Pages

Saturday, November 27, 2010

MENINJAU HUKUM2 ISLAM ZAMAN PRIMITIF PERBUDAKAN.

ULAMA RADIKAL INTOLERAN DAN MUNAFIK SEBURUK BURUK MANUSIA.
Tidak lama lagi ( Akir zaman abad21 ) manusia akan mengalami satu zaman yang pada waktu itu Islam hanyalah tinggal nama dan Qur'an hanyalah tinggal huruf-hurufnya saja; mesjid-mesjid sangatlah diramaikan orang-orang akan tetapi sunyi(kosong) dari petunjuk ( mesdjid digunakan untuk politik, kekuasaan dan fitnah); ulama-ulama mereka adalah seburuk-buruknya mahluk yang ada di bawah langit ini. Dari mereka itulah keluar fitnah-fitnah, yang akan kembali kepada mereka sendiri. (Hadits: Al-Baihaki & Ali bin Abi Tholib;38)."


Wisdom Nabi Muhammad saw.
Kamu belum lagi beriman dan mencintai Allah swt. kalau kamu belum mencintai tetangga kamu (yg berbeda agama, suku dan gender ) sebagaimana kamu mencintai diri sendiri.

DOKUMEN SEJARAH SAUDI ARABIA.
Islam Rahmatan lilalamin dan Islam radikal intoleran dan teroris
lahir di Negeri yang sama yaitu Saudi Arabia.
Setelah Nabi wafat, Islam kembali terkontaminasi
dengan budaya Arab zaman Primitif.






Peraturan2 Allah turun kepada Nabi Muhammad saw zaman primitif-miskin, zaman batu, konflik, dan perbudakan selama 23 tahun. Tenda dan pakaian bangsa Arab terbuat dari kulit binatang dijelaskan oleh Allah di .QS 16;82.  Kertas dan pensil belum ada, ayat2 ditulis di kulit binatang dan batu. Masyarakat masih menyembah berhala (Batu).Bayangkan lagi budaya Arab zaman  Primitif, seorang Ibu yang melahirkan bayi perempuan terhina, bayi perempuan membawa ketidak beruntungan dalam keluarga. Ibu dan ayah merasa terhina dlm masyakat Islam Jahiliyyah. QS 16;58 . Karena tidak tahan merasa malu, bayi perempuan sering dibuang atau di bunuh. Sangat  menyedihkan. Perbuatan2 tersebut tidak bisa diterima lagi oleh Civil Society, manusia yang telah beradap tinggi. Bagaimana anda yang telah berilmu luas dan tinggal di kota2?
Renungkan lagi perempuan diperlakukan sebagai budak, gundik2, atau slave sexual bahkan diperjual belikan, di benarkan oleh Allah. Qs 23:4-6; QS 33:50.QS 70:29 Q.4;24. Anak2 perempuan tidak disekolahkan, tinggal dalam tenda / rumah sepanjang hari; Umur 12-13 tahun dipaksa menikah.
Karena laki2 Arab masih menganggap perempuan adalah sekelas budak2 yang diperjual belikan maka ;
Wanita haram keluar rumah tanpa saudara laki2
Wanita wajib menutup semua tubuhnya dengan kain hitam,Burqa, Jilbab.QS 33;59,QS 24;32, untuk menjaga agar pasir jangan masuk ke rambut dan kebadan bukan karena alasan aurat, sebagaimana di plintir oleh ulama2 sekarang,  dan juga agar jangan sampai diculik oleh musuh untuk dijadikan budak atau gundik2 atau di jual belikan
Wanita haram menolak permintaan suami berhubungan sex.QS 4;34
Wanita menerima warisan ½ dari anak laki2.QS.4:4-12.
Istri wajib mengizinkan suami berpoligami, sampai 4 orang QS 4;3.Sebelum perintah ini datang laki2 mempunyai banyak istri, dan banyak gundik2 / budak2 yang boleh di gauli tapi tidak menerima warisan.

Wanita haram menjadi pemimpin umat dan Imam.
Wanita haram bersalaman dengan laki2.
Wanita haram memilih calon suaminya sendiri
Wanita haram bekerja di kantor sama sama dgn laki2
Wanita wajib bersunnat.
Wanita haram menyopir mobil
Wanita haram bernyanyi di depan umum/ TV
Wanita haram menikah dengan laki2 Kristen.
Wanita haram berolah raga dengan bersama sama laki2.
Wanita haram memakai celana seperti celana laki2/blue jeen
Wanita haram memakai perfum/ minyakl wangi.

Sampai hari ini perempuan dijadikan sebagai makhluk yang lemah, tidak bisa mandiri atas nama Syariat Islam Primitif Arab. Nauzubillah.


Semoga Allah membukakan hidayah ilmu Islam yg maju dan rahmat bagi semua orang, Amin


Was Salam With love


WISDOM UNTUK SUKSES DUNIA AKIRAT.
Kamu belum mencintai Allah, kalau kamu belum mencintai semua manusia tanpa melihat agama,suku dan gender sebagaimana kamu mencintai diri sendiri.( Nabi Muhammad saw).



7 Wisdom Baik untuk Jiwa.
1. Orang2 yang bijak berilmu membawa masarakat ke sejahteraan dan kedamaian, tetapi orang2 Radikal,membawa kehancuran dan malapetaka kepada pengikut2nya dan kepada umat.
3. Orang2 yang berilmu dan bijak setiap kata yang keluar dari mulutnya santun dan bermanfaat, tapi orang2 bodoh dan sombonglah yang berkata kata kotor, keras, dan fitnah..
4.Orang2 bijak dan berilmu hatinya tidak luka dan sakit kalau di hina, tapi orang2 sombong dan bodoh akan marah dan meronta2 kebencian.
Hukum Penista agama itu seharusnya dihapus.Muslim tidak perlu marah dan menghukum orang yg menghina Islam/Nabi.
Nabi Muhammad saw tidak pernah marah kepada orang2 yang menghinanya. Memaafkan dan berdoa kepada Allah agar mereka mendapat petunjuk Allah.
4.Kamu tidak akan pernah sukses kalau kamu menyembunyikan dosa2, hapuslah dosa2 kamu dgn bertaubat, dan ALLAH akan memberikan rahmatNya.
5.Orang2 bodoh/sombong menyimpan kebencian dalam hatinya, kata katanya berdusta,menipu orang2, tapi orang2 berilmu dan bijak menyimpan kasih sayang.

6.Setiap pohon mangga diketahui baik atau buruknya dari buahnya,kalau sebatang mangga yang baik maka buahnya akan baik, kalau sebatang mangga itu buruk,maka buahnya juga buruk atau masam.


7.Jika musuh mu lapar berikan makanan, bila dia haus berikan minum. Perbuatan buruk dibalas dengan kebaikan.

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
In the name of God, the most merciful and the most gracious.

 Modern Quranic Interpretation.
Islamic Society for Liberty And Modernity.
Islam Shall Love All Mankind

Abdullatif invites you to the  truth of Islam.


INTRODUCTION;
The Beauty of God’s Creation & Teaching.
The True Islam is  The religion of affection, compassion,love, peace, liberty, equality, beauty and prosperity.

In accordance with Islamic teaching, government and institution are prohibited from discriminating on basis of race,religion, sex or gender, age and national origin.QS 5:8, QS.60:8.
We reject Islamic violent extremism, and promote peace, love, tolerance, compassion, accept different thought, ideas and interpretation of Islamic teaching.
Muslims should also make great progress and produce superb works of technology, science, culture, art, and aesthetics, as well as live Islam in the best way, and thus represent it to the world. 

Liberty with freedom of religion, speech, expression, and justice for all regardless his religion,race,gender and original nationality.
through the separation of mosque and state.

How wonderful it is, how pleasant, 
for God's people to live together in harmony. 
Psalm 133;1

Promoting the culture of Liberty and tolerance Worldwide.


PEMURAH ADALAH KUNCI KESUKSESAN JAPAN DAN USA.




PENDAHULUAN.
Prof Dr HM Quraish Shihab, pakar tafsir terkenal di Indonesia, mantan menteri agama RI, pelopor pembaharuan tafsiran al Quran, tafsiran modren, berkata;
Alquran tidak kering. Betapa pun orang membahasnya, setiap saat dia memberikan hal yang baru.

Begitu juga ketika ia mempelajari Alquran. Dia bisa menemukan makna baru, rahasia baru yang belum ditemukan oleh orang sebelumnya karena dia bersumber dari Tuhan.

CONTOH: Salah satu tafsiran Prof.DR Quraish Shihab yang menobrak ahli2 Tafsiran2 ulama2 Wahabi-salafy Arab primitif (Ibnu Kathir,At-Tobary,Imam As-Suyuty ,Al-Baghowy )  yaitu dimana Prof DR.Quraish.Shihab berpendapat bahwa;

Wanita jangan merasa berdosa kalau tidak berjilbab.Dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.”

Masih menurut Quraish, “Perbedaan para pakar hukum itu adalah perbedaan antara pendapat-pendapat manusia yang mereka kemukakan dalam konteks situasi zaman serta kondisi masa dan masyarakat mereka (primitif), serta pertimbangan- pertimbangan nalar mereka, dan bukannya hukum Allah yang jelas, pasti dan tegas.

Karena perintah berjilbab itu adalah anjuran, bukan wajib seperti wajib melakukan shalat,zakat,puasa, sesuai dengan keadaan alam padang pasir yang panas dan berbahaya . Karena pasir yang panas yang diembus angin kencang dapat merusakan kulit dan rambut wanita.

Inilah penemuan2 tafsiran baru yang lain  tentang Islam yang belum diketemukan oleh ulama2 Fundamentalis Arab yang berpaham primitif.

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Allah Maha Kaya raya dan Maha Pemberi rezeki. Kedermawanan Allah tidak terbatas, semua yang ada dialam ini diberikan kepada manusia yang beragama Islam, non islam dan anti Tuhan sekalipun. Siapa yang mengikuti peraturan2 Allah akan diberikan rezeki yang berkah dan banyak. Siapa siapa yang  mengikuti peraturan2 Allah  setengan setengah atau tidak sama sekali mereka akan merugi.

Al Qur'an adalah kumpulan peraturan2 Allah, yang mesti dikuti oleh manusia yang bekerja untuk Allah selama hidup didunia agar bisa hidup sejahtera,bahagia, damai, hidup harmonis dan tolerensi dengan bermacam macam bangsa dan agama, selamat didunia dan selamat dari azab Allah dia khirat.

Joshuo; 1:8-9 "Be sure that the book of law is always read in your worship.Study it day and night,and make sure that you obey everything written in it. Then you will be prosperous and successful.

Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. ( successful) Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (Prosperous ) QS.65:2-3.

Nabi Muhammad saw yang menerima wahyu2 Allah dan sekali gus sebagai contoh atau teladan bagi manusia bagaimana cara hidup yang diinginkan oleh Allah di dunia ini

Salah satu peraturan Allah yang disampaikan oleh Rasulullah saw yaitu manusia dianjurkan untuk memberikan; Tips, Bonus, bantuan, pertolongan, sedekah, kepada orang orang yang memerlukannya dengan ikhlas. Dan Allah akan mengganti berlipat ganda.

Rasulullah saw memberitahukan;
Perumpamaan orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah itu seperti benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir terdapat seratus biji. Melipatgandakan bagi siapa saja ( Islam dan non Islam) yang Dia kehendaki dan Allah Maha mengetahui QS.2:261)

Sesungguhnya laki laki dan wanita yang bersedekah dan meminjamkannya kepada Allah dengan pinjaman yang baik niscaya akan dilipatgandakannya pembayarannya QS 57:18.

Jelas sekali dari pemberitahuan Rasulullah aw diatas bahwa Allah menjanjikan akan memberikan atau melipatgandakan hadiah atau rezeki kepadanya. Janji Allah ini tepat dan benar.

Kemudian Rasulullah saw menjelaskan lagi (Hadits); Tangan diatas lebih mulia dari tangan dibawah.

Memberi adalah jalan menuju hati yang bahagia. Setiap ada kesempatan memberi bukankah feel great, don’t we? Memberi bukanlah saja uang, bisa waktu, pendapat, ilmu, dan tenaga, kerja social dll.

Berboros boros adalah perbuatan Syaitan;

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan [hartamu] secara boros. (26) Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. QS 17:(27)

Sebuah pengalaman hidup saya semoga ada pelajaran dalamnya;
Memberi adalah kunci kesuksesan!

Waktu masih kecil saya sering disuruh ibu pergi berbelanja kepasar. Dipasar banyak orang orang yang berjualan bukan. ?

Tapi saya sering berbelanja kepada toko Ibu- Bapak Ali.
Kenapa ..? ia selalu memberikan saya tambahan2 apa yang saya beli. Kalau saya beli garam, setelah ditimbang 1 Kg. ia tambahkan satu sendok lagi.
Begitu seterusnya.  Saya coba berbelanja ke toko orang lain, tidak ada tambahan2.

Jadi saya malas berbelanja kepada toko lain, saya senang berbelanja ke toko Ibu-bapak Ali. Orang lain  juga senang berbelanja di tokonya, ramai sekali dibandingkan dengan toko2 lainnya. Selain tambahan2 yang diberikan ,mereka juga ramah tamah.

Ibu saya selalu mengingatkan saya kalau setelah shalat wajib, kamu kerjakanlah shalat sunat, karena Allah senang sekali.
Apa maksud ibu saya tidak tahu, kenapa Allah senang...?   Dengan hati yang berat saya kadang2 lakukan juga shalat sunat.

Alhamdulillah setelah saya mempelajari sendiri Al Qur'an dan Hadits Nabi. saya mendapat petunjuk2 yang benar dan meyakinkan. Seperti ayat ayat yang saya tulis dibawah ini.

Begitu banyak karunia Allah yang diberikan oleh Allah kepada kita tak bisa ditulis walaupun satu ton kertas untuk menulisnya.  Mulai dari denyut jantung, sampai oksigen, kesehatan,mata, telinga dan jutaan macam lainnya.

Nabi Muhammad saw sujud kepada Allah  bahkan malam hari pun beliau melaksanakan shalat "sunat tayahajjud"

Allah memerintahkan dalam surat Al Isra ayat 79.
 "Dan pada sebagian malam hari, bersembahyanglah kamu  (tahajjud) sebagai suatu "tambahan" bagi mu, mudah2an Tuhan mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”
Inilah janji Allah swt kepada manusia, janji Allah tak pernah mungkir.

Waktu saya tinggal di Jepang,ternyata dalam kehidupan sehari hari, bangsa Jepang telah melaksanakan perintah Tuhan diatas yang suka memberikan BONUS sebagai tambahan gaji pokok. Hikmah dari Bonus ini  produktifitas dan quality barang barang nya  meningkat tajam, sehingga  petusahan2 makin maju saja, akhirnya ekonomi Jepang sukses dan  bisa keluar dari kemiskinan. Inilah suatu bukti lagi, walaupun bukan beragama Islam bukan.

Sekarang Jepang setiap enam bulan memberikan bonus kepada pekerja2nya baik pegawai negeri maupun swasta. Pemberian bonus sudah menjadi budaya dalam masarakat busines.
Semua kariawan berbahagia ketika menerima bonus atas jerih payah mereka bekerja.

Begitu pula Toko2 China di Indonesia, kalau kita sering belanja ditokonya, kita dikirimi hadiah Lebaran atau ulang tahun anak2, sebagai tanda bersyukurnya mereka kepada si pembeli. Toko nya ramai dikunjungi oleh si Pembeli daripada toko lainnya.

MARILAH KITA BELAJAR DARI MASARAKAT AMERIKA DAN JAPAN
Amerika terkenal dengan kedermawanannya, kepemurahannya, baik itu pemerintah, maupun masarakatnya. Saya merasa kagum sekali sebuah Negara bukan Islam, tetapi mereka sangat pemurah, suka memberi hadiah2, suka membantu orang orang yang memerlukan bantuan, bukan saja di dalam negeri tetapi juga suka membantu masarakat didunia yang memerlukan bantuan. Indonesia sering sekali mendapat bantuan, ada bantuan antar Negara, ada bantuan yang tak terikat yaitu bantuan ikhlas. Misalnya bantuan2 membangun sekolah sekolah, kebanjiran, kelapran disuatu kampong, musibah, dan bantuan2 beasiswa untuk sekolah di perguran2 Amerika. Terakir adalah bantuan bencana Tsunami. Tidak talak lagi dua bekas President Amerika. Bush dan Clinton datang mengunjungi dan membawa bantuan Dollar yang sangat significant. Sedangkan Aceh adalah negeri Muslim yang Radikal, Masya Allah. Masyarakat Amerika mengikuti perintah Allah sebagai berikut ini;

Romans 12:20
Never take your own revenge, beloved,, On the contrary: "If your enemy is hungry, feed him; if he is thirsty, give him something to drink. In doing this, you will heap burning coals on his head..

Artinya; Biasanya,kalau orang membenci kita, kita akan benci dia, sebaliknya Alah jangan balas kebencian dengan kebencian tapi dengan kebiakan, jika musuhmu lapar berikan mereka roti,kalau mereka haus berikan air untuk diminum.Mereka akan tersentuh hatinya dengan kebaikan kamu itu.

Suatu pengalaman yang lain tak terlupakan bagi saya dalam perjalanan hidup saya.

Pertama kali  saya bekerja di sebuah restaurant di Amerika, sebagai waiter saya mendapat tips satu malam, 4 jam bekerja,  60 dollar. Saya betul betul gembira dan bahagia serta bersyukur kepada Allah dengan shalat sujud dua rakaat. Dengan uang tips inilah saya dapat melanjutkan sekolah saya di Amerika untuk membayar; uang sekolah, membayar apartment, dan biaya hidup sehari hari. Betapa hebatnya hikmah dari Tips kepada diri saya sendiri dan kepada pekerja2 lainnya.

Apa ang terbayang dalam pikiran saya setelah sampai di apartment; Pantaslah Amerika  atau rakyat Amerika ini Kaya Raya karena mereka mempunyai budaya pemurah, penyayang dan pandai mensyukuri keringat orang lain, pertolongan dan jerih payah seseorang,  Tuhan sayang kepada Amerika. Mereka selalu menyebutkan;” God bless Amerika” 

Dengan kata lain mereka pandai mengembirakan orang lain, tangan nya diatas, yang akhirnya kegembiraan itu kembali kepada masarakat secara umum. Mereka bukan Islam, tapi mengikuti perintah2 Allah di surat Al Baqarah ayat 261 dan syariat2 Tuhan di Bible. “Love your neighbor as you love yourself” ,sebagaimana Hadist. Kamu belumlah beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetanggamu(islam non islam)

President Amerika dan masarakatnya memberikan kasih sayang dan bantuan kepada korban2 Tsunami. Kalau bukanlah hilikopter2 US yang cepat memberi pertolongan kepada korban2 tsunami, maka korban makin lebih banyak. Ribuan anak2, wanita2 dan tua muda yang diselamatkan oleh hilikopter2 Amerika.

Kedua yang berkesan juga dalam hidup saya yaitu hari pemberian hadiah dinamakan “Thankgivingday”, adalah suatu hari tradisi di Amerika. Pada hari ini hampir semua masyarakat Amerika berbelanja membeli hadiah2 untuk dihadiahkan kepada; teman, saudara, famili dan Boss di perusahaan. Saya melihat supermarket penuh orang berbelanja. Suatu latihan, ajaran yang positif, sesuai dengan salah satu sifat Allah Maha Pemberi.

Hikmah dari Thankgivingday ini adalah; pertama penjualan supermarket bertambah, kedua pengangkutan berambah sibuk, pesanan barang barang dari fabrik2 bertambah, omset penjualan fabrik bertambah, pajak meningkat, bonus dapat diberikan kepada para pegawai negeri atau swasta, ekonomi meningkat, kemakmuran rakyat membaik.

Betapa indah dan cerdasnya sistem thankgivingday atau sistem memberi hadiah. Semua orang ikut bergembira, baik para pekerja, maupun ibu2 dirumah. Amerika bukanlah sebuah Negara islam, rakyatnya 90% beragama Christen, tapi akhlaqnya, kedermawanannya, kasih sayangnya, dan suka membantu tanpa pilih kasih, suka bekerja keras, disiplin, bersih, lawinforsement baik sekali dan transportasi yang tertip dan teratur.

Kadang kadang pikiran saya melayang ke Saudi Arabia, kota Mekkah, kota Suci, kota yang diharapkan sebuah kota Islami;bersih, tertip, teratur, sopan santun, ramah tamah dan sifat2 mulia lainnya, ternyata waktu saya kesana kecewa sekali. 

Yang sangat kecewa sekali sewaktu ingin mencium batu Asward ang terletak disudut Batu Ka’bah berdesak desak, siku menyiku, Nauzubillah, untuk sampai ke sudut batu itu sudah berapa orang yang saya sakiti, saya tidak tahu, mungkin ada orang yang ngomel kepada saya karena dorongan tangan saya. 

Yaa Allah ampunilah dosa dosa ku ini yaa Allah, semoga kawan2 yang tersiku dari tanganku memafkan saya. Mungkin kawan2 juga punya pengalaman seperti saya.. Waktu shalat umat bisa tertip, tapi setelah shalat umat bertindak semau gue saja, egois,tanpa menghiraukan norang lain. Shalat belum lagi memberikan bekas yang baik. Kita mengharap pemerintah Saudi Arabia dapat belajar dari Amerika untuk dapat menertipkan jemaah melaksanakan ibadahnya dengan baik.

Ketiga adalah pemberian beasiswa kepada orang orang yang berprestasi dan orang orang betul betul memerlukan biaya sekolah. Pemberian beasiswa ini tidak melihat jenis laki atau wanita, agama, dan bangsa. Siapa yang berprestasi mereka berhak mendapat beasiswa. Beberapa teman saya dari Indonesia dan Malaysia, wanita, berpakaian jilbab mendapat beasiswa selama 2 tahun. Maha Pengasih lagi Maha Pemurah Allah.

Amerika adalah suatu Negara atau masyarakat yang istimewa dibandingkan dengan negara2 lainnya. Yaitu; sebuah Negara yang besar, terkenal dengan kepemurahannya, technology yang maju, merdeka bersuara, terdiri dari bermacam macam bangsa, agama, kekuatan ekonomi dan pertahanannya yang kuat, rakyatnya yang rajin, disiplin, kerja keras walaupun musin dingin dibawah 0 Celcius, setiap kota ada perpustakaan untuk mencerdaskan bangsanya, gaji para pekerja sangat mengiurkan bagi pemuda pemudi didunia, hidup yang harmonis, bebas melaksanakan agama dan mendirikan Mesdjid, Amerika sebuah Negara impian bagi pemuda dan pemudi untuk berkarya atau untuk sukses, bahkan ribuan2 pemuda pemudi Arab yang datang belajar ke universitas2 di Amerika ( zaman dulu orang eropah yang belajar ke negara2 Arab, sekarang bekas murid menjadi guru2 orang Arab). Kedengarannya aneh tapi nyata, banyak pemuda2 islam belajar tentang islam di perguruan2 tinggi d Amerika yang mana Professor2nya orang Amerika bukan beragama islam.
Kalau kita Tanya kepada professor itu ;”Kenapa anda tidak masuk saja ke agama islam?” Ia menjawab;” Saya belum mendapat Hidayah dari Allah, walaupun saya sudah memahami agama Islam bahwa agama Islam itu benar dan baik.

Rasulullah saw memberitahu kepada umatnya,terutama kepada bangsa Arab, yang mana tanahnya padang pasir, iklimnya yang panas dan keras, menyuruh umatnya untuk banyak belajar kepada bangsa bangsa lainnya walaupun mereka tidak beragama Islam agar umat islam Arab bisa maju dan berjaya;

Aku jadikan manusia dari seorang wanita dan seorang laki laki, kemudian kami jadikan berbangsa bangsa, bersuku suku ( bermacam agama, budaya, bahasa dll) agar kamu satu sama lain dapat saling belajar dan mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa diantaramu. Allah Maha mengetahui dan Maha Mengenal. (QS 49:13)

( O mankind! We created you from a single soul, male and female, and made you into nations and tribes, so that you may come to know one another. Truly, the most honoured of you in God’s sight  is the greatest of you in piety. God is All Knowing, All-Aware.)

