Pages

Saturday, November 6, 2010

MENEGAKAN AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR



.بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
In the name of God, the Most Gracious, and the Most Merciful.
Assalamu’alikum wr wb
For You from My Heart.
All those who read shall pass on my words to others and those to others again; O Allah, be my witness, that I have conveyed your message to your people.
Untuk Kamu dari Hati Saya.
Siapa2 yang membaca artikel ini haruslah menyampaikan kepada teman2, dan teman2 lainnya. Yaa Allah, Engkaulah saksiku bahwa saya telah menyampaikan ayat2 Mu kepada Hamba2Mu.

Nasehat untuk Pemuda dan Pemudi Harapan Bangsa dan Agama Islam.
“Kamu boleh yakin bahwa Syariat Islam (wisdom) ini bagus untuk jiwa kamu. Amalkan Syariat Islam (Wisdom) ini secara profesional, dan kamu akan mempunyai hari depan yang cerah. Wisdom memberikan kepada kamu hidup yang panjang, sejahtera dan terhormat. Wisdom dapat membuat hidup kamu yang menyenangkan dan selamat”.

Yaa Allah lindungi aku dari tipu daya setan terkutuk.
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusan ku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.  QS 20:25-28.

Tugas Saya! Tetaplah memberi peringatan,(dgn ayat2 Allah swt)  karena sesungguhnya peringatan itu bermanf'at bagi orang orang yang beriman. Q. 51:55. Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat ayat Tuhanya, kemudian ia berpaling daripadanya? sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan orang orang yang berdosa.Q. 32;22.

Kalau anda yang sudah membaca peringatan2 Allah dibawah ini, namun anda tidak mentaatinya, artinya anda melanggar peraturan Allah dan Rasul. Resikonya besar, di sebut anda seorang yang "Zolim, Neraka tempatnya !

Ingat ! Umat Islam yang banyak belum tentu benar, kerena mereka pengikut2 fanatik!!
Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (munafik).QS 6:116.
Dan sesungguhnya kebanyakan (dari ulama) benar-benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas. QS.6:119.
Ingat ! Pemimpin / Ulama Radikal intoleransi membawa kehancuran.
Peringatan Allah swt:
(1).Orang2 yang bijak berilmu membawa masarakat ke sejahteraan dan kedamaian, tetapi ulama Radikal,membawa kehancuran dan malapetaka kepada pengikut2nya 

dan kepada umat. (2). Pemimpin / Ulama radikal ( baik Muslim, Christen, Jews, Hindu, ) menipu teman2nya, dan mengering pengikut2nya kedalam hidup yang sensara dan terhina, mencari jalan untuk melukai orang lain, bahkan kata katanya menyakiti / fitnah.
"(3). Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim /penindas yang menyebabkan kamu disentuh api neraka. QS.11;113.
Dan sesungguhnya kebanyakan (dari ulama radikal intoleran ) benar-benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas. QS.6:119.

Terbukti sejumlah orang orang yg berteman dgn, Isis, Taliban, Jihadis dll. hidup terhina, terbunuh, masuk Jail dll.

Wisdom Khalifah Abu Bakar.
"Kalau dakwah saya sesuai dgn Al Quran ikutilah aku, kalau saya salah tegurlah aku, kalau bertentangan dgn Al Quran tinggalkan aku".

Wisdom Nabi2. Kunci Sukses hidup di dunia dan akirat.
Nabi Muhammad saw; “Tidak seorang pun dari kamu yang beriman kepada Allah sebelum  kamu mencintai tetangga kamu sebagaimana kamu mencintai diri sendiri. Kamu belum lagi mencintai Allah swt kalau kamu belum mencintai semua manusia, termasuk makhluk lain2nya.
Kalimat himah ini juga ada di umat Kristen dan Yahudi'
First Commandment
Nabi Musa, Daud,Jesus as; . Love your neighbor as you love yourself; Love your God with all your heart, mind and soul; If you keep hating, judging each other, and then watch out, you will be destroyed one another.
Hikmah /Wisdom inilah  yang harus kita berikan kepada anak2 cucu2 dan anak2  didik disekolah, dirumah sebagai generasi berikutnya.Siapa siapa yang mengamalkan wisdom Nabi2 ini hidupnya akan sukses, sejahtera dan bahagia.
Wisdom ini adalah perintah Allah pertama dlm Islam agar dapat hidup damai, sejahtera, harmoni dan bahagia dlm masyarakat Plural.
Was Salam - With My Love.

kh-quraish-shihab.jpg
Prof. Dr HM Quraish Shihab, pakar tafsir terkenal di Indonesia, mantan 
menteri agama RI, pelopor pembaharuan tafsiran al Quran, tafsiran modren, di Abad 21 ini berkata;
Alquran tidak kering. Betapa pun orang membahasnya, setiap saat dia memberikan hal yang baru.

