Saturday, November 27, 2010

PEMURAH ADALAH KUNCI KESUKSESAN JAPAN DAN USA.


بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
In the name of God, the most merciful and the most gracious.

 Modern Quranic Interpretation.
Islamic Society for Liberty And Modernity.
Islam Shall Love All Mankind

Abdullatif invites you to the  truth of Islam.


INTRODUCTION;
The Beauty of God’s Creation & Teaching.
The True Islam is  The religion of affection, compassion,love, peace, liberty, equality, beauty and prosperity.

In accordance with Islamic teaching, government and institution are prohibited from discriminating on basis of race,religion, sex or gender, age and national origin.QS 5:8, QS.60:8.
We reject Islamic violent extremism, and promote peace, love, tolerance, compassion, accept different thought, ideas and interpretation of Islamic teaching.
Muslims should also make great progress and produce superb works of technology, science, culture, art, and aesthetics, as well as live Islam in the best way, and thus represent it to the world. 

Liberty with freedom of religion, speech, expression, and justice for all regardless his religion,race,gender and original nationality.
through the separation of mosque and state.

How wonderful it is, how pleasant, 
for God's people to live together in harmony. 
Psalm 133;1

Promoting the culture of Liberty and tolerance Worldwide.


PEMURAH ADALAH KUNCI KESUKSESAN JAPAN DAN USA.




PENDAHULUAN.
Prof Dr HM Quraish Shihab, pakar tafsir terkenal di Indonesia, mantan menteri agama RI, pelopor pembaharuan tafsiran al Quran, tafsiran modren, berkata;
Alquran tidak kering. Betapa pun orang membahasnya, setiap saat dia memberikan hal yang baru.

Begitu juga ketika ia mempelajari Alquran. Dia bisa menemukan makna baru, rahasia baru yang belum ditemukan oleh orang sebelumnya karena dia bersumber dari Tuhan.

CONTOH: Salah satu tafsiran Prof.DR Quraish Shihab yang menobrak ahli2 Tafsiran2 ulama2 Wahabi-salafy Arab primitif (Ibnu Kathir,At-Tobary,Imam As-Suyuty ,Al-Baghowy )  yaitu dimana Prof DR.Quraish.Shihab berpendapat bahwa;

Wanita jangan merasa berdosa kalau tidak berjilbab.Dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.”

Masih menurut Quraish, “Perbedaan para pakar hukum itu adalah perbedaan antara pendapat-pendapat manusia yang mereka kemukakan dalam konteks situasi zaman serta kondisi masa dan masyarakat mereka (primitif), serta pertimbangan- pertimbangan nalar mereka, dan bukannya hukum Allah yang jelas, pasti dan tegas.

Karena perintah berjilbab itu adalah anjuran, bukan wajib seperti wajib melakukan shalat,zakat,puasa, sesuai dengan keadaan alam padang pasir yang panas dan berbahaya . Karena pasir yang panas yang diembus angin kencang dapat merusakan kulit dan rambut wanita.

Inilah penemuan2 tafsiran baru yang lain  tentang Islam yang belum diketemukan oleh ulama2 Fundamentalis Arab yang berpaham primitif.

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Allah Maha Kaya raya dan Maha Pemberi rezeki. Kedermawanan Allah tidak terbatas, semua yang ada dialam ini diberikan kepada manusia yang beragama Islam, non islam dan anti Tuhan sekalipun. Siapa yang mengikuti peraturan2 Allah akan diberikan rezeki yang berkah dan banyak. Siapa siapa yang  mengikuti peraturan2 Allah  setengan setengah atau tidak sama sekali mereka akan merugi.

Al Qur'an adalah kumpulan peraturan2 Allah, yang mesti dikuti oleh manusia yang bekerja untuk Allah selama hidup didunia agar bisa hidup sejahtera,bahagia, damai, hidup harmonis dan tolerensi dengan bermacam macam bangsa dan agama, selamat didunia dan selamat dari azab Allah dia khirat.

Joshuo; 1:8-9 "Be sure that the book of law is always read in your worship.Study it day and night,and make sure that you obey everything written in it. Then you will be prosperous and successful.

Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. ( successful) Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (Prosperous ) QS.65:2-3.

