Saturday, November 6, 2010

APAKAH ISLAM AGAMA DAMAI ATAU AGAMA KEKERASAN?


Saya memberikan 2 jawaban untuk pertanyaan diatas itu;
  1. Islam adalah agama damai dan Rahmat bagi semua manusia..
  2. Islam agama anarkis setelah Nabi wafat.

.بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
In the name of God, the Most Gracious, and the Most Merciful.
Assalamu’alikum wr wb
For You from My Heart.
All those who read shall pass on my words to others and those to others again; O Allah, be my witness, that I have conveyed your message to your people.
Untuk Kamu dari Hati Saya.
Siapa2 yang membaca artikel ini haruslah menyampaikan kepada teman2, dan teman2 lainnya. Yaa Allah, Engkaulah saksiku bahwa saya telah menyampaikan ayat2 Mu kepada Hamba2Mu.

Nasehat untuk Pemuda dan Pemudi Harapan Bangsa dan Agama Islam.
“Kamu boleh yakin bahwa Syariat Islam (wisdom) ini bagus untuk jiwa kamu. Amalkan Syariat Islam (Wisdom) ini secara profesional, dan kamu akan mempunyai hari depan yang cerah. Wisdom memberikan kepada kamu hidup yang panjang, sejahtera dan terhormat. Wisdom dapat membuat hidup kamu yang menyenangkan dan selamat”.

Yaa Allah lindungi aku dari tipu daya setan terkutuk.
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusan ku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.  QS 20:25-28.

Tugas Saya! Tetaplah memberi peringatan,(dgn ayat2 Allah swt)  karena sesungguhnya peringatan itu bermanf'at bagi orang orang yang beriman. Q. 51:55. Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat ayat Tuhanya, kemudian ia berpaling daripadanya? sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan orang orang yang berdosa.Q. 32;22.

Kalau anda yang sudah membaca peringatan2 Allah dibawah ini, namun anda tidak mentaatinya, artinya anda melanggar peraturan Allah dan Rasul. Resikonya besar, di sebut anda seorang yang "Zolim, Neraka tempatnya !

Ingat ! Umat Islam yang banyak belum tentu benar, kerena mereka pengikut2 fanatik!!
Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (munafik).QS 6:116.
Dan sesungguhnya kebanyakan (dari ulama) benar-benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas. QS.6:119.

Ingat ! Pemimpin / Ulama Radikal intoleransi membawa kehancuran.
Peringatan Allah swt:
(1).Orang2 yang bijak berilmu membawa masarakat ke sejahteraan dan kedamaian, tetapi ulama Radikal,membawa kehancuran dan malapetaka kepada pengikut2nya dan kepada umat. (2). Pemimpin / Ulama radikal ( baik Muslim, Christen, Jews, Hindu, ) menipu teman2nya, dan mengering pengikut2nya kedalam hidup yang sensara dan terhina, mencari jalan untuk melukai orang lain, bahkan kata katanya menyakiti / fitnah.
"(3). Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim /penindas yang menyebabkan kamu disentuh api neraka. QS.11;113.
Dan demikianlah Kami adakan pada tiap-tiap negeri penjahat-penjahat yang terbesar agar mereka melakukan tipu daya dalam negeri itu. Dan mereka tidak memperdayakan melainkan dirinya sendiri, sedang mereka tidak menyadarinya. Q.6:(123)Terbukti sejumlah orang orang yg berteman dgn Razieq Shihab, Isis, Taliban, Jihadis dll. hidup terhina, terbunuh, masuk Jail dll.

Wisdom Khalifah Abu Bakar.
"Kalau dakwah saya sesuai dgn Al Quran ikutilah aku, kalau saya salah tegurlah aku, kalau bertentangan dgn Al Quran tinggalkan aku".

Wisdom Nabi2.
Nabi Muhammad saw; “Tidak seorang pun dari kamu yang beriman kepada Allah sebelum  kamu mencintai tetangga kamu sebagaimana kamu mencintai diri sendiri. Kamu belum lagi mencintai Allah swt kalau kamu belum mencintai semua manusia, termasuk makhluk lain2nya.
Kalimat himah ini juga ada di umat Kristen dan Yahudi'
First Commandment
Nabi Musa, Daud,Jesus as; . Love your neighbor as you love yourself; Love your God with all your heart, mind and soul; If you keep hating, judging each other, and then watch out, you will be destroyed one another.
Hikmah /Wisdom inilah  yang harus kita berikan kepada anak2 cucu2 dan anak2  didik disekolah, dirumah sebagai generasi berikutnya.Siapa siapa yang mengamalkan wisdom Nabi2 ini hidupnya akan sukses, sejahtera dan bahagia.
Wisdom ini adalah perintah Allah pertama dlm Islam agar dapat hidup damai, sejahtera, harmoni dan bahagia dlm masyarakat Plural.
Was Salam - With My Love.

kh-quraish-shihab.jpg
Prof. Dr HM Quraish Shihab, pakar tafsir terkenal di Indonesia, mantan menteri agama RI, pelopor pembaharuan tafsiran al Quran, tafsiran modren, di Abad 21 ini berkata;

Alquran tidak kering. Betapa pun orang membahasnya, setiap saat dia memberikan hal yang baru.
Begitu juga ketika ia mempelajari Alquran. Dia bisa menemukan makna baru, rahasia baru yang belum ditemukan oleh orang sebelumnya karena dia bersumber dari Tuhan.
Saya terinspirasi dengan tafsirannya yang berbeda dengan kebanyakan ahli2 tafsir dari negara2 Timur Tengah. Prof.DR Quraish Shihab yang menobrak ahli2 Tafsiran2 ulama2  Arab berpaham primitif (Ibnu Kathir,At-Tobary,Imam As-Suyuty ,Al-Baghowy, imam Muslim, Bukhari dll )  yaitu dimana Prof DR.Quraish.Shihab berpendapat bahwa;

1.Wanita2 Muslim tidak perlu merasa berdosa kalau tidak berjilbab, karena kepala, muka,tangan dan kaki itu bukanlah aurat wanita.
2. Muslim jangan merasa berdosa kalau mengucapkan Natal  kepada teman2 Kristen.
3. Muslim jangan merasa berdosa memilih pemimpin Kristen yang baik,jujur,adil, cerdas dan tidak memusuhi Islam.

