Saturday, November 6, 2010

HUBUNGAN AYAH-IBU DENGAN ANAK2NYA.


For You From My Heart.
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
In the name of God, the most merciful and the most gracious,

Reformasi dari Islam Jahiliyya kepada Islam yang Modern  Abad 21 st Century.
Allah tidak akan pernah merobah nasib seseorang atau bangsa kalau dia sendiri tidak mau merobahnya. QS .13:11.
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusan ku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku. QS 20:25-28

Modern Quranic Interpretation.
Islamic Society for Liberty And Modernity.
Islam Shall Love All Mankind.
Islam is Peace and Mercy.

Abdullatif invites you to the truth of Islam.

Betapa Indahnya Ciptaan Allah swt.
Islam yang Benar itu adalah Islam yang Indah, Damai, Kasih Sayang, Saling Cintai Mencintai, Merdeka, keadilan untuk semua, Pemaaf, Toleransi, dan Membawa Umat yang Sejahtera.

Agama Islam yang Rahmat artinya; Umat Non Islam merasa damai dan sejuk bertetangga dengan Muslim dan diperlakukan dengan adil.

Kita Umat Islam yang Moderat Hidup di Abad Informasi Technologi, Globanisasi, Masyarakat yang Pluralism, Menentang segala Bentuk Perbuatan Kekerasan, Paksaan, dan Menghormati Perbedaan2 Pendapat, Keyakinan Agama, Jenis, dan Suku.

Human Rights adalah Inti Ajaran Islam. Mentaati Human Right adalah Mentaati Islam, Melanggar Human Right adalah Melanggar Perintah Allah. QS 4;78, QS 42:15.

Seorang Muslim seharusnya membuat Kemajuan yang Besar dan mengasilkan Karya2 Besar dalam Technologi , Science, Seni (Art) , Budaya dan dapat Dipersembahkan kepada Dunia dengan cara Hidup Islam yang terbaik.

Kebebasan dan Kemerdekaan Beragama, Berbicara, Berexpresi, dan Keadilan Untuk semua Rakyat Tanpa Melihat Agama, Suku, dan Jenis, adalah Tiang Agama Islam dan Kedamaian Yang di Cita Citakan.

Pemerintah harus Dapat Berlaku Adil kepada Semua Agama, suku, dan Jenis. Pemerintah tidak Boleh Berpihak kepada Satu Agama, Suku dan Jenis, oleh karena itu Kekuasaan Pemerintah dan Agama harus terpisah.

Betapa Indahnya, Senang  kalau semua Hamba2 Allah Hidup Bersama dalam Keharmonisan. Psalm 133:1

Mari Kita Bersama Sama Mempromosikan Budaya Kebebasan dan Toleransi ke seluruh Dunia.

PENDAHULUAN.
Prof Dr HM Quraish Shihab, pakar tafsir terkenal di Indonesia,mantan menteri agama RI, pelopor pembaharuan tafsiran al Quran berkata;
Alquran tidak kering. Betapa pun orang membahasnya,  setiap saat dia memberikan hal yang baru,Begitu juga ketika ia mempelajari Alquran. Dia bisa menemukan makna baru, rahasia baru  yang belum ditemukan oleh orang sebelumnya karena dia bersumber dari Tuhan.

CONTOH: Salah satu tafsiran Prof.DR Quraish  Shihab yang menobrak ahli2Tafsiran2 ulama2 Wahabi-salafy Arab (Ibnu Kathir,At-Tobary,Imam As-Suyuty ,Al-Baghowy )  yaitu dimana Prof DR.Quraish.Shihab berpendapat bahwa;

Wanita jangan merasa berdosa kalau tidak berjilbab.Dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.”
"Muslim Jangan Merasa Berdosa Mengucapkan Selamat Natal"

Masih menurut Quraish, “Perbedaan para pakar hukum itu adalah perbedaan antara pendapat-pendapat manusia yang mereka kemukakan dalam konteks situasi zaman serta kondisi masa dan masyarakat mereka, serta pertimbangan- pertimbangan nalar mereka, dan bukannya hukum Allah yang jelas, pasti dan tegas.”

Karena perintah berjilbab itu adalah anjuran, bukan wajib seperti wajib melakukan shalat,zakat,puasa, sesuai dengan keadaan alam padang pasir yang panas dan berbahaya . Karena pasir yang panas yang di embus angin kencang dapat merusakan kulit dan rambut wanita.
Inilah penemuan baru yang lain tentang memahami Islam yang berbeda dengan Ulama Islam Fundamentalis Wahabi-Salafy, semoga bermanfaat untuk memperbaiki / memperbaharui image Islam yang terbelakang / tidak produktif di abad 21 ini.


HUBUNGAN ANTARA ORANG TUA DAN ANAK2 DALAM ISLAM

Assalamu’alaikum wrwb.
Rasulullah saw adalah seorang yang telah banyak jasa2nya kepada kemanusian dan al quran yang dibawanya menjadi kitab pedoman hidup bagi manusia di bumi ini.
ALLAH Maha Pengasih dan Maha Penyayang.Pencerahan ajaran Islam yang Murni dari pandangan Muslimbertaqwa.

Ajaran Islam yang murni artinya menjauhi Hadits2 Budaya Arab yang menyesatkan. Ajaran2 Islam yang murni sudah terkontaminasi dgn Hadits2 budaya Arab.

Hadits2 yang sahih sebagai syariat Islam adalah hadist2 yg menjelaskan wahyu2 ALLAH saja yang tidak bertentangan dengan al Quran.
Alhamdulillah,dalam menyilami Rahasia2 Al Quran Karim saya menemukan beberapa ayat dalam al Quran dan Bible semoga dapat menjadi ilmu dan hikmah untuk pendoman hidup kita di dunia ini.

Sesungguhnya fitrah manusia itu, terutama para orangtua (parents) sangat mencintai anak2nya,walaupun orangTua itu tidak beriman dan tidak berilmu seperti manusia2 asli di hutan2. Kasih sayang itu disebut kasih sayang fitrah atau asli dari ALLAH lewat DNA manusia.

