  kepada Islam, kalau kita shalat, kita harus mengingat dan mendo’a kan kembali Nabi2 kita Muhammad saw dan Nabi Ibrahim.Karena Beliau telah berjasa sekali membawa agama yang benar Al Islam  dengan kitab suci, Al qur an.Begitu pula mendo’akan orang Tua.

Kemudian  Allah memberitahukan dalam surat Ibrahim no. 7
...bahwa orang pandai bersjukur, akan ditambahkan nikmat2  kepadanya kalau tidak pandai  bersjukur, Allah akan memberikan  Azab  yang  pedih.”

Apa yang kami lihat, orang2 Jepang, baik dalam pergaulan sehari hari, maupun dalam  busines, bekerja sebagai kariawan,mereka betul2 pandai dan tepat mengartikan “bersjukur” kepada orang yang telah membantu nya. Dalam bidang apa saja .Oleh karena itu kami melihat, masjarakat  Jepang  selalu mendapat  nikmat2  yang bertambah  sampai sekarang. sesuai dengan firman Allah dalam surat;

Berapa besar  Bonus yang diterima  oleh para pekerja.atau kariawan..?
Besar Bonus yang dikeluarkan oleh  perusahaan,tergantung kepada  besar profit yang diterima.Makin besar profit(untung), makin besar  Bonus  yang diterima.Kalau rugi, tidak ada Bonus. Garis besar dalam prosentase adalah antara 15% — 25%  dari Profit. Kalau dibagi2kan kepada kariawan,mereka mendapat antara 1—3 kali gaji mereka. Makin lama berkerja di perusahaan itu makin besar bonus diterima,ada yang menerima 5-8 kali gaji. Enak sekali bekerja di Japan. Dengan demikian mereka tidak mau pindah kerja. Dan diberikan setiap 6 bulan . Dua kali dalam satu tahun. Biasanya pada bulan Juni dan Desember.
Waktu menerima Bonus masakat Jepang sangat bergembira sekali,para pekerja dapat berbelanja  untuk memenuhi kebutuhannya, dan para  pedagang juga bergembira, dagangannya laku. Para produser dan petani juga turut bergembira, barang2 yang di buatnya  laku dipasaran. Semua masjarakat bergembira.
Inilah  Buah  dari Pandai  bersyukur, dari firman Allah Surat Ibrahim ayat 7.

4. PERUSAHAAN2  PENYUMBANG PAJAK YANG TERBESAR.

Tidak mengherankan,kalau para pekerjanya,pandai bersjukur kepada pimpinan perusahaan,dan begitu pula  sebaliknya.Maka perusahan2 Jepang selalu menang bersaing  dengan perusahaan2 Amerika atau Eropah. Dulu kita sering melihat kontraktor2 Amerika,atau barang2 import Amerika, sekarang hampir 80% dikuasai oleh Jepang. Lihat saja Mobilnya, TVnya dsb.

Karena kebanyakan perusahaan maju. maka setiap tahun,mereka pembayar pajak  terbesar, dan pembayar Bonus kariawan terbesar juga. Perusahaan bukan saja membayar pajak untuk pemerintah ,juga mensejahterakan para pekerjanya  sekali gus..Inilah Motto perusahan2 Jepang. Sistem pajak di Jepang pakai sistem progresif. Di Indonesia hanya 3 tingkat 15%, 25%, dan tertinggi 30%. Sedangkan di Jepang: paling tinggi 50%. makin besar profit,makin besar  sumbangan pajak untuk pemerintah. Sedangkan untuk Pajak PPH 25 per orangan,paling tinggi sampai 80%,


Misal Mr Matsushita, bosnya National, dia pernah membayar pajak pengasilan pribadinya 80%. Hanya 20% saja yang diprolehnya dari profit per tahun. Walaupun 20%  dari 1 millyard  =Y 20.000.000.,- cukup untuk menghidupi keluarga  kecil,malah labih . Sedangkan yang 80%=Y.800. 000.000, diberikan kepada pemerintah, untuk kesejahteraan pegawai negeri .

Bagaimana di Indonesia,malah terbalik,Konglomerat menerima lebih banyak  sedangkan pemerintah yang memberikan fasilitas2 menerima jauh lebih kecil. Keliahatannya  kurang adil ,tak Islami  Jadi Jepang itu sistem sosialis Kekeluargaan. Bukan Kapitalis seperti di Indonesia. Yang kaya makin kaya, yang  miskin makin miskin.(dikutip dari buku As I see It )
Bukankah firman Allah dalam surat Saba’ ayat 39.

   “Dan  barang apa yang kamu sumbang kan (bonus,pajak dll untuk kebaikan masarakat) maka Tuhan akan menggantinya Dia pemberi Rezki yang -   sebaik2nya.

 Begitu pula firman Allah dalam surat Infitar 13;

“Sesungguhnya orang2 yang selalu berbuat baik(bekerja positif),selalu dalam kenikmatan yang mengalir terus menerus seperti air dalam pipa yang mengalir.

Jelas sekali bagi kita ,baik perusahaan2, maupun pimpinan perusahaan, mereka telah menyumbangkan uangnya yang berbentuk  Bonus  atau pajak, kepada masyarakat ,demi menghapus kemiskinan dalam masyarakat Jepang.

Ternyata dengan sistem Bonus dan pajak Progresive, mereka dapat hidup dengan sejahtera  merata dalam masyarakatnya, sampai sekarang dan seterusnya Ini juga adalah Islami  yang dilaksanakannya dengan  baik dan berhasil.

Pimpinan perusahaan menganggap pekerja adalah keluarga besar. Setiap perusahaan di Jepang, baik kecil maupun besar, memberikan Bonus kepada pekerjanya. Bukan saja pekerja di kantor,tapi semua pekerja2 di fabric  dari President direktor  sampai ketukang sapu  dan Satpam.

Bonus telah memberikan arti yang sangat besar terhadap Kemajuan perusahaan2 dan Pertumbuhan,Ekonomi Jepang seperti berikut dibawah ini.


LOOK AT EAST  AND  LEARN FROM JAPAN THE 30 BENEFITS  OF BONUS.