How Masih Alinejad (Shiah Iran) starteda social Movement
against forced hijab / Jilbab


Iran dan Saudi Arabia adalah rumah tahanan terbesar didunia bagi jutaan wanita Muslim. Mereka dipaksa memakai hijab, menutup kepala, tangan dan kaki.
Padahal menurut kesehatan bahwa rambut manusia itu seperti makhluk2 Allah lainnya yang hidup dan tumbuh. Dengan menutup rapat kepalanya sehingga rambut wanita tidak dapat menghirup udara dan mendapatkan sinar matahari yang diperlukan oleh setiap yang hidup. Dengan kata lain wanita2 berhijab telah menzolimi rambutnya.

Dalam bukunya tersebut, Quraish menyimpulkan, bahwa: “ayat-ayat al-Quran yang berbicara tentang pakaian wanita mengandung aneka interpretasi.” Juga, dia katakan: “bahwa ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat atau badan wanita bersifat zhanniy yakni dugaan.” Saya sependapat dengan tafsiran beliau, bahwa menutup kepala, tangan dan kaki itu adalah budaya wanita2 yang tinggal dipadang pasir agar pasir tidak merusak kulitnya dan rambutnya. Alasan kedua wanita Arab meakai Burqa, agar tidak diganggu dan diculik oleh orang orang yang tidak dikenal atau oleh musuh yang ingin menjadikan wanita sebagai budak, gundik dan dijualbelikan.  Ulama zaman kuno itu mempelintir ayat ayat Allah yang mengatakan bahwa rambut kepala, tangan dan kaki adalah aurat. Ulama ini beerpaham primitif. Tidak berilmu luas. fanatik.
Dan sesungguhnya kebanyakan (dari ulama) benar-benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas. QS.6:119

Masih menurut Quraish, “Perbedaan para pakar hukum itu adalah perbedaan antara pendapat-pendapat manusia yang mereka kemukakan dalam konteks situasi zaman serta kondisi masa dan masyarakat mereka, serta pertimbangan- pertimbangan nalar mereka, dan bukannya hukum Allah yang jelas, pasti dan tegas.“Bukankah Al-Quran tidak menyebut batas aurat?
Kesimpulan ini perlu dipertegas, agar tidak ada salah persepsi diantara pembaca, bahwa ‘batas aurat wanita’ memang begitu fleksibel, tergantung situasi dan kondisi.
Kondisi turunnya ayat2 Allah di zaman Nabi terbagi 2.
Wahyu wahyu Allah turun kepada Nabi selama 23 tahun.
Pertama ayat ayat yang turun waktu perperangan dan permusuhan. Ayat ayat ini bersikap keras, tegas dan bermusuhan dengan kaum Yahudi, Nasrani radikal dll. Kedua ayat ayat yang turun waktu sudah damai. Ayat ayat ini Allah memerintahkan untuk berkasih sayang dan berlaku adil kepada semua orang.
Ulama radikal intoleran yang bersikap bermusuhan dan membenci orang orang Yahudi dan Nasrani tetap memakai ayat ayat permusuhan dan perperangan. Inilah yang harus kita peringatkan kepada golongan Islam radikal intoleran bahwa mereka salah mengambil rujukan dan merusak citra Islam yang rahmat dan damai. Ulama radikal intoleran mengharamkan Muslim mengucapkan Nataal, haram memilih pemimpin Kristen, haram menjadi teman dll.


Saya berpendapat bahwa Jilbab Burqa itu adalah pakaian wanita Muslim yang tinggal di padang pasir, dan daerah sering terjadi penculikan wanita di zaman primitif.  Wanita Muslim Indonesia tidak perlu memakai Jilbab karena tidak ada pasir panas yang akan merusak rambut kepala dan kulit, dan juga tidak ada laki2 yang akan menculik dan menganggu, ada polisi disini yang akan menjaga. Kecuali kalau anda tinggal di padang pasir. Masuk akal waras bukan? Mari saya ajak anda memahami Syriah Islam lain2nya. Semoga terinspirasi.

APAKAH ISLAM AGAMA DAMAI YANG MEMBAWA RAHMAT BAGI MANUSIA?

Assalamu’alaikum wrwb
Saya harapkan anda semua berada dlm keadaan sehat walafiat dan diberkahi oleh Allah swt dengan rezeki yang berlimpah dimana saja anda berada, baik di dalam negeri maupun diluar negeri dalam mengampai kesuksesan didunia dan akirat Amin.