Nabi Muhammad saw yang menerima wahyu2 Allah dan sekali gus sebagai contoh atau teladan bagi manusia bagaimana cara hidup yang diinginkan oleh Allah di dunia ini

Salah satu peraturan Allah yang disampaikan oleh Rasulullah saw yaitu manusia dianjurkan untuk memberikan; Tips, Bonus, bantuan, pertolongan, sedekah, kepada orang orang yang memerlukannya dengan ikhlas. Dan Allah akan mengganti berlipat ganda.

Rasulullah saw memberitahukan;
Perumpamaan orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah itu seperti benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir terdapat seratus biji. Melipatgandakan bagi siapa saja ( Islam dan non Islam) yang Dia kehendaki dan Allah Maha mengetahui QS.2:261)

Sesungguhnya laki laki dan wanita yang bersedekah dan meminjamkannya kepada Allah dengan pinjaman yang baik niscaya akan dilipatgandakannya pembayarannya QS 57:18.

Jelas sekali dari pemberitahuan Rasulullah aw diatas bahwa Allah menjanjikan akan memberikan atau melipatgandakan hadiah atau rezeki kepadanya. Janji Allah ini tepat dan benar.

Kemudian Rasulullah saw menjelaskan lagi (Hadits); Tangan diatas lebih mulia dari tangan dibawah.

Memberi adalah jalan menuju hati yang bahagia. Setiap ada kesempatan memberi bukankah feel great, don’t we? Memberi bukanlah saja uang, bisa waktu, pendapat, ilmu, dan tenaga, kerja social dll.

Berboros boros adalah perbuatan Syaitan;

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan [hartamu] secara boros. (26) Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. QS 17:(27)

Sebuah pengalaman hidup saya semoga ada pelajaran dalamnya;
Memberi adalah kunci kesuksesan!

Waktu masih kecil saya sering disuruh ibu pergi berbelanja kepasar. Dipasar banyak orang orang yang berjualan bukan. ?

Tapi saya sering berbelanja kepada toko Ibu- Bapak Ali.
Kenapa ..? ia selalu memberikan saya tambahan2 apa yang saya beli. Kalau saya beli garam, setelah ditimbang 1 Kg. ia tambahkan satu sendok lagi.
Begitu seterusnya.  Saya coba berbelanja ke toko orang lain, tidak ada tambahan2.

Jadi saya malas berbelanja kepada toko lain, saya senang berbelanja ke toko Ibu-bapak Ali. Orang lain  juga senang berbelanja di tokonya, ramai sekali dibandingkan dengan toko2 lainnya. Selain tambahan2 yang diberikan ,mereka juga ramah tamah.

Ibu saya selalu mengingatkan saya kalau setelah shalat wajib, kamu kerjakanlah shalat sunat, karena Allah senang sekali.
Apa maksud ibu saya tidak tahu, kenapa Allah senang...?   Dengan hati yang berat saya kadang2 lakukan juga shalat sunat.

Alhamdulillah setelah saya mempelajari sendiri Al Qur'an dan Hadits Nabi. saya mendapat petunjuk2 yang benar dan meyakinkan. Seperti ayat ayat yang saya tulis dibawah ini.

Begitu banyak karunia Allah yang diberikan oleh Allah kepada kita tak bisa ditulis walaupun satu ton kertas untuk menulisnya.  Mulai dari denyut jantung, sampai oksigen, kesehatan,mata, telinga dan jutaan macam lainnya.

Nabi Muhammad saw sujud kepada Allah  bahkan malam hari pun beliau melaksanakan shalat "sunat tayahajjud"

Allah memerintahkan dalam surat Al Isra ayat 79.
 "Dan pada sebagian malam hari, bersembahyanglah kamu  (tahajjud) sebagai suatu "tambahan" bagi mu, mudah2an Tuhan mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”
Inilah janji Allah swt kepada manusia, janji Allah tak pernah mungkir.

Waktu saya tinggal di Jepang,ternyata dalam kehidupan sehari hari, bangsa Jepang telah melaksanakan perintah Tuhan diatas yang suka memberikan BONUS sebagai tambahan gaji pokok. Hikmah dari Bonus ini  produktifitas dan quality barang barang nya  meningkat tajam, sehingga  petusahan2 makin maju saja, akhirnya ekonomi Jepang sukses dan  bisa keluar dari kemiskinan. Inilah suatu bukti lagi, walaupun bukan beragama Islam bukan.