1.Bonus dapat meningkatkan Rayalitas kariawan2 terhadap Perusahaan.
2.Bonus dapat meningkatkan Rasa memiliki Perusahaan.
3.Bonus dapat meningkatkan tanggung jawab terhadap Perusahaan.
4.Bonus dapat meningkatkan disiplin bekerja.
5.Bonus dapat meningkatkan kreatifitas kariawan2

6.Bonus dapat meningkatkan efesiensi kerja.
7.Bonus dapat meningkatkan Qualiti Produk.
8.Bonus dapat meningkatkan Profit Perusahaan.
9.Bonus dapat meningkatkan Kemajuan Perusahaan.
10Bonus dapat memantapkan keamanan pekerja2.

11Bonus dapat memperkecil pembajakan2 Pegawai.
12Bonus dapat memantapkan trasfer technologi.
13Bonus dapat memperkecil Korupsi uang dan waktu
14Bonus dapat meningkatkan kesejahteraan kariawan2.
15Bonus dapat meningkatkan Daya Beli Masyarakat.

16Bonus dapat meningkatkan pertumbuhan pasar dalan negeri.
17Bonus dapat meningkatkan lapangan kerja.
18Bonus dapat memperkecil kesenjangan sosial.
19Bonus dapat menghilangkan cemburu sosial, antara Pribumi dan Non Pribumi
20Bonus dapat meningkatkan Rasa kebersamaan, keluarga besar.

21Bonus dapat menghilangkan kemiskinan masyarakat.
22Bonus dapat meningkatkan kemakmuran merata,berkeadilan.
23Bonus dapat meningkatkan pengasilan para Petani2 dan Nelayan2.
24Bonus dapat meningkatkan Pemasukan Pajak.
25Bonus dapat meningkatkan Kesejahteraan Pegawai Negeri.

26Bonus dapat meningkatkan Pelayanan yang baik untuk masyarakat.
27Bonus dapat motivasi Pegawai Negeri dan swasta.
28Bonus dapat meningkatkan gizi kesehatan masyarakat.
29Bonus dapat meningkatkan I.Q. masyarakat.
30Bonus  dapat meningkatkan Pertahanan National.

INILAH TANDA2 EKONOMI SOSIALIS KEKELUARGAAN GAYA JEPANG
TERBUKTI  BERHASIL  DENGAN BAIK.

5. KEBUDAYAAN JEPANG YANG HARMONIS.

Sangat mengherankan sekali, orang2 Jepang,bukanlah penganut agama Islam, tetapi mereka hidup sangat hormonis,berbeda sekali dengan masarakat Barat, yang sering menonjolkan Hak2 Azazi Manusia “,tetapi  kehidupan masarakat  dan rumah tangga  umumnya  sangat berantakan. 
Wanita2 Jepang  yang sudah berumah tangga, mereka berhenti bekerja di kantor, mereka  tinggal di rumah  mengurus anak2 dan suami.Istri sangat  bertanggung  jawab akan pendidikan anak2,  sedangkan suami bertanggung  jawab  mencari  nafkah  diluar.

Bukankah Rasulullah sudah bersabda 1419 tahun yang lalu bahwa:
   “Manusia yg paling besar Hak dan kewajibannya atas wanita2 adalah Suaminya, dan se-besar2  Hak manusia atas seseorang(anak) adalah istrinya. (Hakim dari Aisjah)
Kehidupan Suami dan Istri saling bergantungan. Kehidupan suami tergantung kepada istri yang memberikan dan melayani keperluan suami,misal: makanan untuk kesehatan jasmaninya, dan kebutuhan sex nya.

Begitu pula kebutuhan istri tergantung kepada suami,misalnya: rumahnya,kebutuhan sehari hari, dan kebutuhan jasmaninya(sex). Jadi ada tanggung jawab masing masing, sesuai dengan fitrah perempuan  dan laki2.Sehingga mereka dapat hidup Harmonis,sejahtera,damai, dan bahagia. Ini adalah salah satu yang Islami  yang dilaksanakan oleh Jepang. Apa yang terjadi di sebahagian negara2 Barat, yang suka ber-teriak2 ,tentang :
Hak2 azazi manusia, Hak Wanita, dan Wanita Karir.
Peraturan2 yang dibuatnya ini, membikin  kehidupan masarakat manusia,tidak harmonis lagi, melanggar fitrah manusia yang di ciptakan oleh Allah swt  
Selagi suami pergi kerja, istri juga pergi kerja, anak2 dititipkan kepada orang lain yang dinamakan “Baby sitter”. Suami istri saling Independent,tidak tergantung satu sama lain. Yaa istri bisa cari uang, juga suami  bisa memasak.

Soal kebutuhan Jasmani(sex), sering dilakukan  diluar  rumah, bersama teman2  lainnya. Survey menunjukan 80% telah melakukan curang. Maka timbullah masarakat baru,yang dinamakan “masarakat Lesbian, atau”Gay”, masarakat aneh.,jumlah nya setiap tahun makin besar,malah sudah  punya partai Gay  jumlahnya sudah jutaan  orang, Nauzubillah...!
Tanggung jawab yang mulia adalah mengasuh anak2 sampai besar.  Kalau anak2nya sudah besar,tamat SMA,maka  Ibu2 kembali bekerja, sesuai dengan  profersinya.

 Bukan kah, Nabi bersabda;         ( R.Imam Ahmad.)
“surga berada di telapak kaki Ibu. ?
Ibu2 adalah juru pendidik, dan padanyalah terletak tanggung jawab ....anak2 didik  adalah  harapan bangsa  berikutnya.

III. PENDIDIKAN. DAN  KEBUDAYAAN

Dalam mendidik anak2 di sekolah atau di rumah,ada 4 hal yang sangat penting Yaitu:
1. disiplin  yang keras, 2. kejujuran, dan 3. menghormati orang yang lebih tua. dan 4. kebersihan  Sesuai dengan surat Ali Imran  17

1. DISIPLIN
Dari masuk sekolah TK,anak2 sudah dimulai dididik dengan disiplin yang  tinggi,kalau melanggar disiplin,mendapat hukumam yang berat,dan terkadang orang Tua harus  datang kesekolah.
Disiplin ini meliputi akan:
Disiplin memenuhi janji,tepat waktu masuk sekolah, disiplin dalam kebersihan, dan pekerjaan rumah.
Kebudayaan disiplin ini,terus dibudayakan dimana2,baik dikantor,maupun dengan teman.
Apalagi dalam busines,disiplin waktu yang dijanjikan  bisa ditepati  dengan baik. Ini satu sarat untuk bisa maju. Bagaimana orang bisa berhubungan busines,kalau tidak tepat janji, orang tidak bisa percaya.  Busines akan hancur sendirinya.