Sebelum saya memberikan jawaban pertanyaan diatas itu saya anjurkan anda untuk menyimak perdebatan antara 2 kelompok ahli, berdebat tentang; Apakah Islam agama damai?  Dari debat di Video itu kita dengar bahwa kelompok pertama mengatakan bahwa Islam adalah agama damai, kalau ada terorist Islam artinya mereka membajak agama Islam. Kelompok kedua mengatakan bahwa Islam tidaklah agama damai, tapi agama terorist karena kenyataan ada ayat2 dlm al Quran yang memerintahkan untuk membunuh orang orang kafir dimana saja berada. Kalau mereka tunduk dengan pemerintahan Islam mereka tidak akan dihukum atau di bunuh tapi membayar uang jaminan : “Jizyaa”.




Saya memberikan 2 jawaban untuk pertanyaan diatas itu;
  1. Islam adalah agama damai dan Rahmat bagi semua manusia..
  2. Islam tidak lagi agama damai setelah Nabi wafat.
1.Islam yang di terima oleh Nabi Muhammad saw dari Allah yang tertulis dlm kitab Suci Al Quran adalah agama damai, agama rahmat bagi semua manusia, dimana orang orang non Islam diperlakukan dengan kasih sayang dan adil, tanpa ada perbuatan diskriminasi karena agama, suku, bangsa dan gender. Rasulullah saw jelas jelas mengatakan dlm al Quran sebagai berikut;

ISLAM AGAMA DAMAI, RAHMAT, LIBERAL TIDAK ADA PAKSAAN.

ISLAM AGAMA RAHMAT,
Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk [menjadi] rahmat bagi semesta alam. (107) Katakanlah: "Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah bahwasanya Tuhanmu adalah Tuhan Yang Esa, maka hendaklah kamu berserah diri [kepada-Nya]".Q.21: 107-108.

ISLAM AGAMA DAMAI, TIDAK ADA PAKSAAN ATAU AGAMA LIBERAL
Tidak ada paksaan untuk beragama ; sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut [5] dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.Q.2;256. ( Orang merdeka memilh agama, dan merdeka masuk dan keluar dari agama islam , itu hebatnya agama Islam )

Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu paksaan. [Ikutilah] agama orang tuamu Ibrahim. QS 22:78.
Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka Barangsiapa yang ingin [beriman] hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin [kafir] biarlah ia kafir".Q 18;29. Islam agama yang sangat bebas, merdeka atau liberal.

Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu [hendak]memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya? Q 10;99.

Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan. Kamu bukanlah orang yang berkuasa /dictator atas mereka, tetapi orang yang berpaling dan kafir, maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar. Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka, kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka. Q.88;21-26)..QS 16:82.
Tugas kamu(Muhammad) hanya menyampaikan saja. Kami lah yang menghisab perbuatan2 mereka" dan QS.13:40.

Tugas kamu ( Muhammad) hanya menyampaikan saja. kami lah yang menghisab/menghukumnya perbuatan2 mereka dan...QS.13:40.

Jika mereka tetap berpaling,maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atas kamu(Muhammad) hanyalah menyampaikan (amanat ALLAH ) dgn terang Qs 16 :82.
Jelas sekali Nabi Muhammad saw mengatakan bahwa Islam itu agama damai, tidak ada paksaan sama sekali dengan kata lain agama liberal/merdeka memilih agamanya dan jalan hidup seseorang. Apakah dia mau menjadi gay-lebian, homosexual dll.
.
Dalam kitab Bible Allah mengatakan yang sama bahwa agama Allah itu adalah agama damai atau agama liberal.
Do not judge(mengharamkan) one another, my Brothers!
Whoever judge his brother's faith, he will be judged back as same as measure he judged.GOD is only lawmaker,and judge! He alone can save and destroy.Who do you think are, to judge your fellow-man?(james 2:11)

Today I am giving you a choice between good and evil, or between a blessing and a curse, between live and death. (Deuteronomy 30; 1,15).
You were born with the freedom of choice

He who is unjust, let him unjust still.
He who is filthy, let him be filthy still
He who is righteous, let him be righteous still.
He who is holy,let him be holy stiil.(Rev;22:11)

--Siapa yang ingin tidak adil,silakan demikian,
--Siapa yang tidak percaya kpd ALLAH,silakan demikian, siapa
--Siapa yang ingin beriman, bertaqwa,silakan demikian
--siapa yang ingin menjadi orang2 saleh,silakan demikian.
Dari wahyu2 ALLAH kepada nabi Jesus saw dan Muhammad saw jelas tidak ada paksaan dari ALLAH untuk beragama atau mengikuti peraturan2 ALLAH.

ISLAM AGAMA KASIH SAYANG SAYANG DAN ADIL
Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (7) Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak [pula] mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Q.60;7-8.

WISDOM NABI; Kamu belum lagi beriman dan mencintai Allah. kalau kamu belum mencintai tetangga kamu (mencintai semua orang ) sebagaimana kamu mencintai diri sendiri. Hr Muslim.

Betapa indahnya ajaran Islam itu. dan ada kira2 200 ayat2 Allah yang menjelaskan dan memerintahkan umat Islam untuk berkasih sayang sesama manusia.

AGAMA ISLAM MULAI BERUBAH, MENJADI AGAMA KEKERASAN.
2. Setelah Nabi wafat, timbullah perebutan kekuasaan antara sahabat2 Nabi dan keluarga Nabi. Pemimpin2 Islam waktu itu sudah mulai meninggal ajaran Islam sedikit demi sedikit demi kekusaan. Perselisihan ini berlanjut terus sampai hari ini. Dan telah jutaan umat Islam dan non Islam terbunuh. Dari kitab sejarah dikatakan bahwa Khalifah2 dan keluarga Nabi terbunuh oleh tangan2 saudara2 Muslim sendiri yang ingin merebut kekuasaan siapa yang akan meneruskan memimpin Islam. Pengikut2 Nabi Muhammad saw terpecah menjadi banyak sekali, ada 2 golongan Muslim yang terbesar yaitu Muslim Sunni dan Muslim Syiah. Pengikut yang terbanyak adalah Muslim Sunni. Satu sekte dengan sekte yang lain saling menghakimi dan hidup dalam permusuhan atau konflik merebutkan kekuasaan baik ditingkat pemilihan kepala desa, kepala daerah sampai kepala pemerintahan. Ini fakta yang tidak bisa di mungkiri an dapat dilihat disetiap negara2 majoritas Islam, termasuk Indonesia.