Kemudian dipertegas lagi oleh Rasulullah saw; Tuntutlah ilmu sampai ke China sekalipun”  HR Bahaiqi. 

Harapan saya kepada pemuda dan pemudi islam marilah kita ikuti perintah Allah dan Rasululla saw seperti diatas, perintah siapa lagi kita ikuti kalau bukan perintah Rasulullah saw? Bukankah beliau sebagai teladan umat Islam? Umat islam musti banyak belajar dari umat non islam, janganlah mereka dimusuhi dan dijauhi, yang rugi bukankah kita sendiri? Karena melanggar perintah Allah dan Rasulullah saw.

Dari tanah Arab yang dapat kita memproleh dan pelajari adalah buku petunjuk dari Allah swt yaitu Al quran, keteladan Rasulullah saw yang tertulis dalam Al quran , dan kemudian kita pergi menunaikan haji ke kota Mekkah agar dapat hikmah haji. Inilah kelebihan2 dari Negara Arab.

Kalau untuk memakmurkan bumi, atau mensejahterakan masarakat atau mempelajari ilmu ilmu; disiplin, kebersihan, ramah tamah, sopan santun, science, technology, ekonomi,kesehatan dll kita belajar dari negara2 lainnya yaitu; Amerika, Negara eropah, Jepang china dll.Negara2 Arab bukanlah tempat belajar ilmu2 ini, karena mereka juga belajar dari negara2 Barat. Ribuan pemuda2 Arab yang belajar di Universitas2 di Amerika.

Ada orang bertanya kepada saya, masakah Bapak mengajak pemuda dan pemudi Islam belajar di Amerika beragam Christen yang mana disana banyak terdapat perbuatan amoral, Gay, Lesbian, pembunuhan, free Sex, perceraian dll.

Saya menjawab; “ Bukankah disetiap negara dan bangsa, walaupun penduduknya beragama Islam pasti ada yang buruk2 itu dalam masyarakat; lihatlah di Mesir, Arab, Pakistan dan Negara kita sendiri Indonesia. Yang buruk2 tidak usah diikuti dan dipelajari, ditinggalkan saja. Yang baik2 dan bermanfaat yang perlu  kita pelajari dengan seksama kemudian kita bawa pulang. Allah maha Tahu dan oleh karena itulah Rasulullah saw menyuruh umatnya belajar kepada bangsa2 yang maju, dan sekaligus sampaikanlah kepada mereka agama Islam yang benar itu. Bukanlah pendapat saya pribadi, tetapi anjuran Rasululah saw yang tertulis dalam Al Quran seperti ayat diatas.

Kemudian saya ingat Ibu saya mengatakan; Allah suka sekali kepada orang pemurah, Allah akan ganti berlipan ganda demikian Allah mengatakannya dan disampaikan kepada Rasulullah saw. Seperti ayat2 diatas tadi.

Memberikan lebih ini sudah menjadi budaya di Amerika, bukan saja kepada pramugari2 di Restauran, juga kepada orang orang yang telah melayani kita dengan baik, kita seharusnya pula membalas dengan kebaikanpula. Tidak cukup hanya membayar gaji saja, tapi haruslah ada bonus yang dapat membuat orang gembira.

Alangkah indahnya hidup yang diberikan oleh Allah untuk mengembirakan orang lain? Yang akhirnya kita pun gembira. 

Sekiranya 1000 perusahaan2 Pemerintah dan swasta di Indonesia memberikan Bonus kepada kariawan2nya, saya merasa yakin sekali, Mr. Matsushita, dari Japan, mengatakan sekiranya perusahan2 Indonesia dan Pemerintah melaksanakan sistem Bonus seperti Japan, maka ekonomi Indonesia akan cepat berkembang, kenapa? Pertama; Rasa sence of belonging dari kariawan, meningkatkan quality control, meningkatkan produktifitas, meningkatkan pajak, akhirnya kariawan menjadi makmur, perusahaan akan berkembang cepat.

Bagaimana hidup orang yang tidak suka memberi? Sudah tentu pula ia tidak menerima kegembiraan dari orang lain. Hidup tidak akan bahagia, Allah tidak suka kepada orang yang pelit, manusia pun tidak suka. Masarakat menjadi budaya egois, timbul perbedaan yang besar antara the Have and not Have, akhirnya kesenjangan social yang berbahaya..

Kalau kita ingin mendapat kegembiraan, seharusnyalah kita memulai mengembirakan orang lain. Kalau perusahaan memberikan Bonus kepada kariawan2nya, maka ribuan dan bahkan juatan kariawan yang bergembira bersama Boss2nya, bukan saja kariawan yang gembira, tapi keluarga juga ikut gembira, masarakat bergembira

Perlu kita renungkan, sistem MEMBERI- LEBIH , BONUS, TIPS atau PLUS akan membawa kesuksesan yang besar dan disenangi oleh Allah dan masyarakat

 Allah mengajarkan dalam surat Ibrahim, ayat 7, kalau kita
 pandai bersyukur maka Allah akan tambahkan nikmat2 itu kepada mu.

Dengan demikian cita cita untuk sukses mudah diraih, karena Allah menunjukan jalan kesuksesan, yaitu BERIKANLAH –LEBIH DAN GEMBIRAKANLAH ORANG LAIN..
Allah Maha Tahu atas segala galanya.

 Firman2 Allah swt. 

 1. Berlomba lombalah berbuat kebajikan atau(berikanlah lebih) (QS.5:48)

 2. Allah menjadikan manusia berkeinginan. (QS.3:14)

 3. Segala keputusan akhir dikembalikan kepada Allah(QS.57:3)

 4. Allah mengangkat manusia sebagai wakil2 Allah didunia (QS.2:30)

5.Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah akan melipatgandakan pembalasannya kepada mu dan akan mengampuni kamu dan Allah Maha pembalas Jasa dan Maha Penyantun.QS 64:17.

6. Mereka yang beriman kepada yang Ghaib, mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezeki yang kami berikan kepada mereka , mereka itulah orang orang yang tetap mendapat petunjuk dari tuhannya dan mereka itulah orang orang yang beruntung QS2:3-5
7. Jika kamu bersyukur kepada Allah, maka Aku akan tambahkan nikmat nikmat kepada mu, dan jika kamu tidak pandai bersyukur, tunggulah azab ku yang pedih (QS.14:7)

7.Dia mengatakan: "Aku telah menghabiskan harta yang banyak". (6) Apakah dia menyangka bahwa tiada seorangpun yang melihatnya? (7) Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, (8) lidah dan dua buah bibir. (9) Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan [2]. (10) Maka tidakkah sebaiknya [dengan hartanya itu] ia menempuh jalan yang mendaki lagi sukar?. (11) Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (12) [yaitu] melepaskan budak dari perbudakan, (13) atau memberi makan pada hari kelaparan, (14) [kepada] anak yatim yang ada hubungan kerabat, (15) atau orang miskin yang sangat fakir. (16) Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang. (17) Mereka [orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu] adalah golongan kanan. Al Balad ;11-(18)

8. Orang orang yang pandai bersyukur kepada Allah, berarti ia pandai pula bersyukur kepada manusia dan begitu sebaliknya (HR.Baihaqi).
  
Demikianlah ayat2 Allah yang disampaikan oleh Rasululla saw dan tertulis dalam Al quran dan dijamin kebenarannya sampai akhir zaman.

Terimakasih,semoga ada manfaatnya,  sekiranya ada kesalahan2 mohon dimaafkan, ditegur, dan kalau ada yang benar itu datang dari Allah swt.

Wabilahit taufik walhidayah
Wassalamu'alaikum wr wb

Sunday, November 14, 2010

ALQURAN ADALAH KITAB PEDOMAN HIDUP MANUSIA.



.بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
In the name of God, the Most Gracious, and the Most Merciful.
Assalamu'alaikum wr wb.
Bismillahirahmanirahiim.
Harapan saya semoga anda semua diberi kesehatan, kebahagian dan keberkahan rezeki yang berlimpah dimana saja anda berada, sukses semuanya. Semoga anda mendapat inspirasi tafsiran maju / modern zaman kini. Amiin.

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
كُنتُمۡ خَيۡرَ أُمَّةٍ أُخۡرِجَتۡ لِلنَّاسِ تَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَتَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنڪَرِ وَتُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ‌ۗ وَلَوۡ ءَامَنَ أَهۡلُ ٱلۡڪِتَـٰبِ لَكَانَ خَيۡرً۬ا لَّهُم‌ۚ مِّنۡهُمُ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ وَأَڪۡثَرُهُمُ ٱلۡفَـٰسِقُونَ 

Muslim yang bijak saling nasehat menasehati dengan ikhlas.
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Q.3:110.
Wisdom Nabi Daud as.
Orang bijak berilmu kalau ditegur/dingatkan berterimakasih dan bersyukur, tapi orang bodoh dan sombong marah dan benci.
Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfa’at bagi orang-orang yang beriman. (Q.51:55)

Yaa Allah lindungi aku dari tipu daya setan terkutuk.
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusan ku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.  QS 20:25-28.


TUJUAN BERAGAMA BERJIHAD UNTUK MENDAPATKAN
2 ( DUA) TEMPAT YANG MULIA YAITU:
SYURGA DUNIA DAN AKHIRAT.
Kalau sekiranya ulama dan pengikut2 tidak mendapatkan tempat yang mulia dari Allah yaitu Surga Dunia atau hidup yang sejahtera, dan bahagia artinya ulama dan pengikut2 salah memahami Hukum Islam. Allah sudah menjanjikan bahwa manusia yang benar memahami Islam PASTI mendapat tempat yang Mulia dari Allah ( Surga).

[Yaitu] orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.  Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia (surga dunia ) dan [dalam kehidupan] di akhirat (surga akhirat ). Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat [janji-janji] Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. (Q.10: 63-64).


Dan di antara mereka ada orang yang berdo’a: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia ( syurga dunia ) dan kebaikan di akhirat (syurga akirat ) dan peliharalah kami dari siksa neraka" Q.2:(201)

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu [kebahagiaan] negeri akhirat (surga akhirat ), dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari [keni’matan] duniawi (surga dunia ) dan berbuat baiklah [kepada orang lain] sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di [muka] bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Q.28:77) 

Kondisi Syurga dunia.
Dijadikan indah pada [pandangan] manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak [2] dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup ( Syurga dunia ) di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik [yaitu surga Akirat yg lebih mewah lagi) QS 3; 14.
(syurga dunia Hidup yang Sejahtera kaya raya)

Inti Ajaran Islam Terbagi 3 hal pokok;

1. Hubungan Manusia dengan Pencipta yaitu Tuhan.
Agar dapat bertemu dengan Allah di Syurga yaitu dengan Jiwa/ Roh yang bersih ( tidak Syrick, tidak Munafik, tidak ada benci. ) dan melakukan amal2 saleh atau karya2 nyata untuk kebaikan manusia.

2. Hubungan antara Manusia.
Agar dapat hidup Damai--Bahagia--Sejahtera harus berkasih sayang dengan semua orang dan menghormati perbedaan2 sebagai sunatulah.
Kunci sukses;
Hadis Nabi; Kamu belum mencintai dan beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu ( semua orang tanpa melihat agama,suku dan jenis) sebagaimana kamu mencintai diri kamu sendiri.
Nabi Muhammad saw Pelopor Human Right.
Melindungi Hak2 minoritas.
Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan [membela] orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdo’a: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini [Mekah] yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!". (Q.4;75).
Nabi Muhammad saw pelopor Pluralism.
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Q.49:13).

3. Bagaimana cara bekerja agar Hidup Sejahtera, Surga Dunia.?
Agar dapat Hidup Sejahtera dengan berwiraswasta.
Seperti dicontohkan oleh Nabi dan Istrinya.
Hadis: Sesungguhnya pedagang yang jujur dan benar
akan berada di bawah naungan Arsy ( syurga) Allah
pada hari kiamat.
Hadis; Tangan diatas lebih mulia dari tangan di bawah.

Nabi Muhammad saw dan istri Khadijah pedagang yang kaya raya dan pemurah. Juga pelopor ekonomi Kapitalis Islami.
Artinya Muslim boleh memiliki kekayaan sebesar besarnya
jangan takut, karena Allah Maha Kaya Raya.


Umumnya Ustadz dan habib mengklaim atau mengaku pengikut Al sunnah walajamaah, tapi tidak mengikut cara Nabi mencari Nafkah,sebaliknya menerima uang envelop yang mana Nabi tidak mengerjakannya.
(inilah ciri2 Munafik, perkatan tidak sama dengan perbuatan).


Oleh karena itu, Umat Islam hidup terbelakang / miskin karya nyata dari umat2 lainnya.
Yang mengikuti cara Nabi mencari Nafkah adalah orang2 Chines, Japan, Amerika dan negara2 Eropah dll. Hidupnya lebih sejahtera dari umat Islam. Mereka mendapatkan surga dunia.
Sangat menyedihkan sekali.
Berapa banyak usztadz dan Habib dan umat Muslim yang mengikuti Nabi mencari Nafkah dan hidup kaya raya? Sedikit bukan?

Jadi benarlah yang dikatakan oleh Allah dan Nabi bahwa umat Islam sedikit sekali yang bersyukur dan mendapatkan Surga dunia dan akhirat.

Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu [sumber] penghidupan ( emas, besi, perak, Mutiara, ikan, ladang yang subur dll). Amat sedikitlah kamu bersyukur. (Q.7:10) (Sedikit yang dapat menikmati atau sedikit hidup yang sejahtera kaya raya.)

"Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". Tetapi amat sedikit kamu bersyukur. (Sedikit yang masuk Syurga).
Q. 67;23. (mereka tidak menggunakan akalnya)


Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam [tubuh]nya Roh Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; [tetapi] kamu sedikit sekali bersyukur.( sedikit yg masuk surga ) Q.32: 9.

Orang orang yang tidak pandai bersukur dihukum oleh Allah swt.

Dan [ingatlah juga], tatkala Tuhanmu mema’lumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah [ni’mat] kepadamu, dan jika kamu tidak pandai bersyukur, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Q.14:7) 
Pernahkah Ustad2 dan habib2 menyampaikan ayat ayat diatas itu? Tidak pernah bukan?

Siapa yang salah kalau umat Islam sedikit mendapatkan syurga dunia? Bukakah Ulama?
Maju dan hancurnya bangsa atau umat sangat tergantung kepada ajaran Ulama.

Mari kita perbaiki.
Kalau ingin menjadi seorang Ustadz, Habib, atau doi
haruslah mengikuti sunnah Nabi dan Istrinya
mencari Nafkah dengan berniaga / wiraswasta. Haram menerima uang envelop!
Kalau tidak bisa berniaga jangan menjadi
Ustadz atau Habib atau doi dll.
Was Salam - With My Love.
+++++

A REFORMER TAFSIRAN ISLAM INDONESIA.
Prof Dr HM Quraish Shihab, pakar tafsir terkenal di Indonesia, mantan menteri agama RI, pelopor pembaharuan tafsiran al Quran, tafsiran modren, di Abad 21 ini berkata;
Assalamu’alaikum wr wb.
Prof.Dr.Haji, Muhammad Quraish Shihab berkata; Alquran tidak kering. Betapa pun orang membahasnya, setiap saat dia memberikan hal yang baru. Begitu juga ketika ia mempelajari Alquran. Dia bisa menemukan makna baru, rahasia baru yang belum ditemukan oleh orang sebelumnya karena dia bersumber dari Tuhan.

Saya terinspirasi dengan tafsirannya yang berbeda dengan kebanyakan ahli2 tafsir dari Ulama Radikal intoleran negara2 Timur Tengah.
Misalnya;
1.Wanita2 Muslim tidak perlu merasa berdosa kalau tidak berjilbab, karena kepala, muka,tangan dan kaki itu bukanlah aurat wanita.
2. Muslim jangan merasa berdosa kalau mengucapkan Natal  kepada teman2 Kristen.
3. Muslim boleh memilih pemimpin bangsa dari orang Kristen (non Islam) asalkan saja tidak memusuhi Islam, jujur, adil dan cerdas.

How Masih Alinejad (Shiah Iran) starteda social Movement
against forced hijab / Jilbab


Muslim Women's Sunni ( Saudi Arabia ), Mrs. Samina Ali.



Sekte Ismaili, Fatwa Imam Aga Khan;

Wanita tidak perlu berdosa kalau tidak berjilbab
di zaman Modren ini.
Imam Aga Khan seorang keturunan Nabi Muhammad saw, dan beliau benar2
mengikuti sunnah Nabi dalam mencari Nafkah yaitu berbusines.
Aga Khan seorang Business yang sukses di dunia di abad 21 ini.
Termasuk seorang yang terkaya di dunia.


Wanita Muslim Ismaili tidak berjilbab.


Iran dan Saudi Arabia adalah penjara terbesar bagi wanita, dimana
wanita dipaksa untuk menutup kepala, tangan dan kaki, berhijab, haram bersalaman dan duduk dengan laki laki, haram keluar rumah tanpa laki laki, haram, haram berpacaran, haram menjadi pemimpin, haram bernyanyi di TV dan tempat2 publik, haram memakai perfum. Lebih sadis lagi ISIS menjadikan wanita menjadi budak, gundik dan dijual belikan. Di Saudi Arabia wanita haram menyopir mobil di abad modern ini. Nauzubilah.
Banyak Umat Islam Indonesia yang tertipu mengamalkan Islam zaman kuno Arab.
Dalam bukunya tersebut, Quraish menyimpulkan, bahwa: “ayat-ayat al-Quran yang berbicara tentang pakaian wanita mengandung aneka interpretasi.” Juga, dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.”

Saya sependapat dengan tafsiran beliau, bahwa menutup kepala, tangan dan kaki itu adalah budaya wanita2 yang tinggal dipadang pasir agar pasir tidak merusak kulitnya dan rambutnya. Alasan kedua wanita Arab meakai Burqa, agar tidak diganggu dan diculik oleh orang orang yang tidak dikenal atau oleh musuh yang ingin menjadikan wanita sebagai budak, gundik dan dijualbelikan.  Ulama zaman kuno itu mempelintir ayat ayat Allah yang mengatakan bahwa rambut kepala, tangan dan kaki adalah aurat. Ulama ini beerpaham primitif. Tidak berilmu luas. fanatik
Dan sesungguhnya kebanyakan (dari ulama radikal intoleran isis, saudi ,iran ) benar-benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas. QS.6:119
Masih menurut Quraish, “Perbedaan para pakar hukum itu adalah perbedaan antara pendapat-pendapat manusia yang mereka kemukakan dalam konteks situasi zaman serta kondisi masa dan masyarakat mereka, serta pertimbangan- pertimbangan nalar mereka, dan bukannya hukum Allah yang jelas, pasti dan tegas.“Bukankah Al-Quran tidak menyebut batas aurat?
Kesimpulan ini perlu dipertegas, agar tidak ada salah persepsi diantara pembaca, bahwa ‘batas aurat wanita’ memang begitu fleksibel, tergantung situasi dan kondisi.
Kondisi turunnya ayat2 Allah di Zaman Nabi
terbagi 2.
Wahyu wahyu Allah turun kepada Nabi selama 23 tahun.
Pertama ayat ayat yang turun waktu perperangan dan permusuhan. Ayat ayat ini bersikap keras, tegas dan bermusuhan dengan kaum Yahudi, Nasrani radikal dll.
Muslim Radikal Intoleran mengambil rujukan ayat ayat peperangan mengajak umat Islam membenci umat Nasrani dan Yahudi dan haram memilih Pemimpin dari Nasrani ( Ahok ) atau Yahudi.

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk [yang benar]". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. (Q.2:120)
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin [mu]; sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. Q.5:(51) 
Kedua; ayat ayat yang turun waktu sudah damai. Ayat ayat ini Allah memerintahkan untuk berkasih sayang dan berlaku adil kepada semua orang.
Inilah yang harus kita peringatkan kepada golongan Islam radikal intoleran bahwa mereka salah mengambil rujukan dan merusak citra Islam yang rahmat dan damai.

Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak [pula] mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Q.60:(8) 

Saya berpendapat bahwa Jilbab Burqa itu adalah pakaian wanita Muslim yang tinggal di padang pasir, dan daerah sering terjadi penculikan wanita di zaman primitif.  Wanita Muslim Indonesia tidak perlu memakai Jilbab karena tidak ada pasir panas yang akan merusak rambut kepala dan kulit, dan juga tidak ada laki2 yang akan menculik dan menganggu, ada polisi disini yang akan menjaga. Kecuali kalau anda tinggal di padang pasir. Masuk akal waras bukan?
Mari saya ajak anda memahami Syriah Islam lain2nya. Semoga terinspirasi.
+++++

ALLAH SWT MENERANGKAN AL QURAN SEBAGAI BERIKUT;
"Sesungguhnya Al Qur’an itu benar-benar wahyu Tuhan yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, ia bukan gubahan ahli syair, dan bukan pula mantera-mantera tukang tenung, ia adalah wahyu yang diturunkan dari Tuhan semesta alam."(QS 69: 40-43).

" Al-Qur’an mengandung banyak manfaat dan faedah untuk keselamatan
manusia.” (QS.56:77).

Dan Al Qur'an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian. (QS.17:106) (kepada Nabi Muhammad saw selama 23 tahun)

"Al-Qur’an adalah kitab yang Allah turunkan yang diberkati, ikutilah dan bertaqwalah agar kamu diberi rahmat.(QS.6:155).

"Sesungguhnya Al Qur’an itu bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang
terpelihara.” (QS 56: 78).

"Dan Allah turunkan kepadamu Al Qur'an untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah
diri.” (QS 16: 89).

"Dan demikianlah Allah yang menurunkan Al Qur'an itu sebagai peraturan
dalam bahasa Arab.” (QS 13: 36-37).

"Sesungguhnya Al qur'an itu mengandung hikmah.” (QS 10: 1).

"Sesungguhnya Al Qur’an itu tidak ada keraguan padanya petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.” (QS 2: 2).

"Sesungguhnya Al Qur’an itu adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan
petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS 3: 138).

"Inilah suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan
secara terperinci, yang diturunkan dari sisi Allah yang Maha Bijaksana lagi
Maha Tahu.(QS 11: 1)

“Sesungguhnya Allah menurunkan Al Qur'an itu pada malam kemuliaan
(QS 97: 1).

Sesungguhnya Al Qur'an itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang batil, (QS.86:13).

Yaa Tuhan ku sesungguhnya kaumku menjadikan Al quran ini suatu yang tidak diacuhkan" (Qs.25;30)

Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (QS.17:88)

"Dan sesungguhnya Al Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin (Jibril),
Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji. (QS.14:1)

"Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al Qur'an) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu. (QS.57:9)
"Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(QS.6:114-115)

Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu,Kitab-kitab Ibrahim dan Musa (QS.87:18-19)

Kesemuanya haiwan dibumi, dan kesemua burung burung yang berterbangan dengan kepak kepak adalah komuniti seperti kamu. Kami tidak tinggalkan suatu apapun dari kitab ini. Kepada Tuhan mereka, semua haiwan haiwan ini akan dikumpulkan. QS.6:38

.Kepujian bagi Allah, yang menurunkan kitab ini kepada hambaNya, dan dijadikannya dengan tidak ada sedikit pun kecacatan. Penuh dengan kesempurnaan (kitab) untuk memberi amaran akan hukuman yang azab dariNya, dan untuk menyampaikan berita berita baik kepada orang orang percaya yang menjalani QS.18:1-2


Mestikah aku mencari selain Allah sebagai perundangan, apabila Dia yang telah terangkan kepada kamu kitab yang sempurna dan terperinci?* Mereka yang mendapat kitab mengenalinya yang ianya telah diturunkan oleh Tuhan kamu, dengan kebenaran. Kamu jangan sekali kali menyimpan sebarang keraguan.QS.6:114.

Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah). QS.6:116.

Maka hendaklah mereka mendatangkan kalimat yang semisal Al Qur'an itu jika mereka orang-orang yang benar.QS.52:34.

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur'an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun pemberi petunjuk baginya.QS.39:23

Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.QS.31:6

"Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu Al Qur'an, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah-rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (Q.S Al-An'am 6.115)

(Ini adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam) nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat-ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya.QS.24:1

Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu ayat-ayat yang jelas; dan tak ada yang ingkar kepadanya, melainkan orang-orang yang fasik. (QS.2:99)

Maka kepada perkataan apakah selain Al Quran ini mereka akan beriman?QS.77;50
(apakah kepada hadist2 atau riwayat yang dibuat manusia? )

Demikianlah ALLAH menjelaskan kepada kita tentang Al Quran sebagai pedoman hidup setiap manusia yang diciptakanNya.

RINGAKASAN AKHLAQ / BUDI PEKERTI  RASULULLAH SAW.

TERTULIS DENGAN JELAS DI AL QURAN.
Diantara sifat2 Rasulullah saw yang mulia adalah (1) Humility.(kerendahan hati ), (2) membela kaum minoriti tertidas serta (3) berlaku adil kepada umat Kristen, Yahudi dan lain2nya (Human Right ).(4) Mencintai semua orang tanpa melihat agama dan sukunya.5. Berniaga dalam mencari nafkah.

HUMILITY / FREEDOM OF SPEECH.
Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil (menghina, berolok2 ) menyapa mereka, mereka mengucapkan / membalas dengan kata-kata yang baik. QS.25:63.

(artinya kalau ada orang yang menghina Islam atau Nabi, jangan marah / atau membunuh, tapi balas dengan kata kata yang baik )

HUMAN RIGHT/ MEMBELA HAK ASASI MANUSIA.
Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah(tertindas) baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah)yang lalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!".[QS 4:75]

Dengan kata lain Nabi membela Hak Asasi (Ham) kelompok minoritas yaitu hak2 kemerdekaan beragama, berbicara, berexpressi dll.

(Artinya Nabi membela hak2 minoritas yang tertindas oleh pemerintah, atau membela hak asasi manusia atau Human Right )

JUSTICE FOR ALL/BERLAKU ADIL UNTUK SEMUA MANUSIA.
"Katakanlah (hi Muhammad ) : "Aku beriman kepada semua Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan supaya berlaku adil di antara kamu ( Kristian and Yahudi ) Allah-lah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah kembali [kita]" QS 42:15.
Dengan kata lain Nabi berlaku adil kepada semua manusia tanpa melihat agama,suku, budaya, dan gender. lihat juga; QS.60:7-8. QS.5:8

(artinya Nabi berlaku adil dan berkasih sayang dengan umat Kristen,Jews , atau semua orang tanpa melihat agama, tidak beragama, dll )

Wisdom Nabi Muhammad saw yang Utama.
Peringatan Nabi;Kamu belum beriman dan mencintai Allah, kalau kamu belum mencintai semua manusia (tanpa melihat agama,suku, gender ) sebagaimana kamu mencintai diri sendiri. Hadis

Quran.3;31.Cika kamu benar2 mencintai Allah, ikutilah perintah2 Aku, Aku akan ampuni dosa2 mu (artinya bisa ke Syurga )

Wisdom Nabi Muhammad ini juga terdapat di Bible.
Cintailah tetangga kamu sebagaimana kamu mencintai diri kamu sendiri. Jika kamu tetap membenci dan melukai satu sama lain, tunggulah kehancuran.Galatian 5:14
Ini adalah hukum utama Hablul Minanash ( hukum bermasarakat ) Siapa yang mengamalkan wisdom ini hidupnya akan terang benderang, artinya sukses dan bahagia. Sebaliknya Muslim2 yang tidak mengamalkan sunnah Nabi yg utama ini hidupnya tidak sukses dan bahagia. Apalagi kalau menyebarkan kebencian kpd seseorang karena agama atau suku, dia adalah Muslim munafik, tunggulah kehancuran ! Neraka tempatnya.

ENTERPRISE/ BERWIRASWASTA DALAM MENCARI NAFKAH.
Tangan di atas lebih mulia dari pada tangan dibawah. HR.Buhaiqi.
Sesungguhnya pedagang yang jujur dan benar akan berada di bawah naungan Arsy ( syurga) ALLAH pada hari kiamat.HR Dailami.

Nabi Muhammad saw adalah Nabi Rahmat Qs 21:107 bagi semua manusia, termasuk orang2 yang tidak beriman, berbeda suku atau bangsa dan budaya.

Rahmat arti sesungguhnya adalah dimana non Muslim merasa aman, sejuk, dan tidak takut, tinggal bertetangga dengan Muslim, dan diperlakukan dengan adil. Kalau umat Kristen ingin membangun gereja, umat Islam ikut membantunya, begitula sebaliknya.

Islam adalah agama bukan agama radikal tapi liberal 100 %,  damai, agama rahmat, toleransi, pemaaf, berkasih sayang dengan Muslim dan non Muslim, sabar, berilmu, bekerja keras dan berkarya yang dapat dipersembahkan untuk kesejahteraan umat manusia.

Islam Liberal di rahmati oleh Allah swt,sebaliknya Muslim radikal di kutuk oleh Allah swt. karena perbuatan zolimnya.

HADIYAH DAN HUKUMAN  REWARD AND PUNISHMENT.

Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.QS.64:11

1. Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita? QS.71:16.

2. Dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya,
QS.71:17

3. Kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalam tanah dan mengeluarkan kamu (daripadanya pada hari kiamat) dengan sebenar-benarnya. Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan, QS.71:18-19

4. Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat. (QS.23:15-16).

5. (yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik (orang2 tingkat taqwa )oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun`alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan". QS.16:32)

Perbuatan2 baik dan buruk akan di timbang di akirat.

6.Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.
(Allah berfirman): "Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan." (QS.45:28).

Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.
Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami.QS.7:8-9

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Sesungguhnya neraka Jahanam itu (padanya) ada tempat pengintai, lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas, mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya, mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal.QS.78:21-26

Sesungguhnya neraka Jahanam itu (padanya) ada tempat pengintai, lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas, mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya, mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal.QS.78:21-26

7. Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata): "Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar", (tentulah kamu akan merasa ngeri).

Demikian itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak menganiaya hamba-Nya, (QS.8:50-51).

7. Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.

(Allah berfirman): "Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan." (QS.45:28).

8. Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS.4:56)

9.Janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu kepadamu supaya kamu memahami (nya). (QS.6:151)

10. Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya.
Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi. (QS.5:32).

11. Dan jagalah dirimu dari (`azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikit pun; dan (begitu pula) tidak diterima syafa`at dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong. QS.2:48.

12. Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar,Qs 5:33.

Apakah ada neraka di dunia sebelum akirat? Yes.

14. Kami biarkan mereka merasai siksaan yang kecil (didunia ini), sebelum mereka merasakan hukuman yang lebih besar (Akhirat), supaya mereka dapat (mengambil peringatan) dan membaiki diri QS.32:21.
Masa kejayaan sebuah bangsa dipergilirkan;Pemerintahan
Negri Arab pernah menjadi emperium di dunia, sebuah negeri yang rahmatan lil'alamin.Kemudian Turky, Eropah dan sekarang Amerika yg menerima mahkota eperium dari ALLAH swt.
15. Jika kamu (pada perang Hud) mendapat luka maka sesungguhnya kaum (kafir) itupun (pada perang Badar) mendapat luka yang serupa. Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia(agar mereka mendapat pelajaran)..QS.3:140. QS.7:34. .

Hai orang-orang yang beriman, (1) taatilah Allah dan taatilah Rasul
(Nya),dan(2) ulil amri (pemerintahan)di antara kamu. QS 4:59.

Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan atau pun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya.Dan kalau mereka menyerahkannya kepada ( 1)Rasul dan( 2 ) Ulil Amri (pemerintahan )di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). QS.4:83.







Abdullatif invites you to the truth of Islam. 


------------------------------------

AGAMA ISLAM ADALAH AGAMA YANG DI RIDHOI OLEH ALLAH SWT.

Kitab2 Agama ALLAH / Islam yaitu; Kitab Taurat,Zabur,Injil dan Al Quran.
Semua pengikut2 nya adalah Islam.

[Ikutilah] agama orang tuamu Ibrahim. Dia [Allah] telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu [1] dan [begitu pula] dalam [Al Qur’an] ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. QS 22:78   

Sesungguhnya Al Qur'an itu adalah benar-benar wahyu (Allah yang diturunkan kepada) Rasul yang mulia (QS.69:40).

Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang  Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan,Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan.QS 59:23  .

"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, [1] (25) dan mudahkanlah untukku urusanku, (26) dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, (27) supaya mereka mengerti perkataanku,QS 20;25.

(Semoga para pembaca terutama dari aktivist Islam dapat memahami ajakan saya ini, dan terbuka hatinya.amien ).

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan  hamba-hamba-Mu yang saleh".QS 27:19.

Al Quran adalah buku pedoman hidupku, sumber inspirasiku, sumber ilmuku,buku kesehatanku, makanan rohaniku, sumber kekuatanku, sumber kenikmatan2ku,buku untuk menyerahkan diri kepada ALLAH yang akan memberikan aku rahmat, rezeki,kesehatan,anak2 dan istri sebagai syurga  dunia dan untuk mendapatkan syurga di akirat,insya ALLAH.

Surah MANUSIA QS 76:1-31
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? (1) Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur [3] yang Kami hendak mengujinya [dengan perintah dan larangan], karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat. (2) Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir. (3) Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang-orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala-nyala. (4) Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas [berisi minuman] yang campurannya adalah air kafur [4]. (5) [yaitu] mata air [dalam surga] yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya. (6) Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana. (7) Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. (8) Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula [ucapan] terima kasih. (9) Sesungguhnya Kami takut akan [azab] Tuhan kami pada suatu hari yang [di hari itu] orang-orang bermuka masam penuh kesulitan. (10) Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan [wajah] dan kegembiraan hati. (11) Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka [dengan] surga dan [pakaian] sutera, (12) di dalamnya mereka duduk bertelekan di atas dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya [teriknya] matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan. (13) Dan naungan [pohon-pohon surga itu] dekat di atas mereka dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya. (14) Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca, (15) [yaitu] kaca-kaca [yang terbuat] dari perak yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya. (16) Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas [minuman] yang campurannya adalah jahe. (17) [Yang didatangkan dari] sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil. (18) Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan. (19) Dan apabila kamu melihat di sana [surga], niscaya kamu akan melihat berbagai macam keni’matan dan kerajaan yang besar. (20) Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. (21) Sesungguhnya ini adalah balasan untukmu, dan usahamu adalah disyukuri [diberi balasan]. (22) Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an kepadamu [hai Muhammad] dengan berangsur-angsur. (23) Maka bersabarlah kamu untuk [melaksanakan] ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka. (24) Dan sebutlah nama Tuhanmu pada [waktu] pagi dan petang. (25) Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari. (26) Sesungguhnya mereka [orang kafir] menyukai kehidupan dunia dan mereka tidak memperdulikan kesudahan mereka, pada hari yang berat [ hari akhirat]. (27) Kami   telah menciptakan mereka dan menguatkan persendian tubuh mereka, apabila Kami menghendaki, Kami sungguh-sungguh mengganti [mereka] dengan orang-orang yang serupa dengan mereka. (28) Sesungguhnya [ayat-ayat] ini adalah suatu peringatan, maka barangsiapa menghendaki [kebaikan bagi dirinya] niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (29) Dan kamu tidak mampu [menempuh jalan itu], kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (30) Dia memasukkan siapa yang dikehendaki-Nya ke dalam rahmat-Nya [surga]. Dan bagi orang-orang zalim disediakan-Nya azab yang pedih.QS 76:1-(31)

Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab [Al Qur’an] kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Qur’an itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.QS 6: (114).
Muslim2 Yang benar2 mengikuti perintah2 ALLAH dengan sempurna dan baik,tidak setengah2, disebut muslim bertaqwa, maka ALLAH menjanjikan akan memberikan hidup yang sukses dan sejahtera (kaya harta-uang,kebun2 yg subur dan anak2 ) kepada muslim bertaqwa.

ALLAH juga berfirman dlm Al Quran;
Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. ( successful) Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (Prosperous ) QS.65:2-3

ALLAH berfirman juga kepada Nabi Musa as yang maknanya sama.
Joshua; 1:8-9
"Be sure that the book of law is always read in your worship.Study it day and night,and make sure that you obey everything written in it. Then you will be prosperous and successful.  

Kepada Nabi Daud as
Happy are those who obey God' laws,who live by His commands. Your work will provide for your needs; you will be happy and prosperous. Your wife will be like vine in your home,and your sons will be like young olive trees around your table.A man who obeys God will surely be bless like this.
Psalms 128:1
---------------------------
Bahagialah orang2 yang mengikuti perintah2 ALLAH, Hasil pekerjaan nya akan memberikan apa yang diperlukannya, dan kamu akan bahagia dan sejahtera..Istri anda seperti vine dirumah anda dan anak2 anda akan seperti batang olive di meja makan anda.Seorang laki yang mengikuti perintah2 ALLAH pasti akan mendapat rahmatNya.

Wise People( taqwa) live in wealth and luxury,but stupid people spend money as fast as they get it. Proverb 21;20.
Orang bijak (taqwa) hidup dalam kekayaan dan kemewahan, tetapi orang bodoh menghabiskan uang yang diprolehnya secepat mungkin.

Orang2 yang mentaati perintah2 ALLAH dengan sempurna disebut seorang yg bertaqwa.Semua perintah2 ALLAH ditaati dengan ikhlas,dan semua larangan2nya di hentikan.

Semoga kita semua dan para pembaca artikel ini benar2 dapat mentaati perintah2 ALLAH dgn baik lagi sempurna.amin.

Saya susun ayat2 ALLAH dibawah ini,agar pembaca budiman dgn mudah mengerti dan mengamalkannya dgn baik dan sempurna. Semoga banyak manfaatnya.
Assalamu'alaikum wrwb.
Semoga ALLAH Yang Maha Pelindung melindungi saya dari tipu setan terkutuk dalam menjusun ayat2 dibawah ini sesuai dengan issue dalam masarakat Islam.
Bimilahirahmanirrahiim.
Dengan Nama ALLAH Yang Maha pengasih dan Maha Penyayang.
What ever we do, be done with love of God (Cor.16:13).
Apa saja yang kita kerjakan hendaklah dengan kasih sayang dari ALLAH.
 
Tiada Tuhan kecuali ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kepada MU lah kami menyembah, kepada MU lah kami minta pertolongan dan kepada MUlah kami mengucapkan terimakasih atas segala pemberian2MU, rahmat, rezeki,kesehatan dan hidup yang indah ini.

Kepada MU lah satu satunya kami tempat memuji,karena semua pujian2 adalah milik MU semata.

Rasulullah saw adalah seorang anak yatim piatu yang miskin, kemudian menjadi seorang pemuda yang kaya raya berprestasi di juluki "al amin" orang yang jujur dan amanah, dan beliau diangkat menjadi pesuruh ALLAH (prophet) di muka bumi ini, dengan tugas pemberi peringatan (bukan menghukum) dan menjadi teladan agung bagi manusia. Jasa jasanya sangat banyak sekali untuk kemanusiaan.

Kedatangan Rasulullah saw atau Islam ke dunia ini adalah untuk mengajarkan manusia bertauhid kepada ALLAH yang Esa, mengajarkan akhlaq Islami  atau akhlaq mulia, mengajarkan wajib berlaku adil kepada semua rakyat tanpa melihat agama,suku,gender, dan mengajarkan agar manusia dapat hidup sejahtera di bumi ini  dengan kata lain untuk menciptakan masarakat Rahmatan lil'alamin untuk semua manusia di bumi ini.Justice for all,and equality.

Selain dari pada itu kedatangan Rasulullah saw juga untuk menyempurnakan peraturan2 ALLAH sebelumnya yang ada dalam kitab2 Taurat, Zabur dan Injil.
Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (QS.21:107-108)

Dalam menyilami Rahasia2 ALLAH dalam al Quran sangat menarik perhatian saya bertahun2, saya menemukan beberapa ayat ALLAH tentang “al Quran itu sendiri”

Dengan penemuan2 saya ini semoga kita kembali kepada aqidah yang lurus yang diredhoi oleh ALLAH swt.Semoga kita semua terhindar dari dosa2 syirik yang berbahaya dan azab api neraka.

ALLAH Yang Menciptakan manusia, dan alam semesta. ALLAH menciptakan pula peraturan-peraturan-Nya, sebagai pedoman hidup manusia menuju surga. A Map of Traveler on earth. Al-Qur’an adalah sumber ilmu dan sumber ketenangan hidup kita.

Nabi Muhammad saw adalah orang yang menerima wahyu2 ALLAH, beliau seorang yang luar biasa, istimewa, banyak jasa jasanya pada kita dan dunia. Ia adalah seorang sari tauladan yang Agung. Beliau seorang yang kaya raya, dan berprestasi dalam perdagangan, dijuluki Al Amin.

Sebelum turun Al-Qur’an, kehidupan manusia di tanah Arab dan tempat2 lainnya sangat jahiliyah dan primitif, kira2 98% adalah buta huruf.

Lihatlah masyarakat di kampung kampung tanah Arab yang masih primitif, di hutan hutan Brazil dan hutan lainnya yang masih telanjang bulat, mereka menggunakan daun2 untuk menutup auratnya.Sebagaimana pakaian nabi Adam dan Hawa.

Lihatlah bukti2 yang diberikan oleh ALLAH sampai hari ini,sebagai pelajaran bagi kita yang mau berpikir.




ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA DARI TANAH LIHAT  DGN SIFAT2NYA;
KItab Taurat;
Adam dan Hawa.
God took same soil from the ground and formed a man out of it. God breathed life giving breath into his nostril and the man began to live. Genesis 2:7.
It is not good for the man to live alone,God will make wife. Then God made the man fall into deep sleep and while he was sleeping,God took out one of the man’s Rib and closed up the the flesh.--brought her to him.--named is Eve.Genesis 2:21.

Wahyu ALLAH di Kitab Taurat.Genesis.3:1-19.

Genesis. 2:7---ALLAH menciptakan Adam dgn tanah di syurga dan ditiupkan roh,maka hiduplah Adam.

Genesis 2:9----ALLAH menciptakan bermacam macam pohon di Syurga..dan memberikan pelajaran kepada Adam tentang pohon2 yang baik dan buruk.

Genesis 2:15----ALLAH membolehkan memakan buah2an dari bermacam pohon, kecuali sebuah pohon yg haram di makan buahnya karena buahnya berbahaya kalau dimakan.

Genesis 2:21 ---ALLAH menidurkan Adam kemudian dari tulang rusuknya dijadikan Hawa sebagai istrinya Adam

Genesis 3:2.---Syaitan yg diumpamakan Ular membunjuk Hawa untuk memakan buah pohon yg dilarang oleh ALLAH.

Genesis 3:6 -----Hawa terpedaya oleh ucapan Ular itu dan Hawa mengambil beberapa buah pohon itu dan dimakan dan Hawa memberikan kepada Adam buah itu dannAdam ikut memakannya atas bujukan Hawa.

Genesis 3:13.Kemudian ALLAH bertanya kepada Hawa dan Adam; Kenapa kamu makan buah itu? Hawa menjawab memperdayakan saya katanya.

Genesis. 3:16-19-----ALLAH mengusirkan Ular(Iblis) dan Adam serta Hawa ke Bumi dan mengutuk keduanya dengan mengatakan bahwa kamu akan bekerja keras untuk mencari makan sampai kamu berkeringat dan kamu akan kembali ketanah darimana kamu berasal dulunya.

So the God sent him out from the Garden of Eden(heaven)and made him to cultivate the soil from which he had been formed,Genesis 3:23.

Genesis 4:1----Adam dan Hawa sudah berada di bumi dan kemudian keduanya melakukan hubungan sexual, Hawa menjadi seorang wanita yang mengandung. Dari sini mulailah berkembang keturunan nabi Adam.

Dalam Al Quran di tambahkan oleh ALLAH sebagai berikut.


Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. [35] Dan Kami berfirman: "Hai Adam diamilah oleh kamu dan istrimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang lalim. [36] Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan".[QS 2:34-36].

I will make you and  the woman hate each other;her offspring and your trouble in pregenancy and your pain in giving birth.In spiet this you will still have desire for your husband,yet you will be subject to him.Genesis 3:16

[37] Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. [38] Kami berfirman: "Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati". [QS 2:37].

Dan Kami berfirman: "Hai Adam diamilah oleh kamu dan istrimu di surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang lalim.QS.2:35 .

Nabi Adam adalah juga Khalifah pertama di dunia ini.
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".QS 2:30.

Siapa siapa yang mengingkari peraturan2 ALLAH akan masuk neraka di dunia dan akirat.

Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.QS.2:39.

Dari wahyu ALLAH diatas itu jelas bagi kita bahwa Adam adalah manusia pertama yg di buat dari tanah dan istrinya Hawa atau Eve terbuat dari tulang rusuk Adam.

Dari Al Quran, kita juga dapat menemukan wahyu ALLAH bahwa Adam diciptakan dari tanah kemudian diberikan Roh.Hanya saja tidak disebutkan begaimana istrinya Hawa di ciptakan oleh ALLAH.

Sesungguhnya misal [penciptaan] ’Isa di sisi Allah, adalah seperti [penciptaan] Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" [seorang manusia], maka jadilah dia. (59) [Apa yang telah Kami ceritakan itu], itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu. QS 3:(60)

1. "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering [yang berasal] dari lumpur hitam yang diberi bentuk. (28) Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh [ciptaan] Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud [2]. (29)
"When I have fashioned him (in due proportion) and breathed into him of My spirit, fall ye down in obeisance unto him."QS.15:29.
Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, QS 55:(14).