Begitupun makhluk2 ALLAH lain2nya seperti binatang2 tetap mencintai anak2nya dengan sepenuh hatinya,dan melindungi anak2nya dari marabahaya. Kalau perlu orangtua mengorbankan jiwanya demi anak2nya.
Itulah cinta dan kasih sayang para orangtua yang tidak putus2nya yang diberikan oleh ALLAH untuk dapat mencitai anak2nya. Dan kasih sayang para orangtua itu tidak bisa dinilai dengan uang dan materi. Mereka mencitai anak2nya sampai mereka dipanggil oleh ALLAH swt.

Sedangkan ALLAH tidak menanamkan dalam DNA manusia untuk mengasihi manusia atau binatang, tapi ALLAH mengajarkan lewat kitab2nya agar manusia saling mencintai dan saling menghormati perbedaan agama,budaya yang terdapat setiap suku bangsa.

ALLAH berfirman in Bible,Nabi Jesus yang kita imani dan kita cintai ajaran2nya sebagaimana mencintai Nabi Muhammad saw.Tidak boleh dibeda bedakan antara nabi2 ALLAH.
1. ‘Love the Lord your God with all your heart and with all your soul and with all your mind.’
2.‘Love your neighbor as yourself.’
3. "But I tell you who hear me: Love your enemies, do good to those who hate you,.
4.  If your enemy is hungry, give him food to eat; if he is thirsty, give him water to drink.  
5. Do not be overcome by evil, but overcome evil with good.
6. Love each other as I have loved you.
7.Whoever loves God must also love his brother / all mankind.  
8. If you love ALLAH, but you hate  people, you are a big lair.
9. “Love your neighbor as yourself.”If you keep on biting and devouring each other, watch out or you will be destroyed by each other.  
10. Do not mistreat or oppress a foreigner in living in your country, love them as you love self.
11.Whoever hates his brother/ people is in the darkness and walks around in the darkness; he does not know where he is going, because the darkness has blinded him, then he will fall in the hole of misery.

Demikian ajaran Islam atau ajaran dari ALLAH ,agar manusia bukan saja mencintai ibu dan ayahnya, tapi juga harus mencintai semua manusia di bumi ini tanpa melihat agama,budaya, jenis( gay-Lesbian) dan warna kulit.

TERORIST JIHAD.
Anak2 yang tidak mendapatkan pelajaran dari ALLAH diatas itu, anak2 tidak mempunyai --rasa kasih sayang dan cinta--kepada orang lain yang berbeda dengan mereka. Anak2 malah membenci orang asing yang berbeda dengan mereka.

Kalau ada perintah dari orang tuanya, gurunya, atau fatwa orang yang dianggapnya Alim untuk membunuh orang asing, dia akan melakukan perintah guru agamanya dan bahkan anak2 mau melakukan bunuh diri atau suicide dengan bom2 bunuh diri yang sering kita dengar teror Jihad yang dilakukan oleh anak2 muda Muslim seperti; Baru2 ini di Boston-USA,  Bali, Jakarta, Iraq,Pakistan, Syria,Saudi,dan negara2 Eropah.

PERKEMBANGAN OTAK ANAK2.
Setelah anak2 mulai dewasa, otaknya makin berkembang, kemudian mendapatkan pendidikan baru di sekolah2 dan dari lingkungan.
Anak2 mulai dapat memberikan judgemen atau penilaian2 terhadap orangtuanya. Apakah orangtuanya baik atau tidak, apakah orangtuanya berlaku adil atau tidak.Apakah orang tuanya mencintai dia atau tidak.Apakah orang tuanya membedakan kasih sayang antara saudara2nya,dan lain2.

Sesungguhnya fitrah anak2 itu adalah bersih dari dosa2. Sebuah Hadist menjelaskan bahwa anak2 itu seperti sebuah kertas putih bersih. Terserah kepada orangtua apakah kertas itu dijadikan warna hijau,merah,hitam dan berwarna2.Dengan kata lain orangtualah yang bertanggung jawab kepada akhlaq anak2nya.

Kalau orangtuanya ingin menjadikan anak2 beragama Islam, Kristen atau anti tuhan dll, maka anak2 itu akan mengikut. Tapi setelah dewasa mereka akan berpikir sendiri apakah akan terus mengikuti orang tuanya atau tidak. itu terserah kepada anak2 itu sendiri.
Kalau sekiranya anak2 tidak dididik dengan akhlaq yang mulia,dan tidak di ajarkan mana yang baik ( halal), dan mana yang haram (terlarang), mereka akan dipengaruhi oleh Syaitan yang mengajak anak2 itu kearah yang buruk yang terlarang oleh ALLAH swt.

Oleh karena itu dalam masarakat anak2 kita bisa melihat perbuatan2 atau akhlaqnya yang buruk atau tidak tahu mana yang haram (buruk) dan halal (baik).

Mari kita tinjau peringatan2 ALLAH dalam kitab2Nya yang mejelaskan akhlaq anak2 yang mudah dipengaruhi oleh Syaitan.
Dalam Taurat dan Al quran di jelaskan sifat2 anak2 itu sebagai berikut;Gal. 5:19 .(QS.75:5).

Sifat2 asli manusia ini  kelihatan di masarakat anak2, dan masarakat hutan yg tidak berilmu, seperti dijelaskan oleh ALLAH dibawah ini:
1. Anak2 suka--Unclean/ kotor---
2. Anak2 suka--dissension / perselisihan--
3. Anak2 suka--contentioan / suka bertengkar / berkelahi
4. Anak2 suka--rerviler / suar keras,kasar ,menyakitkan orang lain
5. Anak2 suka--envoy / irihati.
6. Anak2 suka--Angry / marah
7. Anak2 suka--revelness \terlalu gembira.
Anak2 dewasa yang sudah balikh,sifat2nya meningkat seperti berikut ini;
8. Suka mengerjakan adultery / berzina
9. suka fornication / persundalan /maksiat
10.Suka Hatred / sifat benci
11.Suka jelousies / cemburu / iri hati
12.Suka Outbursts / Marah sekali
13.Suka Drunkness / mabuk mabuk
14.Suka tidak sabar, tergesa gesa.
15.Suka selfish - ambition /ambisi /suka berkuasa.
16. Suka Murder / membunuh.
17.suka idolatery / syirik /menyembah benda2.