Setelah 200 tahun Nabi wafat, muncul kitab Hadis rekayasa para ulama / imam2 yang menjelaskan kehidupan Nabi dalam sehari hari baik perbuatan maupun nasehat2nya yang tidak tertulis dlm Al Quran. Kitab Hadis ini ditulis oleh perawi2 Hadis seperti Imam Muslim, Bukhari dll.

Setelah saya mempelajari kitab Hadis dan saya bandingkan dengan Al Quran, kelihatan banyak penyimpangan walaupun para ulama mengatakan bahwa kitab Hadis Muslim dll itu adalah sunnah Nabi yang benar atau “Saih”. Saya melihat kitab Hadis itu ada 3 kelompok Hadis

  1. Hadis Saih, 2. Hadis budaya Arab, 3. Hadis palsu yang bertentangan dgn al Quran.

Kitab hadis ini menjadi sumber ajaran Islam selain Al Quran. Kitab Hadis ini adalah rekayasa para ulama / imam2 zaman primitif yang kurang Science dan technologi. Hidup zaman kegelapan, zaman primitif, dimana waktu itu wahyu2 Allah di tulis diatas kulit2 binatang, daun2 dan batu2, belum ada alat tulis dan kertas. Anda dapat bayangkan kehidupan manusia waktu itu. Tidak ada 1 ayat pun dalam al Quran dimana Allah dan Nabi memerintahkan untuk beriman kepada kitab Hadis atau kepada pewari2 Nabi seperti Imam Muslim dan Bukhari.

Bayangkan kalau ada 1 hadis palsu dalam kitab Hadis maka ajaran Islam akan menyimpang dari kebenaran atau jalan yang lurus dan akan menimbukan bencana kepada manusia seperti kita lihat dan saksikan sekarang ini.
Perhatikan beberapa Hadis yang digunakan oleh kelompok2 Islam radikal intoleran untuk menghukum dan membunuh orang orang kafir seperti dibawah ini;
Dalam kitab Hadis ada perintah2 dari imam Muslim,Bukhari dan pewari2 Hadis lainnya  yang wajib diamalkan kalau benar2 pengikut Nabi Muhammad saw sebagai berikut;
    1. HUKUM ORANG ORANG SESAT "Siapa saja di antara kalian yang melihat kemungkaran,hendaklah is mengubah dengan TANGAN MU:jika tidak mempu, hendaklah dengan lisannya; jika tidak mampu hendaklah dengan hatinya.Akan tetapi,yang demikian adalah selemah lemahnya iman.HR.Muslim"
    2. HUKUM HOMOSEXUAL”Jika kamu mendapati orang yang melakukan perbuatan seperti kaum Luth (liwath) maka bunuhlah para pelakunya.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)
    3. HUKUM ORANG ORANG PINDAH AGAMA. Siapa yang mengganti agamanya (keluar dari Islam,murtad) maka bunuhlah. Dimanapun kalian menjumpai mereka,maka bunuhlah mereka. Karena sesungguhnya orang yang membunuh mereka akan mendapatkan pahala di hari kiamat"HR Bukhari.
    4. HUKUM ORANG ORANG MUNAFIK. Pada akhir zaman akan muncul sekelolmpok orang yang berusia muda dan jelekbudi pekertinya. Mereka berkata kata dengan mengunakan firman ALLAH, padahal mereka telah keluar dari islam seperti melesetnya anak panah dari busurnya. Dimanapun kalian menjumpai mereka,maka bunuhlah mereka. Karena sesungguhnya orang yang membunuh mereka akan mendapatkan pahala di hari kiamat"HR Bukhari
    5. HUKUM TIDAK MENTAATI KHALIFAH YG SHAH "Barangsiapa mendatangi kalian - sedang urusan (kehidupan) kalian ada di bawah kepemimpinan satu orang (Imam/Khalifah) - dan dia hendak memecah belah kesatuan kalian dan mencerai-beraikan jemaah kalian, maka bunuhlah dia!" [HR. Muslim].
    6. "Jika dibai’at dua orang Khalifah, maka bunuhlah  yang terakhir dari keduanya.HR Muslim

Kelompok2 Islam radikal intoleran dan teroris menggunakan hadist2 diatas tersebut untuk membenarkan perbuatan mereka menghukum atau membunuh orang orang yang dianggap mereka “kafir” termasuk membunuh anak2 dan wanita yang dianggap kafir. Lihat peristiwa2 11/9 2001, Bali, Jakarta, London, India dll.
Oleh karena ajaran Islam yang bersumber dari Allah atau Al Quran dicampur adukan dengan sunnah Nabi, atau kitab Hadis, maka ajaran Islam sudah berubah dari ajaran Islam yang damai dan rahmat bagi semua manusia menjadi agama Islam yang tidak damai, dan dilaknat oleh manusia, dengan kata lain agama kekerasan, paksaan  atau teroris.