(Allah) said: "O Iblis! what prevents thee from prostrating thyself to one whom I have created with My hands?
Keturunan Adam dan Hawa diciptakan dari sari Tanah,yaitu air mani dari laki2.
2.Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya. Kemudian Dia memudahkan jalannya, kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur, kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali.
From a sperm-drop: He hath created him, and then mouldeth him in due proportions;  Then doth He make his path smooth for him; Then He causeth him to die, and putteth him in his Grave; Then, when it is His Will, He will raise him up (again)..(QS.80:19-21)

Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. (7) Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina [air mani]. (8) Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam [tubuh]nya roh [ciptaan] -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; [tetapi] kamu sedikit sekali bersyukur. QS 32:(9)

Nabi Adam adalah juga Khalifah pertama di dunia ini.
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan   berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".QS 2:30

Nabi Adam diterima toubatnya oleh ALLAH,karena berdosa.
Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.QS2:37
3.Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagai dikehendaki Nya.
Allah, it is who shapes you in the wombs as Allah will (QS.3:6)
4. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh) mu seimbang, dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuh-mu.
Him Who created thee, fashioned thee in due proportion, and gave thee a just bias; In whatever form He wills, does He put thee together. (QS. 82:7)
5. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.
Man We did create from a quintessence (of clay); Then We placed him as (a drop of) sperm in a place of rest, firmly fixed; Then We made the sperm into a clot of congealed blood; then of that clot We made a (foetus) lump; then We made out of that lump bones and clothed the bones with flesh; then We developed out of it another creature. So blessed be Allah, the Best to create! After that, at length ye will die.  Again, on the Day of Judgment, will ye be raised up. (QS.23:12-16)
6. Katakanlah: "Dia-lah Yang menjadikan kamu berkembang biak di muka bumi, dan hanya kepada-Nya-lah kamu kelak dikumpulkan".
Say: It is He Who has created you on the earth, and to him shall you be gather (in the Hereafter) (QS.67:24)
8. Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan, dari air mani, apabila dipancarkan.
And that Allah created the pairs, male and female, from Nutfah or drops of semen when it is emitted (QS.53:45-46).
9. Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, lidah dan dua buah bibir.
Have We (Allah) not made for him two eyes, a tongue, and two lips. (QS.90:8-9)
10. Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,
Truly man was created very impatient; Fretful when evil touches him; And niggardly when good reaches him; (QS.70:19-21).
11. Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah.
.And man created weak (can’t be patient to leave sexual intercourse with women) (QS.4:28).
12. Bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus.
Nah, man desires to continue committing sins.(QS.75:5).
13. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.
And man is ever hasty (hurry) (QS.17:11)
14. Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.
Say: It is He who has created you, and endowed you with hearing (ear), seeing (eyes), and hearts. Little thanks you give (QS.67:23)
15. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya,
He brought you forth from the earth, and settle you therein (to prosper the earth).(QS.11:61).
16. Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. (QS.35:39.)
Who It is Who has made you successors generations after generations in the earth.
17.Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya,QS.50:16.
It was We Who created man, and We know what dark suggestions his soul makes to him: for We are nearer to him than (his) jugular vein.
18. Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah swt, dan apa  apa saja bencana yang menimpa mu(kemiskinan, peperangan, kerusuhan dll) adalah datang dari kelalaian kamu sendiri. Kami mengutus kamu (Muhammad ) kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.QS.4:79.
Whatever good, (O man!) happens to thee, is from Allah; but whatever evil happens to thee, is from thy (own) soul. And We have sent thee as a Messenger to (instruct) mankind. And enough is Allah for a witness.
19. Sesungguhnya Allah swt tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apa bila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya, dan sekali kali tak ada pelindung bagi mereka.QS 13:11.
For each (such person) there are (angels) in succession. Before and behind him: they guard him by command of Allah. Verily never will Allah change the condition of a people until they change it themselves (with their own souls). But when (once) Allah willeth a people's punishment, there can be no turning it back, nor will they find, besides Him, any to protect.
20. Manusia itu betul betul telah dilalaikan.   Melainkan orang orang yang percaya dan yang menjalani kehidupan yang benar, dan yang menyuruh satu sama lain supaya menegakkan kebenaran, dan menyuruh satu sama lain supaya bersabar. QS 103:2-3.
Verily Man is in loss,  Except such as have Faith, and do righteous deeds, and (join together) in the mutual teaching of Truth, and of Patience and Constancy.
21. Disisi Allah ada segala ilmu pengetahuan berkenaan Waktu (akhirnya dunia).* Dia sahajalah yang menurunkan hujan, dan Dia sahajalah yang mengetahui kandungan kandungan di dalam rahim. Tidak ada satu roh pun yang akan ketahui apa yang akan berlaku keatasnya pada keesok hari, dan tidak ada sesiapa pun yang mengetahui bumi manakah yang dia(lelaki) dan dia (perempuan) akan mati. Sesungguhnya, Allah sahajalah yang Maha Mengetahui lagi Maha PerihatinQS.31:34.
Verily the knowledge of the Hour is with Allah (alone). It is He Who sends down rain and He Who knows what is in the wombs. Nor does anyone know what it is that he will earn on the morrow; nor does anyone know in what land he is to die. Verily with Allah is full knowledge and He is acquainted (with all things).
22. Kami pasti akan memberikan (testing) kepada kamu dengan rasa ketakutan, kelaparan, dan kehilangan harta, nyawa, dan tanam tanaman. Berikanlah berita baik kepada orang orang yang sabar.QS.2:155.
Be sure We shall test you with something of fear and hunger, some loss in goods or lives or the fruits (of your toil), but give glad tidings to those who patiently persevere.
23. . Dia berkata, "Sebenarnya, kamu hanya tinggal dalam masa yang singkat saja, jika hanya kamu  ketahui. “QS.23:114.
He will say: "Ye stayed not but a little, if ye had only known!
24. Dia Sahajalah yang menyempurnakan setiap suatu ciptaanNya, dan memulakan denganmenciptakan manusia dari tanah liat. Lalu Dia meneruskan kejadiannya melalui sesuatu cecair yang rendah. Dia membentuknya dan meniup kedalam dari rohNya. Dan Dia memberikan kamupendengaran, penglihatan dan 'akal fikiran; jarang sekali kamu berterima kasih dengannya.QS.32:7-9.
He Who has made everything which He has created Most Good: He began the creation of man with (nothing more than) clay,
[8] And made his progeny from a quintessence of the nature of a fluid despised:
[9] But He fashioned him in due proportion, and breathed into him something of His spirit. And He gave you (the faculties of) hearing and sight and feeling (and understanding): little thanks do ye give!
25. Sudah pasti, tiap tiap orang telah dijaga rapi.  hendaklah manusia memperhatikan tentang penciptaannya. Dia telah diciptakan dari secair yang terpancut. Diantara tulang belakang dan visera.  Tentu sekali Dia berupaya untuk membangkitkannya.
Dihari yang semua rahsia rahsia dapat diketahui. Dia tidak akan mempunyai kuasa, ataupun seorang penolong. QS.86:4-10
There is no soul but has a protector over it.
[5] Now let man but think from what he is created!
[6] He is created from a drop emitted,
[7] Proceeding from between the backbone and the ribs:
[8] Surely (Allah) is able to bring him back (to life)!
[9] The Day that (all) things secret will be tested,
[10] (Man) will have no power, and no helper.

26. (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. QS 50:17.
Behold, two (guardian angels) appointed to learn (his doings) learn (and note them), one sitting on the right and one on the left.
27. Kamu jangan sekali kali menginginkan(irihati) sifat sifat yang dikurniakan setiap kamu dari Allah; lelaki menikmati sifat sifat yang ditentukan, dan perempuan juga menikmati sifat sifat yang ditentukan bagi mereka. Kamu bolehlah berdoa’ kepada Allah supaya dikurniakan berkatNya kepada kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui akan segala sesuatu.QS.4:32.
And in no wise covet those things in which Allah hath bestowed His gifts more freely on some of you than on others: to men is allotted what they earn, and to women what they earn: but ask Allah of His bounty. For Allah hath full knowledge of all things.
28. Lelaki dijadikan supaya bertanggung jawab keatas perempuan perempuan,** dan  Allah mengurniakan mereka dengan beberapa kualiti, dan menjadikan mereka sebagai pencari nafkah. Perempuan yang percaya akan menerima peraturan ini dengan sukacita, kerana ini adalah dari perintah Allah, dan mereka menghargai suami suami mereka semasa ketiadaan mereka. Sekiranya kamu mendapati penentangan dari isteri isteri kamu, kamu mestilah berbicara dengannya dahulu, dan (kamu bolehlah gunakan isharat) meninggalkan mereka bersendirian ditempat tidur, kemudian kamu boleh (sebagai cara yang terakhir) memukul mereka. Jika mereka telah patuh kepada kamu, kamu tidak diizinkan untuk berkelakuan kasar terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Agung. QS 4:34..
Men are the protectors and maintainers of women, because Allah has given the one more (strength) than the other, and because they support them from their means. Therefore the righteous women are devoutly obedient, and guard in (the husband's) absence what Allah would have them guard. As to those women on whose part ye fear disloyalty and ill-conduct, admonish them (first), (next), refuse to share their beds, (and last) beat them (lightly); but if they return to obedience, seek not against them means (of annoyance): for Allah is Most High, Great (above you all).
29.. . Kamu mestilah menyembah hanya kepada Allah sahaja - jangan sekali kali kamu menyekutukanNya dengan siapa jua pun. Kamu mesti mengambil perhatian berat terhadap kedua ibu bapa ibu bapa kamu, juga saudara saudara, anak anak yatim,orang orang miskin, jiran tetangga yang dikenali, jiran yang tidak dikenali, kumpulan yang dekat, orang orang yang dalam perjalanan dan juga orang orang gaji kamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang menyombongkan diri lagi suka bermegah megahQS.4:36.
Serve Allah, and join not any partners with Him; and do good to parents, kinsfolk, orphans, those in need, neighbours who are near neighbours who are strangers, the companion by your side, the way-farer (ye meet) and what your right hands possess: for Allah loveth not the arrogant, the vainglorious.
30.Allah tidak menyukai percakapan dari perkataan yang buruk,keji, melainkan jika seseorang itu telah diperlakukan dengan ketidak adilan yang nyata. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.Qs.4:148.
Allah loveth not that evil should be noised abroad in public speech, except where injustice hath been done; for Allah is He Who heareth and knoweth all things.
31. Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. QS 16:70.
It is Allah Who creates you and takes your souls at death; and of you there are some who are sent back to a feeble age, so that they know nothing after having known (much): for Allah is All-Knowing,   All-Powerful.
32. Kami menciptakan manusia untuk bekerja kuat( bersusah payah) Qs 90:4.
Verily We have created man into toil and struggle.
33. Manusia itu betul betul telah dilalaikan.   Melainkan orang orang yang percaya dan yang menjalani kehidupan yang benar, dan yang menyuruh satu sama lain supaya menegakkan kebenaran, dan menyuruh satu sama lain supaya bersabar. QS 103:2-3.
Verily Man is in loss,  Except such as have Faith, and do righteous deeds, and (join together) in the mutual teaching of Truth, and of Patience and Constancy.
34. Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.QS.3:110
Ye are the best of Peoples, evolved for mankind, enjoining what is right, forbidding what is wrong, and believing in Allah. If only the People of the Book had Faith, it were best for them: among them are some who have Faith, but most of them are perverted transgressors.
Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya,
He brought you forth from the earth, and settle you therein (to prosper the earth).(QS.11:61).

"Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, (10) niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, (11) dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan [pula di dalamnya] untukmu sungai-sungai. (12) Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah? (13) Padahal Dia sesungguhnya telah menciptakan kamu dalam beberapa tingkatan kejadian [1]. (14) Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? (15) Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita? (16) Dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya, (17) kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalam tanah dan mengeluarkan kamu [daripadanya pada hari kiamat] dengan sebenar-benarnya. (18) Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan, (19) supaya kamu menjalani jalan-jalan yang luas di bumi itu".qs 71:(10-20)
`Ask forgiveness from your Lord; for He is Oft-Forgiving; (10) "`He will send rain to you in abundance; (11) "`Give you increase in wealth and sons; and bestow on you Gardens and bestow on you rivers (of flowing water). (12) "`What is the matter with you, that ye place not your hope for kindness and long-suffering in Allah― (13) "`Seeing that it is He that has created you in diverse stages? (14) "`See ye not how Allah has created the seven heavens one above another, (15) "`And made the moon a light in their midst, and made the sun as a (Glorious) Lamp? (16) "`And Allah has produced you from the earth, growing (gradually), (17) "`And in the End He will return you into the (earth), and raise you forth (again at the Resurrection)? (18) "`And Allah has made the earth for you as a carpet (spread out) (19) "`That ye may go about therein in spacious roads.' " (20)

35.Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. QS.51:56
I have only created Jinns and men, that they may serve Me.
36. Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. (QS.35:39.)
Who It is Who has made you successors generations after generations in the earth.

37.Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Qur’an ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah. (QS 18;54
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya [pula], dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata [Lauh Mahfuzh]. (59)
Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur [mu] yang telah ditentukan[1], kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan. (60)
Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya. (61)
Kemudian mereka [hamba Allah] dikembalikan kepada Allah, Penguasa mereka yang sebenarnya. Ketahuilah, bahwa segala hukum [pada hari itu] kepunyaan-Nya. Dan Dialah Pembuat perhitungan yang paling cepat. (62) Katakanlah:
"Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, yang kamu berdo’a kepada-Nya dengan berendah diri dan dengan suara yang lembut [dengan mengatakan]:
"Sesungguhnya jika Dia menyelamatkan kami dari [bencana] ini, tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur." (63) Katakanlah: "Allah menyelamatkan kamu daripada bencana itu dan dari segala macam kesusahan, kemudian kamu kembali mempersekutukan-Nya." (64)
Katakanlah: "Dialah yang berkuasa untuk mengirimkan azab kepadamu, dari atas kamu atau dari bawah kakimu [2] atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan [yang saling bertentangan] dan merasakan kepada sebahagian] kamu keganasan sebahagian yang lain.qs.6;60.
Perhatikanlah, betapa Kami mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami silih berganti [3] agar mereka memahami [nya]. (65) Dan kaummu mendustakannya [azab] [4] padahal azab itu benar adanya.
Katakanlah: "Aku ini bukanlah orang yang diserahi mengurus urusanmu". QS 6:(66).
Binasalah manusia; alangkah amat sangat kekafirannya? (17) Dari apakah Allah menciptakannya? (18) Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya [4]. (19) Kemudian Dia memudahkan jalannya [5], (20) kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur, (21) kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali. (22) Sekali-kali jangan; manusia itu belum melaksanakan apa yang diperintahkan Allah kepadanya, QS 80;(23)
Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. (24) Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air [dari langit], (25) kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, (26) lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, (27) anggur dan sayur-sayuran, (28) Zaitun dan pohon kurma, (29) kebun-kebun [yang] lebat, (30) dan buah-buahan serta rumput-rumputan, (31) untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu. (32) Dan apabila datang suara yang memekakkan [tiupan sangkakala yang kedua], (33) pada hari ketika manusia lari dari saudaranya, (34) dari ibu dan bapaknya, (35) dari isteri dan anak-anaknya. (36) Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannya. (37) Banyak muka pada hari itu berseri-seri, (38) tertawa dan gembira ria, (39) dan banyak [pula] muka pada hari itu tertutup debu, (40) dan ditutup lagi oleh kegelapan [6]. (41) Mereka itulah orang-orang kafir lagi durhaka. QS 80;(42)

WAHYU2 ALLAH KEPADA NABI ISA AS TENTANG SIFAT2 MANUSIA.

Sifat2 Syaitan ini kelihatan pada akhlaq anak2 dibawah umur yang suka bertengkar, berkelahi dan membunuh dll. Inilah masarakat hutan yang tidak mendapat ilmu dari Rasul2. dari satu generasi ke generasi,ribuan tahun,tetap saja kehidupan mereka tidak berbaju. Itulah masarakat yang termiskin .baik miskin ilmu maupun miskin harta.


SIFAT SIFAT MANUSIA DLM BIBLE

Sifat2 manusia asli dlm Injil.galathian 5:19
Sifat2 human nature ini sama dengan sifat anak2 kita yang masih belum mendapat ilmu agama Islam dll. Lihatlah akhlaq anak2 anda! Apakah sama apa yang di firmankan oleh ALLAH dibawah ini?

1. Anak2 suka--Unclean/ kotor---
2. Anak2 suka--dissension / suka perselisihan--suka melawan
3. Anak2 suka--contentioan / suka bertengkar / berkelahi
4. Anak2 suka--rerviler / suka suara keras,kasar ,menyakitkan orang lain
5. Anak2 suka--envoy / irihati.
6. Anak2 suka--Angry / suka marah
7. Anak2 suka--revelness \terlalu gembira.

Anak2 dewasa yang sudah balikh,sifat2nya meningkat seperti berikut ini;

8. Suka mengerjakan adultery / berzina
9. suka fornication / persundalan /maksiat
10.Suka Hatred / sifat benci
11.Suka jelousies / cemburu / iri hati
12.Suka Outbursts / Marah sekali
13.Suka Drunkness / mabuk mabuk
14.Suka tidak sabar, tergesa gesa.
15.Suka selfish - ambition /ambisi /suka berkuasa.
16. Suka Murder / membunuh.
17.suka idolatery / syirik /menyembah benda2

Those who pratice such things will not enter paradice.
Gal.5:19-21

Siapa2 yang melakukan perbuatan2 seperti diatas itu, mereka tidak bisa masuk Syurga, walaupun Nabi Jesus sebagai penembus dosa manusia.

DALAM AL QURAN ADA TAMBAHAN;
1. Suka bermaksiat atau zina
2. Suka tergesa gesa.
3. Bersifat kikir atau tamak.
4. Bersifat lemah atau pemalas.
5. Suka membantan atau menentang QS 6;60.

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (168) Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui. QS 2: (168-169)  

Bayi2 itu adalah bersih dari dosa2,tapi setelah si bayi eluar dari tubuh ibunya,Syaitan mulai menyentuhnya akairnya si bayi memekik.
HSB 1493; Setiapanak Adam yang  baru lahir, disentuh oleh Setan ketika lahirnya, lalu ia memekik menangis karenanya, KECUALI Maryam dan anaknya
Syaitan sudah mulai mengggangu si bayi atau anak2.Oleh karena itu perbuatan2 anak2 kelihatan merusak dan berakhlaq buruk.


sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu. [169] Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah," mereka menjawab: "[Tidak], tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari [perbuatan] nenek moyang kami".[QS 2:168]

Demikian manusia atau kita kita ini di ciptakan oleh ALLAH Yang Maha Pencipta.Kemudian ALLAH mengirimkan seorang Rasul untuk memperbaiki akhlaq manusia yang seperti binatang itu.Artinya manusia tidak tahu mana yang baik dan mana yang haram nurut ALLAH .jadi perlu di dituunkan hukum2 untuk mengatur kehidupan manusia di bumi ini;
Maka sewajarnyalah kita panjatkan puji syukur kepada ALLAH yang atas petunjuk-Nya dalam Al-Qur’an yang disampaikan kepada Nabi Besar Muhammad saw. 1424 tahun yang lalu. Kalau bukanlah petunjuk-Nya dalam Al-Qur’an, tentulah kita seperti manusia di hutan hutan itu pula.

Rasulullah saw memberikan contoh bagaimana melaksanakan peraturan2 ALLAH,(al Quran), kalau kita mengikuti Al Quran berarti kita mengikuti sunnah Rasul yang utama bersumber dari wahyu2 ALLAH.
ALLAH berfirman dalam Al-Qur’an yang diucapkan oleh Rasulullah saw.

“The Prophet of Muhammad saw.”
The final Testament
Al Quran was sent to Muhammad be peace upon him through the Engel of Jibril, about 1424 years ago. There are 6648 verses. Muhammad be peace upon him, received all verses within 23 years. God sent the Al Quran not for people of Arab only, but for all mankind on the world, just like a New Testament. The old testament sent by God through Moses for people of Israel only. God said about Al quran. Islam is described in Al Quran as a continuation of a great monotheistic tradition revealed in constant succession to such prophets as Abraham, Moses and Jesus. According to one of the sayings of the prophet Muhammad,”I have not brought you a new religion, I have brought you the religion in an unchanged , unhampered with way.”
TAUHID ATAU ISLAM ATAU MUSLIM
Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. QS.59:22.

Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan. QS.59:23

Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.QS.59:24

Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah,sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.QS.4:124-125.

Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu memperse kutukan sesuatu dengan Dia, QS.5:151.
TAUHID.Siapa2 saja yang beragama Islam / Tauhid itu?
Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, (1) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (2) Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, (3) dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia".qs 112: (4)
Sesungguhnya (agama tauhid) ini adalah agama kamu semua(Yahudi, Nasrani dan muslim); agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.QS 21:92.QS.23:52.
Sesungguhnya agama [yang diridhai] di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al KitabQS 3: 19.

Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima [agama itu] daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. QS 3:(85)
Tidak ada paksaan untuk [memasuki] agama [Islam];sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut [5] dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. QS 3:(256) .

Kami lebih mengetahui tentang apa yang mereka katakan, dan kamu sekali-kali bukanlah seorang pemaksa terhadap mereka. Maka beri peringatanlah dengan Al Qur’an orang yang takut kepada ancaman-Ku. QS 50:(45)

SEMUA YAHUDI, NASARANI DAN MUKMIN ADALAH MUSLIM DAN ISLAM.
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. [Ikutilah] agama orang tuamu Ibrahim. Dia [Allah] telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu [1] dan [begitu pula] dalam [Al Qur’an] ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. QS 22:(78) .
Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam(Penyerahkan diri  kepada Allah)". QS.2:132.
BERIMAN KEPADA KITAB2 SEBELUMNYA.
Mempelajari Al Quran tanpa mempelajari kitab2 sebelumnya yaitu Bible, maka keimanan seorang muslim belum sempurna. Al Quran akan sempurna kita pelajari kalau kita mengambil dan mengamalkan wahyu2 ALLAH yang turun kpd Nabi2 sebelumnya dan wahyu2 itu tidak bertentangan dengan wahyu2 ALLAH dalam al Quran.
Banyak ulama2 yang sekedar beriman kepada kitab2 sebelumnya, tapi tidak mau membacanya apalagi mengamalkan perintah2 ALLAH didalamnya.Akirnya umat Islam hidup tidak sempurna, atau terbelakang dari umat yang lain2nya.
"Orang2 yang mengaku aku beriman kepada ALLAH dan kitab2Nya, tapi tidak mau membacanya apalagi mengamalkannya bahkan menuduh kitab yang palsu,sesungguhnya orang2 itu adalah membohongi diri sendiri atau orang2 munafik.."
Inilah beberapa peringatan2 atau perintah2 ALLAH agar kita benar2 beriman kepada kitab2 sebelumnya yaitu; Taurat, zabur,injil. Apakah kita berani mengingkari ayat2 ALLAH yang jelas2 dibawah ini?
AYAT RUKUN IMAN;
[QS 2:177] Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah ; (1) beriman kepada Allah, (2) hari kemudian, (3)  malaikat-malaikat, (4) kitab-kitab, (5) nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah (1) beriman kepada Allah dan (2) Rasul-Nya dan (3) kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, (4) malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan (5) hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.QS 4:(136).
Dia menurunkan Al Kitab [Al Qur’an] kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, (3) sebelum [Al Qur’an], menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al Furqaan [2]. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan [siksa]. QS 3:(4)

Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.QS.3:3.
Rasulullah saw berlaku adil kpd semua umat non islam,tanpa ada diskriminasi.
"Aku beriman kepada semua Kitab2 yang diturunkan Allah( Taurat,Injil, Al quran ) dan aku diperintahkan supaya berlaku adil di antara kamu. Allah-lah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nya lah kembali (kita)"QS 42:15, QS.5:8.
Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu (kesemua golongan2 )karena agama dan tidak [pula] mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. QS.60:8.
Katakanlah [hai orang-orang mu’min]: "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan ’Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".QS2: (136) QS.3:84,QS.4:150.

Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. [Mereka mengatakan]: "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun [dengan yang lain] dari rasul rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami ta’at". [Mereka berdo’a]: "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali". QS2:(285) .
Bantahan bahwa Bible adalah kitab Palsu.
KItab2 ALLAH semuanya masih asli,disucikan dan dijaga oleh ALLAH.
Sekali-kali jangan [demikian]! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan, (11) maka barangsiapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya, (12) di dalam kitab-kitab ( Taurat,zabur,Injil dan al Quran )yang dimuliakan [3], (13) yang ditinggikan lagi disucikan, (14) di tangan para penulis  (15) yang mulia lagi berbakti.QS 80;11-16.

For it is indeed a Message of instruction: (11) Therefore let who will, keep it in remembrance. (12) (It is) in Books held (greatly) in honour. (13) Exalted (in dignity), kept pure and holy, (14) (Written) by the hands of scribes― (15) Honourable and Pious and Just. (16) .
Al Quran membenarkan bahwa Injil dan Taurat adalah benar.
Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.QS.3:3.
Dia menurunkan Al Kitab [Al Qur’an] kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, (3) sebelum [Al Qur’an], menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al Furqaan [2]. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan [siksa]. QS 3:(4) .
Kitab Injil membenarkan kitan Taurat.
Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israel) dengan Isa putra Maryam,membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. QS.5;46

Kalau Rasul masih ragu2 dengan wahyu2 ALLAH,maka tanyakanlah kepada ahli2 kitab.
[QS 10:94] Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu(Al Quran), maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.
Al Quran membenarkan kitab Taurat dlm bahasa Arab.
[QS 46:12] Dan sebelum Al Qur'an itu telah ada kitab Musa sebagai petunjuk dan rahmat. Dan ini (Al Qur'an) adalah kitab yang membenarkannya dalam bahasa Arab untuk memberi peringatan kepada orang-orang yang lalim dan memberi kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.
ALLAH dan Rasul berkata;Siapa2 yg mentaati ajaran Jesus ALLAH akan berikan hati yang santun dan kasih sayang;
Kemudian Kami iringkan di belakang mereka rasul-rasul Kami dan Kami iringkan (pula) Isa putra Maryam; dan Kami berikan kepadanya Injil dan Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang.QS.57:27.
Umat Yahudi dan nasrani adalah calon2 syurga.
Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin [1], siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah [2], hari kemudian dan beramal saleh [3], mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak [pula] mereka bersedih hati. (QS 2:62).
ALLAH mengatakan kepada Muhammad bahwa orang2 yahudi dan nasrani itu adalah orang2 Islam dan Muslim;
Sesungguhnya (agama tauhid=islam) ini adalah agama kamu semua(Yahudi, Nasrani dan muslim); agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.QS 21:92.QS.23:52.