2.JUJUR
Sifat jujur terus ditanamkan dari kecil sampai dewasa,baik disekolah,mau pun di rumah. Seorang yang  TIDAK   jujur, susah mendapat  tempat dimasarakat, dan susah mendapat kerja.
Sifat Jujur adalah salah satu sarat untuk bisa Sukses, baik untuk kemajuan pribadi di kantor, maupun kemajuan sebuah perusahaan besar. Dalam Business kepercayaan adalah yang maha penting untuk sukses.

Bukankah  Rasulullah telah bersabda 1419 tahun yang lalu:
“ Pengusaha2 atau Pedagang2, yang jujur, bersama sama Nabi  dan orang2 saleh, dibawah naungan Arasy di hari khiamat.

 Para pengusaha2 dan para Pedagang2 Jepang.telah melaksanakan perintah2  Allah swt dengan baik, mereka berhasil dalam ber business,mereka bias  membuat barang2 yang bermutu tinggi, yang diperlukan oleh masjarakat.

Bukankah Allah sudah berfirman  dalam surat Al Infitar 13
“Sesungguhnya orang2 yag selalu berbuat baik,jujur,berkarya positif, akan selalu dalam kenikmatan yang terus menerus, tidak habis habisnya, seperti air mengalir dalam pipa....

Dengan sifat yang  jujur,  berbudi  baik, menyenangkan  orang  lain. Negara2 lainnya  senang  berhubungan  busines  dengan  Jepang.  Produk2  yang  dibuatnya  disenangi  oleh  masyarakat  i dunia.
Mana  bisa  sukses, kalau  sering  berbohong,  sering  terlambat  datang  waktu ada meeting  atau  rapat,  sering  mungkir  janji  dan  tidak  disiplin.  Sebab  itu hilanglah  kepercayaan  orang  kepada  kita,  gagal  dalam  usaha  apa  saja.

3.MENGHORMATI  ORANG LEBIH TUA

Anak dididik menghormati orang tua,tidak boleh melawan, harus patuh  dan hormat kepa da orang lebih Tua(senior),baik disekolah2 maupun di kantor kantor. Dengan demikian kelihatan kehidupan yang sopan dan berbudi pekerti yang tinggi, dan harmonis. (Hadist R.Tirmidzi.)

Dengan hidup yang harmonis,maka mudahlah  menciptakan  keadaan yang tentram, saling hormat meng hormati,yang akirnya ekonomi  dapat maju, dalam suasana yang  hormonis, dan aman.

Dan begitu pula sebaliknya, yang lebih Tua  memberikan  pelajaran dengan kasih sayang kepada yang lebih muda. Dalam suatu perusahaan,kami rasakan sekali,keharmonisan bekerja, atasan dan bawahan, seperti  bersaudara  saja. Mereka namakan kantor itu adalah tempat suatu Keluarga besar  bekerja bersama  sama.

Bukankah Allah sudah menfirmankan  dalam Al Quran surat :Al Hujuraat 10
“ sesungguhnya orang2 yang mukmin berdasar satu dalam persaudaraan”

Dalam suatu keluarga, baik keluarga kecil,maupun keluarga besar, diajarkan oleh arang tua(ibu dan Bapak),kalau sakit satu,semua anggota keluarga merasa sakit, kalau seorang mendapat gembira, semua keluarga bergembira.

Yang besar menyayangi yang lebih muda,dan yang muda,menghormati yang lebih tua.,ini yang dinamakan hidup yang harmonis, sesuai dengan firman2 Allah swt  dalam Al quran.4:1, Saling menyayangilah diantara kamu, karena Allah swt  maha Penyayang  dan Pemurah .

4. KEBERSIHAN
Jepang terkenal dengan kebersihannya dan kerapiannya. Anak2 semenjak kecil sudah diajarkan kebersihan dan disiplin yang tinggi. Anak2 Tk dan SD  kalau mereka memakan gula2 karet, bungkusnya tidak dibuang ke jalan2 begitu saja. Bungkus itu di simpan dalam saku2nya,sampai ketemu tempat sampah.
Kita bisa lihat kebersihan ini dimana mana. Baik disekolah maupun ditempat tempat keramaian. semua tempat  sangat  bersih dan rapi. Buah dari  disiplin yang tinggi yang diajarkan kepada anak2,sampai dewasa mereka tetap saja bersih. Tidak  kelihatan  tukang 2  sapu, dimana  mana.

Buah  dari  disiplin  yang  tinggi , yang diajarkan  kepada  anak2  sampai  dewasa , mereka  tetap  saja  bersih  dan rapi.
Bukankah  Nabi Muhammad  sudah  memberitahukan  kepada  manusia 1419  tahun  yang lalu..?  melalui  hadist  beliau:

“Kebersihan itu adalah sebahagian iman”!'

Kebersihan  itu  adalah  salah  satu   yang  sangat  penting  dalam  kehidupan Bagaimana kita  bisa  hidup  yang  sehat  kalau  di sekeliling  kita  kotor,  udara  berbau  bangkai, sampahnya  bertebaran dimana mana, dan makanan  yang tidak  bersih, bisa mengandung  penyakit. Jadi orang2  yang  memperhatikan kebersihan  ,mereka  sudah menjaga  ke imanan nya. Akal yang sehat terdapat dalam badan yang sehat.

IV. PERTANIAN  DAN PRIKANAN.

Pertanian  adalah suatu yang amat  penting  dalam kehidupan  di dunia ini.
Coba bayangkan saja ,kalau tidak ada yang BERTANI  , maka tak seorangpun yang akan dapat sesuatu untuk dimakan.

Coba bayangkan saja, kalau BERAS hilang dipasaran, masjarakat  akan panik. Pentingnya  pertanian ini sering disebut dalam AlQuran, salah satu diantaranya adalah firman Allah dalam surat Al Anaam 99.