Jadi tidak salah kita melihat sekarang banyak terdapat kelompok2 Islam teroris yang membunuh orang orang Kristen, Jews, dan umat Islam yang tidak sepaham dengan kelompok radikal intoleran dan teroris.


IRAN DAN SAUDI ARABIA PENJARA TERBESAR BAGI WANITA.

Negara Islam Iran (Syiah) dan Saudi Arabia (Suni ) adalah penjera terbesar di dunia di abad 21 ini,dimana wanita2 Muslim tidak ada kemerdekaan untuk berpakaian dan berbicara, dan bahkan haram menyopir mobil. Kalau keluar rumah harus di ikuti oleh saudara laki. Wanita haram bersalaman dan duduk dgn laki2. Wanita Muslim dianggap masyarakat klas 2. seperti budak.


Wanita Muslim di rantai untuk dijadikan budak / gundik dan dijual belikan oleh ISIS.

KESIMPULAN;
Selama umat Islam mempercayai dan menyekutukan perintah2 Allah dlm al Quran dengan perintah2 yang terdapat dlm kitab Hadis atas nama sunnah Nabi maka Islam tidak akan kembali menjadi agama damai dan rahmat bagi umat manusia, sebaliknya agama Islam menjadi agama yang ditakuti dan tidak diterima oleh bangsa2 non Islam. Teroris membunuh orang orang kafir:  gay lesbian, orang orang murtad, orang orang menghina agama atau Nabi, umat Yahudi, Kristen, Hindu dll sampai mereka tunduk kepada Syariat Islam, dan mereka harus membayar upeti yaitu Jizyaa. Seperti kita lihat ISIS, Taliban dll. Akar perbuatan2 kekerasan ini dari kitab Hadis rekayasa manusia.

Kelompok Islam radikal intoleran dan teroris ini juga merujuk kepada beberapa ayat ayat Al Quran yang turun waktu peperangan dimana Nabi wajib membela diri dari pembunuhN oleh musuh2 Islam seperti Jews dan Kristen radikal. Seperti berikut ini;

..maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah di tempat pengintaian.Q. 9;5. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak [pula] kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar [agama Allah], [yaitu orang-orang] yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah [5] dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk. Q. 9;29.

Hukum hukum Islam waktu peperangan ini masih banyak silakan buka Website ini ayat ayat Peperangan. Hukum2 Islam zaman peperangan Nabi ini tidak berlaku lagi sekarang karena Nabi sudah wafat. Ayat ayat itu berlaku bukan untuk menyerang orang tapi untuk membela diri Nabi Muhammad saw. Islam haram memulai pepeperangan, hanya wajib untuk membela diri musuh yang ingin membunuh.

Jadi kalau umat Islam ingin hidup sebagaimana yang di rencanakan oleh Allah dan Nabi Muhammad saw yaitu menjadikan umat Muslim “teladan” bagi umat yang lain yaitu hidup yang damai, sejahtera, bahagia dan rahmat bagi semua manusia dan alam semesta maka kitab Hadis harus di basmi dimuka bumi, atau hadist2 terorist (Hadis2 palsu ) seperti diatas itu harus dihapus dari kitab Hadis.

Demikian, semoga Allah swt membukakan pintu hidayah dalam mengamalkan Islam yang benar. Amin

Kalau benar itu datang dari Allah swt dan kalau salah datang dari diri saya sendiri mohon dikoreksi.

Was Salam With love


Al Quran adalah buku pedoman hidupku, sumber inspirasiku, sumber ilmuku,buku kesehatanku, makanan rohaniku, sumber kekuatanku, sumber kenikmatan2ku,buku untuk mendekati diri kepada ALLAH yang akan memberikan aku syurga.Syurga dunia dan akirat.

KLIK DISINI.

ISLAM ADALAH AGAMA RAHMATAN LIL’ALAMIN
BAGI SEMUA ORANG.

Alif laam raa. [Ini adalah] Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, [yaitu] menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.Q.14:1.
Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk [menjadi] rahmat bagi semesta alam. (107) Katakanlah: "Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah bahwasanya Tuhanmu adalah Tuhan Yang Esa, maka hendaklah kamu berserah diri [kepada-Nya]".Q.21:108.

Assalamu’alaikum wrwb.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH swt yang telah banyak memberikan kita kenikmatan2 hidup di bumi yang cantik ini.
ALLAH Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Rasulullah saw adalah seorang yang telah banyak jasa2nya kepada kemanusian dan Al Quran yang dibawanya menjadi kitab pedoman hidup bagi manusia di bumi ini.

Pencerahan ajaran Islam yang Murni dari pandangan Ulama Progressive atau Liberal. Ajaran Islam sudah berumur lebih dari 1400 tahun,dan ajaran Islam itu sudah terkontaminasi dengan Hadist2 dan fatwa2 ulama setempat terutama dari Saudi Arabia.

Secara jujur kita harus mengakui bahwa pengamalan ajaran Islam yang kita lihat sekarang ini di negara2 Timur Tengah sudah terkontaminasi oleh budaya zaman Arab primitif memperlihatkan  image Islam yang buruk, kasar, menakutkan, penindasan, permusuhan, kekerasan, primitif  dan tangan2nya tidak produktif alias miskin. Kita tidak melihat satupun produk2 atau barang2 “Made in Saudi Arabia dan Iran ” di Mall2. Padahal Nabi Muhammad saw dan Islam lahir dari Saudi Arabia untuk mengeluarkan manusia dari lobang kegelapan menjadi hidup yang terang benderang. Damai, sejahtera, harmony, bahagia serta rahmat bagisa semua manusia, Muslim “teladan”. Benar bukan? Kenapa ini terjadi?