Sekarang Jepang setiap enam bulan memberikan bonus kepada pekerja2nya baik pegawai negeri maupun swasta. Pemberian bonus sudah menjadi budaya dalam masarakat busines.
Semua kariawan berbahagia ketika menerima bonus atas jerih payah mereka bekerja.

Begitu pula Toko2 China di Indonesia, kalau kita sering belanja ditokonya, kita dikirimi hadiah Lebaran atau ulang tahun anak2, sebagai tanda bersyukurnya mereka kepada si pembeli. Toko nya ramai dikunjungi oleh si Pembeli daripada toko lainnya.

MARILAH KITA BELAJAR DARI MASARAKAT AMERIKA DAN JAPAN
Amerika terkenal dengan kedermawanannya, kepemurahannya, baik itu pemerintah, maupun masarakatnya. Saya merasa kagum sekali sebuah Negara bukan Islam, tetapi mereka sangat pemurah, suka memberi hadiah2, suka membantu orang orang yang memerlukan bantuan, bukan saja di dalam negeri tetapi juga suka membantu masarakat didunia yang memerlukan bantuan. Indonesia sering sekali mendapat bantuan, ada bantuan antar Negara, ada bantuan yang tak terikat yaitu bantuan ikhlas. Misalnya bantuan2 membangun sekolah sekolah, kebanjiran, kelapran disuatu kampong, musibah, dan bantuan2 beasiswa untuk sekolah di perguran2 Amerika. Terakir adalah bantuan bencana Tsunami. Tidak talak lagi dua bekas President Amerika. Bush dan Clinton datang mengunjungi dan membawa bantuan Dollar yang sangat significant. Sedangkan Aceh adalah negeri Muslim yang Radikal, Masya Allah. Masyarakat Amerika mengikuti perintah Allah sebagai berikut ini;

Romans 12:20
Never take your own revenge, beloved,, On the contrary: "If your enemy is hungry, feed him; if he is thirsty, give him something to drink. In doing this, you will heap burning coals on his head.

Artinya; Biasanya,kalau orang membenci kita, kita akan benci dia, sebaliknya Alah jangan balas kebencian dengan kebencian tapi dengan kebiakan, jika musuhmu lapar berikan mereka roti,kalau mereka haus berikan air untuk diminum.Mereka akan tersentuh hatinya dengan kebaikan kamu itu.

Suatu pengalaman yang lain tak terlupakan bagi saya dalam perjalanan hidup saya.

Pertama kali  saya bekerja di sebuah restaurant di Amerika, sebagai waiter saya mendapat tips satu malam, 4 jam bekerja,  60 dollar. Saya betul betul gembira dan bahagia serta bersyukur kepada Allah dengan shalat sujud dua rakaat. Dengan uang tips inilah saya dapat melanjutkan sekolah saya di Amerika untuk membayar; uang sekolah, membayar apartment, dan biaya hidup sehari hari. Betapa hebatnya hikmah dari Tips kepada diri saya sendiri dan kepada pekerja2 lainnya.

Apa ang terbayang dalam pikiran saya setelah sampai di apartment; Pantaslah Amerika  atau rakyat Amerika ini Kaya Raya karena mereka mempunyai budaya pemurah, penyayang dan pandai mensyukuri keringat orang lain, pertolongan dan jerih payah seseorang,  Tuhan sayang kepada Amerika. Mereka selalu menyebutkan;” God bless Amerika” 

Dengan kata lain mereka pandai mengembirakan orang lain, tangan nya diatas, yang akhirnya kegembiraan itu kembali kepada masarakat secara umum. Mereka bukan Islam, tapi mengikuti perintah2 Allah di surat Al Baqarah ayat 261 dan syariat2 Tuhan di Bible. “Love your neighbor as you love yourself” ,sebagaimana Hadist. Kamu belumlah beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetanggamu(islam non islam)

President Amerika dan masarakatnya memberikan kasih sayang dan bantuan kepada korban2 Tsunami. Kalau bukanlah hilikopter2 US yang cepat memberi pertolongan kepada korban2 tsunami, maka korban makin lebih banyak. Ribuan anak2, wanita2 dan tua muda yang diselamatkan oleh hilikopter2 Amerika.