“Dan dialah yang menurunkan  air  dari  langit,  lalu kami tumbuhkan dengan air itu  segala macam  tumbuh2an  yang menghijau,.kami  keluarkanpula  dari tumbuh2an itu  biji2an  yang banyak,...”

Firman Allah dalam Surat.Anahl  14,dan surat 55:22

“Dan  Allah yg menundukan lautan, agar kamu dapat memakan daging segar,kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yg  kamu pakai dan supaya kamu mencari keuntungan dari kurnianya,supaya kamu bersjukur”

Begitu benar Allah maha pengasih dan maha pemurah, semua makanan disiapkan oleh Allah, tinggal bagi manusia,hanyamemakmurkan saja dan mengelolanya dengan baik, beserta bersjukur  kepada Allah maha pemberi.
Jepang , adalah bangsa yang pandai  memakmurkan bumi nya,pertanian dan lautnya, mereka  dapat mengelola  segala macam tumbuh2an dan biji2an, untuk kesejahteran masarakatnya. kwalitas berasnya  sangat baik, buah2an nya sangat lezat rasanya , lagi subur dan bersih.

Bangsa yg paling banyak memakan ikan adalah Jepang, 70% masarakatnya suka makan ikan mentah.Ikan di laut tidak habis2nya.Proten dan gizinya sangat tinggi,Jepang menangkap ikan di laut tanpa bayar,untuk kesejahteraan masarakatnya. Ribuan Ton Ikan setiap hari  dari laut.Masa Allah.

Kenapa  Jepang dapat berswasembada beras..??, penduduknya kira2 170 juta. Apa yang kami lihat, pemerintah  membeli harga beras  dari petani dengan harga tinggi,sehingga para petani2 rajin bekerja.Karena terlalu rajin dan hasil berlimpah melewati target pemerintah, sering di himbau agar petani mengurangi  produksi padi.

Dan sering memberi bantuan kepada negara2 miskin termasuk  Indonesia.Indonesia yang luas dan subur, kenapa beras tidak cukup..?

Perlu  kita  belajar  dari  orang2  yang  berhasil.!

kepasar.harga ditentukan oleh pemerintah sendiri. Sistem ini berlaku sampai  tahun 1996. Beras yang di beli  dari petani dengan harga mahal,pemerintah menjual kepasar dengan harga lebih murah, sesuai kemampuan masarakat. Jadi pemerintah memberikan subsidi  kepada para petani2.Maksud utamanya
adalah:
1. agar  cukup persedian beras dalam negeri,pertahanan national kuat.
 2. karena penduduk petani yang lebih banyak, maka dimakmurkan.
 3. dengan demikian, mereka bisa  membeli, barang2 yang di buat oleh fabrik2 di kota2.Lama2 terjadi keseimbangan  kesejahteran merata.
 4. petani adalah fondasi  ekonomi rakyat,baik waktu perang, maupun waktu damai.

Pemerintah Jepang  membeli beras  petani, dan petani wajib menjual berasnya kepada pemerintah. Harga yang sudah ditentukan oleh pemerintah yang lebih tinggi dari harga pasaran.

Sistem ini dijalankan semenjak habis perang dunia, bahan makanan sangat kurang sekali.Pemerintah memerintahkan masjarakat  untuk menanam padi, dan akan  dibeli oleh pemerintah dengan harga mahal.
Dalam waktu relatif  singkat kebutuhan akan beras dapat terpenuhi, lepas dari kelaparan  dan tergantungan dari beras Import.  Jepang kemudian terus menerus berswasembada  Beras.
Ada satu dua kali kekurangan beras disebabkan  bencana Alam.

Sistem membeli beras petani ini  dengan harga tinggi, sampai tahun 1996. Kemudian  pemerintah melepaskan peraturan itu,dan petani boleh menjual sendiri dipasaran  dengan harga bebas. Pemerintah melepaskan  peraturan oleh karena daya beli masjarakat kota umumnya sudah kuat.Jadi tidak perlu lagi diberi subsidi. 

Maksud utama  pemerintah  menerapkan sistem  subsidi itu adalah;

1.   agar persedian  beras terpenuhi dalam waktu yang singkat.
2.   agar pemerintah tidak tergantung dengan  beras import.
3.   agar pertahanan  National kuat baik dalam waktu damai maupun  perang.
4.   petani adalah penduduk yang terbesar 60-70%  dari jumlah penduduk .
      untuk dapat mengangkat kesejahteran  petani.
5.   agar  daya beli masjarakat  petani kuat,untuk membeli barang2 dari kota.
6.   petani adalah  fondasi  ekonomi rakyat banyak.
7.   agar kesejahteraan atau pengasilan penduduk  desa dan kota  seimbang.

Dengan ada nya subsidi dari pemerintah kepada petani di desa2, maka produktifitas  masjarakat  meningkat dengan tajam. Dan efek dari ini adalah; para petani dapat  menyekolahkan anak2nya ke kota  sampai ke Universitas. Bearti sumber daya masjarakat  desa akan menjadi  kuat, dan kemudian mereka dapat mengelola  petaninya dengan ilmu2 yang moderen  dan technologi.

Hasilnya akan terangakat lagi.demikianlah seterusnya sampai sekarang. Indonesia juga dapat menikmati beras  bantuan Jepang.karena  Indonesia kekurangan beras.

Bukankah ini suatu bukti nyata?, bahwa Jepang telah dapat  memenuhi  dan melaksanakan  firman Allah,untuk memakmurkan Bumi . Sehingga tiada nampak lagi  masjarakat  miskin, baik di desa2 maupun di kota2.

Sebaliknya Indonesia, tanahnya yang subur dan luas, dari Sabang sampai ke Meroke,   apa yang kami lihat adalah :


1. kemiskinan yang terjadi di kampung2, dan orang mintak2 di kota2
2. pemuda dan pemudi tidak betah tinggal di desa2, karena hasil taninya murah
   mereka pergi ke kota2 mencari pekerjaan.
3.tenaga muda  untuk mengelola sawah menjadi berkurang.
4.akibatnya asil tani, atau beras berkurang,untuk itu terpaksa Import beras.
5.pertahanan national lemah, karena tidak bisa swasembada  beras.