Saya minta pembaca membuka hati dan pikiran yang selebar lebarnya. Semoga Allah swt memberikan hidayah ilmu Islam yang benar, amin. Hanya Allah swt saja yang berhak membukan hati manusia.


Umat Islam itu adalah bersaudara Q 49:10, dan saling ingat mengingatkan satu sama lain, dengan cara2 yang baik,kasih sayang dan bersabar Q 90:17. Tugas saya disini hanya mengingatkan saja dg ayat ayat Allah semoga pembaca terinspirasi.


Yaa Allah lindungi aku dari tipu daya setan terkutuk.

"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusan ku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.  QS 20:25-28.

(Semoga para pembaca terutama dari aktivist Islam dapat memahami ajakan saya ini, dan terbuka hatinya.amien ).


PENDAHULUAN.
Bersama ini saya jelaskan apa perbedaan2 mendasar antara Muslim Fundamentalis , Muslim Radikal Intoleran dan Muslim Progressive (Liberal).


Sesungguhnya ajaran Islam itu SATU, berasal dari wahyu2 ALLAH yang bermula dari kitab2 Taurat--Zabur--Injil dan terakir Al Quran. Semua Nabi2 dari nabi Adam,Nuh, Ibrahiim,Musa,Jesus dan Muhammad saw adalah Muslim atau Islam. Dijelaskan Q.22:78.

Pengikut2 Nabi Musa, dan Jesus as  terpecah belah menjadi ratusan sekte dan ini sudah menjadi sunatullah dan tidak bisa dielakan lagi.

Kalau ALLAH ingin menyatukan umat manusia menjadi SATU agama, satu keyakinan mudah saja bagi ALLAH, tapi ALLAH akan menguji manusia siapa siapa yang benar2 mentaati perintah2nya dan siapa siapa yang menolak. Semua akan kembali kepada ALLAH dan ALLAH saja yang berhak menghakimi semua keyakinan manusia di bumi ini. Ulama, Pastor dan Rabbi tidak berhak menghakimi keyakian manusia.


Pengikut2 Islam Nabi Muhammad saw,juga terpecah menjadi banyak dengan bermacam perbedaan2 dalam memahami Al Quran dan Hadis disebabkan oleh terkontaminasinya ajaran2 Islam asli oleh budaya setempat. Sunni dan Shiah adalah kelompok Muslim yang besar. Dan dari kelompok sunni juga terpecah menjadi banyak, begitupul Muslim Syiah. Jadi ulama juga terpecah belah.



Saya menilai,saat ini muncul kecenderungan maraknya radikalism dari fundamentalis dan liberalisasi agama. Keduanya seperti menjadi trand wacana pemikiran di kalangan anak muda.

Muslim Fundamentalis  yaitu mempertahankan tafsiran Islam zaman Nabi yaitu zaman perbudakan, gundik2, zaman primitif kurang ilmu. Bayangkan ayat ayat Allah ditulis diatas kulit binatang dan batu. Wanita2 dijual belikan. Di Umat Kristen juga ada kelompok fundamentalis disebut Kristen “Ortodok”.


Muslim Radikal intoleran.
Dari Muslim Fundamentalis ini muncul kelompok Muslim Radikal yang tidak menerima perubahan tafsiran dari kelompok Muslim Fundamentalis. Muslim Radikal mengarah pada gerakan Islam radikal intoleran. Dari Muslim Radikal intoleran ini muncul kelompok anarkis dan teroris.

Kelompok Muslim Progresive
Sesungguhnya kelompok Progressive ini juga sudah ada disetiap agama2 Yahudi, Kristen, Budha dll.

Kelompok Islam Progressive-Liberal pada umumnya menafsirkan dan memahami wahyu2 ALLAH tidak cukup dengan mengetahui ilmu agama dan bahasa Arab saja,tapi harus mengikuti perkembangan ilmu technologi dan pradapan masarakat yang makin maju.
Mari kita pelajari akar atau makna dari kedua nama tersebut;


LIBERAL dlm kamus2 Inggeris.berarti;

progressive, free, tolerant, receptive, large-hearted,broad-minded.

(orang2 yg membawa reformasi, membawa kemajuan2 atas dasar ilmu yang luas, toleransi dgn perbedaan2, berwawasan luas )


CONSERVATIVE adalah; lawan dari liberal yaitu; unchanging, unprogressive, die-hard, protective.
( orang2 yang keras hati, tidak mau ada perobahan2, anti kepada kemajuan2 Status quo)
FUNDAMENTAL adalah; basic, essencial, original, narrow,( Orang2 yg berpaham sempit, anti perobahan2, Status quo ).
Kelompok2 agama Yahudi,Nasrani dan Islam yang Liberal dapat hidup berdampingan dan saling hormat menghormati di setiap negara dan selalu membawa kedamaian dlm masarakat International.
Kelompok2 Agama konservative /radikal/intoleran  tidak dapat hidup berdampingan dgn damai.Masing2 ingin berkuasa dan saling mengkafirkan satu sama lain. Yang suka berperang  itu adalah kelompok2 agama Radikal intoleran atau Fundamentalis.

Peringatan Allah swt.
Pemimpin / Ulama radikal ( baik Muslim, Christen, Jews, Hindu, ) menipu teman2nya, dan mengering pengikut2nya kedalam hidup yang sensara dan terhina., mencari jalan untuk melukai orang lain, bahkan kata katanya menyakit. Bible. Kelompok2 radikal intoleran ini adalah zolim.

Allah memperingatkan; Dan janganlah kamu berteman atau cenderung kepada orang-orang yang zalim / penindas yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, Q.11:113.