Begitu juga ketika ia mempelajari Alquran. Dia bisa menemukan makna baru, rahasia baru yang belum ditemukan oleh orang sebelumnya karena dia bersumber dari Tuhan.
Saya terinspirasi dengan tafsirannya yang berbeda dengan kebanyakan ahli2 tafsir 
dari negara2 Timur Tengah.
Misalnya;

1.Wanita2 Muslim tidak perlu merasa berdosa kalau tidak berjilbab, karena kepala, muka,tangan dan kaki itu bukanlah aurat wanita.
2. Muslim jangan merasa berdosa kalau mengucapkan Natal  kepada teman2 Kristen.
3. Muslim jangan merasa berdosa memilih pemimpin Kristen yang baik,jujur,adil, 
cerdas dan tidak memusuhi Islam.

Dalam bukunya tersebut, Quraish menyimpulkan, bahwa: “ayat-ayat al-Quran yang 
berbicara tentang pakaian wanita mengandung aneka interpretasi.” Juga, dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.” Saya sependapat dengan tafsiran beliau, bahwa menutup kepala, tangan dan kaki itu adalah budaya wanita2 yang tinggal dipadang pasir agar pasir tidak merusak kulitnya dan rambutnya. Alasan kedua wanita Arab meakai Burqa, agar tidak diganggu dan diculik oleh orang orang yang tidak dikenal atau oleh musuh yang ingin menjadikan wanita sebagai budak, gundik dan dijualbelikan.  Ulama zaman kuno itu mempelintir ayat ayat Allah yang mengatakan bahwa rambut kepala, tangan dan kaki adalah aurat. Ulama ini beerpaham primitif. Hadis Palsu; Wanita2 yang tidak berjiab tidak akan mencium Syurga. Nauzubillah. Menujukan Ulama tidak berilmu luas / fanatik.

Dan sesungguhnya kebanyakan (dari ulama) benar-benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas. QS.6:119

Masih menurut Quraish, “Perbedaan para pakar hukum itu adalah perbedaan antara pendapat-pendapat manusia yang mereka kemukakan dalam konteks situasi zaman serta kondisi masa dan masyarakat mereka, serta pertimbangan- pertimbangan nalar mereka, dan bukannya hukum Allah yang jelas, pasti dan tegas.“Bukankah Al-Quran tidak menyebut batas aurat?
Kesimpulan ini perlu dipertegas, agar tidak ada salah persepsi diantara pembaca, bahwa ‘batas aurat wanita’ memang begitu fleksibel, tergantung situasi dan kondisi.
Saya berpendapat bahwa Jilbab Burqa itu adalah pakaian wanita Muslim yang tinggal di padang pasir, dan daerah sering terjadi penculikan wanita di zaman primitif.  Wanita Muslim Indonesia tidak perlu memakai Jilbab karena tidak ada pasir panas yang akan merusak rambut kepala dan kulit, dan juga tidak ada laki2 yang akan menculik dan menganggu, ada polisi disini yang akan menjaga. Kecuali kalau anda tinggal di padang pasir. Masuk akal waras bukan? Mari saya ajak anda memahami Syriah Islam lain2nya. Semoga terinspirasi.

+++++

BAGAIMANA NABI MENEGAKAN AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR.?

Assalamu'alaikum wr wb.
Ulama berbeda cara menegakan amar makruf Nahi Mungkar.

Islam Fundamentalis radikal intoleran ISIS, Taliban dll dalam negara syariat Islam cara menegakan amar makruf nahi mungkar dengan cara memaksa, menjadikan hukum2 Islam menjadi hukum positif atau hukum negara. Siapa siapa yang tidak mentaati hukum negara akan ditindak dan dihukum. Misalnya siapa yang tidak shalat akan dipenjarakan. 