BUKANKAH INI SUATU SISTEM YANG LUCU...??   ANEH  BUKAN  ?

Penduduk kota relatif kaya dari penduduk desa2, malah diberi subsidi oleh pemerintah,  karena takut di kritik atau demontrasi  oleh mahasiswa. Orang2 pedesaan atau para tani di korbankan  oleh pemerintah.
                                                   
Kalau harga beras  dan sayur sedikit naik, maka media cetak dan TV, cepat2 menyerang pemerintah agar harga kebutuhan pokok di turunkan segera.!

Karena  sifat egois dan Tamak, mereka tanpa disadari telah  ikut mengsengsarakan para petani kususnya, rakyat Indonesia pada umumnya.

Sedangkan  yang bekerja di pedesaan2 adalah  orang tuanya, kakek dan neneknya, familinya .

Semestinya seperti di Jepang,media cetak dan TV, harus berpihak kepada masarakat desa atau petani2. Mereka telah banyak berjasa  kepada penduduk  kota, semenjak penjajahan sampai sekarang.

Merekalah menanam sayur2an yang kita makan..?, merekalah yang menanam padi..yang ada dalam piring kita ?? Perlulah kita renungkan!

Apakah kita tidak pantas berterimakasih kepada para petani.?dan bersjukur?
Allah lah yang maha tahu, sekiranya pemerintah  dan media cetak dan TV, tidak bisa menghargai dan bersukur kepada jerih payah petani,.
Azab  Allah akan lebih  Pedih.!!
Masyarakat Jepang pandai bersukur dan menghargai jerih payah petani, mereka dapat menikmati hidup yang sejahtera  merata.  Dari kampung2 sampai kekota.Masa Allah.Kok  orang  yang tidak punya Al quran, bisa memakmurkan. Sedangkan Umat  Indonesia 90% islam, dan punya buku pedoman hidup dari Allah maha Creator, masih mengimport beras  dan miskin penduduknya

Marilah kita renungkan bersama sama dimana letak kesalahan kita, sudah kita betul betul bertaqwa kepada Tuhan?

Karena orang yang betaqwa atau orang Mukmin sajalah yang akan dibantu oleh Tuhan. (Allah tidak menyebutkan orang Islam ) Oleh karena itu marilah kita pahami kembali peraturan2 yang sudah diberikan oleh Tuhan kepada kita, kalau perlu kita banyak belajar dari Jepang yang menjalankan sebahagian syariat2 Islam mereka menjadi masarakat yang sukses.

KESAN2 PERTAMA KALAU  MAMPIR DI JEPANG.

Kalau  kita mampir di Jepang beberapa  hari ,dan sempat pergi jalan2  ketoko2, restauran2, dan kekampung2, banyak hal2 yang sangat berbeda dari negeri kita.Tuhan jadikan manusia berbangsa2 agar satu sama lain dapat belajar dan mengambil faedah2nya.Tuhan lebihkan derajat satu dari yang lain.
Kesan2 yang sangat menarik  kami adalah:mereka  sangat islami........?
1. Kita melihat orang Jepang berjalan sangat cepat dan terburu buru ini menan dakan,mereka menghargai sekali akan waktu  dan janji. Benar sekali..? Sesuai dengan surat Al ‘ASHR
2. Kalau kita makan di restauran, kita disambut dengan ceria dan hormat. “irrasai....irrasai..” artinya  silakan masuk  silakan masuk....kita merasakan kita dilayani seperti  raja, tamu2 terhormat....kalau kita mau pulang,  mereka mengucapkan,...domo arigatoh..dengan  kepala menunduk  dan hormat...artinya  terimakasih...terimaksih.. ini menandakan ,bahwa tamu itu membawa rezki   kepada nya, sangat perlu di sjukuri,  tidak cukup mengucapkan terimakasih, hanya dibibir saja...Benar  juga..? Sesuai dengan surat Ibrahim  no 7.  bersjukur.

3. Kami melihat uang YEN  tidak ada yang kumal,leceh atau robek semua kelihatan bersih dan rapi, ini menunjukan  mereka sangat menghagai uang  yang diterimanya, kemudian disimpannya  baik baik suatu tanda bersyukur, dengan uang mereka dapat membeli  makanan dll. Benar sekali..?Surat  Ibrahim 7, “bersjukur”.

4. Kami melihat mereka sangat suka makan ikan segar mentah “Sashimi”,bergizi dan bervitamin ,enak sekali dimakan.Mereka banyak menikmati,pemberian Allah dari laut, tinggal ambil saja,tidak bayar FREE.tidak habis2nya. Benar  juga.. surat  An Nahl  14.

5. Mereka kalau bertemu dengan teman atau orang asing sangat hormat, mereka menundukan  kepala. Tamu adalah  pembawa Rahmat  dan rezki..Bersilahturahmilah  kamu.   Sabda Rasulullah (R.Thabrani.)

6. Ibu2 mudaJepang,banyak berada di rumah, menjaga anak2nya, sedangkan ibu2 yang sudah berumur banyak kembali bekerja. Mereka sangat bertanggung jawab akan pendidikan masa depan anak2nya Jarang sekali wanita karir, seperti di Amerika. Walaupun ada sedikit sekali. Anak2 adalah amanah dari Allah..Sesuai dengan  Hadist .(H.dari Aisjah)
7. Di Kereta2, dan di Bis2, mereka duduk atau berdiri dengan diam, sambil membaca  buku.Membaca buku sudah membudaya.Artinya dengan  ilmu,semua akan mudah,dengan ilmulah  kesejahteran  bisa ditingkatkan. Ilmu adalah penting sekali..?Surat Al Mujadalah 11
8. Kita tidak melihat sampah2 berserakan di jalan2,bioskop, taman2 pekarangan sekolah,di pasar2  dan di pantai2, semua bersih dan rapi.enak dipandang. Allah berfirman  bahwa “kebersihan adalah sebahagian dari ke imanan.” yang artinya kalau kita  kotor, keimanan dan kepercayaan  kita kurang  terhadap Allah atau kepada ajaran2 Al Quran
9. Tranportasi  Kereta sangat  penting sekali,penumpangnya sangat penuh,berdesak  desak.setiap 30 detik - 60 detik ,kereta berikut datang.Pada pagi hari, dan sore frekwensi Kereta sangat cepat.Untuk membawa para pekerja2. Selain dari itu,yang sangat ber kesan adalah semua penumpang masuk ke dalam dengan diam,tidak ada suara2-berbicara,semua diam atau membaca. Sangat tertip sekali, walaupun penumpang penuh sesak.Rasa aman.sekali..? Islami sekali. Hadist  R Tirmidzi.