Bayi2 itu adalah bersih dari dosa2,tapi setelah si bayi eluar dari tubuh ibunya,Syaitan mulai menyentuhnya akairnya si bayi memekik.
HSB 1493; Setiapanak Adam yang  baru lahir, disentuh oleh Setan ketika lahirnya, lalu ia memekik menangis karenanya, KECUALI Maryam dan anaknya.

Syaitan sudah mulai mengggangu si bayi atau anak2.Oleh karena itu perbuatan2 anak2 kelihatan merusak dan berakhlaq buruk.
Tugas si ibulah untuk menjaga anak2nya jangan sampai mengikuti godaan2 syaitan dengan mengajarkan mana yang baik dan mana yang buruk.
Orang2 dewasa yang suka atau masih melakukan perbuatan2 tersebut diatas tidak akan masyuk syurga ALLAH,didunia hidupnya tidak bahagia, diakirat mendapat tempat neraka.Karena sifat2 seperti itu dikendalikan oleh Syaitan.

Those who pratice such things will not enter paradice. Gal.5:19-21.

Para orangtua wajib memberikan ilmu agama atau pendidikan budi perkerti.Para orangtua bertanggung jawab kepada pendidikan anak2nya. Tanggung jawab orangtua sampai mereka dewasa. Umumnya anak2 waktu kecil masih takut dan patuh kepada orang tuanya.

Setelah anak2 mulai dewasa sering kita mendengar dalam masarakat dan melihat dimana anak2 mulai melawan dan menuduh orang tuanya dengan bermacam macam hal antara lain;

1.  Orang tuanya tidak adil dalam memberikan uang belanja dll.
2.  Orang tuanya pilih kasih-sayang, dan anak2 merasadiperlakukan tidak sama kasih sayangnya satu anak dengan anak yang lain.
3. dll.
Misalnya;
a) anak yang bungsu melihat saudara tuanya diperlakukan istimewa waktu lahirnya.
b) anak yang tua melihat saudara bungsunya diperlakukan lebih sayang dari anak2 yang lebih tua.
c) dll.

Kenapa ini terjadi dalam keluarga?
1. Karena anak2 dewasa sudah mulai berpendapat sendiri, karena terpengaruh dengan masarakat sekeliling, dan karena mendapat pendidikan yang tinggi merasa lebih tahu dari orang tuanya.
2.Walaupun mereka sudah dewasa dan berpendidikan yang tinggi namun iman kepada ALLAH masih lemah. Mereka masih terpengaruh oleh godaan2 Syaitan yang mengajak manusia kepada sifat2 yang buruk seperti; iri hati, suka melawan, suka bertengkar, sombong  dll.
3. Karena definisi keadilan menurut orang tua dan anak2 adalah berbeda. Keadilan menurut orang tua kepada anak2nya sangat tergantung kepada kondisi dan keperluan anak2 tersebut dalam mendidik anak2nya.

Sedangkan keadilan menurut anak2 umumnya berpendapat bahwa keadilan itu adalah pembagian yang sama rata.
Salah satu contoh;
Anak yang lemah mendapat perhatian yang lebih serius dari orang tuanya dari pada anak2 yang pintar dan mandiri. Karena orang tua kewatir kehidupan anak yang lemah itu setelah orang tua wafat.

Contoh yang lain.
Anak2 yang yang lebih tua mendapatkan kesempatan yang lebih besar dari anak2 yang lebih muda terutama dalam pendidikan. Anak2 yang muda walaupun ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, tapi orang tua tidak sanggup lagi membiaya mereka,akirnya pendidikan anak2 berbeda.
Disini anak2 akan memberikan judgement kepada orang tuanya bahwa orang tuanya tidak adil kepada dia.Masih banyak lagi contoh2 yang lainnya.
Oleh karena itu dalam keluarga dimana anak2 tidak mengikuti perintah2 ALLAH  atau tidak memahami ajaran2 Islam dengan baik, anak2 ada yang melawan kepada orang tuanya, ada yang patuh kepada orang tuanya, akirnya timbullah hubungan kasih sayang yang berbeda dari satu anak dengan anak yang lain.

Itulah delema2 yang sering di hadapi oleh orangtua dalam membesarkan dan mendidik anak2nya.

Sifat2 yang tidak baik ini akan dapat hilang dari anak2 kalau anak2 itu benar2 takut kepada peringatan2 ALLAH swt. dengan ancaman2 ALLAH yang tertulis dalam kitab2 ALLAH.

ALLAH mempunyai rencana untuk memperbaiki akhlaq manusia yang buruk itu. ALLAH menurunkan peraturan2Nya lewat2 Rasul2 dengan kitab2Nya.

Manusia2 yang mengikuti peraturan2 ALLAH dgn baik, maka sifat2 syaitan itu akan dapat berobah menjadi akhlaq yang mulia,akhlaq menghormati dan mencitai orangtuanya.

Kita melihat dalam masarakat dimana masih ada orang2 yang berakhlaq buruk seperti diatas itu, artinya mereka belum memahami perintah2 ALLAH dengan baik dan sempurna.