Rujukan Ulama fundamenalis radikal intolearn ini bukan kepada AL Quran saja tapi juga kepada Hadsit2 Palsu yg bertentangan dgn al Quran sebagai berikut ini;

1. "Siapa saja di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah is mengubah dengan TANGAN MU:jika tidak mempu, hendaklah dengan lisannya; jika tidak mampu hendaklah dengan hatinya.Akan tetapi,yang demikian adalah selemah lemahnya iman.HR.Muslim"

( mengubah dengan tangan diartikannya dengan membuat undang2, melarang, mengusir lawannya dan bahkan membakar rumah2 dan kantor2 lawan2nya inilah yang terjadi sekarang ini di negara2 berpenduduk islam.)

Trial opens over Ahmadiyah Muslim sect killings





2.HONOR KILLING.
Pada akhir zaman akan muncul sekelolmpok orang yang berusia muda dan jelekbudi pekertinya. Mereka berkata kata dengan mengunakan firman ALLAH, padahal mereka telah keluar dari islam seperti melesetnya anak panah dari busurnya. Dimanapun kalian menjumpai mereka,maka bunuhlah mereka. Karena sesungguhnya orang yang membunuh mereka akan mendapatkan pahala di hari kiamat\"HR Bukhari.



Sebaliknya Ulama Islam Progressive dalam menegakan amar makruf nahi mungkar merujuk kepada Al Quran sebagai berikut ini:

1.Maka berilah Peringatan (kepada peminum alkohol,wanita2 penari perut, orang2 berjudi, orang2 yang menyembah berhala2, atau orang2 musryik,kafir dll) karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan, Kamu bukanlah orang yang berkuasa (memaksa) atas mereka. Tetapi orang yang berpaling, khafir (ingkar),maka ALLAH akan mengazabnya dengan azab yang besar, QS 88:21-22

2..Tugas kamu ( Muhammad) hanya menyampaikan saja. kami lah(ALLAH) yang menghisab/menghukum perbuatan2 mereka dan...QS.13:40.

3.Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka(orang2 kasar). Sekiranya kamu Karena itu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.QS.3:159.

4."Serulah(manusia) kepada jalan Robbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.QS16:125

Jelas sekali bukan, bagi kita yang sudah tahu bahwa hadits itu bertentangan dengan Al Quran,maka kita wajib menyampaikan kepada umat islam agar tidak terjadi lagi tindakan kekerasan atau penzoliman kepada sesama muslim yang berbeda keyakinan dan sesama anak2 bangsa yang kita cintai.

Kesimpulan;
Hadits inilah AKAR terjadinya tindakan kekerasan di Monas tgl 1 juni 2008... pembunuhan2 terehadap anggota ahmadiyah baik di RI maupun di Pakistan

Hadits inilah yang menjadikan pengikut Ahmadiyah di zolimi.
Hadits inilah yang membuat umat islam terpecah belah,ada yang PRO dan KON.
Hadits inilah yang membuat bangsa Indonesia terpecah belah dan saling curiga mencurigai dan menguras waktu,tenaga yang sia sia.
BENAR BUKAN?

Demikianlah ayat2 ALLAH menjelaskan semoga dengan ayat2 itu dapat memperbaiki aqidah kita yang salah selama ini.

 MURTAD / APOSTASY.
Islam ultra fundamentalis dalam negera bersistem Agama seperti Saudi,Sudan dan Taliban orang2 yang berpindah agama dari Islam kepada agama Kristen akan di bunuh. Dan si pembunuh akan mendapat reward dari ALLAH sebagaimana Hadist dibawah ini.

1.Pada akhir zaman akan muncul sekelolmpok orang yang berusia muda dan jelekbudi pekertinya. Mereka berkata kata dengan mengunakan firman ALLAH, padahal mereka telah keluar dari islam seperti melesetnya anak panah dari busurnya. Dimanapun kalian menjumpai mereka,maka bunuhlah mereka. Karena sesungguhnya orang yang membunuh mereka akan mendapatkan
pahala di hari kiamat\"HR Bukhari

2.RasuluLlah SAW menetapkan hukum bagi pezina secara tegas, seperti di dalam hadis Beliau: \"Tidak halal darah seorang muslim kecuali karena salah satu dari tiga hal: orang yang berzina, orang yang membunuh, dan orang yang MURTAD dan keluar dari jamaah.\" (HR Bukhari, Muslim, At-Tirmizy,)

HR Jamaah.Diriwayatkan dari Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib ra. yang berbunyi: Siapa yang mengganti agamanya (keluar dari Islam,murtad) maka bunuhlah.