10.Setiap orang yang akan naik Bis atau membeli tiket bioskop atau sepak bola, semua antri dengan tertip tanpa suara2.Kadang2 antrian itu panjang sekali. Pernah kami melihat sebuah antrian yang mengelilingi lapangan sepak bola untuk membeli tiket sebuah pertunjukan Koncert yang terkenal, bahkan mereka sudah mulai antri didepan loket satu hari sebelum mulai pertunjukan, hebat bukan? Tidak ada yang menyelonong se-enak nya saja. Displin,aman,tertip..Islami ( saya ingat di Mekkah didepan batu Hajar Asward, dimana orang berdesak desak untuk dapat mencium batu tersebut, sekiranya orang membuat antri yang panjang, sudah tentu akan indah kelihatannya dan adil semua orang akan dapat mencium batu hajar Asward dengan mudah dan nyaman, tanpa berdesak desak, sangat kita sayangi sekali kepada pemerintah Saudi yang belum bias menerapkan disiplin yang tinggi seperti di Jepang.)

11. Kalau  kita  mengunjungi  perusahaan2, terutama  head offise, kita tidak melihat Ibu2 muda  yang kerja  dikantor, kebanyakan  wanita2 muda yang belum nikah.Kerja dari wanita2 muda ini  hanya sebagai pembantu, sekretari atau foto kopi, tidak ada yang memegang jabatan lebih tinggi.Katanya wanita2 muda ini,kalau sudah nikah harus  berhenti kerja.Ngurus rumah dan anak2.Kalau anak sudah tamat SMA.mereka dibolehkan bekerja kembali untuk  melanjutkan  karirnya.  Makanya harmonis..? Al Nisaa’ 27.

12. Setiap  bulan Desember  dan Juni, para pekerja  di Jepang  adalah waktu yang sangat gembira.Kami melihat  mereka  mendapat BONUS  dari perusahaan2, begitu pula pegawai negeri. Semua tempat hiburan,restauran2 dan Departement store2  penuh sesak orang berbelanja dengan uang Bonus nya. Hadiah dariPerusahaan.tanda bersukur.Surat Ali Imran 92,Al Baqarah 261.

14.Kita melihat semua orang2 berpakaian baru, rapi,berdasi dan berjas .Kita tidak melihat orang2 miskin yang berpakai  robek atau lusuh. Betul2 negara yang sejahtera, makmur merata tidak ada orang minta2.

15. Waktu kami bekerja di Jepang, kami melihat hubungan antara kariawan sangat akrap,seperti adik dan kakak.Adik menghormati kakak, sedangkan kakak menyayangi dan membimbing adiknya. Dinamakan juga sistem “Senioritas”,yaitu menghormati yang lebih tua. Bukan kah itu Islami..?

16. Dalam sistem kepegawaian, orang yang lebih Tua, atau lebih senior menja kepala,ketua atau meneger. Tidak ada  pegawai yang lebih muda menjadi meneger .Jepang sangat menghargai umur yang lebih Tua.Senioritas. Bukankah  ini  cara Islami, menghormati  umur yang lebih tua..?

Seorang pegawai muda yang lebih pintar, tetap saja dia dibawah yang tua. Kenapa..? Yang tua lebih banyak pengalaman dan lebih mengerti akan pekerjaannya. Seorang serjana, dia harus memulai pekerajaannya dari  bawah bersama sama dengan pekerja tamatan SMP atau SMA. Setelah satu tahun baru serjana tersebut mendapatkan posisi yang  sesuai dengan profesinya. Ini dimaksudkan untuk mendidik hatinya agar tidak sombong kepada bahannya. Juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan efesiensi perusahaan, karena setelah mereka bekerja di kantor mereka tahu bagaimana bekerja di lapangan dan bagaimana meningkatkan efesiensi.

17.Kami tidak melihat antara pegawai2, main siku2an atau jelek-menjelekan.Untuk maksut menjatuhkan  atau menonjolkan kepandaian diri sendiri. Selalu atas nama bersama, atau kolektif, kalau ada keberhasilan, bukan karena si A atau si B, tapi atas nama grup atau perusahaan. Sifat individu, egois, tidak  dibolehkan. Sistem kebersamaan kekeluargaan sangat diutamakan sekali serta berkasih sayang sesame.    Bukankah ini dianjurkan oleh Islam..?

18. Kami melihat, meneger selalu datang lebih dahulu dari pada bawahan-nya kalau pulang  selalu paling akhir. Kadang2 kami  dengar, maneger pulang larut malam, menyelesaikan pekerjaan2nya.
Islam memberikan contoh, bahwa kalau berdakwah itu lebih baik dengan contoh perbuatan . apa yang diucapkan sama dengan apa yang dilukan. Demikianlah Rasulullah memberikan contoh yang harus di ikuti.

19. Kariawan2 dan majikan2, semua berangkat kerja dengan Kereta atau Bis, jarang sekali  pakai  mobil pribadi,  karena tempat parkir jauh lebih mahal. Bos2 di Jepang tidak ada yang  gendut, kata mereka  kalau punya perut gendut sangat merugi sekali; sebabnya adalah:
     a) orang yang gendut, berarti, dia tidak bisa mengontrol nafsu makanannya
         berarti juga dia tidak bisa  mengontrol perusahaan dengan baik, bisa
         perusahaan bangkrut.  Dia susah  mendapat naik pangkat dan posisi yang
        lebih tinggi.
      b) oleh karena itu juga wanita2  tidak menyukai  laki2 yang gendut, akan
          mempengaruhi  kesejahteraan keluarga dirumah,karena gaji tidak naik2.

     Nabi Muhammad saw  telah memperingatkan dalam Hadist  
“berhentilah makan, sebelum kenyang.., makanlah diwaktu  lapar..”