Kedua yang berkesan juga dalam hidup saya yaitu hari pemberian hadiah dinamakan “Thankgivingday”, adalah suatu hari tradisi di Amerika. Pada hari ini hampir semua masyarakat Amerika berbelanja membeli hadiah2 untuk dihadiahkan kepada; teman, saudara, famili dan Boss di perusahaan. Saya melihat supermarket penuh orang berbelanja. Suatu latihan, ajaran yang positif, sesuai dengan salah satu sifat Allah Maha Pemberi.

Hikmah dari Thankgivingday ini adalah; pertama penjualan supermarket bertambah, kedua pengangkutan berambah sibuk, pesanan barang barang dari fabrik2 bertambah, omset penjualan fabrik bertambah, pajak meningkat, bonus dapat diberikan kepada para pegawai negeri atau swasta, ekonomi meningkat, kemakmuran rakyat membaik.

Betapa indah dan cerdasnya sistem thankgivingday atau sistem memberi hadiah. Semua orang ikut bergembira, baik para pekerja, maupun ibu2 dirumah. Amerika bukanlah sebuah Negara islam, rakyatnya 90% beragama Christen, tapi akhlaqnya, kedermawanannya, kasih sayangnya, dan suka membantu tanpa pilih kasih, suka bekerja keras, disiplin, bersih, lawinforsement baik sekali dan transportasi yang tertip dan teratur.

Kadang kadang pikiran saya melayang ke Saudi Arabia, kota Mekkah, kota Suci, kota yang diharapkan sebuah kota Islami;bersih, tertip, teratur, sopan santun, ramah tamah dan sifat2 mulia lainnya, ternyata waktu saya kesana kecewa sekali. 

Yang sangat kecewa sekali sewaktu ingin mencium batu Asward ang terletak disudut Batu Ka’bah berdesak desak, siku menyiku, Nauzubillah, untuk sampai ke sudut batu itu sudah berapa orang yang saya sakiti, saya tidak tahu, mungkin ada orang yang ngomel kepada saya karena dorongan tangan saya. 

Yaa Allah ampunilah dosa dosa ku ini yaa Allah, semoga kawan2 yang tersiku dari tanganku memafkan saya. Mungkin kawan2 juga punya pengalaman seperti saya.. Waktu shalat umat bisa tertip, tapi setelah shalat umat bertindak semau gue saja, egois,tanpa menghiraukan norang lain. Shalat belum lagi memberikan bekas yang baik. Kita mengharap pemerintah Saudi Arabia dapat belajar dari Amerika untuk dapat menertipkan jemaah melaksanakan ibadahnya dengan baik.

Ketiga adalah pemberian beasiswa kepada orang orang yang berprestasi dan orang orang betul betul memerlukan biaya sekolah. Pemberian beasiswa ini tidak melihat jenis laki atau wanita, agama, dan bangsa. Siapa yang berprestasi mereka berhak mendapat beasiswa. Beberapa teman saya dari Indonesia dan Malaysia, wanita, berpakaian jilbab mendapat beasiswa selama 2 tahun. Maha Pengasih lagi Maha Pemurah Allah.

Amerika adalah suatu Negara atau masyarakat yang istimewa dibandingkan dengan negara2 lainnya. Yaitu; sebuah Negara yang besar, terkenal dengan kepemurahannya, technology yang maju, merdeka bersuara, terdiri dari bermacam macam bangsa, agama, kekuatan ekonomi dan pertahanannya yang kuat, rakyatnya yang rajin, disiplin, kerja keras walaupun musin dingin dibawah 0 Celcius, setiap kota ada perpustakaan untuk mencerdaskan bangsanya, gaji para pekerja sangat mengiurkan bagi pemuda pemudi didunia, hidup yang harmonis, bebas melaksanakan agama dan mendirikan Mesdjid, Amerika sebuah Negara impian bagi pemuda dan pemudi untuk berkarya atau untuk sukses, bahkan ribuan2 pemuda pemudi Arab yang datang belajar ke universitas2 di Amerika ( zaman dulu orang eropah yang belajar ke negara2 Arab, sekarang bekas murid menjadi guru2 orang Arab). Kedengarannya aneh tapi nyata, banyak pemuda2 islam belajar tentang islam di perguruan2 tinggi d Amerika yang mana Professor2nya orang Amerika bukan beragama islam.
Kalau kita Tanya kepada professor itu ;”Kenapa anda tidak masuk saja ke agama islam?” Ia menjawab;” Saya belum mendapat Hidayah dari Allah, walaupun saya sudah memahami agama Islam bahwa agama Islam itu benar dan baik.