Setiap tahun puluhan orang2 muslim yang pindah agama ke Kristen yang dibunuh oleh pertintah fatwa ulama Islam Fundamentalis radikal intolearn di Pakistan, Afganistan dan dll.

Sedangkan Islam Progressive dalam negara demokrasi memberikan kemerdekaan kepada setiap individu untuk memilih agama dan keyakinan agamanya, walaupun tidak beragama.Sebagaimana perintah ALLAH dalam Al Quran dan sesuai dengan HAM .

1.Tidak ada paksaan untuk beragama ; sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut [5] dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Q2:(256)

2.Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul [3]. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang [murtad]? Barangsiapa yang berbalik ke belakang(murtad), maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun; dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. QS 3:(144) .

3.Barang siapa yang kafir(murtad) sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi.QS.5:5

4.Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-NyaAl Maidah 5:54.

Jelas dari ayat2 diatas itu tidak ada perintah membunuh orang2 yang pindah agama dari Islam kepada Kristen.

Jadi hadist2 yang di gunakan oleh Islam Fundamentalis itu adalah Palsu dan memperlihatkan image Islam yang babar dan terhina.

Demikianlah ayat2 ALLAH menjelaskan semoga dengan ayat2 itu dapat memperbaiki aqidah kita yang salah selama ini..




BANK NON ISLAM---VS--BANK ISLAM.


Assalamu’alaikum wrwb.
Puji syukur kita panjatkan kepada ALLAH swt atas nikmat2 nya yang begitu banyak kita terima dan kita rasakan dalam kehidupan sehari hari.
Rasulullah saw adalah seorang nabi yang banyak jasa2nya kepada kemanusian di bumi ALLAH ini.

Waktu saya kecil ibu dan guru ngaji saya mengatakan bahwa bunga Bank itu adalah riba, dan berdosa. Saya tidak mengerti kenapa berdosa. Saya terima saja apa yang diucapkan oleh Guru ngaji saya. Makin dewasa saya mendengar dan melihat bahwa sebahagian orang orang islam memasukan uangnya ke Bank dan mendapat bunga. Waktu itu berpikir ada yang setuju dan ada yang mengharamkan.
Jadi soal uang riba ini semenjak dulu sudah ada yang setuju dan ada yang menolak, pro dan kontra. Kedua duanya sama sama guru agama.

Alhamdulillah, setelah saya mempelajari Al quran dan Hadits secara seksama dan sungguh sungguh, barulah saya mengerti dan memahami bahwa dalam Al quran terdapat ayat2 Allah yang kurang jelas dan lengkap keterangannya, sehingga para ahli agama mencoba menafsirkan dan memahami apa yang dimaksud dengan uang riba yang diharamkan oleh Rasulullah saw. 

Walaupun ada Hadits2, tetap saja ada perbedaan, karena Hadits itu ada yang sahih dan ada lemah, atau dipalsukan oleh orang2 Musyrik yang tidak ingin islam berjaya. Oleh karena itulah sampai sekarang issue riba masih tetap ada, baik di Saudi Arabia, Mesir, Pakistan dan negara2 Islam lainnya.Sesungguhnya produk Bank riba ini berakar dari pemahaman Islam Wahhabi-Salafi dari Saudi Arabia yang selalu membenci umat non Islam karena tidak mengikuti nenek moyangnya yaitu Nabi Muhammad saw. Muslim Radikal intoleran ini merujuk kepada sebuah ayat ayat perperangan dalam al Quran, QS . 5:51, Q.3:28, Q.4:144, 9:29, QS 9:5/

Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak [pula] kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar [agama Allah], [yaitu orang-orang] yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah [5] dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk. QS 9:29.

Apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu [4], maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah di tempat pengintaian. Jika mereka bertaubat dan mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan QS 9:5

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin [mu]; sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. QS. 5:(51)

Jadi dengan dasar kebencian inilah mereka mengharamkan apa apa yang datang dari Barat. Sesungguhnya ayat diatas itu hanya belaku kusus untuk Nabi Muhammad saw dalam menjaga diri dari pembunuhan oleh musuh2 Nabi. Ayat2 peperangan itu tidak berlaku lagi di zaman sekarang dimana Nabi sudah tiada dan juga tidak ada lagi yang dinamakan perang agama.