20. Orang2 Jepang tidak  memakai sepatu atau slop  yang dipakai  di luar seperti  orang2 Amerika.Sepatu boleh dibawa sampai ke kamar tidur dll. Bagi orang Jepang  ,dalam rumah ada slop atau terompa  kusus  untuk dipakai dalam rumah. Ini menjaga kebersihan  rumah. Karena  rumah adalah Surga ku.

21.Kalau suami  mau pergi ke kantor pagi hari, si istri mengantarkan  suami  sampai ke pintu, begitu pula kalau suami  pulang dari kerja sore hari atau malam  hari, si istri  menjemput ke pintu. Suami mengatakan “Tadaima”arti nya saya  sampai di rumah, dan istri menjawab, “irrasai “  yang artinya silakan masuk. Begitu pula kalau anak2 berangkat ke sekolah atau keluar  dari rumah. Ucapan2  tadi selalu di ucapkan  mereka.       Ass. wr.wb.

22. Ada seorang teman bercerita, dan juga pengalaman kami pernah ketinggalan payung baru di sebuah took dan tema kami ketinggalan sebuah barng yang baru dibelinya di sebuahy station kerata api, tidak ada yang mengambil walaupun sudah lewat satu malam. Artinya orang Jepang tidak mau mengambil kalau bukan miliknya. Bukan kah adab seperti ini Islami?

23. Pengalaman yang sangat Uniq, saya mau membeli sebuah kaca mata Panas, kemudian saya masuk kedalam sebuah depatemen Store, kalau kalau ada yang menualnya. Setelah saya masuk dan mencarinya tidakketemu, kemudian saya bertanya ke Pelayan took itu; “apakah anda menjual Kaca mata Panas(hitam)? Ia menjawab dengan hormat; “saya minta maaf kami tidak menjua kaca mata yang ada cari, saudara boleh pergi di Toko itu, saya kira tokoitu menjualnya” Saya terpersona akan manisnyanya layanannya kepada tamu2 yang dating. Bukan ini sebuah akhlaq yang mulia, ingin menolong orang dengan ikhlas?

24. Di Station kereta api juga kami melihat anak2 TK, umur 4-5 tahun, mereka berbaris baris berejalan menuju Station, saya melihat salah seorang dari anak2 itu memakan gula gula karet, bungkusnya bukan nya dibuang, tapi dimasukannya kedalam kantong bajunya. Rupanya mereka tidak mau membuang kertas seenaknya saja. Mereka akan membuang kertas itu kalau sudah ketemu tong sampah. Masalah, inilah jepang mendidik anak2 berakhlaq mulia dari kecil. Akhirnya kalau sudah dewasa terbiasa bersih dan disiplin. Bukankah ini akhlaq islami?

25. Selama kami berada di Jepang, kami belum pernah melihat pesta perkawinan “ala Holywood” Tamu yang datang ribuan, kalau makan berdiri sambil berjalan jalan, dan banyak tersisa makanan di piring piring tamu. Kami melihat pesta perkawinan mereka yang uniq, semua tamu duduk dengan sopan , berpakaian rapi, pada umumnya berpakaian adapt Jepang. Tamu nya kira kira 50 sampai 100 orang saja. Saudara2, famili, dan teman2 dekat saja. Mereka tidak pernah mengundang semua kariawan2 di kantornya, atau teman2 dari Ibu Bapaknya, saudara2nya yang jauh. Mereka dihidangkan dengan makanan yang special. Makan di meja, tertip dan sopan. Bukankah Islam mengajarkan demikian?

26.Ibu ibu rumah tangga, kalau inginmembuang sampah, sebelum di buang keluar ketempat pembuangan di pinggir jalan, Ibu ibu haruslah memisahkan sampah sampah yang bias di baker dengan sampah plastic. Ini memudahkan kerja bagi orang lain. Selalu ingin berbuat baik untuk orang lain. Indah bukan? Bukankah akhlaq islami?

27. Orang Jepang tidak pernah mudah melupakan pertolongan orang lain walaupun pertolongan itu kecil. Sering kali kita lihat di Station station, dimana orang orang Jepang sering menganggukan kepalanya kepada teman2 yang bertemu dengan mengucapkan :”terimakasih atas pertolongan anda/ Bapak atau Ibu dulu dsb” Inilah sopan santun yang diajarkan oleh Al Quran dalam surat Ibrahim ayat 7. Pandai bersyukur atau berterimakasih kepada orang2 yang telah berjasa kepada kita.

28. Dalam sebuah perusahaan terdiri dari para ahli2 dari masing masing displin. Satu sama lain bekerja sama dengan kasih sayang, kompak, displin, tidak pernah saya melihat mereka bertengkar dalam sebuah meeting, saling menghargai pendapat orang lain. Dengan demikian mereka dapat mengerjakan sebuah projek yang besar sekalipun dalam waktu yang tepat. Satu kali diambil keputusan maka semua akan menyokong dan mensuksesankan dengan baik. Umpama dalam sebuah mobil, bagaimanapun kecil peran sebuah busi, tapi tetap dihargai. Karena tanpa busi yang baik mobil tidak dapat berfungsi dengan sempurna. Satu sama lain saling menghargai.

Demikianlah kesan kesan kita pertama kalau sempat mampir di Jepang, atau negeri Sakura yang Islami ini.

Hablul minan nas nya sudah Islami, hanya tinggal satu hal saja yaitu mengenalkan Hablul minallah kepada masarakat Jepang. Kalau Mubaligh2 Islam dapat menatuhidkan mereka, mengenalakan Tuhan kepada mereka, maka masarakat Jepang akan menjadi masarakat yang Islami sempurna, Kaffah, atau dengan kata lain menjadilah masarakat yang mulia disisi Allah swt.

Apakah masarakat Jepang bisa masuk syurga karena banyak karya karyanya yang bermanfaat, atau amal2 baiknya sangat disukai oleh manusia?
Allah Maha Tahu segala galanya atas makhluk2Nya. Maha Besar Allah Yang menciptakan manusia berbangsa bangsa dan bermacam bahasa dan kebudayaan.