Sesungguhnya agama [yang diridhai] di sisi Allah hanyalah Islam[/b]. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al KitabQS 3: 19.

...Dia [Allah] telah menamai kamu sekalian(yahudi,nasrani dan mukmin) orang-orang muslim dari dahulu [1] dan [begitu pula] dalam [Al Qur’an] ini,QS 22:(78) .

[Ibrahim berkata]: "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".QS 2 (132).
ALLAH memberitahukan kepada Muhammad saw bahwa ke tiga umat KU masing2 mempunyai kiblat.Berlomba lombalah kamu semua.
Dan bagi tiap-tiap umat ( Yahudi, Nasrani, dan mukmin) ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu..(QS.2:148)
ALLAH saja yang berhak mengapus dan menetapkan peraturanNya.

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat melainkan dengan izin Allah

Bagi tiap-tiap masa ada Kitab [yang tertentu] [3] (38) Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan , dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab .QS 13: (39).

Tugas nabi2 hanya menyampaikan risalah2 ALLAH saja;
Maka berilah PERINGATAN ,(kepada peminum2 alkohol, wanita2 penari,penjudi2 atau kepada penyembah2 berhala, ajaran2 sesat dll) karena sesungguhnya kamu hanyalahorang yang  memberi peringatan. Kamu bukanlah orang yang berkuasa( diktator, atau orang yang memaksa) atas mereka. Tetapi orang yangberpaling,khafir(ingkar,melawan), maka ALLAH akan
mengazabnya dengan azab yang besar QS 88;(21-24).

Tugas kamu ( Muhammad) hanya menyampaikan saja. kami lah yang menghisab / menghukumnya perbuatan2 mereka dan...QS.13:40.

Jika mereka tetap berpaling,maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atas kamu(Muhammad) hanyalah menyampaikan (amanat ALLAH ) dgn terang Qs 16 :82.

Nabi Muhammad saw tidak berhak menambah dan mengurangi serta merobah risalah2 ALLAH.

“Seandainya dia (Muhammad) mengada-adakan sebagian perkataan atas (nama) Kami, Niscaya benar-benar kami pegang dia pada tangan kanannya. Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya. Maka sekali-kali tidak ada seorang pun dari kamu yang dapat menghalangi (Kami), dari pemotongan urat nadi itu. QS.69:40-47.

Dan apabila kamu tidak membawa suatu ayat Al Qur’an kepada mereka, mereka berkata: "Mengapa tidak kamu buat sendiri ayat itu?" Katakanlah: "Sesungguhnya aku hanya mengikut apa yang diwahyukan dari Tuhanku kepadaku. Al Qur’an ini adalah bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. QS 7:38

Siapa2 yang tidak beriman kepada kitabNYa termasuk Bible dia adalah ingkar ALLAH atau sesat yang jauh.
"Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan ’Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". QS 3(136)
TRINITY.
Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israel, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu" Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang dzalim itu seorang penolong pun. (QS : Al-maidah 72)
Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga",(Trinity) padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.QS 5:73

Peraturan2 ALLAH sudah sempurna dgn turunnya al Quran.
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. (QS.97:1)

Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhoi Islam itu jadi agama bagimu. (QS.5:3)

Sesungguhnya Al Qur'an itu adalah benar-benar wahyu (Allah yang diturunkan kepada) Rasul yang mulia (QS.69:40).
Al Quran dengan terperinci,(fully detaied)

Kami berikan mereka Al Quran dengan terperinci,(fully detaied) dengan ilmu pengetahuan(knowledge), bimbingan (guidance), dan rahmat (Mercy) untuk semua manusia bagi orang2 yang beriman.Qs.7:52.

Al Quran adalah kitab yang sempurna (Quran 6:38), tepat (Quran 18:1-2) and terperinci mana yang halal dan mana yang haram (Quran 6:114
Tidaklah mungkin Al Qur'an ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Qur'an itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnyadan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.QS 10:37.
Mempelajari al quran adalah dengan ilmu

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan dan tetapi membenarkan [kitab-kitab] yang sebelumnya menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.QS12. (111).
 
Sebenarnya, Al Qur'an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu [3]. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim. QS 29:(49)
Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu. QS 29:(43)

Dan sesungguhnya Al Qur'an itu dalam induk Al Kitab (Lohmahfuz) di sisi Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah.QS.43:4
“ Al-Qur’an adalah wahyu Tuhan yang Maha Mulia.” (QS. 86:13).
“ Al-Qur’an adalah sumber kebenaran yang meyakinkan.” (QS.69:51).
“ Al-Qur’an adalah peringatan bagi manusia.” (QS.68:52).
“Al-Qur’an adalah penawar(obat) dan petunjuk bagi manusia.” (QS.41:44).
“Al-Qur’an adalah menunjukan benda angkasa beredar di sumbunya.(QS.36:370).
“Al-Qur’an adalah sebagai pengganti peraturan peraturan keras dari Taurat dan Injil.”

Kami akan membacakan [Al Qur’an] kepadamu [Muhammad] maka kamu tidak akan lupa, (6) kecuali kalau Allah menghendaki. Sesungguhnya Dia mengetahui yang terang dan yang tersembunyi. (7) Dan Kami akan memberi kamu taufiq kepada jalan yang mudah [2], QS.86:8)

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (QS.4:82.)

Berkatalah Rasul: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur'an ini suatu yang tidak diacuhkan".QS.25:30

Dan apakah mereka tidak memperhati kan kerajaan langit dan bumi dan segala sesuatu yang diciptakan Allah dan kemungkinan telah dekatnya kebinasaan mereka? Maka kepada berita manakah lagi mereka akan beriman selain kepada Al Quran? QS.7; 185

Itulah ayat ayat Allah yang Kami membacakannya kepada mu dengan sebenarnya maka dengan perkataan manakah lagi mereka akan beriman sesudah (kalam ) Allah dan keterang keteranganNya. QS 45;6

Sesungguhnya orang orang yang mengikari Al Quran ketika itu datang kepada mereka,mereka itu pasti akan celaka dan sesungguhnya Al Quran itu adalah kitap yang mulia.QS.41;41
AL QURAN DAN BIBLE AKAN DIJAGA OLEH ALLAH.
Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu [Al Qur’an, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah-robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. QS 6:(115)
Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(QS.6:114-115)

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kamilah benar benar memeliharanya (QS.15;9)
Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (QS.17:88)

Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al Qur'an, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah-rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Qs.6:115.

Allah berfirman: "Ini adalah jalan yang lurus; kewajiban Aku-lah (menjaganya) (QS.15:41).
Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan, (11) maka barangsiapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya, (12) di dalam kitab-kitab yang dimuliakan(Taurat,zabur,injil dan al quran) [3], (13) yang ditinggikan lagi disucikan, (14) di tangan para penulis [malaikat],  (15) yang mulia lagi berbakti. QS 80:(11-16) .
By no means (should it be so)! For it is indeed a Message of instruction: (11) Therefore let who will, keep it in remembrance. (12) (It is) in Books held (greatly) in honour. (13) Exalted (in dignity), kept pure and holy, (14) (Written) by the hands of scribes― (15) Honourable and Pious and Just. (16)
Women dressing dan aurat
Dalam bukunya tersebut, Quraish menyimpulkan, bahwa: “ayat-ayat al-Quran yang berbicara tentang pakaian wanita mengandung aneka interpretasi.” Juga, dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.”

Masih menurut Quraish, “Perbedaan para pakar hukum itu adalah perbedaan antara pendapat-pendapat manusia yang mereka kemukakan dalam konteks situasi zaman serta kondisi masa dan masyarakat mereka, serta pertimbangan- pertimbangan nalar mereka, dan bukannya hukum Allah yang jelas, pasti dan tegas.

Di sini, tidaklah keliru jika dikatakan bahwa masalah batas aurat wanita merupakan salah satu masalah khilafiyah, yang tidak harus menimbulkan tuduh-menuduh apalagi kafir mengkafirkan. (hal. 165-167). Dalam bukunya yang lain, “Wawasan Al-Quran”, (cetakan ke-11, tahun 2000), hal. 179), Quraish juga sudah menulis: “Bukankah Al-Quran tidak menyebut batas aurat? Para ulama pun ketika membahasnya berbeda pendapat.”
Kesimpulan ini perlu dipertegas, agar tidak ada salah persepsi diantara pembaca, bahwa ‘batas aurat wanita’ memang begitu fleksibel, tergantung situasi dan kondisi.
Dalam bukunya tersebut, Quraish menyimpulkan, bahwa: “ayat-ayat al-Quran yang berbicara tentang pakaian wanita mengandung aneka interpretasi.” Juga, dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.”

Ayat2 ALLAH tentang pakaian wanita;QS.24:(27-31) ,Qs 33:(59) ,QS.7;(27) .
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang [biasa] nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkankain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya(buah dadanya,), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan [terhadap wanita] atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.QS 24:27.
Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya [4] ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang. QS 33:(59)
Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. QS 7:(27)

Benar-benar Al-Qur’an adalah buku petunjuk manusia, buku pedoman hidup manusia di dunia untuk mencapai hidup yang bahagia, sejahtera , damai, kasih sayang, dan mendapat tempat yang mulia di akhirat yaitu surga.

Ini dapat diumpamanakan sebagaimana mobil yang dibuat orang Jepang.
Agar mobil ini dapat berjalan dengan baik, aman, dan bisa sampai selamat sampai tujuan, maka pembikin mobil membuat "buku pedoman menjalankan mobil".

Contoh kedua. Seseorang yang ingin berpegian kesuah kota besar, kalau ia membawa sebuah “Map” atau peta kota tujuan nya maka mudahlah ia sampai dikota itu. Bukan saja mudah, juga cepat, aman, bahagia dalam perjalanan, dan tidak mudah disesatkan oleh orang lain.

Bagaimana kalau ia tidak mempunyai peta perjalanan. Ia pasti bingung, resah, kesal, sesat memakan waktu yang lama, kalau bertanya kepada seseorang yang dianggap tahu, belum tentu benar, bisa di tipu, maka perjalanan tidak selamat sampai di tujuan, kalau sampai juga di kota tapi perjalanan hidup tidak bahagia dan tentram bukan.

Demikianlah perumpamaan orang orang yang tidak memakai buku pedoman hidup didunia ini.

Sebagaimana tamsil ini, dengan memiliki buku pedoman hidup, yakni Al-Qur’an, hidup kita akan merasa aman, tentram, lagi bahagia. Mengapa? Karena ada bimbingan dan jaminan dari ALLAH swt. kalau kita mengikuti ajaran-ajaran Al-Qur’an, insya ALLAH selamat di dunia, dan selamat sampai di tujuan yaitu "surga firdaus" yang penuh dengan kenikmatan-kenikmatan. Dan Allah subhanahu wata’ala pasti tidak mengingkari janji.

Saya sangat berterimakasih dan bersyukur kepada ALLAH swt dengan Al-Qur’an sebagai buku pedoman hidup saya sehari hari. Sumber inspirasi untuk sukses, dan guidance hidup saya sehari hari.

Sebelum saya membaca wahyu-wahyu Allah yang ada dalam Kitab Al Qur'an saya tidak tahu:

--Bagaimana penciptaan bumi, langit, matahari, bintang, bulan atau alam
semesta.
--Bagaimana dan siapa yang sesungguhnya menciptakan manusia serta binatang yang hidup.
--Kenapa kita hidup dan mati, dan akan ke mana sesudah mati.
--Apa tujuan hidup kita, kenapa kita dihidupan..
--Bagaimana hidup bermasyarakat, dan bagaimana mencari nafkah yang baik.
--Makanan apa saja yanghalal dan tidak halal.
--Bagaimana peraturan nikah, berkeluarga.
--Siapa Tuhan itu, siapa Nabi Musa, Isa, Muhammad saw.
--Kenapa umat Islam bershalat, berpuasa berzakat dan naik haji.
--Bagaimana mendapatkan surga didunia dan akhirat.
--Apa saja perintah-perintah Allah dan apa saja larangan-larangan-Nya.

Alhamdulillah, setelah saya mempelajari sendiri wahyu-wahyu ALLAH yang berjumlah 6438 ayat, barulah saya mengerti apa yang tidak saya ketahui selama ini. ALLAH menerangkan dalam Al Qur’an lewat wahyu-wahyuNya di Al Qur'an:
ALQURAN.
"Sesungguhnya Al Qur’an itu benar-benar wahyu Tuhan yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, ia bukan gubahan ahli syair, dan bukan pula mantera-mantera tukang tenung, ia adalah wahyu yang diturunkan dari Tuhan semesta alam."(QS 69: 40-43).

" Al-Qur’an mengandung banyak manfaat dan faedah untuk keselamatan manusia.” (QS.56:77).

"Al-Qur’an adalah kitab yang Allah turunkan (kepada Nabi Muhammad saw selama 23 tahun) yang diberkati, ikutilah dan bertaqwalah agar kamu diberi rahmat.(QS.6:155).

"Sesungguhnya Al Qur’an itu bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara.” (QS 56: 78).

"Dan Allah turunkan kepadamu Al Qur'an untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (QS 16: 89).

"Dan demikianlah Allah yang menurunkan Al Qur'an itu sebagai peraturan dalam bahasa Arab.” (QS 13: 36-37).

"Sesungguhnya Al qur'an itu mengandung hikmah.” (QS 10: 1).

"Sesungguhnya Al Qur’an itu tidak ada keraguan padanya petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.” (QS 2: 2).

"Sesungguhnya Al Qur’an itu adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS 3: 138).

"Inilah suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi Allah yang Maha Bijaksana lagi  Maha Tahu.(QS 11: 1)

“Sesungguhnya Allah menurunkan Al Qur'an itu pada malam kemuliaan
(QS 97: 1).

Sesungguhnya Al Qur'an itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang batil, (QS.86:13).
Wahyu-wahyu Allah adalah sangat sempurna sebagai buku pedoman hidup yang benar menurut Allah yang menciptakan manusia. Wahyu-wahyu Allah meliputi peraturan-peraturan yang berkenaan hubungan manusia dengan penciptanya (Allah swt), hubungan manusia dengan manusia atau makhluk Tuhan lainnya. Melingkupi segala aspek kehidupan manusia.

Juga peraturan2 tentang yang halal dan tidak halal(haram). Semua lengkap sampai aturan-aturan yang kecil sekalipun. Berbahagilah orang-orang yang membaca dan mengikuti aturan-aturan yang diberikan oleh ALLAH swt. Sebaliknya merugilah orang-orang yang acuh tidak acuh dengan wahyu-wahyu ALLAH.

Yaa Tuhan ku sesungguhnya kaumku menjadikan Al quran ini suatu yang tidak diacuhkan" (Qs.25;30)
(mereka telah menjadikan buku2 riwayat2 Nabi,sahabat2, kitab2 Hadits yang tidak sahih menjadi pedoman hidupnya, mereka jatuh kedalam kesyirikan, karena mereka beriman kepada penulis2 buku2 tersebut 100% seperti beriman kepada Al Quran yang suci, sedangkan buku2 riwayat Nabi,sahabat2,kitab2 Hadist dan buku2 sejarah perjuangan islam tidak dijamin oleh ALLAH atas kebenaran dan kesucian-nya sebagai akidah nya.)

Kalau anak2 muda hanya menghandalkan dengan bertanya kepada Guru, Ulama, dsb, bisa salah kamprah, mis interpertasi dll, maka mereka tidak akan sampai ketujuan dengan selamat. Guru2 dan ulama2 adalah manusia biasa, dan diantara ulama2, ahli2 Al Quran dan ahli2 Hadits berbeda pemahaman2nya, maka terjadilah Mashab2, atau golongan2 dalam agama Islam sebagaimana umat Kristen, yahudi dan Bhuda dll.

Khalifah Abu Bakar dan imam Safie menjelaskan kepada umatnya; “ Kalau aku hidupku sesuai dengan al Quran (bukan buku2 lain atau Hadits) maka ikutilah aku, kalau aku salah tegurlah aku” Jadi beliau sebagai manusia biasa bisa salah.

Tapi jangan diartikan pula tidak boleh berguru atau bertanya kepada ahlinya, ulama2. Belajarlah kepada ahli2nya, kemudian pelajari sendiri, pahami sendiri, dan berdoa kepada ALLAH. Karena AlQuran itu bukan untuk guru2 saja, tetapi untuk setiap manusia di bumi ini.

Dengan demikian hidup kita yang sekali ini akan merasa puas beragama karena pilihan sendiri, yang dibimbing oleh ALLAH swt.

Karena ahli2 agama, atau ulama2 itu tidak bisa menolong kita di pengadilan ALLAH di Padang Masar. Setiap kita mempertanggung jawabkan perbuatan kita masing masing. Ingatlah ini!!
Syafaat; Seseorang tidak dapat membatu dosa2 orang lain;
Dan jagalah dirimu dari [azab] hari [kiamat, yang pada hari itu] seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan [begitu pula] tidak diterima syafa’at QS 2:48

[yaitu] bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, (38) "Every human being is responsible for his own works". [ 53:38]

Dan jagalah dirimu dari (`azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikit pun; dan (begitu pula) tidak diterima syafa`at dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong.QS.2:48.
Imam2 Muslim dan Bukhari tidak bertanggung jawab kalau ada hadist2nya yang menyesakan manssia; Anda tidak bisa menuduh mereka.
"Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka". Allah berfirman: "Masing-masing mendapat [siksaan], yang berlipat ganda, akan tetapi kamu tidak mengetahui". (38) Dan berkata orang-orang yang masuk terdahulu di antara mereka kepada orang-orang yang masuk kemudian: "Kamu tidak mempunyai kelebihan sedikitpun atas kami, maka rasakanlah siksaan karena perbuatan yang telah kamu lakukan". QS 7:(39)
Marilah kita berdoa kepada Allah yang telah memberikan Al Quran sebagai buku pedoman hidup kita didunia.

Yaa Allah yaa Tuhan kami, ampunilah dosa dosa kami atas ketidak tahuan, kelalaian, kesombongan dan kelemahan kami selama ini yaa Allah. Kami takut akan sesat, kami takut akan azabMu yang pedih, baik didunia maupun di akhirat nanti. yaa Allah.

Kepada siapa lagi kami bermohon kalau bukanlah kepada Mu yang Maha pengampun lagi Maha penyayang.

Yaa Allah yaa tuhan kami, lindungilah kami dari tipu daya Satan yang terkutuk, bimbinglah ucapan dan perbuatan kami agar setiap ucapan dan perbuatan kami bermanfaat untuk umat dan agama Mu yang engkau ridhoi . Jadikanlah sisa sisa hidup kami ini untuk mengabdi dan bekerja untuk Mu yaa Allah denga baik dan sukses, amin yaa Rabbal alamin.
Disisi Allah tempat yang seindah indahnya (dan seaman amannya).
Allah has the excellent return (paradise with flowing rivers) with Him (QS..3:14).

Apa Kata ALLAH tentang Al Quran.
Mohon di baca satu persatu ayat2 ALLAH dibawah ini yang telah saya susun dengan rapi tentang "Kitap ALLAH yang mulia, Al Quran, MUKJIZAT", semoga ALLAH memberikan pengertian yang mendalam kepada hati2 anda,insya ALLAH.)
Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (QS.17:88)

Dan Al Qur'an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian. (QS.17:106)

Dan sesungguhnya Al Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin (Jibril),
Dan tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agama [1] mereka sebagai main-main dan senda-gurau [2], dan mereka telah ditipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah [mereka] dengan Al Qur’an itu agar masing-masing diri tidak dijerumuskan ke dalam neraka, karena perbuatannya sendiri. Tidak akan ada baginya pelindung dan tidak [pula] pemberi syafa’at [3] selain daripada Allah.QS 6:70 Lihat juga QS 9:80
And truly, this the Al quran is a revelation from the lord of the Alamin (mankind, jiin, and all that exist ( QS.26:192-3)
Peraturan2 ALLAH itu jelas,terang dan terperinci/ sempurna.
Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu.QS 5:3

Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al Qur'an) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu. (QS.57:9)

Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji. (QS.14:1)

Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(QS.6:114-115)

Apa yang diajarkan dalam al-Qur'an, juga diajarkan pada ummat yang lalu.Bahwa dalam al-Qur'an ada tambahan, itulah yang membuatnya sempurna.Silahkan lihat surat al- A'laa.

Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu,Kitab-kitab Ibrahim dan Musa (QS.87:18-19)

Note;The Quran is complete/sempurna (Quran 6:38), perfect/tepat (Quran 18:1-2) and fully detailed /terperinci (Quran 6:114).

Kesemuanya haiwan dibumi, dan kesemua burung burung yang berterbangan dengan kepak kepak adalah komuniti seperti kamu. Kami tidak tinggalkan suatu apapun dari kitab ini. Kepada Tuhan mereka, semua haiwan haiwan ini akan dikumpulkan. QS.6:38

.Kepujian bagi Allah, yang menurunkan kitab ini kepada hambaNya, dan dijadikannya dengan tidak ada sedikit pun kecacatan. Penuh dengan kesempurnaan (kitab) untuk memberi amaran akan hukuman yang azab dariNya, dan untuk menyampaikan berita berita baik kepada orang orang percaya yang menjalani QS.18:1-2

Mestikah aku mencari selain Allah sebagai perundangan, apabila Dia yang telah terangkan kepada kamu kitab yang sempurna dan terperinci?* Mereka yang mendapat kitab mengenalinya yang ianya telah diturunkan oleh Tuhan kamu, dengan kebenaran. Kamu jangan sekali kali menyimpan sebarang keraguan.QS.6:114.

21. Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah). QS.6:116.
KECANTIKAN AYAT2 ALLAH
The beautiful verses of God.

Maka hendaklah mereka mendatangkan kalimat yang semisal Al Qur'an itu jika mereka orang-orang yang benar.QS.52:34.

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur'an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun pemberi petunjuk baginya.QS.39:23

Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.QS.31:6

Maka kepada perkataan apakah selain Al Quran ini mereka akan beriman?QS.77;50
(apakah kepada hadist2 atau riwayat yang dibuat manusia? )

"Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu Al Qur'an, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah-rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (Q.S Al-An'am 6.115)

(Ini adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam) nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat-ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya.QS.24:1

Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu ayat-ayat yang jelas; dan tak ada yang ingkar kepadanya, melainkan orang-orang yang fasik. (QS.2:99)
Demikianlah ALLAH menjelaskan kepada kita tentang Al Quran sebagai pedoman hidup setiap manusia yang diciptakanNya.
Perbudakan dalam syariat Islam (al quran).