Inilah beberapa ayat2 ALLAH itu mohon di perhatikan setiap ayat, betapa sempurnanya peringtan2 ALLAH kepada manusia.
1. “Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu tanpa mengetahui suatu apa.” (QS 16: 78)
It is He Who brought you forth from the wombs of your mothers when ye knew nothing;
Anak2 dilahirkan dlm keadaan kosong, namun ALLAH sudah memberikan DNA atau Fitrah kepada anak,namun anak2 memerlukan bantuan yang sangat besar dari orang tuanya,tanpa bantuan dari orang tuanya,sianak tidak akan mampu hidup.
Sebahagian binatang ada anak2nya dapat hidup menjadi besar tanpa bantuan dari induknya, seperti binatang penyu dimana induknya tidak sama sekali membesarkan dan mendidik anak2nya.
Inilah fitrah  atau DNA yang diberikan oleh ALLAH agar dia bisa hidup.
Tapi anak manusia memerlukan bimbingan dan susu dari ibunya dan memerlukan makanan dari ayahnya .Maka ALLAH memperingatkan anak2 sebagai berikut ini.
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(QS.17:24)

And lower unto your father and mother the wing of submission and humility through mercy, and say: “My Lord! Bestow on them Your Mercy and as they did bring me up when I was young .

Sepantasnyalah anak2 menghormati orang tuanya,tanpa bantuan dan kasih sayang dari orang tua sianak tidak bisa menikmati hidup di dunia ini.Jasa2 orang tua kepada anak2nya tidak bisa dibandingkan dengan uang dan harta setinggi gunung sekali pun. begitulah jasa2 orang tua.

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS.17:23)

And your Lord has decreed that you worship none but Him. And that you are dutiful to your parents. If one of them or both of them attain old age in your life, say not to them a word of disrespect, nor shout at them but address them in terms of honor.

Oleh karena jasa2 orang tua begitu besar,maka ALLAH memperingatkan anak2 jangan berlaku kasar, tidak sopan,  atau hal2 yang bisa menyakiti hati mereka. Haruslah berlaku sopan santun dan lemah lembut kepada orangtua kalau berbicara.

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tua ibu-bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah pula. Mengandung sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan 2.5 tahun sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai 40 tahun is berdoa.
“ Yaa Tuhanku tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepada ku dan kepada ibu bapakku, dan supaya aku dapat berbuat amal saleh yang Engkau ridhoi” Berilah kebaikan kepada ku dengan memberi kebaikan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Mu, berserah diri pada Mu. (QS.46:15).

And We have enjoined on man to be dutiful and kind of his parents. His mother bears him with hardship. And she brings him forth with hardship and the bearing of him and the weaning of him is thirty months, till when he attains full strength and reachs forty years, he says;”My lord! Grand me the power and ability that I may be grateful for Your Favour which have you bestowed upon me and my parents, and that may I do righteous good deeds, such as please You and make my offspring good.Truly, I have turned to You in repentance, and truly, I am one of the Muslim.
2,5 tahun si Ibu harus memperhatikansi anaknya siang dan malam, begitu pula si ayah siang dan malam dia harus bekerja mencari makanan untuk anak2 dankeluarganya.Jasanya sangat besar kepada anak2nya.

Bersyukurlah kepada Allah dan ibu-bapakmu, hanya kepadaKu lah tempat kembali (QS31:14)\
Give thank to Allah and to your parents. Unto Me the final destination
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".QS.17:24

And, out of kindness, lower to them the wing of humility, and say: "My Lord! bestow on them thy Mercy even as they cherished me in childhood."
ALLAH memerintahkan kepada anak2 agar tundukan diri kamu didepan orang tua kamu dengan berbicara yang sopan santun dan rendahkan suara kamu.

“Mentaati orang tua adalah mentaati Allah, mendurhakai orang tua sama dengan mendurhakai Allah.”(HR Thabrani).
“Beribadahlah kalian kepada Allah dan janganlah mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua … .” (An Nisa’ : 36)
Serve Allah, and join not any partners with Him; and do good to parents, kinsfolk, orphans, those in need, neighbours who are near neighbours who are strangers, the companion by your side, the way-farer (ye meet) and what your right hands possess: for Allah loveth not the arrogant, the vainglorious.

“Dan Kami wajibkan manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tua. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kalian kembali lalu Aku khabarkan kepada kalian apa yang telah kalian kerjakan.” (Al Ankabut : 8)Lihat pula.QS.31:13-15)
We have enjoined on man kindness to parents: but if they (either of them) strive (to force) thee to join with Me (in worship) anything of which thou hast no knowledge, obey them not. Ye have (all) to return to Me, and I will tell you (the truth) of all that ye did.
Mari kita perhatikan pula wahyu2 ALLAH yang disampaikan kepada Nabi2 sebelumnya atau yang tertulis dalam kitab Bible (Kitab Taurat ,Zabur dan injil ).
Listen to your father who begot you, and do not despise your mother when she is old.
Let your father and mother be glad, let he who bore you rejoice.
Who ever curse his father and mother, his lamp will put out in deep darkness.

Dengarlah nasehat orangtua mu yg membesarkan kamu dan jangan menghina / melecehkan/ kurang hormat kepada orang tua kamu ketika dia sudah tua,
Buatlah ayah dan ibu kamu gembira atau bahagia, yang telah melahirkan kamu ke dunia ini.

Siapa saja yang melawan orang tuanya dgn kasar, maka cahaya hidupnya akan diambil dan hidupnya di dalam kegelapan atau tidak bahagia.
(Sebaliknya anak2 yang menghormati orang2 tuanya akan mendapat cahaya hidup yang baik-terang, hidup yang sejahtera dan bahagia di dunia dan di akirat akan mendapat syurga pula.)

Pertanyaan, bolehkah kita mengambil rujukan atau pedoman hidup kepada kitab2 Taurat,zabur dan injil? Jawabannya adalah boleh.
ALLAH  memerintahkan 6 kali kepada Nabi Muhammad saw dan kita semua untuk beriman atau mengamalkan wahyu2 ALLAH di kitab2 sebelumnya (Taurat,zabur dan injil ) yang masih relevant dgn umat Nabi Muhammad saw seperti wahyu2 ALLAH diatas itu.