***
Malaysia pun Belajar pada Jepang

          Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Penyayang dan Maha Mengetahui. Tiada Tuhan melainkan Allah Yang Menciptakan manusia berbangsa-bangsa, bersuku-suku, bermacam warna kulit dan bahasa dan agama agar manusia dapat belajar  dari kelebihan masing-masing dan agar manusia dapat bersyukur.
          Tiga puluh tahun yang silam, ribuan pemuda-pemudi dari Malaysia dan Singapore  belajar di Jepang.
Dalam suatu kesempatan seminar di Tokyo, saya bertanya kepada salah seorang peserta seminar. Saya membaca sebuah artikel di sebuah koran Jepang, bahwa PM Mahathir akan mengirimkan ribuan pemuda dan pemudi belajar di Jepang  dalam waktu lima tahun sebagai kebijaksanaan pemerintahan Malasia.

Pemuda itu memberikan jawaban kepada saya; bukankah Nabi besar Muhammad saw telah bersabda dan menganjurkan sekali kepada umatnya untuk belajar ke China (atau ke Jepang) : tuntutlah ilmu sampai kenegeri China “.

PM Mahathir sangat tertarik sekali melihat kemajuan kemajuan yang telah di capai oleh Jepang setelah mereka kalah perang Dunia ke II. Dalam waktu 50 tahun mereka dapat membangun negaranya, keluar dari ketepurukan ekonomi, kemiskinan rakyatnya, dan kekurangan sumber alamnya, menjadi sebuah negara yang modern dan disegani dalam bidang ekonomi, pertanian, dan industrinya.

Sekarang Mahathir melihat Jepang sebagai  sebuah negara di Asia, yang kebudayaannya hampir  sama dengan negara-negara Asia lainnya, yang ramah-tamah, makan nasi, dan berbadan kecil dibandingkan dengan orang-orang Barat yang besar yang berbeda budayanya.
          Sekarang, setelah 20 tahun PM Mahathir mencanangkan kebijaksanaan pembangunan Malaysia dengan semboyan:  “Look to the East, and learn from Japan“.

Saat ini Malaysia sudah bisa melihat buah yang siknifikan dengan ekonomi Malaysia yang semakin kuat, walaupun ditimpa oleh krisis ekonomi baru-baru ini. Industrinya berkembang pesat,  hasil pendapatan rakyatnya meningkat, begitu pula negara Singapore, suatu negara yang termakmur di Asia.
          Timbul pertanyaan bagi kita, mengapa Nabi Muhammad saw menganjurkan  memerintahkan umatnya untuk belajar ke China (Jepang), yang mana negara tersebut, selain jauh, bukan menganut agama Islam? Mengapa pula bukan ke negara-negara  Romawi atau yang lainnya?
          Menurut catatan sejarah, sebelum Nabi Muhammad menjadi Nabi 1420 tahun yang lalu, dan waktu itu bangsa Arab yang masih jahililyah,  bangsa China (Jepang) sudah merupakan negara maju dalam mengolah pemberian Tuhan di alam ini.

Sebagai contoh adalah pembuatan keramik dan pembuatan kain sutra yang terkenal dalam sejarah kuno. Pada saat itu negara Barat atau Amerika masih menjadi negara-negara terbelakang. Negara-negara Barat menjadi negara maju justru setelah mereka banyak belajar dari kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh negara-negara Islam seperti Irak, Syiria dan Persia
          Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun, lebih kurang 7 generasi. Sampai sekarang bekas negara-negara jajahan ini menjadi negara-negara  miskin dan terbelakang, walaupun sumber alam dan manusianya berlimpah.

Ini menjadi  pertanyaan yang besar: kita mempunyai buku pedoman hidup dari Allah yang akan membawa manusia ke dalam kehidupan yang bahagia, sejahtera, tentram dan hidup yang harmonis,tapi kenyataan di lapangan, menempatkan kita   sebagai  bangsa yang terbelakang/ketinggalan dalam segala bidang kehidupan, baik akhlak ataupun moral, juga  kemakmuran rakyatnya.   

Pembaca yang budiman,terimakasih atas kunjungan anda di web saya ini, makin banyak orang2 Indonesia yang membaca artikel saya ini, makin luas ilmunya melihat kehidupan bangsa Japan.Saya tidak akan sukses menyebarkan kepada masarakat Indonesia yang berpenduduk 275 juta tanpa bantuan anda semua. Silakan kirimi teman2 anda tercinta,sekolah2,madrasah2,organisasi2  dll dengan membuat link.

Arigato gozaimashu.Yoroshiku onegai shimasu.
Wassalamu'alaikum wrwb

Reference;

AS  I SEE  JAPAN .
BY Konosuke Matsushita,

Photos of Abdullatif.1970.






*****

3 comments:

  1. umat islam di indonesia dibodohi oleh uztadnya sendiri... cuma melakukan satu kebaikan katanya langsung masuk surga... padahal perbuatan buruk yang dilakukan tidak sedikit pula...
    skarang orang berpikir biarlah kita buat dosa yang banyak... biarlah kita korup.. kan nanti pada bulan ramadhan dosa kita dibersihkan... kita jadi suci kembali....
    apalagi kalau sebagian uang korup itu dipake bangun masjid... langsung harum nama koruptor itu...

    beda dengan japan tiap orang bertanggung jawab terhadap perbuatannya... bahkan mereka siap mundur ketika melakukan kesalahan yang merugikan banyak orang walupun kesalahan itu hanya berupa komentar yang menyinggung...

    uztad-uztad membangun santri-nya dengan mental yang salah... mental fanatisme yang sempit... sehingga umat islam indonesia seperti katak dalam tempurung... merasa paling suci dan surga hanya milik mereka...

    ReplyDelete
  2. semoga ini bisa menjadi sebuah pembelajaran bgi masyarakat indonesia dan pelaku2 birokrasi.entah sampai kapan lgi bangsa indonesia akan mengalami keterpurukan berjamaah[kolektif].

    ReplyDelete
  3. banyak sekali nilai positif dari Nihonjin, saya juga heran kenapa mereka bisa menjalankan konsep Islami begitu bagus. bahkan mereka juga punya budaya malu yang luar biasa, konsep ON dan GIRI (berterima kasih dan merasa hutang budi). Subhanalloh.

    ReplyDelete