BUDAK DALAM AL QURAN.
[QS 23:6]Dan orang2 yg menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki(budak2 tawanan perang ); maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

QS 33:50-52. Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki (budak2) yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu,
dan [demikian pula] anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersama kamu dan perempuan mu’min yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi mau mengawininya, sebagai pengkhususan bagimu, bukan untuk semua orang mu’min.
Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang isteri-isteri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki supaya tidak menjadi kesempitan bagimu.
Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (50) Kamu boleh menangguhkan [menggauli] siapa yang kamu kehendaki di antara mereka [isteri-isterimu] dan [boleh pula] menggauli siapa yang kamu kehendaki. Dan siapa-siapa yang kamu ingini untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai, maka tidak ada dosa bagimu.
Yang demikian itu adalah lebih dekat untuk ketenangan hati mereka, dan mereka tidak merasa sedih, dan semuanya rela dengan apa yang telah kamu berikan kepada mereka. Dan Allah mengetahui apa yang [tersimpan] dalam hatimu. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun [1].
(51) Tidak halal bagimu mengawini perempuan-perempuan sesudah itu dan tidak boleh [pula] mengganti mereka dengan isteri-isteri [yang lain], meskipun kecantikannya menarik hatimu kecuali perempuan-perempuan [hamba sahaya] yang kamu miliki. Dan adalah Allah Maha Mengawasi segala sesuatu [2]. (52)

[QS 70:29] Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, [30] kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak-budak yang mereka miliki maka sesungguhnya merekadalam hal ini tiada tercela.

[QS 4:24] dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali  budak-budak yang kamu miliki (Allah telah menetapkan hukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu.

Dan tidak layak bagi seorang mu’min membunuh seorang mu’min [yang lain], kecuali karena tersalah [tidak sengaja] [1], dan barangsiapa membunuh seorang mu’min karena tersalah [hendaklah] ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat [2] yang diserahkan kepada keluarganya [si terbunuh itu], kecuali jika mereka [keluarga terbunuh] bersedekah QS 4: 92.

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak [lelaki dan wanita] yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali [dalam satu hari] yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian [luar]mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya. [Itulah] tiga ’aurat bagi kamu [1]. Tidak ada dosa atasmu dan tidak [pula] atas mereka selain dari [tiga waktu] itu [2]. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu [ada keperluan] kepada sebahagian [yang lain]. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. QS 24:(58)

HADIYAH DAN HUKUMAN
REWARD AND PUNISHMENT.

Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.QS.64:11

1. Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita? QS.71:16.

2. Dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya,
QS.71:17

3. Kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalam tanah dan mengeluarkan kamu (daripadanya pada hari kiamat) dengan sebenar-benarnya. Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan, QS.71:18-19

4. Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat. (QS.23:15-16).

5. (yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik (orang2 tingkat taqwa )oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun`alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan". QS.16:32)
Perbuatan2 baik dan buruk akan di timbang di akirat.

6.Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.
(Allah berfirman): "Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan." (QS.45:28).

Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.
Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami.QS.7:8-9

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Sesungguhnya neraka Jahanam itu (padanya) ada tempat pengintai, lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas, mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya, mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal.QS.78:21-26

Sesungguhnya neraka Jahanam itu (padanya) ada tempat pengintai, lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas, mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya, mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal.QS.78:21-26

7. Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata): "Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar", (tentulah kamu akan merasa ngeri).

Demikian itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak menganiaya hamba-Nya, (QS.8:50-51).

7. Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.

(Allah berfirman): "Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan." (QS.45:28).

8. Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS.4:56)

9.Janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu kepadamu supaya kamu memahami (nya). (QS.6:151)

10. Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya.
Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi. (QS.5:32).

11. Dan jagalah dirimu dari (`azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikit pun; dan (begitu pula) tidak diterima syafa`at dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong. QS.2:48.

12. Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar,Qs 5:33.

Apakah ada neraka di dunia sebelum akirat? Yes.

14. Kami biarkan mereka merasai siksaan yang kecil (didunia ini), sebelum mereka merasakan hukuman yang lebih besar (Akhirat), supaya mereka dapat (mengambil peringatan) dan membaiki diri QS.32:21.
Masa kejayaan sebuah bangsa dipergilirkan;Pemerintahan
Negri Arab pernah menjadi emperium di dunia, sebuah negeri yang rahmatan lil'alamin.Kemudian Turky, Eropah dan sekarang Amerika yg menerima mahkota eperium dari ALLAH swt.

15. Jika kamu (pada perang Hud) mendapat luka maka sesungguhnya kaum (kafir) itupun (pada perang Badar) mendapat luka yang serupa. Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia(agar mereka mendapat pelajaran)..QS.3:140. QS.7:34. .
Hai orang-orang yang beriman, (1) taatilah Allah dan taatilah Rasul
(Nya),dan(2) ulil amri (pemerintahan)di antara kamu. QS 4:59.
Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan atau pun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya.Dan kalau mereka menyerahkannya kepada ( 1)Rasul dan( 2 ) Ulil Amri (pemerintahan )di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). QS.4:83.
FIRMAN ALLAH KPD NABI ISA as Tentang mematuhi Pemerintah;
BIBLE;
Everyone must obey state authorities, because no authority exists without
God'spermission, and the existing authorities have been put there by God.Whoever opposes the existing authority opposes what God  has ordered Roman 13:1-2)
Artinya; setiap orang wajib mematuhi pemerintahan yg syah,karena tidak adapemerintahan tanpa seizin dari ALLAH dan keberadaan pemerintahan itu atas kekuasaan ALLAH semata.Siapa2 saja yang menetang pemerintahan yang Syah artinya menentang ALLAH sendiri.
Rosululloh bersabda: "Dengar dan patuhi pemimpin kalian( Ulil Amri), sekalipun ia memukul punggungmu dan mengambil paksa hartamu(Tax)." (HR. Muslim)

Bagi sesiapa yang mengingkari ayat ayat kami, dan terlalu sombong untuk mendukungnya, mereka akan dimasukkan ke Neraka, dimana mereka akan tinggal kekal untuk selama lamanya QS.7:36-37..

16. Barang siapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras, dan rencana jahat mereka akan hancur. .(QS.35:10.)

17. Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri (syurga)dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri,(Neraka) dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai..QS.17:7.

Barang siapa yang mengerjakan amal yang saleh maka itu adalah untuk dirinya sendiri(syurga), dan barang siapa mengerjakan kejahatan, maka itu akan menimpa dirinya sendiri,(Neraka) kemudian kepada Tuhanmulah kamu dikembalikan.QS45:15
Apakah ada syurga di dunia ini? Yes

18. Barang siapa yang membawa kebaikan, maka ia memperoleh (balasan) yang lebih baik daripadanya (Syurga), sedang mereka itu adalah orang-orang yang aman tenteram dari kejutan yang dahsyat pada hari itu. Dan barang siapa yang membawa kejahatan, maka disungkurkanlah muka mereka ke dalam neraka. Tiadalah kamu dibalasi, melainkan (setimpal) dengan apa yang dahulu kamu kerjakan.QS.27:89-90

19. Bagi sesiapa yang mengingkari ayat ayat kami, dan terlalu sombong untuk mendukungnya, mereka akan dimasukkan keNeraka, dimana mereka akan tinggal kekal untuk selama lamanya QS.7:36-37.

20. Sesungguhnya orang orang yang memecah belah agamanya dan mereka terpecah menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadapat mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanya lah terserah kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.QS.6:159.

Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan).QS.6:160

21. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun".(QS.2:155-156).

Apa saja nikmat yang kamu proleh datang dari ALLAH.

22. Apa saja Nikmat nikmat yang kamu proleh itu datang dari Aku, apa apa yang menimpa kamu (kecelakaan, kemiskinan, perkosaan dll itu adalah karena kelalaianmu sendiri.Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.Qs.4:79.
Rasulullah saw adalah manusia biasa yang juga bisa mendapat kekalahan.

22. Dan mengapa ketika kamu ditimpa musibah (pada peperangan Uhud), padahal kamu telah menimpakan kekalahan dua kali lipat kepada musuh-musuhmu (pada peperangan Badar) kamu berkata: "Dari mana datangnya (kekalahan) ini?" Katakanlah: "Itu dari (kesalahan) dirimu sendiri". Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segalasesuatu.QS.3:165-166

(Azab) yang demikian itu adalah disebabkan perbuatan tanganmu sendiri, dan bahwasanya Allah sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Nya.QS.3:182

23. Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka ke luarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina". QS.7 13.

24. Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan". Qs 7:14.

25. Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah Allah maka sesungguhnya dia berbuat untuk dirinya sendiri, dan barang siapa yang yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi dirinya sendiri. Dan seseorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain dan Kami tidak akan menghazab sebelum Kami mengutus seorang Rasul.

26. Kamu mestilah memenuhi perjanjian kamu dengan Allah apabila kamu membuat perjanjian.

Jangan sekali kamu mencemari sumpah sumpah setelah kamu bersumpah (dengan Allah) untuk menunaikannya, kerana kamu telah menjadikan Allah sebagai penjamin kamu. Sesungguhnya Allah amat ketahui apa apa yang kamu lakukan.QS.16:91.

27.Maka Allah merasakan kepada mereka kehinaan pada kehidupan dunia. Dan sesungguhnya azab pada hari akhirat lebih besar kalau mereka mengetahui.QS.39:26.
BAGAIMANA BENTUK NERAKA?
WHAT DOES HELL LOOK LIKE?

1.Sesungguhnya neraka Jahanam itu (padanya) ada tempat pengintai,
[22] lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas,
[23] mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya,
[24] mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman,[25] selain air yang mendidih dan nanah,
[26] sebagai pembalasan yang setimpal.QS>78:21-26

2.Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
TAQWA.
Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: "Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?" Mereka menjawab: "[Allah telah menurunkan] kebaikan". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat [pembalasan] yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa, (30)
[yaitu] surga ’Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa. (31)
Orang2 Bertaqwa dan mati sahid dlm peperangan lansung masyuk syurga setelah di wafat,tanpa di hizab.
"[yaitu] orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik (taqwa) [2] oleh para malaikat dengan mengatakan [kepada mereka]: "Salaamun`alaikum [3] masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan".QS.16: (32)
(Namely) those whose lives the angels take in a state of purity, saying (to them) "Peace be on you; enter ye the Garden, because of the good which ye did (in the world)." (32)
Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah [seperti taman] mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya [demikian pula]. Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. QS13:(35)

3.Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman,(yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari. Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran), mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar.QS44:50-57.
[QS 3:169]Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup [2] di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki, (169)
Think not of those who are slain in Allah's way as dead. Nay they live finding their sustenance in the presence of their Lord. (169)
Jika dalam satu negeri banyak orang2 Bertaqwa,makmurlah negeri itu.
Syurga di dunia;
4. Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.

5. Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah;(1) beriman kepada Allah, (2)hari kemudian, (3)malaikat-malaikat, (4)kitab-kitab, (5)nabi-nabi dan (6)memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, (7)mendirikan salat, dan (8)menunaikan zakat; dan (9)orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan (10)orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.QS 2:177

6. Allah berfirman; "... Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar.."Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. .(QS.65:2-3)
Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi,(kemakmuran) tetapi mereka mendustakan [ayat-ayat Kami] itu, maka Kami siksa mereka (dengan kemiskinan dan kekacauan ) disebabkan perbuatannya. (96) Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur? (QS 7:97)
Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara mu disisi Allah ialah orang orang yang paling bertaqwa diantara kamu. )”(QS. 49:13)

5.Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah
Kami akan melimpahkan kepada me-reka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendus-takan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka di-sebabkan perbuatan mereka sendiriQS.7: 96.

6..Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan kenikmatan mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka; dan Tuhan mereka memelihara mereka dari azab neraka.] (Dikatakan kepada mereka): "Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan",
mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.
Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikit pun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.
Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini.
Di dalam surga mereka saling memperebutkan piala (gelas) yang isinya tidak (menimbulkan) kata-kata yang tidak berfaedah dan tiada pula perbuatan dosaDan berkeliling di sekitar mereka anak-anak muda untuk (melayani) mereka, seakan-akan mereka itu mutiara yang tersimpan.

Dan sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain saling tanya-menanya.
Mereka berkata: "Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan diazab)".Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab neraka.Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai. , QS.52:17-27.
Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan [kebenaran] karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS 5:8)
BAGAIMANA KONDISI SYURGA ALLAH ITU/?
(40) Mereka itu memperoleh rezki yang tertentu, (41) yaitu buah-buahan. Dan mereka adalah orang-orang yang dimuliakan, (42) di dalam surga-surga yang penuh ni’mat, (43) di atas takhta-takhta kebesaran berhadap-hadapan. (44) Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir. (45) [Warnanya] putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. (46) Tidak ada dalam khamar itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya. (47) Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya, (48) seakan-akan mereka adalah telur [burung unta] yang tersimpan dengan baik. (49) Lalu sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain sambil bercakap-cakap. (50) Berkatalah salah seorang di antara mereka: "Sesungguhnya aku dahulu [di dunia] mempunyai seorang teman, (51) yang berkata: "Apakah kamu sungguh-sungguh termasuk orang-orang yang membenarkan [ hari berbangkit]? (52) Apakah bila kita telah mati dan kita telah menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kita benar-benar [akan dibangkitkan] untuk diberi pembalasan?" (53) Berkata pulalah ia: "Maukah kamu meninjau [temanku itu]?" (54) Maka ia meninjaunya, lalu ia melihat temannya itu di tengah-tengah neraka menyala-nyala. (55) Ia berkata [pula]: "Demi Allah, sesungguhnya kamu benar-benar hampir mencelakakanku, (56) jika tidaklah karena ni’mat Tuhanku pastilah aku termasuk orang-orang yang diseret [ke neraka]. (57) Maka apakah kita tidak akan mati? (58) melainkan hanya kematian kita yang pertama saja [di dunia], dan kita tidak akan disiksa [di akhirat ini]? (59) Sesungguhnya ini benar-benar kemenangan yang besar. (60) Untuk kemenangan serupa ini hendaklah manusia berusaha bekerja sungguh2. QS 37: 40-61.
[Bagi mereka] surga ’Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera. QS35:(33)
sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (51) [yaitu] di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; (52) mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, [duduk] berhadap-hadapan, (53) demikianlah.
Dan Kami berikan kepada mereka bidadari. (54) Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman [dari segala kekhawatiran] [3]. (55) mereka tidakakan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara
mereka dari azab neraka, (56) sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar. QS.44:(57)

SYARAT2 MASUK SYURGA.
Bukankah kita ingin masuk syurga? Inilah syarat2 dari ALLAH agar kita bisa masuk syurga, dan mohon diperhatikan sekali..ini sangat penting dalam kehidupan di dunia ini, menuju kehidupan akhirat, JANGAN DI ABAIKAN !.

Bismilahirrahmanirrahiim.

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Dalam pencarian saya tentang Rahasia2 Al Quranul Karim saya,menemukan beberapa ayat2 yang menjelaskan syarat2 manusia bisa mendapat tempat yang mulia di akhirat yaitu Syurga.

Difirmankan oleh Allah bahwa di surga itu terdapat pohon-pohon zaitun, anggur, dan wanita-wanita cantik yang masih suci, dibawah pohon-pohon mengalir air yang sejuk lagi bersih, tempat tidur yang dilapisi kain sutra, lantai ditutupi permadani yang tebal lagi indah. Demikianlah Al Quran memberi tahukan kepada manusia..

Sesungguhnya tujuan manusia terakhir adalah ingin bertemu dengan Allah di surga. ALLAH yang menciptakan kita ini.

Tempat yang mulia dan abadi. Ini kunci hidup yang sangat penting. Kita mesti tahu kemana hidup kita pergi setelah wafat, kenapa kita beragama Islam. Bagaimana untuk bisa ke syurga?

Tidak inginkah anda ke syurga itu? Hanya orang2 bodoh yang tidak berilmu saja yang tdk ingin atau tdk tahu akan syurga yang indah itu.

Inilah beberapa ayat yang bapak ketemui,kalau ada kekurangan bpk mohon di tambahkan agar lebih lengkap.

Allah berfirman:

1.“Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti, benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan.“ (QS 82: 13).

إِنَّ ٱلۡأَبۡرَارَ لَفِى نَعِيمٍ۬ (١٣)
2."Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka surga firdaus menjadi tempat tinggalnya.” (QS18: 107).

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ كَانَتۡ لَهُمۡ جَنَّـٰتُ ٱلۡفِرۡدَوۡسِ نُزُلاً (١٠٧)

3."Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh bagi mereka surga penuh kenikmatan-kenikmatan.(QS 31: 8).

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ لَهُمۡ جَنَّـٰتُ ٱلنَّعِيمِ (٨)

4."Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.”(QS 98: 7).

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمۡ خَيۡرُ ٱلۡبَرِيَّةِ (٧)

5."....kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.”(QS 26: 89).

إِلَّا مَنۡ أَتَى ٱللَّهَ بِقَلۡبٍ۬ سَلِيمٍ۬ (٨٩)
6.“Barang siapa menghadap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Tuhannya.” (QS 18: 110).

قُلۡ إِنَّمَآ أَنَا۟ بَشَرٌ۬ مِّثۡلُكُمۡ يُوحَىٰٓ إِلَىَّ أَنَّمَآ إِلَـٰهُكُمۡ إِلَـٰهٌ۬ وَٲحِدٌ۬‌ۖ فَمَن كَانَ يَرۡجُواْ لِقَآءَ رَبِّهِۦ فَلۡيَعۡمَلۡ عَمَلاً۬ صَـٰلِحً۬ا وَلَا يُشۡرِكۡ بِعِبَادَةِ رَبِّهِۦۤ أَحَدَۢا (١١٠)

7. “Sesungguhnya orang yang bertaqwa itu berada dalam syurga (tanaman-tanaman) dan dikdekatnya mata air mata air yang mengalir.Masuk lah kedalam dengan sejahtera lagi aman. Dan kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka sedangkan mereka merasa bersaudara duduk berhadapan hadapan di atas dipan dipan. Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali kali tidak akan dikeluarkan dari padanya.QS.15;45-48..


إِنَّ ٱلۡمُتَّقِينَ فِى جَنَّـٰتٍ۬ وَعُيُونٍ (٤٥) ٱدۡخُلُوهَا بِسَلَـٰمٍ ءَامِنِينَ (٤٦) وَنَزَعۡنَا مَا فِى صُدُورِهِم مِّنۡ غِلٍّ إِخۡوَٲنًا عَلَىٰ سُرُرٍ۬ مُّتَقَـٰبِلِينَ (٤٧) لَا يَمَسُّهُمۡ فِيهَا نَصَبٌ۬ وَمَا هُم مِّنۡہَا بِمُخۡرَجِينَ (٤٨

8.Sesungguhnya orang-orang Mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (di antara mereka) (1)yang benar-benar beriman kepada Allah, (2)hari kemudian dan (3) beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka(masyuk syurga) dan tidak (pula) mereka bersedih hati.QS.5:69.

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَٱلَّذِينَ هَادُواْ وَٱلصَّـٰبِـُٔونَ وَٱلنَّصَـٰرَىٰ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ وَعَمِلَ صَـٰلِحً۬ا فَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُونَ (٦٩)

Makna dari ayat diatas ALLAH menjelaskan kalau ada di antara umat2 Nasrani,Yahudi, Shabiin dan siapa SAJA (yang tdk syirik) tapi beriman kepada ALLAH yang ESA, maka mereka tergolong masyuk syurga.( berapa jumlah orang2 yang tdk syirik itu diantara mereka, hanya ALLAH saja yang tahu.)

Jadi jelaslah bahwa ada dintara mereka itu yang masuk syurga ALLAH. Saya kira anda akan kaget membaca ayat ini,karena guru2 anda tdk pernah mengupasnya atau menyampaikannya bukan?.

9.Barang siapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikit pun. Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.QS.4:124-125.

وَمَن يَعۡمَلۡ مِنَ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ مِن ذَڪَرٍ أَوۡ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤۡمِنٌ۬ فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ يَدۡخُلُونَ ٱلۡجَنَّةَ وَلَا يُظۡلَمُونَ نَقِيرً۬ا (١٢٤) وَمَنۡ أَحۡسَنُ دِينً۬ا مِّمَّنۡ أَسۡلَمَ وَجۡهَهُ ۥ لِلَّهِ وَهُوَ مُحۡسِنٌ۬ وَٱتَّبَعَ مِلَّةَ إِبۡرَٲهِيمَ حَنِيفً۬ا‌ۗ وَٱتَّخَذَ ٱللَّهُ إِبۡرَٲهِيمَ خَلِيلاً۬ (١٢٥

Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara mu disisi Allah ialah orang orang yang paling bertaqwa diantara kamu. )”(QS. 49:13)

إِنَّ أَڪۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَٮٰكُمۡ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ۬ (١٣)

Dari beberapa (9) ayat diatas jelas bagi kita setiap kata BERIMAN di iringi dengan BERAMAL SALEH ATAU DGN KATA LAIN, BERBUAT KEBAIKAN2 UNTUK MASARAKAT...atau perbuatan2 yang nyata(karya2).

Jadi orang2 beriman saja tanpa ber buat kebaikan/perbuatan nyata untuk masarakat belum ada jaminan akan masuk syurga dari ALLAH.

Wahyu2 Allah yang diucapak oleh Rasulullah saw di atas sudah jelas sekali bagi kita syarat2 bagaimana kita bisa masuk syurga, yaitu dengan banyak berbuat baik, berkarya bermanfaat untuk kebaikan manusia dan makhluk Tuhan lainnya.

Ada 8 kiat lain agar kita masuk surga. (QS.70: 22-35):

1.Orang orang yang menjalankan shalat, dan selalu memelihara waktu shalatnya.
2.Mereka dalam menumpuk hartanya bendanya(Orang kaya raya) tersedia bagian tertentu untuk orang minta-minta, anak yatim, baik yang meminta maupun yang tidak. Atau dengan kata lain uang dan hartanya itu dimanfaatkan sebanyak-banyak mungkin untuk kesejahteraan manusia.
(Orang yang kaya pemurah ini berkerja untuk ALLAH dgn rajin)

3.Mereka yang membenarkan hari kiamat.
4.Mereka takut akan siksaan neraka.
5.Mereka yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri/suami.
6.Mereka yang memelihara amanat dan perjanjian.
7.Mereka yang memberikan kesaksian yang jujur.
8.Mereka yang memelihara keutuhan shalatnya.

Tidak ada kalimat yang mengatakan bahwa kita bisa masuk syurga dengan:

menjalankan shalat, berzikir sepanjang malam, tarawih 10,23,36 rakaat, puasa, naik haji .

Dan tidak ada pula dari 9 ayat2 diatas yang menjelaskan bahwa orang2 islam bisa masuk surga begitu pula orang2 yang mendapat rahmat ALLAH.

Kalau begitu dari mana orang2 atau usztad2 yang mengatakan bahwa kita bisa masuk syurga kalau kita menjalankan shalat dan mendapat rahmat dari ALLAH?
Kalau ada yang tahu di Forum ini,mohon di postkan kesini yaa..mungkin bpk bisa lupa.

Banyak para Usztad2 melakukan shalat2 sunat, sampai kakinya bengkak dan keningnya menjadi hitam,banyak pula orang2 berzikir sepanjang malam, banyak pula yang melakukan shlat Tarawih sampai 36 kali, dll agar bisa masuk qualiafikasi orang2 syurga...sesungguhnya tdk ada demikian bukan?

Bukti ayat2 ALLAH tidak ada.
Jadi orang2 yang mengaku beragama Islam tdk ada jaminan masuk syurga.Hati hati..!! Jangan cepat puas...

Kalau kita benar2 ingin masuk syurga perlu kita perbaiki aqidah atau cara beragama kembali yang benar.
Jangan berpikir kalau sudah mempunyai KTP islam[/b] merasa sudah aman dan sudah bisa masuk syurga ALLAH,

Orang2 yang beriman yang memfokuskan ibadah2 ritual saja,tanpa di iringi dgn pebuatan nyata/kerja baik untuk masarakat,misalnya membangun sekolah2,membangun rumah sakit2, membangun industri2 , membangun ekonomi yang kuat serta technologi yang mutakir untuk mempertahankana agama ALLAH,maka mustahil akan masyuk syurga.
ALLAH berfirman kepada nabi Musa as.dan nabi Muhammad saw
You fool, Do you want to be shown that faith without works is dead or
useless.James 2:20,
Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan
carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
QS 62:(10)
Arti wahyu ALLAH diatas itu;
Banyak diantara kita umat Islam sangat rajin melakukan ibadah2 Ritual rajiin
melakukan shalat sunnat, berpuasa, shalat tarawih yang jumlahnya melebihi shalatfardu, dan di ulang ulang minta doa kpd ALLAH, tapi mereka malas bekerja atau beribadah nyata untuk kemanusian. Sesungguhnya orang2 ini adalah orang2
bodoh, atau manusia yang tidak berguna, useless.
ALLAH berfirman kepada nabi Musa dan Dauud as sebagai berikut ini,
bahwa hamba2 ALLAH waruslah bekerja keras untuk memakmurkan bumi,bekerja untuk ALLAH semata;
1. Manusia wajib Bekerja keras sampai kembali ke Bumi.(Genesis 3.18-19.)