Kelompok2 Islam Fundamentalis tetap berpegang kepada penafsiran atau pemahaman para ulama terdahulu yang belum tersentuh dgn bermacam macam ilmu social, Science dan technologi sekarang ini. Dan juga mereka tetap bertahan mengikuti tradisi2 nenek moyangnya lewat kitab Hadis.


Tidaklah salah kalau kelompok2 Islam Fundamentalis sangat menentang kelompok2 Islam Progresive Liberal  yang membawa perubahan2 dan kemajuan2 dalam menafsirkan atau memahami Al Quran dan hadis2.


Bahkan kalau ulama Fundamentalis sempat memegang kekuasaan dalam suatu negara atau pemerintahan, mereka tidak segan2 untuk melarang,mengharamkan dan mengkafirkan ajaran2 ulama Islam Progressive.


Makin banyak pemuda2 yang berpendidikan Universitas,makin berkembanglah pemikiran2 yang maju.  Pendidikan sangat penting untuk membawa bangsa menjadi umat “teladan”.

Pemuda2 Islam yang mendapat pendidikan di negara2 Eropah,Amerika dan negara2 Industri Japan, Korea Utara dll mereka banyak membawa pembaharuan2 kenegerinya masing2 baik di Indonesia maupun di negeri2 Arab.
Pemuda2 Islam yang mendapat pendidikan di negeri2 Arab pada umumnya membawa Ajaran Islam yang fundamentalis atau Radikal intoleran.

Kita dapat memperhatikan di Indonesia siapa2 yang membawa pembaharuan2 ajaran Islam, dan siapa2 yang menentang Islam pembaharuan atau Progresive Liberal.

PERBEDAAN2 MENDASAR ANTARA PROGRESSIVE DAN FUNDAMENTALIS.

Ulama Islam Fundamentalis dan Progressive sama sama setuju bahwa hukum atau peraturan2 ALLAH adalah peraturan2 yang tertinggi dari peraturan2 yang dibuat oleh manusia. Setiap aktivitas manusia di bumi ini hendaklah merujuk kepada Syariat Islam atau peraturan2 ALLAH.

Perbedaan2 terjadi bagaimana mengapplikasikan peraturan2 Syariat Islam itu.

Ulama Islam Fundamentalis dalam mengapplikasikan peraturan2 Islam Syariat Islam merujuk kepada ayat ayat yg turun waktu perperangan yg menentang kedatangan Nabi dan Islam. Kemudian memaksakan kepada rakyat dengan membuat peraturan2 ALLAH sebagai undang2 negara atau pemerintah, menjadi hukum positif. Seperti di Saudi Arabia, Iran, negara2 Teluk, dan ISIS. Kelihatan image Islam yg keras, kasar, primitif.

Ulama Islam Progressive bertolak belakang 100% dalam mengapplikasikan Syariat Islam, Peraturan2 Syariat Islam hanya sebagai peringatan2 saja dan tidak ada paksaan dari ALLAH. Merujuk kepada ayat ayat yg turun wsktu damai. Rakyat merdeka memilih jalan hidupnya. Apakah mengikuti syariat Islam atau. Syaitan. Ulama Islam Progresive menentang sistem pemerintahan Syariat Islam seperti di Saudi, Iran, Sudan,Aceh, Brunei dll.

"Tugas kamu(Muhammad) hanya menyampaikan / memberi peringatan saja. Kami lah yang menghisab(menghukumnya) perbutan mereka" dan QS.13:40.
Dengan kata lain Ulama atau pemerintah tidak berhak memaksa Muslim atau non Muslim mengikuti hukum2 Allah atau Syariat Islam dengan membuat hukum pemerintah, hukum positif. Negara2 Islam Saudi Arabia, ISIS dan Iran menggunakan hukum Allah sebagai hukum positif, sebagai undang2 pemerintah. Oleh karena itu terjadi perbuatan intoleran, diskriminasi dan penindasan. Tidak ada keadilan untuk semua.

Saya ajak para pembaca budiman melihat/meninjau perbedaan2 dalam mengapplikasikan Syariat Islam antara Muslim Radikal intoleran dan Muslim Progressive. Semoga bermanfaat amin.

Perbedaan Mendasar dalam menafsirkan Al Quran dan Hadis adalah;
Ulama Islam Fundamenatalis, Radikal intoleran berpendapat bahwa hukum2 Islam atau hukum2 Allah berlaku sepanjang zaman, dan tidak boleh di perbaiki dan dirubah.

Sebaliknya Ulama Islam Progresive berpendapat bahwa hukum2 Islam Hablul Minanash , hukum duniawi dapat di perbaharui, sedangkan hukum2 Islam Hablul Minallah, hukum ritual  berlaku sampai hari kiamat..

Ulama Progresive berdasarkan kepada ayat ayat Allah dibawah ini, bahwa Islam itu sesungguhnya agama pembawa pembaharuan, agama orang orang berilmu luas, bukan saja berilmu agama, tapi juga berilmu Science dan Technologi agar dapat mengikuti perkebangan pradapan manusia yang makin berubah sejalan kemajuan ilmu technologi.

Kalau Syariat Islam tidak dapat mengikuti perkembangan ilmu technologi,makan umat Islam akan tetap terbelakang, menjadi umat bukan teladan, tapi umat yang lemah dan mudah dijajah oleh bangsa lain. Karena umat Islam tidak mengusai technologi dan ekonomi negara2 Islam dengan mudah dikacaukan,  ditalukan dan dijajah sampai ratusan tahun. Terbukti dalam Sejarah.