Bukan terbatas  dengan Bank saja,  juga Ulama Muslim Radikal Wahhabi-Salafi mengharamkan antara lain sebagai berikut dibawah ini;

1. Haram menyebutkan selamat hari Natal kepada umat Kristen
2.Haram menjadikan orang Kristen menjadi pemimpin.
3.Haram menikahi orang Kristen
4.Haram memakan daging potongan orang Kristen yg terdapat di supermarket2
5.Haram mencontoh budaya Barat
6.Haram memakai alat2 musik elektronik
7.Haram berlajar dengan orang Kristen atau kafir
8.Haram orang2 Kristen dan Musryik mengunjungi 2 kota yaitu Meccah dan Madinah.

Pada zaman jahilliah dan peperangan itulah turunnya wahyu2 Allah tentang  uang riba. Muslim haram menggunakan menyimpan uang di bank2 non Muslim karena dituduh menggunakan bunga atau interest.

Apa sesungguhnya Definisi Riba itu ?
Dari wahyu ALLAH kepada nabi Musa as.

1.Kita tinjau dari perintah ALLAH di taurat.Exodus 22:21
If you lend money to one of my people among you who is needy, do not be like a moneylender charge him no interest.

Dari ayat diatas ini dapat kita simpulkan bahwa memberikan pinjaman kepada seseorang yang membutuhkan(seperti orang miskin, sakit yang tidak mampu membayar nya, untuk biaya sekolah atau kawin dll) tapi bukan untuk berniaga, maka dilarang memberikan bunga. Hukumnya haram.

Kalau seseorang meminjam uang untuk keperluan niaga,mencari keuntungan, maka di bolehkan memberikan bunga.Tidaklah haram. Sebab akan memberikan keuntungan kedua belah pihak dan bermanfaat untuk masyarakat.

Dari wahyu ALLAH kepada nabi Muhammad saw.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.QS.3:130.

O ye who believe! Devour not usury, doubled and multiplied; but fear Allah; that ye may (really) prosper.QS.3:130.


Maka jika kamu tidak mengerjakan, makaketahuilah bahwa Allah dan Rasulullah saw akan memerangi. Dan jika kamu bertaubat dari pengambilan Riba maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak dianiaya.QS2;279.

f ye do it not, take notice of war from Allah and His Messenger: but if ye repent ye shall have your capital sums; deal not unjustly and ye shall not be dealt with unjustly. QS2;279

Kalau kita perhatikan wahyu2 Allah yang turun kepada kedua nabi ALLAH diatas itu, ada perbedaan mendasar.

Wahyu yang turun kepada Nabi Musa as jelas apa makna dari riba itu yang diharamkan oleh ALLAH swt yaitu 
1) bunga yang berlipat ganda di haramkan.
2). orang2 yang meminjamkan uangnya kepada orang2 yang bukan untuk niaga, tapi keperluan yang mendesak misalnya sakit, menikahkan anak2nya dan keperluan2 mendadak untuk perbaikan rumah dll diharamkan oleh ALLAH

Sedangkan pinjaman untuk berniaga dibolehkan oleh ALLAH ,karena saling menguntungkan dan bermanfaat kedua belah pihak.

Kalau kita perhatikan ayat2 ALLAH dlm al quran hanya dikatakan bahwa riba itu adalah haram, artinya mengambil bunga yang besar dan berlipat ganda. Kalau kita contohkan di Indonesia yaitu orang2 di kampung2 yang meminjamkan uangnya kepada petani2 sebelum panennya untuk belanja sehari hari dengan bunga yang tinggi. Dan para petani akan membayar setelah panen.

Cara mengambil bunga seperti inilah yang diharamkan oleh ALLAH.

Sedangkan meminjamkan uang untuk berniaga adalah sangat bermanfaat untuk perkembangan usahanya. Kalau usaha berkembang maka zakatnya juga akan lebih besar begitu juga pajak untuk pemerintah akan lebih besar.

Jadi bunga Bank konvensional ini dgn bunga yang kecil dan dengan perjanjian yang jelas adalah sangat bermanfaa untuk masarakat dan pemerintah. Bunga seperti ini tidaklah termasuk riba.

Apakah boleh mengambil rujukan dari kitab2 sebelumnya?

Pertanyaan ini sering dikemukan kepada saya,jawabannya boleh.
Dasarnya adalah;

1. Rasul dan ALLAH memerintahkan kepada umat Islam untuk beriman kepada kitab2 sebelumnya dan nabi2 sebelumnya. Sebagaimana ayat dibawah ini,

Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.QS.3:3.