2. Manusia beragama tanpa bekerja keras adalah manusia2 tidak berguna. James 2:20,

3.ALLAH sangat membenci orang2 Yang Malas Bekerja, mereka tidak sepantasnya
makan.Thesaa; 3:6

4.Orang Tua yang baik disisi ALLAH adalah orang2 Yg bisa meninggalkan  warisan, bukan untuk anak2nya saja, tapi untuk cucu2nya.Pro.15:4

5. Manusia wajib membayar zakat,10% dari pengasilannya.(deuteronomy 14:22 )

6. Bekerja Keras akan memberikan kekuatan, tapi suka malas akan menjadikan kamu  seorang budak.Prov.12:24

7. Suka dermawan menjadikan kamu seorang yang sejahtera,suka membantu kamu akan di bantu.Prov. 11:25

8. Seorang pemalas tidak akan mempunyai uang, tapi seorang yg aktif akan menjadi kaya.Prov.11;17
Tapi jangan lantas diartikan pula bahwa tanpa shalat, ngaji, puasa, naik haji kita juga bisa ke surga. Tidak demikian.

Shalat,puasa adalah salah satu perintah Allah yang utama, dan sebagai tiang agama, dan suatu bentuk latihan dan penyembahan kepada Allah Yang Maha Pencipta agar kita bisa terbimbing untuk berbuat baik, agar bisa terlindungi dari tipu daya satan yang terkutuk dan licik.

Shalat dan puasa penting sekali agar kita terjaga dari tipu daya syaitan.

Dengan shalat yang baik dan disiplin yang tinggi, khusuk, mengerti yang dibaca, barulah manusia bisa terhindar dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar, yaitu perbuatan-perbuatan yang merugikan orang lain dan diri sendiri, juga untuk mencegah setan memperdayakan atau menipu manusia yang lemah.

Shalat, berpuasa, ngaji, naik haji, tanpa berbuat baik, tanpa berkarya yang bermanfaat, tanpa berbicara yang baik-baik dan bermanfaat untuk orang banyak, sama artinya batang mangga yang rimbun tapi tidak berbuah manis untuk masyarakat. Buahnya tidak ada.

Walaupun kita menambah nambah shalat sunat puluhan banyaknya,  berzikir ribuan banyaknya, sujud sampai hitam keningnya, tdk ada jaminan akan masuk syurga dari ALLAH swt di dalam Al quran..

Dengan kata lain, hidup kita yang tidak bermanfaat untuk orang lain, untuk masarakat baik dari mulutnya maupun dari perbuatannya maka mereka belum ada jaminan masuk syurga .

Shalat,puasa dll itu tidak ada manfaatnya baginya, hanya mendapat capek saja.Ini yang perlu kita renungkan.

Apakah ada bentuk Surga dan neraka di dunia ini? Jawabannya ada dan dijelaskan oleh firman Allah dalam beberapa ayatnya:
Neraka di dunia.
"Dan sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat di dunia, sebelum azab yang lebih besar di akhirat, mudah-mudahan mereka kembali ke jalan yang benar."(QS  32: 21).

Artinya orang-orang yang berbuat jahat, merugikan orang lain, merusak bumi milik Allah dan melanggar perintah-perintah Allah, merugikan diri sendiri, dengan memakan makanan haram, maka di dunia mereka sudah diberikan azab, siksaan, ketakutan dan kesusahan-kesusahan hidup lainnya,peperangan,kemiskinan atau kelaparan dll. Hidupnya tidak bahagia dan melarat.

Dalam ayat ALLAH lainnya di jelaskan pula kalau banyak orang2 bertaqwa, atau orang beriman dan berbuat kebajikan, berkarya, membuat industri2, membuka lapangan kerja yang banyak untuk pemuda2 danpemudi2nya maka makmurlah negeri itu.

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada me-reka berkah dari langit dan bumi(kekayaan,kemakmuran), tetapi mereka (pemimpin2,usztad2 ) mendus-takan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka(kemiskinan,kekacauan,peperangan dll) di-sebabkan perbuatan mereka sendiri"QS.7: 96)

وَلَوۡ أَنَّ أَهۡلَ ٱلۡقُرَىٰٓ ءَامَنُواْ وَٱتَّقَوۡاْ لَفَتَحۡنَا عَلَيۡہِم بَرَكَـٰتٍ۬ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلۡأَرۡضِ وَلَـٰكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذۡنَـٰهُم بِمَا ڪَانُواْ يَكۡسِبُونَ (٩٦
Ini janji ALLAH kepada orang2 yang sukses hidupnya di dunia ini akan diberi hadiah atau reward tempat yang mulia yaitu Syurga.

Rasul memberi nasehat lagi;

ALLAH lebih senang muslim yang kuat iman dan ekonominya dari pada muslim yang lemah.HR Muslim.

Muslim.Tangan di bawah di atas lebih mulia dari pada tangan dibawah.HR Buhaiqi.

Hadits;Kamu belum beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam) HR Muslim.Kamu belum mencintai ALLAH kalau kamu belum mencintai manusia (muslim dan non muslim).HR Muslim

Jalan untuk sukses dunia dan akhirat ikutilah Sunnah Rasul dlm mencari nafkah agar rezeki dari ALLAH banyak dan dapat membayar zakat yang besar dan membantu membangun masarakat yang sejahtera.

Ajakan saya mari kita perbanyak berkarya yang dapat memberikan manfaat kepada masarakat Indonesia kususnya , international umumnya.EKONOMI DAN IPTEK haruslah dikuasai kalau tidak umat islam tetap saja lemah.
Kalau ada kekurangan, ketinggalan ayat2 ALLAH tentang Al Quran mohon di tambahkan,karena kami juga adalah seorang dhoif, tidak sempurna.

Semoga juga dengan membaca penjelasan2 ALLAH diatas, mudah2an kita dapat menjadi orang2 yang benar2 beriman dan bertaqwa artinya sukses hidup di dunia selamat di akhirat dari azab ALLAH.

INDAH SEKALI  AL QURAN ITU, SEMPURNA, TERPERINCI, TEPAT, MUDAH DIMENGERTI BAGI SETIAP ORANG2 YANG  MEMBACANYA, DAN TIDAK ADA KERAGUAN KERAGUAN LAGI.

Jadi ALLAH menginginkan semua orang / pekerja2 ALLAH haruslah membaca Al Quran, memahami al Quran,artinya memahami setiap peraturan2 ALLAH, jangan sekali kali beraqidah kepada ulama2, usztad2, guru2 atau orang tua kita.Ulama2,usztad2 dan guru2 adalah pembuka ilmu saja kepada kita.

Mereka bisa menyesatkan atau tersesat, sengaja atau tidak sengaja..setiap orang harus mempertanggung jawabkan perbuatan2nya, tidak bisa menyalahkan ulama2, usztad2, guru2 kita dan orang tua kita di pengadilan ALLAH di akhirat nanti
HUKUM2 LARANGAN / PROHIBITION LAWS
Prohibitions.
Mengapa kamu tidak mau memakan [binatang-binatang yang halal] yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, padahal sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya atasmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memakannya. Dan sesungguhnya kebanyakan [dari manusia] benar-benar hendak menyesatkan [orang lain] dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas. QS.6:(119).
Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya [1]. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik. QS 6: (121)

Adultery ( berzina)1. Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.
You shall not commit adultery; it is a gross sin, and an evil behavior. [QS.17:32]
2. Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri) nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan budak-budak yang kamu miliki yang menginginkan perjanjian, hendaklah kamu buat perjanjian dengan mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebahagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa budak-budak wanitamu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri mengingini kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan duniawi. Dan barang siapa yang memaksa mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (kepada mereka) sesudah mereka dipaksa (itu).

Those who cannot afford to get married shall maintain morality until GOD provides for them from His grace. Those among your servants who wish to be freed in order to marry, you shall grant them their wish, once you realize that they are honest. And give them from God's money that He has bestowed upon you. You shall not force your girls to commit prostitution, seeking the materials of this world, if they wish to be chaste. If anyone forces them, then GOD, seeing that they are forced, is Forgiver, Merciful. [QS.24:33]
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
[Ini adalah] satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan [menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam]nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat-ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya. (1) Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk [menjalankan] agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah [pelaksanaan] hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman. (2) Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mu’min [1]. (3) Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik [2] [berbuat zina] dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka [yang menuduh itu] delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik. QS.24:1-4
A Surah which We have sent down and which We have ordained: in it have We sent down Clear Signs, in order that ye may receive admonition. (1) The woman and the man guilty of adultery or fornication― flog each of them with a hundred stripes: let not compassion move you in their case, in a matter prescribed by Allah, if ye believe in Allah and the Last Day: and let a party of the Believers witness their punishment. (2) Let no man guilty of adultery or fornication marry any but a woman similarly guilty, or an Unbeliever nor let any but such a man or an Unbeliever marry such a woman: to the Believers such a thing is forbidden. (3) And those who launch a charge against chaste women, and produce not four witnesses (to support their allegation)― flog them with eighty stripes: and reject their evidence ever after: for such men are wicked transgressors (4)
Aggression. (Peperangan)1. Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
You may fight in the cause of GOD against those who attack you, but do not aggress. GOD does not love the aggressors. [QS.2:190]

2. Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu(Mekah); dan fitnah(penindasan) itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidilharam, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikianlah balasan bagi orang-orang kafir. Kemudian jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

And slay them wherever ye catch them, and turn them out from where they have turned you out; for tumult and oppression are worse than slaughter; but fight them not at the Sacred Mosque, unless they (first) fight you there; but if they fight you, slay them. Such is the reward of those who suppress faith. But if they cease, Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful.QS.2:191-192.

3. Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak atau pun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui".

Say, "My Lord prohibits only evil deeds, be they obvious or hidden, and sins, and unjustifiable aggression, and to set up beside GOD powerless idols, and to say about GOD what you do not know." . [QS.7:33]

Alcohol .(Miniman Al Kohol)1. Mereka bertanya kepadamu tentang khamar(alkohol) dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". QS.2:219

The world now recognizes that the economic benefits from manufacturing alcoholic beverages and illicit drugs are not worth the traffic fatalities, brain damage to children of alcoholic mothers, family crises, and other disastrous consequences. Check with "Alcoholics Anonymous" and "Gamblers Anonymous" for more information. See also

2. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
O you who believe, intoxicants, and gambling, and the altars of idols, and the games of chance are abominations of the devil; you shall avoid them, that you may succeed. [QS.5:90]

2. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).

The devil wants to provoke animosity and hatred among you through intoxicants and gambling, and to distract you from remembering GOD, and from observing the Contact Prayers (Salat). Will you then refrain? [QS.5:91]
Backbiting. (Prasangka buruk)1. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati?Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.
O you who believe, you shall avoid any suspicion, for even a little bit of suspicion is sinful. You shall not spy on one another, nor shall you backbite one another; this is as abominable as eating the flesh of your dead brother. You certainly abhor this. You shall observe GOD. GOD is Redeemer, Most Merciful[QS.49:12]

2. Dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbat di kedua telinganya; maka beri kabar gembiralah dia dengan azab yang pedih. (QS.31:7)
When Our Signs are rehearsed to such a one, he turns away in arrogance, as if he heard them not, as if there were deafness in both  his ears: announce to him a grievous Penalty.
Conspiracy .(Pembicaraan rahasia )

1. Apakah tiada kamu perhatikan orang-orang yang telah dilarang mengadakan pembicaraan rahasia, kemudian mereka kembali (mengerjakan) larangan itu dan mereka mengadakan pembicaraan rahasia untuk berbuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Dan apabila mereka datang kepadamu, mereka mengucapkan salam kepadamu dengan memberi salam yang bukan sebagai yang ditentukan Allah untukmu. Dan mereka mengatakan pada diri mereka sendiri: "Mengapa Allah tiada menyiksa kita disebabkan apa yang kita katakan itu?" Cukuplah bagi mereka neraka Jahanam yang akan mereka masuki. Dan neraka itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan tentang membuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Dan bicarakanlah tentang membuat kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikembalikan.

Have you noted those who were enjoined from conspiring secretly, then insist on conspiring? They conspire to commit sin, transgression, and disobedience of the messenger. When they come to you, they greet you with a greeting other than that decreed by GOD. They say inside themselves, "GOD will not punish us for our utterances." Their only requital is Gehenna, wherein they burn; what a miserable destiny. O ye who believe! when ye hold secret counsel, do it not for iniquity and hostility, and disobedience to the Messenger; but do it for righteousness and self-restraint; and fear Allah, to Whom ye shall be brought back. [ QS.58:8-9]

Dishonesty & bribery (Sogok dan tidak jujur)1. Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil(sogok) dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.
You shall not take each others' money illicitly, nor shall you bribe the officials to deprive others of some of their rights illicitly, while you know. [QS.2:188]

2. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.
O you who believe, do not consume each others' properties illicitly - only mutually acceptable transactions are permitted. You shall not kill yourselves. GOD is Merciful towards you. [QS.4:29]

3. Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil kendati pun dia adalah kerabat (mu), dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat, dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa.
You shall not touch the orphans' money except in the most righteous manner, until they reach maturity. You shall give full weight and full measure when you trade, equitably. We do not burden any soul beyond its means. You shall be absolutely just when you bear witness, even against your relatives. You shall fulfill your covenant with GOD. These are His commandments to you, that you may take heed. Verily, this is My Way leading straight: follow it; follow not (other) paths: they will scatter you about from His (great) Path; thus doth He command you, that ye may be righteous. [QS.6:152-153.]

4. Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.
You shall not touch the orphans' money except for their own good, until they reach maturity. You shall fulfill your covenants, for a covenant is a great responsibility. [ QS.17:34]

6. Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar dan timbanglah dengan neraca yang benar. Itulah yang lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya
You shall give full measure when you trade, and weigh equitably. This is better and more righteous. [ QS.17:35]

Don't invent (Jangan menghina makanan orang lain)
1. Semua makanan adalah halal bagi Bani Israel melainkan makanan yang diharamkan oleh Israel (Yakub) untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: "(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), maka bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar".
All food used to be lawful for the Children of Israel, until Israel imposed certain prohibitions on themselves before the Torah was sent down. Say, "Bring the Torah and read it, if you are truthful." [ QS.3:93]

2. Dan mereka mengatakan: "Inilah binatang ternak dan tanaman yang dilarang; tidak boleh memakannya, kecuali orang yang kami kehendaki" menurut anggapan mereka, dan ada binatang ternak yang diharamkan menungganginya dan binatang ternak yang mereka tidak menyebut nama Allah di waktu menyembelihnya, semata-mata membuat-buat kedustaan terhadap Allah. Kelak Allah akan membalas mereka terhadap apa yang selalu mereka ada-adakan.

They said, "These are livestock and crops that are prohibited; no one shall eat them except whomever we permit," so they claimed. They also prohibited the riding of certain livestock. Even the livestock they ate, they never pronounced GOD's name as they sacrificed them. Such are innovations attributed to Him. He will surely requite them for their innovations. (QS.6:138)

3. Sesungguhnya rugilah orang yang membunuh anak-anak mereka karena kebodohan lagi tidak mengetahui, dan mereka mengharamkan apa yang Allah telah rezekikan kepada mereka dengan semata-mata mengada-adakan terhadap Allah. Sesungguhnya mereka telah sesat dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.QS6:140.
Lost are those who slay their children, from folly, without knowledge, and forbid food which Allah hath provided for them, inventing (lies) against Allah. They have indeed gone astray and heeded no guidance.

4. (yaitu) delapan binatang yang berpasangan, sepasang dari domba dan sepasang dari kambing. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan Allah ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya?" Terangkanlah kepadaku dengan berdasar pengetahuan jika kamu memang orang-orang yang benar.

Eight kinds of livestock: regarding the two kinds of sheep, and the two kinds of goats, say, "Is it the two males that He prohibited, or the two females, or the contents of the wombs of the two females? Tell me what you know, if you are truthful." [ QS.6:143]

5. dan sepasang dari unta dan sepasang dari lembu. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya. Apakah kamu menyaksikan di waktu Allah menetapkan ini bagimu? Maka siapakah yang lebih lalim daripada orang-orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah untuk menyesatkan manusia tanpa pengetahuan?" Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim.

Regarding the two kinds of camels, and the two kinds of cattle, say, "Is it the two males that He prohibited, or the two females, or the contents of the wombs of the two females? Were you witnesses when GOD decreed such prohibitions for you? Who is more evil than those who invent such lies and attribute them to GOD? They thus mislead the people without knowledge. GOD does not guide such evil people." [ QS.6:144]

6. Katakanlah: "Bawalah ke mari saksi-saksi kamu yang dapat mempersaksikan bahwasanya Allah telah mengharamkan (makanan yang kamu) haramkan ini." Jika mereka mempersaksikan, maka janganlah kamu ikut (pula) menjadi saksi bersama mereka; dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, sedang mereka mempersekutukan Tuhan mereka.

Say, "Bring your witnesses who would testify that GOD has prohibited this or that." If they testify, do not testify with them. Nor shall you follow the opinions of those who reject our revelations, and those who disbelieve in the Hereafter, and those who stray away from their Lord. [ QS.6:150]

7. Katakanlah: "Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezeki yang baik?" Katakanlah: "Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat. Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.

Say, "Who prohibited the nice things GOD has created for His creatures, and the good provisions?" Say, "Such provisions are to be enjoyed in this life by those who believe. Moreover, the good provisions will be exclusively theirs on the Day of Resurrection." We thus explain the revelations for people who know. [ QS.7:32]

8. Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak atau pun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar(Ham), (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui". QS.7:33

Say, "My Lord prohibits only evil deeds, be they obvious or hidden, and sins, and unjustifiable aggression, and to set up beside GOD powerless idols, and to say about GOD what you do not know."
9. Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang mereka dilarang mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: "Jadilah kamu kera yang hina QS.7:166
When they continued to defy the commandments, we said to them, "Be you despicable apes."
10. Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam,murtad) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi.

This day are (all) things good and pure made lawful unto you. The food of the People of the Book is lawful unto you and yours is lawful unto them. (Lawful unto you in marriage) are (not only) chaste women who are Believers, but chaste women among the People of the Book, revealed before your time, when ye give them their due dowers, and desire chastity, not lewdness, nor secret intrigues. If any one rejects faith, fruitless is his work, and in the Hereafter he will be in the ranks of those who have lost (all spiritual good).
.(V.5:5)
11. Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barang siapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

He has forbidden you only meat of a dead animal, blood, the flesh of swine and any animal which is slaughtered as a sacrifice for others than God has been slaughtered for idols or on which God’s Name has not been mentioned while slaughtering. But if one is forced by necessity, without willful disobedience, and not transgressing, then God is Oft
Forgiving, Most Merciful (V.16:115)12. Dan berkatalah orang-orang musyrik: "Jika Allah menghendaki, niscaya kami tidak akan menyembah sesuatu apa pun selain Dia, baik kami maupun bapak-bapak kami, dan tidak pula kami mengharamkan sesuatu pun tanpa   (izin) -Nya". Demikianlah yang diperbuat orang-orang sebelum mereka; maka tidak ada kewajiban atas para rasul, selain dari menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.
The idol worshipers say, "Had GOD willed, we would not worship any idols besides Him, nor would our parents. Nor would we prohibit anything besides His prohibitions." Those before them have done the same. Can the messengers do anything but deliver the complete message? QS.16:35

13. Hai Nabi, mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah menghalalkannya bagimu; kamu mencari kesenangan hati istri-istrimu? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
O you prophet, why do you prohibit what GOD has made lawful for you, just to please your wives? GOD is Forgiver, Merciful. QS.66:1

Drugs ( minuman beralkohol)
1. Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir, QS.2:219

They ask you about intoxicants and gambling: say, "In them there is a gross sin, and some benefits for the people. But their sinfulness far outweighs their benefit." They also ask you what to give to charity: say, "The excess." GOD thus clarifies the revelations for you, that you may reflect.

2. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
O you who believe, intoxicants, and gambling, and the altars of idols, and the games of chance are abominations of the devil; you shall avoid them, that you may succeed[ QS.5:90]

Evil works (Pekerjaan Setan)
1. Maka disebabkan kelaliman orang-orang Yahudi, Kami haramkan atas mereka (memakan makanan) yang baik-baik (yang dahulunya) dihalalkan bagi mereka, dan karena mereka banyak menghalangi (manusia) dari jalan Allah,
Due to their transgressions, we prohibited for the Jews good foods that used to be lawful for them; also for consistently repelling from the path of GOD. [ QS.4:160]

2. Dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.
And for practicing usury, which was forbidden, and for consuming the people's money illicitly. We have prepared for the disbelievers among them painful retribution. [ QS.4:161]

3. Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.
GOD advocates justice, charity, and regarding the relatives. And He  forbids evil, vice, and transgression. He enlightens you, that you may take heed. [ QS.16:90]

4. (yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.
They are those who, if we appointed them as rulers on earth, they would establish the Contact Prayers (Salat) and the obligatory charity (Zakat), and would advocate righteousness and forbid evil. GOD is the ultimate ruler. QS.22:41

Food (Makanan)
1. Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
O people, eat from the earth's products all that is lawful and good, and do not follow the steps of Satan; he is your most ardent enemy. [QS.2:168]

2. Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.
He only commands you to commit evil and vice, and to say about GOD what you do not know. [QS.2:169]

3. Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. . [QS.2:173]
He only prohibits for you the eating of animals that die of themselves (without human interference), blood, the meat of pigs, and animals dedicated to other than GOD. If one is forced (to eat these), without being malicious or deliberate, he incurs no sin. GOD is Forgiver, Most Merciful

4. Semua makanan adalah halal bagi Bani Israel melainkan makanan yang diharamkan oleh Israel (Yakub) untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: "(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), maka bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar".
All food used to be lawful for the Children of Israel, until Israel imposed certain prohibitions on themselves before the Torah was sent down. Say, "Bring the Torah and read it, if you are truthful." [QS.3:93]

5. Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merobahnya". Barang siapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.
"I will mislead them, I will entice them, I will command them to (forbid the eating of certain meats by) marking the ears of livestock, and I will command them to distort the creation of GOD." Anyone who accepts the devil as a lord, instead of GOD, has incurred a profound loss. [QS.4:119]

6. Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada h ari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Prohibited for you are animals that die of themselves, blood, the meat of pigs, and animals dedicated to other than GOD. (Animals that die of themselves include those) strangled, struck with an object, fallen from a height, gored, attacked by a wild animal - unless you save your animal before it dies - and animals sacrificed on altars. Also prohibited is dividing the meat through a game of chance; this is an abomination. Today, the disbelievers have given up concerning (the eradication of) your religion; do not fear them and fear Me instead. Today, I have completed your religion, perfected My blessing upon you, and I have decreed Submission as the religion for you. If one is forced by famine (to eat prohibited food), without being deliberately sinful, then GOD is Forgiver, Merciful. [QS.5:3]

7. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
O you who believe, do not prohibit good things that are made lawful by GOD, and do not aggress; GOD dislikes the aggressors. QS.5:87

8. Mengapa kamu tidak mau memakan (binatang-binatang yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, padahal sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya atasmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memakannya. Dan sesungguhnya kebanyakan (dari manusia) benar-benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas.