Demikianlah peringatan2 ALLAH kepada anak2 agar anak2 takut kepada ALLAH atau azab ALLAH di dunia dan d akirat, agar anak2 jangan sampai durhaka kepada orang tuanya yang telah membesarkan mereka dengan susah payah.
Sekarang peringatan ALLAH kepada orang tua.
PERINGATAN ALLAH KEPADA ORANGTUA IBU DAN AYAH.
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah (miskin), yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.QS.4:9.
Let those (disposing of an estate) have the same fear in their minds as they would have for their own if they had left a helpless family behind; let them fear Allah, and speak words of appropriate (comfort).

Orang2 tua wajib berkerja keras untuk anak2nya dan memberikan pendidikan yang baik,sehingga kalau orang tua sudah wafat maka anak2 tidak menjadi beban orang lain. ALLAH memperingatkan kepada orang2 tua agar bertanggung jawab menerima Hadiah2 anak2 dari ALLAH.Sekiranya orang2 tua meninggalkan anak2 dalam kemiskinan menjadi beban orang lain dikemudian hari, maka ALLAH akan menghukum dengan hukuman yang pedih yaitu api Neraka.
Jadi setiap orang tua haruslah mempunyai ilmu yang baik dan benar dan bekerja keras untuk ALLAH agar dapat meninggalkan warisan2 yang banyak untuk anak2nya dan masarakat.
Orangtua yang mulia dan baik di sisi ALLAH adalah orangtua2 yang dapat meninggalkan warisan uang, harta dan ilmu untuk anak2 dan cucu2nya sebagai penerus generasi berikutnya.

ALLAH berfirman:  
A good man leaves an inheritance to his children's children.Pro.15:4
Peringatan ALLAH yang lain.
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.QS.64:14.
Kalau orangtua tidak baik mendidik anak2 yang diberikan oleh ALLAH kepada nya, maka anak2 itu akan menjadi musuh yang terdekat, mereka suka melawan dan membantah  dan tidak hormat kepada orang tuanya. Alangkah ruginya mempunyai anak2 seperti itu dalam keluarga.
Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu): di sisi Allah-lah pahala yang besar.QS.64:15.
O ye who believe! Truly, among your wives and your children are (some that are) enemies to yourselves: so beware of them! But if ye forgive and overlook, and cover up (their faults), verily Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful. Your riches and your children may be but a trial: but in the Presence of Allah is the highest Reward.

DOA ORANGTUA KEPADA ALLAH;
Ya, Tuhan kami. Anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami, keturunan kami sebagai penyenang hati-hati kami dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS 25: 74).

And those who pray, "Our Lord! grant unto us wives and offspring who will be the comfort of our eyes, and give us (the grace) to lead the righteous."
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.  QS.66:6)

O ye who believe! Save yourselves and your families from a Fire whose fuel is Men and Stones, over which are (appointed) angels stern (and) severe, who flinch not (from executing) the Commands they receive from Allah, but do (precisely) what they are commanded.

KENAPA ANAK2 LEBIH DEKAT KEPADA IBUNYA DARI AYAHNYA?
Pertanyaan ini sering ditanyakan kepada saya;
Umumnya dalam masarakat baik masarakat Islam,maupun non Islam,baik bangsa indonesia maupun bangsa2 lainya. Kita dapat menyaksikan secara umum bahwa anak2 jauh lebih dekat hubungan nya dari pada ayahnya.
Ini disebabkan antara lain;

1.Secara alamiyah dimana anak2 lahir dari seorang ibu.Dalam Rahim ibulah anak2 dibentuk oleh ALLAH rupa dan DNAnya. Makanan dan darahnya datang dari ibu,bukan dari ayahnya. Selama 9 bulan si bayi berada dalam rahim ibunya.
2. Karena anak2 lebih banyak waktunya bersama ibu dari pada ayahnya yang mencari nafkah diluar sepanjang hari, bahkan kadang2 tidak pulang berminggu minggu.
3.  Karena ayah adalah memegang peranan keuangan untuk keluarga sering terjadi konflik antara ayah dan dan anak2. Banyak permintaan2 anak2 yang tidak dapat dipenuhi oleh si ayah.

Misalnya si anak ingin sebuah sepeda seperti temannya tetangga atau disekolah. Si Ayah belum sanggup untuk membelinya.Dalam hal ini si anak kadang2 berkecil hati kepada ayahnya.

Walaupun ayah sanggup untuk membelinya, tapi sepeda bukanlah prioritas utama. Konflik ini berlajut terus menerus sampai anak2 menjadi dewasa atau sampai anak2 keluar dari rumah orang tuanya.
Sedangkan konflik dengan ibunya relatif kecil,karena dalam keluarga ibu tidak memegang peranan keuangan.

Dengan alasan2 diatas itulah makanya anak2 lebih dekat dan lebih mencintai ibunya dari pada ayahnya. Hal ini sangat menyedihkan hati si ayahnya karena diperlakukan oleh anak2nya. Sedangkan kasih sayang ibu dan ayah kepada anak2nya adalah sama. Si ibu memberikan air susunya,dan si ayah mencari makanan diluar untuk anak2 dan ibunya.
KECUALI;
Tidaklah semua anak2 memperlakukan perbuatan diskriminasi antara ibu dan ayahnya. Ada anak2 yang mencintai ibu dan ayahnya sama,dan kita lihat indah sekali dalam keluarga itu. Keluarga seperti itu menjadi inspirasi bagi keluarga lainnya. Namun sulit di ciptakan tapi bukan tidak bisa.
Inilah kiat2 yang dapat diusahakan oleh seorang ibu dan ayah.

1. Kalau seorang ibu yang berpendidikan agama dan ilmu jiwa, seharusnyalah ibu memberikan pendidikan dan kesadaran kepada anak2nya untuk mencintai ayahnya ,dan tidak boleh membeda bedakan.
Si ibu haruslah menjelaskan karena kerja keras ayahlah keluarga atau kamu menjadi serang manusia seperti sekarang ini.Tanpa usaha kerja keras dari ayah di luar rumah untuk mencari makanan atau rezeki,sudah tentu kita semua baik ibu dan anak2 akan mendapat kesusahan, dan mungkin sakit akirnya meninggal dunia.