Rasulullah saw memberitahu kepada umatnya,terutama kepada bangsa Arab, yang mana tanahnya padang pasir, iklimnya yang panas dan keras, menyuruh umatnya untuk banyak belajar kepada bangsa bangsa lainnya walaupun mereka tidak beragama Islam agar umat islam Arab bisa maju dan berjaya;

Aku jadikan manusia dari seorang wanita dan seorang laki laki, kemudian kami jadikan berbangsa bangsa, bersuku suku ( bermacam agama, budaya, bahasa dll) agar kamu satu sama lain dapat saling belajar dan mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa diantaramu. Allah Maha mengetahui dan Maha Mengenal. (QS 49:13)

( O mankind! We created you from a single soul, male and female, and made you into nations and tribes, so that you may come to know one another. Truly, the most honoured of you in God’s sight  is the greatest of you in piety. God is All Knowing, All-Aware.)

Kemudian dipertegas lagi oleh Rasulullah saw; Tuntutlah ilmu sampai ke China sekalipun”  HR Bahaiqi. 

Harapan saya kepada pemuda dan pemudi islam marilah kita ikuti perintah Allah dan Rasululla saw seperti diatas, perintah siapa lagi kita ikuti kalau bukan perintah Rasulullah saw? Bukankah beliau sebagai teladan umat Islam? Umat islam musti banyak belajar dari umat non islam, janganlah mereka dimusuhi dan dijauhi, yang rugi bukankah kita sendiri? Karena melanggar perintah Allah dan Rasulullah saw.

Dari tanah Arab yang dapat kita memproleh dan pelajari adalah buku petunjuk dari Allah swt yaitu Al quran, keteladan Rasulullah saw yang tertulis dalam Al quran , dan kemudian kita pergi menunaikan haji ke kota Mekkah agar dapat hikmah haji. Inilah kelebihan2 dari Negara Arab.

Kalau untuk memakmurkan bumi, atau mensejahterakan masarakat atau mempelajari ilmu ilmu; disiplin, kebersihan, ramah tamah, sopan santun, science, technology, ekonomi,kesehatan dll kita belajar dari negara2 lainnya yaitu; Amerika, Negara eropah, Jepang china dll.Negara2 Arab bukanlah tempat belajar ilmu2 ini, karena mereka juga belajar dari negara2 Barat. Ribuan pemuda2 Arab yang belajar di Universitas2 di Amerika.

Ada orang bertanya kepada saya, masakah Bapak mengajak pemuda dan pemudi Islam belajar di Amerika beragam Christen yang mana disana banyak terdapat perbuatan amoral, Gay, Lesbian, pembunuhan, free Sex, perceraian dll.

Saya menjawab; “ Bukankah disetiap negara dan bangsa, walaupun penduduknya beragama Islam pasti ada yang buruk2 itu dalam masyarakat; lihatlah di Mesir, Arab, Pakistan dan Negara kita sendiri Indonesia. Yang buruk2 tidak usah diikuti dan dipelajari, ditinggalkan saja. Yang baik2 dan bermanfaat yang perlu  kita pelajari dengan seksama kemudian kita bawa pulang. Allah maha Tahu dan oleh karena itulah Rasulullah saw menyuruh umatnya belajar kepada bangsa2 yang maju, dan sekaligus sampaikanlah kepada mereka agama Islam yang benar itu. Bukanlah pendapat saya pribadi, tetapi anjuran Rasululah saw yang tertulis dalam Al Quran seperti ayat diatas.

Kemudian saya ingat Ibu saya mengatakan; Allah suka sekali kepada orang pemurah, Allah akan ganti berlipan ganda demikian Allah mengatakannya dan disampaikan kepada Rasulullah saw. Seperti ayat2 diatas tadi.

Memberikan lebih ini sudah menjadi budaya di Amerika, bukan saja kepada pramugari2 di Restauran, juga kepada orang orang yang telah melayani kita dengan baik, kita seharusnya pula membalas dengan kebaikanpula. Tidak cukup hanya membayar gaji saja, tapi haruslah ada bonus yang dapat membuat orang gembira.

Alangkah indahnya hidup yang diberikan oleh Allah untuk mengembirakan orang lain? Yang akhirnya kita pun gembira. 