Why should you not eat from that upon which GOD's name has been mentioned? He has detailed for you what is prohibited for you, unless you are forced. Indeed, many people mislead others with their personal opinions, without knowledge. Your Lord is fully aware of the transgressors. QS.6:119

9. Dan mereka mengatakan: "Inilah binatang ternak dan tanaman yang dilarang; tidak boleh memakannya, kecuali orang yang kami kehendaki" menurut anggapan mereka, dan ada binatang ternak yang diharamkan menungganginya dan binatang ternak yang mereka tidak menyebut nama Allah di waktu menyembelihnya, semata-mata membuat-buat kedustaan terhadap Allah. Kelak Allah akan membalas mereka terhadap apa yang selalu mereka ada-adakan.
They said, "These are livestock and crops that are prohibited; no one shall eat them except whomever we permit," so they claimed. They also prohibited the riding of certain livestock. Even the livestock they ate, they never pronounced GOD's name as they sacrificed them. Such are innovations attributed to Him. He will surely requite them for their innovations. QS.6:138

10. Sesungguhnya rugilah orang yang membunuh anak-anak mereka karena kebodohan lagi tidak mengetahui, dan mereka mengharamkan apa yang Allah telah rezekikan kepada mereka dengan semata-mata mengada-adakan terhadap Allah. Sesungguhnya mereka telah sesat dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.
Losers indeed are those who killed their children foolishly, due to their lack of knowledge, and prohibited what GOD has provided for them, and followed innovations attributed to GOD. They have gone astray; they are not guided.. QS.6:140

11. (yaitu) delapan binatang yang berpasangan, sepasang dari domba dan sepasang dari kambing. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan Allah ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya?" Terangkanlah kepadaku dengan berdasar pengetahuan jika kamu memang orang-orang yang benar,
Eight kinds of livestock: regarding the two kinds of sheep, and the two kinds of goats, say, "Is it the two males that He prohibited, or the two females, or the contents of the wombs of the two females? Tell me what you know, if you are truthful." QS.6:143

12. Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barang siapa yang dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
Say, "I do not find in the revelations given to me any food that is prohibited for any eater except: (1) carrion, (2) running blood, (3) the meat of pigs, for it is contaminated, and (4) the meat of animals blasphemously dedicated to other than GOD." If one is forced (to eat these), without being deliberate or malicious, then your Lord is Forgiver, Most Merciful. QS.6:145

13. Dan kepada orang-orang Yahudi, Kami haramkan segala binatang yang berkuku; dan dari sapi dan domba, Kami haramkan atas mereka lemak dari kedua binatang itu, selain lemak yang melekat di punggung keduanya atau yang di perut besar dan usus atau yang bercampur dengan tulang. Demikianlah Kami hukum mereka disebabkan kedurhakaan mereka; dan sesungguhnya Kami adalah Maha Benar.

For those who are Jewish we prohibited animals with undivided hoofs; and of the cattle and sheep we prohibited the fat, except that which is carried on their backs, or in the viscera, or mixed with bones. That was a retribution for their transgressions, and we are truthful. QS.6:146

14. Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku tentang rezeki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebagiannya haram dan (sebagiannya) halal". Katakanlah: "Apakah Allah telah memberikan izin kepadamu (tentang ini) atau kamu mengada-adakan saja terhadap Allah?"QS 10:59

Say, "Did you note how GOD sends down to you all kinds of provisions, then you render some of them unlawful, and some lawful?" Say, "Did GOD give you permission to do this? Or, do you fabricate lies and attribute them to GOD?" [QS.10:59]

15. Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk) nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.
GOD cites the example of a community that used to be secure and prosperous, with provisions coming to it from everywhere. But then, it turned unappreciative of GOD's blessings. Consequently, GOD caused them to taste the hardships of starvation and insecurity. Such is the requital for what they did. QS.16:112

16. Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi.

This day are (all) things good and pure made lawful unto you. The food of the People of the Book is lawful unto you and yours is lawful unto them. (Lawful unto you in marriage) are (not only) chaste women who are Believers, but chaste women among the People of the Book, revealed before your time, when ye give them their due dowers, and desire chastity, not lewdness, nor secret intrigues. If any one rejects faith, fruitless is his work, and in the Hereafter he will be in the ranks of those who have lost (all spiritual good) [QS.5:5].

17. Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barang siapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

He has forbidden you only meat of a dead animal, blood, the flesh of swine and any animal which is slaughtered as a sacrifice for others than God has been slaughtered for idols or on which God’s Name has not been mentioned while slaughtering. But if one is forced by necessity, without willful disobedience, and not transgressing, then God is Oft Forgiving, Most Merciful .) [QS.16:115]

18. Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta "Ini halal dan ini haram", untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung.
You shall not utter lies with your own tongues stating: "This is lawful, and this is unlawful," to fabricate lies and attribute them to GOD. Surely, those who fabricate lies and attribute them to GOD will never succeed. [QS.16:116]

19. (Itu adalah) kesenangan yang sedikit; dan bagi mereka azab yang pedih.
They enjoy briefly, then suffer painful retribution. [QS.16:117]

20. Dan terhadap orang-orang Yahudi, Kami haramkan apa yang telah Kami ceritakan dahulu kepadamu; dan Kami tiada menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.
For the Jews, we prohibited what we narrated to you previously. It was not us who wronged them; they are the ones who wronged their own souls. [QS.16:118]

Idol worship (syrik,penyembah berhala)
1. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

O you who believe, intoxicants, and gambling, and the altars of idols, and the games of chance are abominations of the devil; you shall avoid them, that you may succeed. [QS.5:90]

2. Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah(membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu kepadamu supaya kamu memahami (nya).

Say, "Come let me tell you what your Lord has really prohibited for you: You shall not set up idols besides Him. You shall honor your parents. You shall not kill your children from fear of poverty - we provide for you and for them. You shall not commit gross sins, obvious or hidden. You shall not kill - GOD has made life sacred - except in the course of justice. These are His commandments to you, that you may understand." [QS.6:151]

3. Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak atau pun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui".

Say, "My Lord prohibits only evil deeds, be they obvious or hidden, and sins, and unjustifiable aggression, and to set up beside GOD powerless idols, and to say about GOD what you do not know." [QS.7:33]

4. Allah berfirman: "Janganlah kamu menyembah dua tuhan; sesungguhnya Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa, maka hendaklah kepada-Ku saja kamu takut".

GOD has proclaimed: "Do not worship two gods; there is only one god. You shall reverence Me alone." [QS.16:51]

6. Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhan kepadamu. Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah).

This is some of the wisdom inspired to you by your Lord. You shall not set up another god beside GOD, lest you end up in Gehenna, blamed and defeated. [QS.17:39]

7. Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan  apa-apa yang terhormat di sisi Allah maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya. Dan telah dihalalkan bagi kamu semua binatang ternak, terkecuali yang diterangkan kepadamu keharamannya, maka jauhilah olehmu berhala-berhala yang najis itu dan jauhilah perkataan-perkataan dusta.

Those who reverence the rites decreed by GOD have deserved a good reward at their Lord. All livestock is made lawful for your food, except for those specifically prohibited for you. You shall avoid the abomination of idol worship, and avoid bearing false witness. [QS.22:30].

8. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.QS 4:48,116.

Allah forgiveth not that partners should be set up with Him; but He forgiveth anything else, to whom He pleaseth; to set up partners with Allah is to devise a sin most heinous indeed.

9. Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. [66] Karena itu, maka hendaklah Allah saja kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur".
QS.39:65

But it has already been revealed to thee, - as it was to those before thee - "If thou wert to join (gods with Allah), truly fruitless will be thy work (in life), and thou wilt surely be in the ranks of those who lose (all spiritual good)." [66] Nay, but worship Allah, and be of those who give thanks
Hukum Pencuri( Steal).
Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya [sebagai] pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. QS 5:(38)
As to the thief, male or female, cut off his or her hands: a retribution for their deed and exemplary punishment from Allah amd Allah is Exalted in Power, full of Wisdom. (38)
Lihat juga QS.12:31.
HUKUM MEMBUNUH / KILLER.
93. Sesiapa yang membunuh orang yang percaya dengan disengajakan, maka hukuman untuknya adalah Neraka, dimana situlah tempat tinggalnya yang berkekalan untuk selama lamanya, Allah amat memurkainya dan mengutuknya, dan telah disiapkan untuknya siksaan yang amat mengerunkan.qs4:93
Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah [membunuhnya], melainkan dengan suatu [alasan] yang benar. [3] Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan [4] kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan. QS 17:(33)
Nor take life which Allah has made sacred― except for just cause. And if anyone is slain wrongfully We have given his heir authority (to demand Qisas or to forgive): but let him not exceed bounds in the matter of taking life: for he is helped (by the Law). (33)
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash [1] berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba dan wanita dengan wanita. Maka barangsiapa yang mendapat suatu pema’afan dari saudaranya, hendaklah [yang mema’afkan] mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah [yang diberi ma’af] membayar [diat] kepada yang memberi ma’af dengan cara yang baik [pula]. Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas  sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih. QS 2:(178)
O ye who believe! The law of equality is prescribed to you in cases of murder; the free for the free the slave for the slave the woman for the woman. But if any remission is made by the brother of the slain then grant any reasonable demand, and compensate him with handsome gratitude, This is a concession and a Mercy from your Lord. After this whoever exceeds the limits shall be in grave penalty. (178)
Dan tidak layak bagi seorang mu’min membunuh seorang mu’min [yang lain], kecuali karena tersalah [tidak sengaja] [1], dan barangsiapa membunuh seorang mu’min karena tersalah [hendaklah] ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat [2] yang diserahkan kepada keluarganya [si terbunuh itu], kecuali jika mereka [keluarga terbunuh] bersedekah [3]. Jika ia [si terbunuh] dari kaum yang memusuhimu, padahal ia mu’min, maka [hendaklah si pembunuh] memerdekakan hamba-sahaya yang mu’min. Dan jika ia [si terbunuh] dari kaum [kafir] yang ada perjanjian [damai] antara mereka dengan kamu, maka [hendaklah si pembunuh] membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya [si terbunuh] serta memerdekakan hamba sahaya yang mu’min. Barangsiapa yang tidak memperolehnya [4], maka hendaklah ia [si pembunuh] berpuasa dua bulan berturut-turut sebagai cara taubat kepada Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. QS.2:(92) .
Never should a Believer kill a Believer; but (if it so happens) by mistake, (compensation is due): if one (so) kills a Believer it is ordained that he should free a believing slave, And pay compensation to the deceased's family, unless they remit it freely. If the deceased belonged to a people at war with you, and he was a Believer, the freeing of a believing slave (is enough). If he belonged to a people with whom ye have a treaty of mutual alliance, compensation should be paid to his family, and a believing slave be freed. For those who find this beyond their means (is prescribed) a fast for two months, running: by way of repentance to Allah: for Allah hath all knowledge and all wisdom. (92)
HUKUM PEMBRONTAK/PERUSAK ALAM KETERLALUAN.
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar,Qs 5:33..
HUKUM ZINA / PEMERKOSA.
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
[Ini adalah] satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan [menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam]nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat-ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya. (1) Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk [menjalankan] agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah [pelaksanaan] hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman. (2)
Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mu’min [1].

(3) Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik [2] [berbuat zina] dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka [yang menuduh itu] delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik. QS.24:1-4
DO NOT KILL YOUR CHILDREN.
The Noble Qur'an Al-Israa 17:31 .
Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kami lah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.
And kill not your children for fear of poverty. We provide for them and for you. Surely, the killing of them is a great sin.
The Noble Qur'an Al-An'aam 6:151 .
Katakanlah: "Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, danjanganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar". Demikian itu yang diperintahkan oleh Tuhanmu kepadamu supaya kamu memahami (nya).
Say (O Muhammad SAW): "Come, I will recite what your Lord has prohibited you from: Join not anything in worship with Him; be good and dutiful to your parents; kill not your children because of poverty - We provide sustenance for you and for them; come not near to Al-Fawâhish (shameful sins, illegal sexual intercourse, etc.) whether committed openly or secretly, and kill not anyone whom Allâh has forbidden, except for a just cause (according to Islâmic law). This He has commanded you that you may understand.

AKHLAQ RASULULLAH SAW YANG AGUNG.
Seorang musyafir bertanya kepada istri Rasul, bagaimana akhlaq Rasulullah saw itu? Istri Rasul memberikan jawaban;
Akhlaq Rasulullah saw adalah akhlaq "alQuran" yaitu berakhlaq yang agung dan mulia atau luhur sebagaimana ALLAH jelaskan dlm alquran;
[QS 68:1] Nun, demi kalam dan apa yang mereka tulis, [2] berkat nikmat Tuhanmu kamu (Muhammad) sekali-kali bukan orang gila. [3] Dan sesungguhnya bagi kamu benar-benar pahala yang besar yang tidak putus-putusnya. [4] Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. [5] Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat, [6]  siapa di antara kamu yang gila.

[7] Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah Yang Paling Mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya; dan Dia-lah Yang Paling Mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.


[1] Nun. By the Pen and by the (Record) which (men) write, [2] Thou art not, by the grace of thy Lord, mad or possessed. [3] Nay, verily for thee is a Reward unfailing: [4] And thou (standest) on an exalted standard of character. [5] Soon wilt thou see, and they will see, [6] Which of you is afflicted with madness. [7] Verily it is thy Lord that knoweth best, which (among men) hath strayed from His Path: and He knoweth best those who receive (true) Guidance.

1.Tugas utama Rasulullah saw adalah menyuruh umat untuk berbuat kebaikan dan mencegah dari perbuatan buruk atau dosa.

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.QS.3:110

2.Dengan hikmah dan santun.

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. QS.16:125

3.Dengan lemah lembut, pemaaf, tolerensi,dan mendoakan musuh2nya

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya..QS 3:159.

4.Jangan Sombong
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,QS 4:36

5.Jangan Berkata buruk.
Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.QS.4:148

6 Jangan memfitnah.
dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan,QS.2:191-192.

7.Tatata bergaul dengan sesame Muslim
Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.QS 49:10

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.QS 49:12.

Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim.QS.49:11.

8.Tata bergaul dengan non Islam..yahudi,nasrani, anti tuhan dll

Berlaku adil dan berkasih sayang kepada bekas2 musuh yaitu orang2 musryik,yahudi dan nasrani.Anti diskriminasi.atau HAM.

Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [8] Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.QS.60:7-8.

9.Jangan membenci suatu Bangsa atau suku.

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.QS.5:8

10 Bersabar
Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan.QS 16:126

11. Pemurah

Jika kamu menampakan sedekah mu maka itu adalah baik sekali.(agar orang menirunya), Dan jika kamu menyembunyikannya itu lebih baik bagi mu (agar tidak ada orang yang iri hati pada mu ) Allah maha Tahu apa yang kamu kerjakan. QS.2: 271.
Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah akan melipatgandakan pembalasannya kepada mu dan akan mengampuni kamu dan Allah Maha pembalas Jasa dan Maha Penyantun.QS 64:17

Perumpamaan orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah itu seperti benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir terdapat seratus biji. Melipatgandakan bagi siapa saja ( Islam dan non Islam) yang Dia kehendaki dan Allah Maha mengetahui QS.2:261).

12.Musuh jangan di jadikan Teman.

Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang lalim QS.60:9

13.Kalau membalas balaslah dengan yang sama/ atau bersabar.

Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.QS.16:126.

14.Prikemanusian dan kerendahan hati---Humality anda humanity.

1. Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. QS.25:63.

And the faithful slave of the Most Gracious (God) are those who walk on the earth in humility and sedateness, and when the foolish (the ignorant) address them (with the bad words) they reply back with mild words of gentleness..

Bisakah kita berbuat baik kepada orang2 nakal atau jahil? Suatu challenge..

2. Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, (QS.4:36).

Serve Allah, and join not any partners with Him; and do good to parents, kinsfolk, orphans, those in need, neighbours who are near neighbours who are strangers, the companion by your side, the way-farer (ye meet) and what your right hands possess: for Allah loveth not the arrogant, the vainglorious.

Berbuat baik kepada orang2 yang disebutkan diatas itu adalah seharusnya.

3. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. .(QS.25:64).

And those who spend the night in worship of their Lord, prostrate and standing.

4. Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. .” (QS.60:8).

God commands Muslims to be affectionate, kind, and just in their practice of tolerance with Non-Muslims. They should have good relations with non-Muslims as long as they are in peace with them. God says: “God forbids you not, with regard to those who fight you not for your faith nor drive you out of your homes, from dealing kindly and justly with them: For God love those who are just

Bisakah kita berlaku adil kepada mantan2 musuh kita, inilah perintah dari ALLAH yang wajib kita laksakan...suatu challenge bagi kita...

5.Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.QS.26:215.

And lower your wing to the Believers who follow them.

ALLAH memerintahkan Rasul untuk merendahkan diri kepada umatnya...tidak menyombong...

6. Salah satu sifat Rasul yang mulia yang diperintahkan oleh Allah.
Janganlah merasa cemburu dengan apa yang kami kurniakan kepada yang lainnya, dan janganlah bersedih (dengan orang orang yang ingkar), dan rendahkan dirimu kepada orang orang yang percaya. Dan umumkan: Aku adalah pemberi amaran yang nyata." QS 15:88

Strain not thine eyes, (wistfully) at what We have bestowed on certain classes of them, nor grieve over them: but lower thy wing (in gentleness) to the Believers.

15. Tidak mau menerima upah dalam berdakwah.
Katakanlah: "Aku tidak meminta upah sedikitpun kepada kamu dalam menyampaikan risalah itu, melainkan [mengharapkan kepatuhan] orang-orang yang mau mengambil jalan kepada Tuhannya. (QS 25:57)
Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang  yang mendapat petunjuk.QS 36: (21)

Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan-ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam. QS. 26:109)

Katakanlah: "Aku tidak meminta upah kepadamu dalam menyampaikan [Al Qur’an]". Al Qur’an itu tidak lain hanyalah peringatan untuk segala umat.QS 6: (90)

16. Cara rasul menegakan amar makruf nahi mungkar dgn kasih sayang/santun dan baik2.Tanpa paksaan.
Tugas kamu(Muhammad) hanya menyampaikan saja. Kami lah yang menghisab perbuatan2 mereka" dan QS.13:40.
"Jika sekiranya kamu bersikap keras,kasar,jahat budi pekerti,berhati kasar
(tidak lemah lembut, tidak senyum ), niscaya larilah tamu-tamu itu dari kamu." (QS.3:159 ). (Anti kekerasan).

Jika mereka tetap berpaling,maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atas kamu(Muhammad) hanyalah menyampaikan (amanat ALLAH ) dgn terang Qs 16 :82.

[QS 64:12] Dan taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.

[QS 24:54] Katakanlah: "Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasul; dan jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu. Dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang."
Maka berilah PERINGATAN ,(kepada peminum2alkohol, wanita2 penari,penjudi2 atau kepada penyembah2 berhala, ajaran2 sesat dll) karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan. Kamu bukanlah orang yang berkuasa( diktator, atau orang yang memaksa) atas mereka. Tetapi orang yang berpaling,khafir(ingkar,melawan), maka ALLAH akan mengazabnya dengan azab yang besar..(QS.88;21-22).

17. Budi pekerti Rasul adalah budi perkerti yang agung.

[QS 68:1] Nun, demi kalam dan apa yang mereka tulis, [2] berkat nikmat Tuhanmu kamu (Muhammad) sekali-kali bukan orang gila. [3] Dan sesungguhnya bagi kamu benar-benar pahala yang besar yang tidak putus-putusnya. [4] Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. [5] Maka kelak kamu akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat, [6]  siapa di antara kamu yang gila.

Bagaimana pendapat anda tentang ayat2 ALLAH diatas yang mengajarakan berprikemanusian dan kerendahan hati?.

Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat  Tuhan
mereka,mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang-orang yang tuli dan buta. QS 25(73

Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan/mengingatkan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang. Mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan. QS 90:17-18

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".QS 27:19.

ORANG2 YAHUDI DAN NASRANI MASUK GOLONGAN SYURGA.
1.Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin [1], siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah [2], hari kemudian dan beramal saleh [3], mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak [pula] mereka bersedih hati. (QS 2:62).

2.Di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus [4], mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud [sembahyang]. (113) Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan mereka menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar dan bersegera kepada [mengerjakan] pelbagai kebaikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh. (114) Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi [menerima pahala] nya; dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa. (QS 3: 113-115)

3.Dan sekiranya Ahli Kitab( Ulama2 yahudi,Nasrani, dan Mukmin) beriman dan bertakwa, tentulah Kami tutup [hapus] kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka ke dalam surga yang penuh keni’matan. (65) Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan [hukum] Taurat, Injil dan [Al Qur’an] yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka [1]. Di antara mereka ada golongan yang pertengahan[2]. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka. (QS 5:66)

4. Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan Al Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu [Muhammad] dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu. (QS 5:68)
Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja [4] [di antara mereka] yang (1) benar-benar beriman kepada Allah,(2) hari kemudian dan (3) beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak [pula] mereka bersedih hati. (QS 5:69)

5.Sesungguhnya [agama tauhid] ini adalah agama kamu semua; agama yang satu [1] dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku. (92) Dan mereka telah memotong-motong urusan [agama] mereka di antara mereka. Kepada Kamilah masing-masing golongan itu akan kembali. [2] (93) Maka barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, sedang ia beriman, maka tidak ada pengingkaran terhadap amalannya itu dan sesungguhnya Kami menuliskan amalannya itu untuknya. (QS 21:94

6.Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun. (124) Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya. (QS 4:125)
Kalau ada kekurangan, ketinggalan ayat2 ALLAH tentang Al Quran mohon di tambahkan,karena kami juga adalah seorang dhoif, tidak sempurna.

Semoga juga dengan membaca penjelasan2 ALLAH diatas, mudah2an kita dapat menjadi orang2 yang benar2 beriman dan bertaqwa artinya sukses hidup di dunia selamat di akhirat dari azab ALLAH.

INDAH SEKALI  AL QURAN ITU, SEMPURNA, TERPERINCI, TEPAT, MUDAH DIMENGERTI BAGI SETIAP ORANG2 YANG MEMBACANYA, DAN TIDAK ADA KERAGUAN KERAGUAN LAGI.

Jadi ALLAH menginginkan semua orang / pekerja2 ALLAH haruslah membaca Al Quran, memahami al Quran,artinya memahami setiap peraturan2 ALLAH, jangan sekali kali beraqidah kepada ulama2, usztad2, guru2 atau orang tua kita.Ulama2,usztad2 dan guru2 adalah pembuka ilmu saja kepada kita.

Mereka bisa menyesatkan atau tersesat, sengaja atau tidak sengaja..setiap orang harus mempertanggung jawabkan perbuatan2nya, tidak bisa menyalahkan ulama2, usztad2, guru2 kita dan orang tua kita di pengadilan ALLAH di akhirat nanti.

Oleh karena itu saya sangat mengharapkan sekali kepada pemuda2 islam bacalah dan pahamilah peraturan2 ALLAH dengan baik.

Demikianlah terimakasih semoga ada manfaatnya. Kalau benar datang dari Allah dan kalau salah datang dari kami yang lemah mohon dimaafkan dan ditegur.

Menuju masarakat yang bermanfaat didunia berarti di akhirat.Berzikir, pikir dan ikhtiar
Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah
And leave inheritance as much as possible. Love your neighbor as you love yourself.

Wassalamu’alaikum wr wb.
Dan mereka berkata: "Manakah yang lebih baik tuhan-tuhan kami atau dia [’Isa]? Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar [4]. QS43:(58)




America's Muslim is as role of Model for International Muslim Communities.
dimana semua firqoh2 Islam saling hormat menghormati tanpa ada penindasan2
kepada klompok2 minoritas seperti berlaku di negera2 Islam atau Arab.Semua keyakinan beragama di lindungi oleh undang2,
Saya menginginkan  masarakat Islam yang berkasih sayang,toleransi, anti kekerasan dan anti diskriminasi dan kuat ekonominya.
Creative AlQuran Study.
Al Quran gives the true solution
Book Seri I:
Abdullatif.