Ayah bukan saja memikirkan makanan dan kebutuhan anak2 saja, tapi juga pendidikan agar anak2nya dapat hidup lebih baik dari ayahnya. Untuk biaya pendidikan ini tidaklah sedikit, banyak orang lain tidak sanggup memberkan pendidikan tinggi sampai Universitas.

Banyak dalam masarakat ibu2 tidak dapat memberikan pendidkan akhlaq yang mulia itu kepada anaknya,karena tidak mempunyai ilmu pendidikan yang sempurna. Banyak ibu2 pandai membesarkan anak2 saja, tapi  tidak dikuti dengan pendidikan rohani yang baik.Jadi peranan seorang ibu dalam membentu akhlaq yang baik,sempurna tetletak ditangan ibu.Itulah tanggung jawab seorang ibu yang sangat besar dan mulia.
Generasi bangsa sangat tergantung kepada ibu2 dalam mendidik anaknya generasi bangsa berikutnya.

2. Kalau si anak mendapat inspirasi dari luar atau pendidikan di sekolah2,kemungkinan anak2 dapat menghormati dan mengasihi ayahnya.
3. Kalau anak2  sudah mulai dewasa dan sudah mempunyai keluarga dan anak2 pula, waktu itulah dia akan menyadari dan insyaf bahwa perbuatan dia kepada ayahnya dulu tidaklah wajar. Dia akan mengajarkan kepada anak2nya untuk dapat menghormati ayahnya sebagaimana menghormati ibunya. Keduanya sama sama mencintai dan sama sama bekerja keras untuk membesarkan anak2nya sampai mereka dewasa dan bisa mandiri di kaki sendiri.Tanpa bantuan dari ibu dan ayah anak2 tidak akan bisa menikmati hidup yang indah ini.

KESIMPULAN.
1.Seharusnyalah anak2 kalau sudah dewasa pandai2 berbuat baik kepada orang tuanya,karena jasa2 orang tua nya begitu besar.Kalau orang tua sudah menjadi tua sekali,hendaklah anak2 memperhatikannya dengan kasih sayang,sebagaimana orang tua memberikan kasih sayang kepada anak2nya waktu kecil.
2.Kepada orang tua,seharusnyalah bertanggung jawab kepada anak2nya sebagai amanah dari ALLAH, dan berikanlah pendidikan yang baik ,baik pendidikan agama dan ilmu2 yang lain2nya agar kalau sudah dewasa mereka bisa hidup dengan baik,tanpa menjadi beban orang lain.

3.Orang2 tua seharusnyalah berkerja keras dan berilmu, agar bisa meninggalkan warisan yang banyak kepada anak2, cucu2nya dan masarakat. Kalau seorang tua yang meninggalkan anak2nya dalam keadan miskin, maka ALLAH akan menghukum orang tua itu dgn hukum yang pedih di akhirat,karena tidak bertanggung jawab kepada anak2nya.

4. Terjadi perbedaan2 kasih sayang dari orang tua kepada anak2nya setelah dewasa,umumnya disebabkan oleh perbedaan tingkat respond yang baik atau respect dari anak2nya kepada orang tuanya. Dengan kata lain,anak2 yang patuh dan hormat kepada orang tuanya lebih dekat hubungan mereka dengan anak2 yang melawan dan tidak respect kepada orang tuanya.
Namun demikian ALLAH memerintahkan kepada orang tua tetap bersabar dan memaafkan anak2 yang melawan kepada nya. itulah kasih sayang orang tua yang tidak habis2nya kepada anak2nya.

ETIKA ANAK ANAK KEPADA IBU DAN AYAHNYA.
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(QS.17:24)

And lower unto your father and mother the wing of submission and humility through mercy, and say: “My Lord! Bestow on them Your Mercy and as they did bring me up when I was young .

Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS.17:23)

Listen to your father who begot you, and do not despise your mother when she is old.
Let your father and mother be glad, let he who bore you rejoice.
Who ever curse his father and mother, his lamp will put out in deep darkness.

Dengarlah nasehat orangtua mu yg membesarkan kamu dan jangan menghina / melecehkan/ kurang hormat kepada orang tua kamu ketika dia sudah tua,
Buatlah ayah dan ibu kamu gembira atau bahagia, yang telah melahirkan kamu ke dunia ini.

Siapa saja yang melawan orang tuanya dgn kasar, maka cahaya hidupnya akan diambil dan hidupnya di dalam kegelapan atau tidak bahagia.
(Sebaliknya anak2 yang menghormati orang2 tuanya akan mendapat cahaya hidup yang baik-terang, hidup yang sejahtera dan bahagia di dunia dan di akirat akan mendapat syurga pula.)

Apa makna menghormati orangtua ibu-dan ayah seperti ayat diatas itu?
Setiap orangtua ibu dan ayah akan bahagia kalau anak2nya berbuat baik kepadanya dalam arti sebagai berikut;
1. Waktu bertemu di pagi hari,hendaklah menegur ibu dan ayah dengan ucapan yang lembut;selamat bagi atau assalamu’alaikum dll
2. Waktu ingin keluar rumah atau pergi bekerja,hendaklah minta restu atau izin kepada ibu-dan ayah.Ciumlah pipi atau tangannya.Begitupun setelah pulang kerja.
3. Waktu makan bersama, janganlah cepat2 makan, sebaiknya menunggu ibu dan ayah selesai makan.
4. Kalau ada reziki, belikanlah ibu dan ayah hadiah,apakah berbentuk makanan,bunga,atau pakaian dll.
5. Kalau pergi keluar kota untuk libur,atau business dll hendaklah memberitahu kalau sudah sampai,agar ibu dan ayah tidak merasa kewatir anak2nya selamat sampai di kota yang dituju.
6.  Begitupun anak2 beretika baik kepada mertua.Mertua sama derajatnya dengan ibu-ayah sendiri,karena sudah terikat pernikahan antara kedua anak2 mereka.Menghormati mertua sama dengan menghormati ibu-ayah sendiri.
7. Kalau berkata kata dengan orangtua ibu dan ayah hendaklah dengan santun dan lemah lembut.
8. Jangan sekali kali berpikir “underistimate” orangtua ibu dan ayat walupun pendidikan ibu dan ayah lebih rendah. Tanpa kasih sayang ibu dan ayah , tanpa kerja keras ibu dan ayah anak2 tidak akan mendapatkan hidup yang sukses yang diprolehnya sekarang ini.