ISLAM ADALAH AGAMA TAUHID.
Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Q..59:22.
Pertama kali muncul Islam dari Nabi Adam. Semua Nabi2 adalah Muslim atau Islam.Q.22:78.

ISLAM ADALAH AGAMA MEMBAWA PERUBAHAN, KEMAJUAN ATAU MODREN.
Alif laam raa. [Ini adalah] Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, [yaitu] menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji. (1)Q.14:1-3.

Allah tidak akan merubah nasib manusia kalau dia sendiri tidak merubahnya. Q.13’;11. .Islam adalah mendorong manusia untuk mengejar ilmu dan meningkatkan derajatnya di dunia. Q.58;11.

Hanya orang yg berilmu luaslah yang dapat memahami Islam dengan benar dan profesional.

Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu. Q.29:(43).

Orang Orang Berilmu luaslah ( Science dan technologi.)  yang dapat, tepat dan benar memahami Islam, menafsirkan peraturan2 Allah swt untuk manusia di Bumi ini.
Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akal-pikirannya. QS 10;(100),(Allah swt marah dengan Muslim2 fanatik ).

ISLAM ADALAH AGAMA SEJAHTERA, SCIENCE DAN TECHNOLOGI.
Islam mendorong manusia hidup sejahtera,kaya raya, kuat ekonomi dan pertahanan bangsa dan agama dengan menunutut ilmu science dan Technologi agar dapat mengolah bahan2 baku yang sudah disediakan oleh Allah untuk manusia yang beriman di dalam Bumi, dilaut dan di udara.

Dan Kami ciptakan (besi, emas, perak, timah, minyak,gas dll ) yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfa’at bagi manusia, [supaya mereka mempergunakan besi,emas,minyak itu] dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong [agama] Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. QS 57:25.
Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan [untukmu] agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar [ikan], dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai(mutiara2 yg indah ); dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari [keuntungan, kesejahteraan] dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur. Q.16: (14).

Bagaimana jadinya umat Islam kalau masih tetap mengamalkan tafsiran Islam oleh ulama Radikal intoleran seperti ISIS, Taliban, dll yang anti kemajuan dan reformasi? Bagaimana mengolah bahan2 besi, timah, emas, gas dan minyak kalau tidak berilmu technologi? Mustahil bukan?

Sayang beribu kali sayang, yang dapat menikmati pemberian2 Allah tersebut, bukan umat Nabi Muhammad saw tapi umat lainnya. Padahal mereka tidak membaca Al Quran, tapi mereka sukses mengambil dan menggunakan pemberian Allah tersebut untuk kesehateraan umat manusia di bumi.
Hanya sedikit sekali umat Islam pengikut2 nabi Muhammad saw yang dapat mensyukuri pemberian2 Allah tersebut. Salah siapa? Tentu Ulamanya.

Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu [sumber] penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.( sedikit yang akan masyuk syurga )  QS 7:(10)

"Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". [Tetapi] amat sedikit kamu bersyukur. ) Sedikit yg masuk Syurga.(23)Q. 67;23.

Maju dan hancurnya suatu umat sangat tergantung kepada ulama yang mengajarkan Islam, cara hidup yang benar dan Islami. Umumnya ulama radikal intoleran sekarang ini mabuk dengan ibadah2 ritual dari pada ibadah2 Muamalah, ibadah nyata, berkarya, akirnya umat Islam tidak dapat menikmati maksimum pemberian2 Allah yang terkandung dlm Bumi. Dimana kesalahan ulama memahami Islam. Mari kita koreksi dibawah ini.

ISLAM ADALAH AGAMA DAMAI DAN RAHMAT BAGI SEMUA ORANG.
Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk [menjadi] rahmat bagi semesta alam. Q.21:107.

Artinya umat non Islam Kristen, Yahudi, Hindu dll merasa aman, damai bertetangga dengan Muslim. Sebaliknya Muslim Radikal intoleran bersikap bermusuhan kepada umat non Islam.

ISLAM ADALAH AGAMA KEADILAN UNTUK SEMUA ORANG.
Firman Allah swt; Sesungguhnya Allah menyuruh [kamu] berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji,( menzolmi Ahok ) kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.  Q. 16; (90) .
Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik, berkasih sayang dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu ( seperti Ahok yg tidak memerangi umat Islam ) karena agama dan tidak [pula] mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Q.60:(7-8)

Artinya Muslim Progresive memperlakukan non Muslim dengan adil tidak membeda bedakan karena agama, suku dan gender. Keadilan adalah tiang agama Islam. Tanpa keadilan yang akan terjadi penindasan dan kegaduhan.
Jadi Muslim boleh memilih pemimpin bangsa dari Kristen yang jujur, adil, cerdas dan tidak memusuhi Islam. Sebaliknya Muslim Radikal intoleran memperlakukan non Muslim Kristen tidak adil, diskriminasi. Ulama Radikal intoleran mengharamkan Muslim memilih pemimpin bangsa Kristen seperti Pak Ahok. Ulama radikal intoleran ini merujuk kepada ayat2 yang turun waktu perperangan seperti; Q.5:51, Q.3:28, Q.4:144 dll.


Islam adalah agama untuk menyembuhkan penyakit. Q.16:69.
Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia". (68) kemudian makanlah dari tiap-tiap [macam] buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan [bagimu]. Dari perut lebah itu keluar minuman [madu] yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda [kebesaran Tuhan] bagi orang-orang yang memikirkan. Q.16:(69)


Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian (Al Israak Q.17;82)

======


No comments:

Post a Comment