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.QS 4: (136)
2. Rasulullah saw sendiri memberikan contoh kepada kita semua dimana anak laki2 wajib bersunat.Perintah bersunat tidak tertulis dalam al Quran tapi di Taurat.

Demikian pula tentang difinisi Riba. definisi riba tidak tertulis di Al quran,tapi di Taurat kitab Nabi Musa as.Kitab ALLAH ,wahyu2 ALLAH dan peraturan2 ALLAH yaitu Islam.

Dengan dalil2 dlm wahyu2 ALLAH diatas itulah saya berkeyakinan bahwa riba bukanlah bunga bank2 konvensional itu adalah sangat bermanfaat dan tidak merugikan kedua belah pihak tapi sangat menguntungkan untuk perkembangan usaha dan perkembangan pertumbuhan ekonomi,pertembuhan lapangan kerja sekali gus mensejahterakan masarakat.

Pertanyaan kedua adalah apakah kitab2 sebelumnya itu masih asli?
Ulama2 kebanyakan berpendapat bahwa kitab2 Tuarat,zabur dan injil itu sudah di robah oleh tangan2 manusia,demikian tuduhan mereka,tapi tidak ada dasarnya dlm al quran hanya dugaan2 saja dan kebencian kepada umat yahudi dan nasrani.

Dan ada juga mengatakan bahwa dalam Bible itu terdapat ayat2 ALLAH yang satu sama lain bertentangan dan porno.

Kalau itu tuduhan yang dikemukakan oleh kelompok2 Islam, tidaklah tepat dan benar. Dalam Al quran juga terdapat ayat2 yang bertentangan dan porno. Apakah al quran di anggap palsu?

Sesungguhnya ALLAH menjelaskan dlm  bible dan Al quran bahwa kitab2Nya akan dijamin kesuciannya sampai hari kiamat. Kalau ALLAH mengatakan demikain kita wajib mengikutinya.

KESIMPULAN.

Bunga Bank konvensional itu adalah halal dan sangat bermanfaat untuk perkembangan ekonomi,lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat.

Bunga riba yang memberikan bunga yang tinggi kepada orang2 kampung,petani2 dan orang2 susah adalah haram. Kepadanya sebaiknya diberikan sedekah,  itu lebih baik untuk mu,demikian ALLAH menjelaskannya.

Dan jika (orang orang berutang itu) dalam kesukaran maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan sebahagian atau semuanya itu,lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.QS.2;280.

Di negara2 maju seperti Amerika,Japan dan negara2 eropah,bunga bank sangat kecil sekali dibandingkan dengan bunga Bank Indonesia. Bank di kota saya sebesar 1%-2 % percent pertahun.Bahkan ada yang lebih kecil sekali.Jadi orang2 yang mempunyai uang tidak tertarik untuk menabung,karena bunganya kecil.Mereka lebih suka berinvestment untuk dapat membuka lapangan kerja.

Tidak salah kalau negara2 Industri cepat majunya karena rendahnya bunga bank yang diberikan kepada pengusaha2.

Demikianlah tentang issue bunga Bank riba. Sesungguhnya bank2 konvesional itu bukanlah banka riba yang di maksud oleh sebahagian ulama2 yang kurang ilmu pengetahuannya tentang bank dan definisi riba itu sendiri.

Menuju masyarakat yang bermanfaat didunia berarti di akhirat. Berzikir, pikir dan ikhtiar
Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah, and leave inheritance as much as possible.Hadist Nabi,”

Saya tidak akan sukses menampaikan risalah2 Allah ini kepada umat Islam yang jumlahnya lebih kurang 200 juta,kalau tidak membantu menyebarkan artikel ini kepada teman2 anda, dan silakan buat link di Blog anda sendiri,semoga Allah yang Maha Melihat perbuatan baik anda akan di beri balasan baik atau reward yang sebanyak banyaknya. Atas bantuan anda semua saya ucapkan banyak terimakasih.Amen


May Allah guide all my brothers to the right path. Amen.

Love for all hared for none.
Love is the seed of peace, happiness, and prosperity
Fear and hate are the seed of the darkness, violence and poverty
Hate is the seed of injustice QS 5;8

For You from My Heart.
All those who read shall pass on my words to others and
those to others again; O Allah, be my witness, that I have conveyed your message to your people.
With my love for all.

=========


No comments:

Post a Comment