9. Jangan sekali kali mengajar orangtua ibu dan ayah kalau tidak di mintak.
10. Kalau orangtua ibu dan ayah ingin bertanya sesuatu,janganlah menjawab; kan sudah saya katakan tadi.! Ini bisa melukai hati orang tua yang sudah pelupa.
11.Berusahalah mintak nasehat kepada ibu dan ayah yang mempunyai pengalaman segudang, walaupun anak2 mempunyai pendidikan tinggi.
12. Janganlah lupa mendoakan orangtua ibu dan ayah setiap shalat, karena ALLAH sangat mencintai anak2 yang mendoakan ibu dan ayahnya.
Anak2 yang mendoakan orangtua ibu dan ayahnya itulah yang disebut anak2 yang saleh dalam Al Quran dan ALLAH memudahkan rezekinya.

"Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".QS.17:24

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

Demikian wahyu2 atau peringatan2 ALLAH kepada kita semua . Semoga bermanfaat.



Abdullatif invites you to the truth of Islam. 
 

APA TUJUAN  DAN TUGAS  HIDUP KITA DI BUMI INI?



“ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku" atau untuk melayani perintah2 ALLAH ;QS 51:56.
وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِيَعۡبُدُونِ
I have only created jinns and men, that they may serve Me.

Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja [tanpa pertanggung-jawaban]? QS 75:(36)

 Assalamu’alaikaum wrwb.

Segala puji kita panjatkan kepada ALLAH swt yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat2 hidup di Buminya yang indah ini.

Rasulullah saw adalah nabi besar yang membawa risalah2 dari ALLAH untuk manusia.Jasa2 Nabi sangat luar biasa untuk kemanusian. Kalau bukanlah Al quran sebagai kitab pedoman hidup manusia sudah tentu manusia tidak akan menemukan jalan yang diredhoiNya.

TiadaTuhan melainkan Allah Maha Pencipta Agung lagi Maha Berkuasa. Allah yang menghidupkan dan mematikan manusia. Hidup di dunia hanya untuk sementara saja. Allah pula yang menentukan tujuan hidup dan tugas-tugas hidup kita didunia.  Allah Maha Pengampun dan Maha Mengadili setiap perbuatan manusia. Allah akan memintak pertanggung jawaban kepada kita apa yang telah kita kerjakan selama hidup di dunia. Allah  is the Lord of  the world, Raja di Raja di dunia.

Pencerahan Ajaran Islam yang Murni dari pandangan Islam Progressive(Liberal) Ajaran Islam yang murni artinya menjauhi Hadits2 Budaya Arab yang menyesatkan. Ajaran2 Islam yang murni sudah terkontaminasi dgn budaya2 Arab. Hadits2 yang sahih sebagai syariat Islam adalah hadist2 yg menjelaskan wahyu2 ALLAH saja.

Tujuan hidup manusia di bumi ini adalah "bekerja untuk ALLAH" membangun pradapan manusia  yang rahmatan lil alamin yaitu hidup yang damai--sejahtera--harmoni --- dan bahagia.

Siapa2 yang bekerja dengan baik dan sempurna sesuai dengan kitab manusiaNya yaitu Al Quran,maka ALLAH akan menjanjikan mendapat hadiah atau reward dari ALLAH yaitu Syurga di dunia dan di akirat.

Orang2 yang sukses itu disebut dalam Al Quran adalah muslim yang Bertaqwa.ALLAH berfirman;

Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa:
"Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?" Mereka menjawab: "[Allah telah menurunkan] kebaikan".
Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat [pembalasan] yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa, (30) [yaitu] surga ’Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki.
Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa. (31) [yaitu] orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik (taqwa)[2] oleh para malaikat dengan mengatakan [kepada mereka]: "Salaamun`alaikum [3] masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan"QS 16: (32).

The trouble with Islam Today adalah banyak umat islam yang salah memahami apa tujuan dan tugas hidupnya di bumi ini yang ciptakan oleh ALLAH swt.
Kalau umat islam salah memahami atau mengartikan ayat2 ALLAH tentang apa tujuan dan tugas hidupnya ,maka hasilnya sudah tentu akan salah pula.
Inilah yang sedang terjadi di dalam masarakat islam kita sekarang ini setelah di tinggalkan oleh Rasul 1400 tahun yang lalu.Dimana umat Islam dimana mana sangat terbelakang dlm segala aktivitas kehidupan manusia.

Selama ini saya amati pada umumnya umat islam berpaham bahwa tujuan hidup antara lain;
Ada yang menyembah ALLAH swt yaitu dengan melakukan shalat /penyembahan 5 kali sehari bahkan lebih.
Makin banyak melakukan shalat terasa makin benar islamnya.
Maka mereka banyak melakukan shalat2 sunat dan shalawat Tarawih sampai kakinya bekak, dan keningnya yg menghitam.

Ada pula sebahagian umat islam mencari ALLAH dengan banyak berzikir di kamar2 yang gelap berjam jam.

Ada pula sebahagian mencari kebahagian dengan hidup sederhana saja.Kalau banyak aktivitas duniawi seperti berniaga, berpolitik dan lain2 maka akan menimbulkan stress dan penyakit dll.