Sekiranya 1000 perusahaan2 Pemerintah dan swasta di Indonesia memberikan Bonus kepada kariawan2nya, saya merasa yakin sekali, Mr. Matsushita, dari Japan, mengatakan sekiranya perusahan2 Indonesia dan Pemerintah melaksanakan sistem Bonus seperti Japan, maka ekonomi Indonesia akan cepat berkembang, kenapa? Pertama; Rasa sence of belonging dari kariawan, meningkatkan quality control, meningkatkan produktifitas, meningkatkan pajak, akhirnya kariawan menjadi makmur, perusahaan akan berkembang cepat.

Bagaimana hidup orang yang tidak suka memberi? Sudah tentu pula ia tidak menerima kegembiraan dari orang lain. Hidup tidak akan bahagia, Allah tidak suka kepada orang yang pelit, manusia pun tidak suka. Masarakat menjadi budaya egois, timbul perbedaan yang besar antara the Have and not Have, akhirnya kesenjangan social yang berbahaya..

Kalau kita ingin mendapat kegembiraan, seharusnyalah kita memulai mengembirakan orang lain. Kalau perusahaan memberikan Bonus kepada kariawan2nya, maka ribuan dan bahkan juatan kariawan yang bergembira bersama Boss2nya, bukan saja kariawan yang gembira, tapi keluarga juga ikut gembira, masarakat bergembira

Perlu kita renungkan, sistem MEMBERI- LEBIH , BONUS, TIPS atau PLUS akan membawa kesuksesan yang besar dan disenangi oleh Allah dan masyarakat

 Allah mengajarkan dalam surat Ibrahim, ayat 7, kalau kita
 pandai bersyukur maka Allah akan tambahkan nikmat2 itu kepada mu.

Dengan demikian cita cita untuk sukses mudah diraih, karena Allah menunjukan jalan kesuksesan, yaitu BERIKANLAH –LEBIH DAN GEMBIRAKANLAH ORANG LAIN..
Allah Maha Tahu atas segala galanya.

 Firman2 Allah swt. 

 1. Berlomba lombalah berbuat kebajikan atau(berikanlah lebih) (QS.5:48)

 2. Allah menjadikan manusia berkeinginan. (QS.3:14)

 3. Segala keputusan akhir dikembalikan kepada Allah(QS.57:3)

 4. Allah mengangkat manusia sebagai wakil2 Allah didunia (QS.2:30)

5.Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah akan melipatgandakan pembalasannya kepada mu dan akan mengampuni kamu dan Allah Maha pembalas Jasa dan Maha Penyantun.QS 64:17.

6. Mereka yang beriman kepada yang Ghaib, mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezeki yang kami berikan kepada mereka , mereka itulah orang orang yang tetap mendapat petunjuk dari tuhannya dan mereka itulah orang orang yang beruntung QS2:3-5
7. Jika kamu bersyukur kepada Allah, maka Aku akan tambahkan nikmat nikmat kepada mu, dan jika kamu tidak pandai bersyukur, tunggulah azab ku yang pedih (QS.14:7)

7.Dia mengatakan: "Aku telah menghabiskan harta yang banyak". (6) Apakah dia menyangka bahwa tiada seorangpun yang melihatnya? (7) Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, (8) lidah dan dua buah bibir. (9) Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan [2]. (10) Maka tidakkah sebaiknya [dengan hartanya itu] ia menempuh jalan yang mendaki lagi sukar?. (11) Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (12) [yaitu] melepaskan budak dari perbudakan, (13) atau memberi makan pada hari kelaparan, (14) [kepada] anak yatim yang ada hubungan kerabat, (15) atau orang miskin yang sangat fakir. (16) Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang. (17) Mereka [orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu] adalah golongan kanan. Al Balad ;11-(18)

8. Orang orang yang pandai bersyukur kepada Allah, berarti ia pandai pula bersyukur kepada manusia dan begitu sebaliknya (HR.Baihaqi).
  
Demikianlah ayat2 Allah yang disampaikan oleh Rasululla saw dan tertulis dalam Al quran dan dijamin kebenarannya sampai akhir zaman.

Terimakasih,semoga ada manfaatnya,  sekiranya ada kesalahan2 mohon dimaafkan, ditegur, dan kalau ada yang benar itu datang dari Allah swt.

Wabilahit taufik walhidayah
Wassalamu'alaikum wr wb

No comments:

Post a Comment