Ada pula yang tujuan hidupnya adalah semata mata mencari "materi' Mencari kekayaan tanpa mengenal haram dan halal,semua cara di lakukan demi mendapatkan uang.

Sesunguhnya ALLAH sudah memberikan tujuan dan tugas hidup manusia di bumi ini lewat2 kitab2Nya.Tapi segolongan besar ulama2  salah memahami / menafsirkan ayat2 ALLAH tersebut.


Inilah ayat ALLAH yang di ajarkan oleh ulama2 dan usztad2 seperti dibawah ini;

QS.56"51.“ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku" ;
artinya bukan melakukan shalat banyak2, tapi mengikuti semua perintah2 ALLAH dengan baik,sebagai hamba2/ sebagai pekerja2 ALLAH di bumi ini...tidak sebahagian2.Dan bekerja keras sampai kembali ketanah.

Umat islam yang melakukan shalat 5 kali sehari, dan shalat sunat kemudian melakukan puasa dan naik hajji, mereka sudah merasa tujuan hidupnya sudah tercapai, walaupun ekonomi keluarganya masih lemah atau miskin.

Mereka berpendapat bahwa kesejahteraan keluarga itu adalah bukan tujuan hidup seorang muslim. Maka mereka malas bekerja keras dan belajar sungguh2 untuk dapat memakmurkan bumi ini dgn cara mengusai ilmu2 ekonomi dan technologi.

Akibatnya adalah umat Islam terbelakang dalam ekonomi dan technologi, persenajtaan dan pendidikan.Benar bukan?

Sesunggunya ayat diatas itu belum cukup dan masih ada lagi ayat2 ALLAH selajutnya, apa sesungguhnya" tujuan dan tugas" hidup manusia ini di ciptakan oleh ALLAH swt di bumi ini.

ALLAH menciptakan manusia atau"nature human being" seperti manusia2 di yang tinggal di hutan2 yang tidak berbaju, dan rumah2nya dari daun2nan.Itulah manusia ASLI yang belum mempunyai ilmu. Mereka dapat hidup mengikuti fitrah nya saja, tanpa ilmu, sama dengan makhluk2 ALLAH lainnya, benar bukan?

Orang2 yang sudah mempunyai ilmu hidupnya akan berbeda beda, tergantung macam2 ilmu yang di milikinya.

ALLAH mengatakan orang2 yang berimu akan mendapat hidup yang lebih tinggi derajatnya dari pada orang2 yang tidak berilmu.

Orang2 yang berilmu agama saja, tanpa ilmu ekonomi atau technologi pembangunan,maka tingkat hidupnya lebih rendah atau terbelakang dari yang berilmu Ekonomi dan Technologi.

You fool, Do you want to be shown that faith without works is dead or useless.James 2:20,

“ Artinya kamu adalah orang bodoh!! Apakah kamu beragama tapi malas bekerja sesungguhnya kamu adalah orang yang mati atau tidak berguna.”

Jadi Tugas hidup manusia adalah bekerja keras untuk ALLAH membangun pradapan manusia yang Islami yang damai dan sejahtera hidupnya.Tujuannya akir adalah tempat mulia yaitu syurga.

Untuk itu ALLAH memerintahkan kepada manusia;

Tugas Manusia;

1. (QS.11:61). “Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnya. (menghuni dan mengolah hasil bumi untuk kemakmuran umat manusia,atau membangun pradapan yang islami).

Untuk memakmurkan bumi ALLAH, maka wajib setiap muslim belajar ilmu agama dan ilmu2 ekonomi/technologi lain2nya agar bisa mengolah bahan2 baku yang telah disediakan oleh ALLAH di muka dan didalam bumi.

2(QS.58:11)“Allah akan meninggikan orang orang yang beriman di antara mu dan orang orang yang menuntut ilmu pengetahuan (belajar) beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan(siapa yang menguasai ilmu IPTEK,merekalah yang lebih maju dan kuat.)

Orang2 yang sudah banyak ilmunya dan banyak karya2nya diangkat menjadi pemimpin atau Khlafah Fild ardh;

3.QS.2:30"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi ini"(Menjadi pemimpin2,Khalifah2 Fil Ardh yang membangun umat baik akhlaqnya maupun ekonominya. )


Tugas Khlaifah Fild Ardh ini yang telah mempunyai ilmu2 ekonomi/technologi wajib untuk mengolah bahan2 baku yang ada di dalam bumi ini,untuk kesejahteraan umat dan untuk pertahanan agama Islam dan bangsa dari serangan2 musuh.


(QS..57:25).”Dan Kami ciptakan besi (dan perak, emas, almunium tembaga, minyak, dll) yang padanya terdapat ( 1) kekuatan yang hebat(untuk membuat senjata2 mempertahankan agama) dan berbagai ( 2) manfaat bagi manusia (untuk di-olah,membuka industri2), dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong agama Nya (Islam) dan Rasul2 padahal Allah tidak dilihatnya. (artinya membuka Industri2 pengolahan bahan2 baku).


Kesimpulan tujuan hidup manusia, bukanlah hanya melakukan shalat, puasa,naik hajji saja, tapi adalah lebih dari pada itu,yaitu bekerja untuk ALLAH membangun pradapan islam yang maju dan kuat pertahanan agama dan bangsanya.


Siapa siapa yang mengikuti buku pedoman ALLAH yaitu al quran,maka ALLAH menjanjikan hadiah hidup syurga di dunia dan syurga pula di akirat, selamat dari azap api neraka.

Oleh karena itu mari kita jadikan AL Quran sebagai teman kitab pedoman hidup kita sehari hari.

Semoga ayat2 ALLAH diatas itu dapat memperbaiki aqidah kita yang salah,amien

Wassalamu'alaikum wrwb
Creative Al Quran Study.
Al Quran gives the true solutio
Book Seri I
By Abdullatif.
America's Muslim is as role of Model for International Muslim Communities.

No comments:

Post a Comment